Sunday, December 10, 2017

Tiga Kata Ajaib yang Membuat Dekat dengan Anak


Tiga Kata Ajaib yang Membuatku Dekat dengan Anak - Orang tua mana yang tidak ingin dekat dengan anak? Sesibuk apapun orang tua bekerja pasti tetap ingin bisa dekat dengan anak karena kedekatan orang tua dan anak adalah salah satu fondasi agar anak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Tapi ada beberapa keadaan yang membuat orang tua sulit dekat dengan anak, saya salah satunya yang mengalami.

Saat Sasa, anak sulung saya, belum genap berumur lima tahun dia tidak bisa dekat dengan saya. Sejak bangun tidur hingga tidur lagi di malam hari, dia nempel terus pada ayahnya, hanya mau saya gendong kalau butuh ASI dan ingin disuap saat makan. Awalnya, saya merasa biasa saja hingga akhirnya berfikir, enak nih kalau nggak kemanthil (lengket) sama saya, berangkat kerja nggak harus umpet-umpetan sama anak, karena ada beberapa teman yang anaknya nggak mau lepas dan harus main petak umpet dulu saat mau berangkat kerja.

Tapi kebahagiaan itu tak berlalu lama, naluri keibuan saya muncul apalagi Sasa adalah anak pertama. Rasanya aneh saat melihat Sasa nempel terus pada ayahnya, rasanya ada yang janggal saat berangkat kerja tapi anak saya lagi asyik bermain dengan sang ayah. Saya mulai merasa iri mendengar emak-emak lain yang dengan bangga menceritakan anaknya yang nangis saat ditinggal kerja. Huhuhuuuu.... πŸ˜’πŸ˜° Saya jadi khawatir jika sampai besar Sasa tidak dekat dengan saya, padahal saya ingin bisa menjadi sahabatnya suatu saat nanti. Sahabat yang pertama kali mendengarkan curhatan saat ia jatuh cinta, hihihi.
Pertama kali Sasa menangis saat kutinggal kerja

Alhamdulillah, setelah berdialog dan berdiskusi dengan suami perihal kekhawatiran saya itu, kami melakukan beberapa cara yang dapat membuat Sasa lebih dekat dengan saya. Hasilnya, ketika berumur kurang lebih 2 tahun, Sasa mulai merengek saat tak melihat kehadiran saya, dia mulai nangis ketika saya berpamitan untuk berangkat kerja. Cara apa sih yang saya dan suami lakukan agar Sasa bisa dekat dengan saya?

Lebih Sering Memeluknya 
Sebagai ibu pekerja, waktu saya untuk Sasa jadi berkurang karena harus pergi ke kantor sejak pukul tujuh hingga dua siang. Pun saat pulang kerja, saya nggak bisa langsung bermain dengannnya karena harus mengerjakan pekerjaan domestik. Mungkin itulah mengapa Sasa lebih memilih bersama dengan ayah daripada bundanya. Akhirnya, saya meminta tolong suami untuk membantu mengerjakan pekerjaan saya sebagai ibu rumah tangga. Kami bekerja sama saling membagi waktu antara anak dan pekerjaan rumah.

Sepulang kerja saya tidak langsung menyapu atau mencuci piring, melainkan menggendong Sasa dan memeluknya lebih lama. Awalnya memang agak sedikit dipaksa karena Sasa terbiasa bersama ayahnya, namun lama-kelamaan dia terbiasa menyambut kedatangan bundanya sepulang kerja dan langsung diajak bermain.

Jika biasanya Sasa didampingi ayahnya saat hendak tidur, untuk selanjutnya saya yang mengambil alih kegiatan tersebut. Berharap memiliki waktu lebih lama bersamanya, saya pun membacakan dongeng sebelum tidur untuk Sasa. Alhasil putri pertama saya ini luluh dan ketagihan dibacakan buku sebelum tidur. Saya bersyukur sekali bisa dekat dengan anak kembali setelah lebih sering memeluknya.

Mengucapkan "Bunda Sayang Sasa"
Tidak hanya sekali-dua kali saya mengucapkan kata "Bunda Sayang Sasa" dan berharap meluluhkan hatinya agar lebih dekat dengan saya. Setelah berhasil merebut perhatian Sasa dengan cara pertama, saya pun gencar melakukan trik yang kedua ini. Setiap hendak tidur, usai membaca dongeng saya mengelus kepalanya sambil membisikkan kata "Bunda Sayang Sasa" hingga ia terlelap. Begitu juga ketika bangun tidur, saya juga membisikkan kata yang sama, setiap hari.

Apakah ada hasilnya? Ada dong, Sasa semakin dekat dengan saya namun tidak berpaling dari ayahnya. Rupanya usaha saya (dibantu suami) tidak sia-sia, ketika berumur 3 tahun Sasa kemanthil (ehm, Bahasa Indonesianya apa ya? Pengen ikut kemana saja saya pergi) dengan saya. Apa saya nggak merasa kerepotan? Ah, sama sekali enggak, saya malah bangga karena anak saya selalu merindukan kehadiran bundanya.

Memberikan Full Time untuk Sasa
Lho, katanya kerja? Berarti nggak bisa full time dong menemani anak? Hehehe. Yup, saya memang nggak bisa setiap hari bersamanya, makanya saat libur bekerja, full time saya khususkan untuk anak. Alhamdulillah suami pengertian meskipun saya masak ala kadarnya karena ingin bermain dengan anak. *Yeee... emang sebenarnya jarang masak yang aneh-aneh, hihihi.

Penyesalan Tak Boleh Datang Dua Kali

"Penyesalan adalah sebuah pengalaman dan hikmahnya besar"

Aira, anak kedua saya pun lahir. Sempat menyesal saat melahirkan anak pertama, saya berusaha untuk tidak mengulangi lagi. Saat Aira lahir saya juga bertekad memberikan full ASI dan berhasil hingga enam bulan. Bukan berarti saat Sasa lahir saya tidak berniat memberikan full ASI, hanya saja masih kurang pengalaman dan niat saya lemah. *maafkan Bunda ya, Nak!

Saya juga merasakan perbedaan kedekatan antara Sasa dan Aira. Apa mungkin pemberian ASI (full/tidak) berpengaruh pada kedekatan anak dan ibu? Entahlah, tapi itulah yang saya rasakan. Meskipun saya tinggal kerja, Aira masih lengket saja pada saya 😍😍. Namun, bisa jadi karena saya juga menerapkan cara-cara yang saya gunakan untuk membuat Sasa melabuhkan hatinya pada saya (ish, apaan sih? 😎).

Pentingnya Seorang Ibu Dekat dengan Anak

Tak dapat dipungkiri jika dekat dengan anak sangat banyak manfaatnya, tidak hanya saat kecil saja tapi hingga mereka dewasa. Kedekatan anak dengan ibu ternyata dapat mencegah perilaku negatif saat anak mendapatkan perlakuan buruk dari teman-temannya, berbeda dengan anak yang tidak dekat dengan orang tua. Menurut penelitian yang dilakukan University of Michigan, anak yang diperlakukan dengan baik oleh orang tua melalui komunikasi verbal maupun nonverbal dapat mengurangi dampak negatif pada anak-anak, misalnya bermusuhan dengan teman.

Selain itu, anak yang dekat dengan ibu memiliki kondisi mental yang lebih stabil. Bonding ibu dan anak akan menimbulkan perasaan nyaman dan terlindungi. Perasaan nyaman yang dirasakan anak dapat mengurangi potensi stres. Hal ini tentunya akan membuat anak tumbuh menjadi pribadi yang percaya diri, semangat, dan berprestasi.

Caraku Dekat dengan Anak, Gunakan Tiga Kata Ajaib


Setelah tahu jika kedekatan ibu dengan anak membawa pengaruh yang besar bagi masa depan mereka kelak, saya pun selalu berusaha sedekat mungkin dengan anak. Beruntung sekali suami juga ikut membersamai tumbuh kembang buah hati. Tanpanya, saya nggak yakin mampu merawat dan membesarkan titipian Tuhan yang unik ini.

Beberapa literatur mengatakan jika kedekatan seorang ayah dengan anak juga berpengaruh pada prestasinya. Anda percaya? Saya sangat percaya karena telah terbukti pada si sulung, Sasa. Alhamdulillah putri pertama saya cukup cerdas, tampak dari cara dia menyikapi sesuatu dan selalu penasaran pada suatu hal. Beberapa bulan lalu dia terima rapor Ujian Tengah Semesternya dengan nilai tertinggi dan saya menyimpulkan jika itu adalah hasil kedekatannya dengan ayah dan bundanya.

Lalu, bagaimana sih cara saya untuk selalu menjaga kedekatan dengan anak? Cukup simple, yaitu dengan tiga kata ajaib dalam setiap aktivitas dan keseharian. Apa saja tiga kata ajaib tersebut? Tolong, terima kasih, dan maaf.

Ya, saya berusaha untuk tidak meninggalkan ketiga kata ajaib tersebut dalam beraktivitas. Setiap ingin meminta bantuan anak-anak atau suami, saya tak lupa mengucapkan kata "tolong". Hal ini juga saya tekankan kepada mereka untuk mengucapkan "tolong" sehingga tidak terkesan memerintah. Meminta tolong dapat melembutkan hati seseorang sehingga mau membantu kita dan terbukti jika ini adalah cara yang paling sopan.


Kata kedua yang saya gunakan untuk selalu dekat dengan anak-anak adalah selalu mengucapkan "terima kasih". Setelah mendapatkan bantuan dengan diawali minta tolong, alangkah baiknya jika kita juga mengucapkan "terimakasih" sebagai balasan karena mereka telah meluangkan waktu. Memang sulit, tapi jika dilatih sejak kecil maka anak akan terbiasa mengucapkannya. Dengan mengucapkan terima kasih, anak-anak akan merasa dihargai karena kata "terima kasih" tak bisa digantikan dengan uang tapi hanya bisa diberikan secara tulus dengan hati.



Terakhir adalah kata "maaf". Jujur saja, saya termasuk orang yang dibesarkan dalam lingkungan yang sulit mengucapkan kata maaf. Namun, saya bertekad mengajarkan kepada anak-anak saya bahwa mengucapkan kata maaf tidaklah sulit, apalagi jika dilakukan sejak dini. Saat ini, jika Sasa berbuat salah kepada adiknya, dengan ringan dia akan menucapkan maaf meskipun Aira masih agak sulit mengucapkannya, tapi Aira sudah mulai tahu jika dengan meminta maaf keadaan akan menjadi lebih baik.


Lalu, apakah hanya dengan tiga kata ajaib itu saja saya bisa menjadi lebih dekat dengan anak? Tentu saja tidak, untuk dekat dengan anak tidaklah hanya dengan kata-kata tapi juga harus dibarengi dengan perlakuan nyata. Ketiga kata ajaib tersebut saya kolaborasikan dengan aktivitas berikut.
  1. Meluangkan waktu untuk memeluknya setiap hari.
  2. Menghadirkan quality time setiap saat dengan tidak melakukan aktivitas lain saat bersama anak-anak, misalnya nonton tv atau bermain gadged.
  3. Memperlihatkan kemesraan orang tua kepada anak-anak, tentunya kemesraan yang wajar seperti saling peluk dan cium sehingga anak-anak merasa aman ketika tahu ayah-bundanya baik-baik saja.
  4. Tidak segan-segan mengucapkan I Love You setiap saat.
  5. Selalu melibatkan mereka dalam aktivitas apapun dirumah atau di luar rumah sebagai bentuk pemberian teladan kepada anak. 

Jika Anak Sakit, Benarkah Kedekatan Ibu dan Anak Terganggu?

Aira lebih suka memeluk guling daripada bermain saat sakit
Setiap anak memiliki daya tahan tubuh yang berbeda-beda, ada yang mudah sakit dan ada juga yang hanya setahun sekali disapa demam. Hal ini tentu saja membuat para ibu khawatir karena melihat keaktifan anak berkurang. Disinilah peran seorang ibu akan tampak sangat berguna, kedekatan ibu dan anak akan dapat mengusir penyakit dengan lebih cepat. Mengapa bisa begitu?

Ya, pelukan ibu adalah obat jitu saat anak sakit. Bukan hanya kasih sayang yang ditransfer ibu kepada anak, melainkan rasa aman yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh si kecil. Namun, ada kalanya demam menyerang anak-anak sehingga ibu terlalu khawatir dan tak bisa hanya memberinya pelukan. Walaupun sebenarnya demam adalah reaksi pertahanan tubuh untuk melawan kuman yang masuk ke dalam tubuh, tapi jika ibu terlalu khawatir dan takut anak menjadi kejang lebih baik jika memberikan penurun panas.
Hati gembira melihat senyumnya lagi, untung ada Tempra

Siapa sih yang nggak risau melihat anak yang tiba-tiba murung? Sasa dan Aira selalu murung saat demam, mereka tak lagi ceria dan pengennya mendekam di kasur terus. Apalagi jika demamnya terlalu tinggi, satu derajad lebih tinggi dari suhu normal tubuh anak, maka saya segera memberikan obat penurun panas. Atas rekomendasi beberapa teman, saya memilih Tempra Syrup untuk menurunkan demam si kecil.

Mengapa harus Tempra? Saya nggak asal pilih lho ya, selain atas rekomendasi teman yang mengatakan bahwa Tempra manjur, saya juga memperhatikan aspek lainnya, yaitu:

Tempra Syrup selalu ada di rumah

  • Aman di lambung karena Tempra Syrup mengandung paracetamol yang aman di lambung atau tidak menyebabkan iritasi di lambung. So, aman untuk anak-anak karena juga tidak mempengaruhi fungsi ginjal.
  • Tempra Syrup tidak perlu dikocok karena formulanya sudah dibuat larut 100%. Jadi tidak ada endapan yang tersisa di botol saat kita lupa mengocoknya.
  • Tempra Syrup dilengkapi gelas takar dengan dosis yang tepat di dalam kemasan. Nggak ada critanya over dosis atau kurang dosis jika digunakan sesuai petunjuk.
Oiya, selain menurunkan demam Tempra Syrup juga dapat meredakan nyeri. Saat Sasa merasakan nyeri sakit gigi, saya juga memberikan Tempra Syrup untuk mengurangi rasa nyerinya. Bentuknya yang mungil (tersedia dalam ukuran 60ml) membuat Tempra Syrup dapat kami bawa kemanapun saat bepergian, sedia payung sebelum hujan.
Nah, meskipun anak demam, ternyata tidak menggangu kedekatan ibu dan anak sekalipun, bukan? Kedekatan ibu dan anak akan semakin mempercepat proses penyembuhan demam si kecil.

Selalu Ada Cinta di Hati Bunda

Bagi saya, dekat dengan anak-anak adalah bukti bahwa selalu ada cinta di hati bunda. Melalu tiga kata ajaib yang membuat dekat dengan anak, "tolong, terima kasih, dan maaf", saya ingin menunjukkan bahwa anak-anak adalah segalanya. Berharap mereka akan selalu ingat pada tiga kata ajaib tersebut dan membawanya hingga mereka dewasa kelak. Tiga kata ajaib yang dapat merubah hidup mereka untuk menjadi lebih baik.


Kalau kamu, apa yang kamu lakukan untuk dekat dengan anak? Cerita, yuk! Di kolom komentar. Terima kasih telah membaca artikel yang saya ikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Tempra ini ya.

Sumber:

  • https://www.suara.com/health/2015/04/10/100900/dekat-dengan-ibu-tangkal-dampak-bully-bagi-anak-perempuan 
  •  http://www.taisho.co.id


Monday, December 04, 2017

Manggis, Buah yang Jujur dan Kaya Manfaat

Biar Hitam Si Buah Manggis - Memangnya seperti apa sih buah manggis itu? Kok banyak orang yang bilang "biar hitam si buah manggis?". Tapi sebelumnya, kalian sudah tahu buah manggis? Jangan-jangan kalian belum tahu sehingga tulisan saya akan sia-sia. Baiklah, yuk saya kasih tahu sedikit tentang buah manggis.


Berbuah Setelah Puluhan Tahun

Sudah tahu belum kalau pohon mangis akan berbuah setelah 10-15 tahun? Sama, saya juga baru tahu, itu pun setelah saya menikah dengan lelaki yang di belakang rumahnya ada pohon manggis. πŸ˜ƒπŸ˜ƒ. Konon, bapak mertua menanam bibit manggis saat suami saya masih kecil dan berbuah sepuluh tahun kemudian. Hohoho, lama sekali? Saya juga agak shock gimana itu, apa iya? Ternyata kelima saudara perempuan suamiku mengiyakan.😎

Zaman now sih, buah manggis berumur dua tahun sudah bisa berbuah (katanya sih, baca di google) dengan teknik "three-in-one"yaitu menanam tiga benih manggis berdekatan sehingga bisa lebih banyak menyerap air dan mineral, manggis yang akarnya sangat sedikit, bisa bertumbuh lebih baik dan berbuah lebih cepat.

Rupa dan DalamTak Sama

Pernah dengar ungkapan "biar hitam si buah manggis" yang artinya meskipun berkulit hitam tapi hatinya bersih (putih=bersih). Ada benarnya juga, sebagai masyarakat Asia yang exited banget dengan warna kulit putih, tiap ada orang berkulit hitam jadi bahan olokan (apalagi si hitam nggak menarik, astaghfirullah). Oleh karenanya jangan memandang orang dari luarnya, lihatlah hatinya, bisa jadi kulit hitam tapi hati baik. Ya, nggak?

Begitu juga manggis, buah dengan nama latin Garcinia Mangostana L ini memang memiliki kulit yang merah atau hitam jika terlalu matang, akan tetapi daging buahnya putih, tekstur halus, rasanya juga lezat, kalau pun asam tetap terasa kesegarannya. Pantesan manggis dapat julukan Queen of Tropical Fruit alias ratunya buah tropis, I see...I see... πŸ˜†

Buah yang Jujur

Percaya nggak kalau manggis adalah buah yang jujur? Saya sih percaya, setelah berumur 33 tahun baru melihatnya dengan mata kepala sendiri. OMG, jadi selama ini saya kemana aja? Kok bisa, sampai nggak tahu jika isi buah manggis bisa diketahui dari juring atau cupatnya?
cara nge-cek isi manggis

Yup, melalui juring yang ada ujung bawah buah, atau dalam bahasa jawa biasa disebut cupat, buah manggis dapat ditebak jumlah isinya. Duh, saya merasa jadi orang paling katrok karena nggak tahu hal ini. Maklum lah, saya kalau makan buah langsung ambil isinya dan nggak pernah perhatikan kulitnya, hihihi. Kalau kalian belum pernah tahu dan nggak percaya, langsung deh ke pasar dan beli manggis terus hitung deh juringnya pasti sama dengan isi buahnya.

Buah yang Kaya manfaat

Selain unik, manggis adalah buah yang punya 1001 manfaat. Mulai dari daun, daging, hingga kulitnya manggis dapat dimanfaatkan. Pantas saja sekarang banyak banget  Saat ini zaman sudah canggih dan untuk memanfaatkan manggis kita tidak perlu repot karena sudah ada kapsul, serbuk, dan juga ekstrak manggis berbentuk cair. Lalu, apa saja ya manfaat manggis?
  1. Daun manggis mengandung antioksidan yang mampu membuat tubuh bugar. Meskipun kandungan antioksidannya tak sebanyak pada kulitnya, manggis dipercaya bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, menurunkan berat badan (meluruhkan lemak), mengobati gejala kanker, mengatasi darah tinggi, diare, dan penangkal radikal bebas tentunya. Konsumsi daun manggis bisa dengan cara meminum air rebusannya.
  2. Hasil penelitian ilmiah menyebutkan bahwa kulit buah Manggis mengandung anti-oksidan yang sangat tinggi, terutama xanthone, tanin, asam fenolat maupun antosianin. Kandungan tersebut membuat kulit manggis bermanfaat sebagai anti-peradangan, anti-diabetes, anti-kanker, anti-bakteri, anti-jamur, anti-plasmodial, dan mampu meningkatkan kekebalan tubuh.
  3.  Buah manggis mengandung serat dan karbohidrat, juga vitamin A, C,zat besi, kalsium, magnesium, dan potasium. Tak beda jauh dengan kulit dan daunnya, buah manggis memiliki manfaat yang hampir sama dengan kulit dan daunnya, antara lain menangkal radikal bebas, mengurangi resiko kanker, anti inflamasi, meningkatkan metabolisme dan masih banyak lagi.

sumber: www.webkesehatan.com
Sebenarnya masih banyak manfaat manggis yang belum saya sebutkan. So, yuk tanam manggis jika ada sisa tanah  dibelakang rumah. Kan lumayan beberapa tahun lagi bisa berbuah dan dipanen oleh anak cucu kita, hehehe. Tentunya, jangan lupa bahagia ya, karena sehat berasal dari tubuh dan pikiran positif yang selalu kita pelihara. Yuk, bagikan pengalamanmu tentang buah manggis di kolom komentar. Terima kasih 😍


sumber:
http://www.beritasatu.com

Wednesday, November 29, 2017

Rumah Idaman Saya, Ada TV di Ruang Tamu

Halo guys, setelah beberapa hari ini saya menulis tentang review produk kali ini saya ingin membahas tentang rumah idaman. FYI, saat ini saya masih tinggal di Pondok Mertua Indah sehingga rumah idaman masih menjadi impian hingga sekarang. Mungkin Allah SWT masih belum mengizinkan dan saya pun selalu berdoa agar segera bisa mandiri dengan memilikinya.

Rumah idaman yang ingin saya miliki tidak terlalu mewah apalagi berada di perumahan elit. Ya, bukan karena saya pesimis tapi melihat juga kondisi keuangan meskipun nothing is imposible tapi realistis juga perlu kan? Penghasilan saya sebagai juru ketik plus blogger tak seberapa, pun jika digabungkan dengan suami saya yang seorang petani jamur tiram. Tapi alhamdulillah kami bisa menabung hingga suatu hari nanti bisa memiliki rumah idaman. Amiin.

Pernah juga sih saya mupeng tinggal di perumahan, meski yang sederhana atau type SSS, sangat sederhana sekali. Tapi suami nggak pernah berminat untuk tinggal di perumahan, dia ingin tinggal di lingkungan biasa saja, kalau bisa menetap di desa. Alasannya sederhana, hidup di desa kebutuhan pokok tidak terlalu mahal, sayur tinggal tanam sendiri, memelihara unggas, dan udara segar melimpah ruah karena masih banyak pepohonan.

Lalu rumah idaman seperti apa yang saya inginkan?

Saya ingin rumah yang sederhana dan tidak terlalu besar sehingga mudah membersihkannya. Rumah yang saya tinggali saat ini terlalu besar sehingga capek kalau harus membersihkannya, itu pun hanya tersedia tiga kamar tidur. Entah bagaimana mertua saya membangun rumah yang ruang tamu dan ruang keluarganya lebih besar daripada kamar tidur. Maksud saya, kenapa tidak dibuat banyak kamar padahal beliau memiliki enam anak?

Berawal dari situ, saya bercita-cita membangun rumah idaman yang memiliki beberapa ruang sebagai berikut.

1. Kamar Tidur Utama dan 3 Kamar Tidur Anak

Kamar tidur utama dalam rumah idaman saya nanti hanya satu saja dan berada di ruang paling depan dan tiga kamar tidur tambahan. Mengapa tiga? Karena saya ingin punya tiga anak, sekarang masih dua, hehehe. Kamar tidur utama akan saya desain dengan ukuran 4x4 m2 sedangkan kamar tidur lain dengan ukuran 3x4 m2. Saya rasa ukuran segitu cukup lah ya dengan isi kamar tempat tidur, lemari pakaian, dan meja kecil. Saya juga ingin warna putih atau merah muda yang lembut, tempat tidurnya juga tidak perlu yang banyak ornamen πŸ˜ƒ.

2. Ruang Tamu

sumber: http://www.iderumahbaru.com
Seperti ruang tamu pada umumnya yang berada di depan, saya ingin ruang tamu minimalis dengan ukuran 3x4 m2. Tapi saya ingin menempatkan rak TV ruang tamu dan sofa satu set. Mengapa saya ingin menempatkan rak TV di ruang tamu? Karena TV jarang diputar dan jika ada tetangga yang main ke rumah untuk nonton bersama anak-anak bisa diruang tamu saja. 😁

3. Ruang Keluarga/Ruang Makan

Nah, karena rumah idaman saya tipe sederhana, ruang keluarga dan ruang makan akan saya satukan. Saya nggak ingin menempatkan rak TV di ruang keluarga karena saya ingin quality time saat berada di ruangan ini. Di ruangan berukuran 3x3 M2 ini akan didesain tanpa meja dan kursi namun saya gelar karpet saja. Makan lesehan lebih disukai suami dan anak-anak, selain itu saya juga ingin meletakkan lemari buku milik anak-anak di ruang keluarga. Lalu, bagaimana kalau anak-anak ingin nonton tv? Alhamdulillah nonton TV bukanlah sebuah kebutuhan bagi mereka, menonton pun pada jam-jam tertentu, jika ada tamu? Ya nggak perlu nonton. Gitu aja kok repot!? πŸ˜‚

4. Dapur

Berhubung rumah idaman saya tidak terlalu besar, dapur yang saya inginkan minimalis tapi rapi dan hanya tersedia alat masak berupa kompor dua tungku, kulkas, peralatan makan, tempat cuci piring,  satu meja dan dua kursi makan saja. Cukup berukuran 2x2 M2. dapur minimalis saya letakkan berdekatan dengan ruang keluarga dan bersebelahan dengan kamar mandi.

5. Kamar Mandi

Seperti ruangan yang lain, kamar mandi juga tidak butuh yang besar tapi saya ingin kamar mandi ada dua karena nggak ingin mengantre terlalu lama saat perut mulas. Cukup dengan bak penampung air dan satu jamban saja yang penting bisa digunakan BAB dan BAK. Oiya, tempat mencuci pakaian saya letakkan di luar ruang saja di bagian belakang bersama mesin cuci.

6. Tempat Sholat

Meski remeh, tempat sholat sangat dibutuhkan dalam keluarga muslim. Memang benar jika lebih baik ke musholla, tapi saat di rumah sedang repot atau ada acara yang mengundang anggota keluarga lain, arisan keluarga misalnya, pasti butuh yang namanya tempat sholat. Sekali lagi, karena rumah idaman saya sederhana maka tempat sholat akan saya desain cukup untuk satu imam dan 3 makmum saja. πŸ˜‰

7. Garasi

Meskipun belum punya keinginan untuk beli mobil, saya ingin ada space khusus yang cukup untuk memarkir mobil. Garasi perlu untuk menyimpan motor dan sepeda milik anak-anak. Nggak perlu besar, yang penting cukup untuk satu mobil saja sehingga dua atau tiga sepeda motor bisa masuk.

Itulah rumah idaman yang ingin saya miliki suatu saat nanti. Mungkin teman-teman punya masukan untuk saya membangun rumah idaman yang lebih nyaman, boleh dong taruh di komentar, terima kasih.

Tuesday, November 28, 2017

Awas! Ada Dino Park di Jatim Park 3


Beberapa waktu lalu saya berkesempatan mengunjungi Jatim Park 3 di Batu. Sebenarnya sudah sejak beberapa bulan yang lalu saya penasaran dengan wahana wisata milik Jatim Park Grup ini. Gimana nggak penasaran jika tiap ke batu saya melewatinya saat pembangunan berlangsung, tak ayal jika saya penasaran banget. Soalnya anak-anak suka sekali mengunjungi Jatim Park 1 dan 2, mangkanya saat Jatim Park 3 sudah bisa ditengok saya pun segera meluncur.

Memang konsepnya dibuat berbeda dengan Jatim Park lainnya, berupa Dino Mall dan Dino Park sebagai wahana andalannya. Namun masih saja ada beberapa bagian yang sama diantara ketiganya. Misalnya saja, Jatim Park 3 menampilkan alat musik daerah, pun dengan Jatim Park 1. Dinosaurus sebenarnya juga ada di Jatim Park 2 tapi tidak selengkap Jatim Park 3.


Meskipun masih trial opening, pengunjung dapat mengunjungi beberapa wahana yang telah selesai digarap 85% ini. Dengan tiket masuk 100 ribu, wisatawan bisa masuk ke Dino Park dan melihat semua jenis Dinosaurus dari berbagai zaman. Menariknya, pengunjung bisa naik kereta berkapasitas 50 orang untuk mengelilingi taman bertema lima zaman dari kehidupan Dino. Wauw, Seru ya?!


Tak hanya itu, masih ada Music Galery yang lebih tepat disebut sebagai museum musik. Pengunjung bisa belajar tentang alat-alat musik yang dilengkapi dengan patung lilin penyanyi terkenal dari dalam dan luar negeri. Misalnya saja Krisdayanti dan Chrisye dari Indonesia atau John Lenon dan Michael Jackson dari luar negeri, dan beberapa musisi dunia yang terkenal lainnya. Saat berkunjung kemarin, saya suka melihat banyak alat musik dari berbagai daerah di Indonesia bahkan dunia. Asia, Eropa, Amerika, dan masih banyak lagi.



Oiya, ada juga alat musik jaman dulu seperti musik piringan dan musik tabung. Apaan tuh? Datang sendiri deh biar tahu. Kayaknya sih Music Galery ingin menunjukkan perkembangan musik kepada anak muda yang saat ini tengah asyik bermain gadged sehingga hampir melupakan peradaban. Huuuhuuu... Saking sukanya dengan K-Pop mereka lupa jika Indonesia juga memiliki musisi terkenal yang perlu diapresiasi juga. Intinya, yuk kita bangkitkan musik lokal dan tak lupa untuk memberikan apresiasi kepada musisi Indonesia, salah satunya dengan mencintai karya-karyanya.



Dibangun di atas lahan seluas 6 hektar, Jatim Park 3 juga akan menghadirkan Dino Down Town, The Legend Star, Music Gallery, Hi-Tech Multimedia, dan Invinity, untuk lebih jelasnya bisa kalian tengok sendiri websitenya Jatim Park Group ya. Pengunjung bisa datang setiap jam 11.00 - 22.00 setiap hari untuk berwisataedukasi di tempat ini. Oleh karena tiket ke setiap wahana dijual terpisah, pengunjung bisa memilih akan masuk ke wahana mana saja, bahkan hanya window shopping di Dino Mall juga oke.
Music Galery (HTM: Rp50.000)

Mengadopsi konsep Museum Madam Tussauds di London Inggris, Jatim Park 3 akan menghadirkan beberapa patung lilin dari artis terkenal. Wow, saya makin penasaran nih, karena saat berkunjung kemarin patung lilinnya masih dalam tahap pembuatan. Takjub deh lihat patung Michael Jacson yang mirip banget dengan aslinya, nggak perlu jauh-jauh ke London deh untuk berfoto dengan idola kamu.

Foto Bersama Artis


Foto bareng Michael Jacson


Kerangka Dinosaurus

Ah, rencana sih saya akan balik lagi bersama anak-anak, mereka udah antusias aja saat saya perlihatkan foto-foto bersama Dino. Waktu berkunjung kemarin hujan deras jadi saya nggak ngajak anak-anak. Pengennya sih balik lagi saat sudah lengkap jadi bisa bikin ulasannya lebih komplit.


Saturday, November 25, 2017

[Review] Azalea Hijab Shampoo dan Hair Hijab Mist

Hai teman-teman, kali ini saya ingin review lagi tentang shampoo. Entah mengapa kok saya jadi ketagihan mereview product ya? Saya merasa bisa share info bermanfaat kepada teman-teman dan siapa tahu ada yang butuh info tentang shampoo, tinggal saya kasih link aja, tanpa saya jelaskan panjang lebar, hehehe. Kali ini saya akan mereview Azalea Hijab Shampoo dan Azalea Hair Hijab Mist.

Ehm, memang beberapa minggu yang lalu saya mereview shampoo anti ketombe karena saya memang sedang berketombe. Nah, sekarang saya ingin mereview shampoo lagi bukan untuk membandingkan karena manfaat kedua shampoo ini berbeda ya, Guys.

Azalea Hijab Shampoo, Inspired by Natur

Kebetulan sekali saya pernah menggunakan Shampo Natur, jadi saat menggunakan Azalea Hijab Shampoo saya merasa tidak asing dengan aromanya yang mirip natur, teksturnya pun tidak jauh berbeda. Kemasan plastic berwarna hijau dengan isi 180ml membuat shampoo ini mudah dibawa kemana-mana karena ringan.
Shampoo Azalea yang terinspirasi dari Natur
Pada postingan saya sebelumnya, saya telah menemukan shampoo anti ketombe yang cocok dan tinggal cari shampoo yang bisa mengurangi kerontokan. Pas banget kan ya, saat sedang mencari shampoo yang dapat mengatasi kerontokan rambut saya bertemu Azalea “Inspired by Natur” Hijab Shampoo. Kandungan minyak zaitun dan ekstrak gingseng dapat memperkuat akar rambut dan menutrisinya. Awal pakai shampoo ini rambut terasa sedikit kesat, tapi setelah kering rambut akan terasa lembut, wangi, dan mudah diatur. Terlebih ada sensasi dingin di kepala sesuai tulisan yang tertera pada botol yaitu “Cooling Sensation”

Kandungan pada Shampoo Azalea
Berdasarkan pengalaman saya setelah menggunakan Azalea Hijab Shampoo, hingga tiga hari rambut saya tetap mudah diatur dan nggak lepek meskipun keringat saya berlebih. Selain kandungan utamanya, zaitun oil dan gingseng ekstrac, beberapa bahan lain yang tidak berbahaya juga digunakan. Adapun sodium sulfate yang membuat produk ini berbusa, pasti digunakan dalam ukuran yang wajar lah ya, jadi masih aman-aman saja.

Rambut Segar Bebas Lepek Tanpa Keramas

Azalea Hair Hijab Mist
Akhir-akhir ini cuaca tidak menentu, kadang panas seharian dan tiba-tiba hujan hingga berhari-hari. Saya tipikal orang yang mudah sekali berkeringat sehingga baju pun saya ganti setiap hari. Tentu saja keringat berlebih membuat apek di hijab dan di rambut. Kalau harus keramas setiap hari saya juga mikir seribu kali, pasalnya tempat tinggal saya termasuk dataran tinggi sehingga udara cenderung dingin. Malas dong jika harus keramas setiap hari.


kandungan pada Azalea Hair Hijab Mist
Paling bΓͺte saat pagi keramas, eh sore hari rambut sudah lepek banget. Belum lagi bau apek pada hijab yang bikin nggak pede (percaya diri). Namun setelah kenal Hair Mist Azalea, rasa pede langsung ngacir. Hahaha. Dimana pun dan kapan pun Hair Hijab Mist dapat digunakan, praktis dah.
Perawatan harian untuk rambut dan hijab ini mengandung Zaitun Oil dan Aloe Vera Extrack, wanginya segar dan saya suka. Berfungsi untuk mengharumkan dan menyegarkan rambut sehingga mengurangi bau lembab di area sekitar kepala. Berbeda dengan shampoonya, Azalea Hair Mist dikemas dalam box dan berisi 80 ml cairan.

Cara pakainya juga cukup mudah, semprotkan langsung pada rambut dari jarak 10-15cm lalu ratakan dengan jari. Atau bisa juga disemprotkan langsung pada hijab, gunakan saat rambut atau hijab terasa bau dan tidak segar. Tapi ingat, anak dibawah 3 tahun tidak danjurkan menggunakan shampoo ini.
Moga aja bisa jodoh dengan kedua produk Azalea ini ya, karena baru sekali pakai aja udah terasa manfaatnya.

Jangan Menyerah, Bipolar Bisa Disembuhkan


Masih ingat dengan artis bernama Marshanda yang pernah mengidap bipolar disorder? Dulu saya acuh sekali dengan berita tersebut, saya kira hanya berita yang mengada-ada agar artis menjadi terkenal. Eh ternyata bipolar disorder adalah penyakit yang butuh penanganan serius. Memang penderita tampak baik-baik saja seperti orang normal, tapi mood mereka lebih sering berganti.

Berasal dari kata “bi” (dua) dan “polar” (kutub),  bisa dikatakan jika penderita bipolar mengalami gangguan perasaan dengan dua kutub yang berbeda, yakni fase mania (kebahagiaan) dan fase depresi (kesedihan). Penderita bipolar dengan mudah berganti mood  secara ekstrim. Parahnya, depresi dapat mengarah pada tindakan bunuh diri.

Saat depresi, penderita bipolar akan mengalami penurunan mood hampir sepanjang hari, menurunnya minat dan kesenangan, berat badan dan nafsu makan berkurang, susah tidur (tidur terus), malas bergerak (bergerak terus), merasa lelah, dan hilang energi. Perasaan penderita juga lebih sensitif, merasa tidak berarti, dan memiliki rasa bersalah yang berlebihan. Selain itu konsentrasi, kefokusan, dan cara berpikir juga menurun. Kemudian penderita akan berdiam diri, menutup diri dari lingkungan karena tidak berani menghadapi orang, dan kemudian berdampak pada keinginan bunuh diri yang datang terus menerus dan berulang.

Sedangkan pada fase mania, pengidap bipolar disorder akan mampu begadang atau tidak tidur, tidak merasakan kantuk bahkan sampai berhari-hari. Mereka akan lebih banyak bicara atas tekanan yang ada, aktivitasnya meningkat, memiliki banyak ide-ide yang kreatif dan inovatif namun tidak berpikir risiko atau cara yang tepat untuk mewujudkannya. Penderita bipolar juga merasa memiliki harga diri yang tinggi, merasa terhina, terlecehkan dan sendirian. Selain itu, perhatian si penderita akan dengan mudah beralih kepada hal-hal yang tidak penting, bahkan tidak relevan.

Mereka juga terlibat atau melibatkan diri pada kegiatan yang menyenangkan dan berisiko menyakitkan dirinya sendiri, seperti belanja berlebihan, aktivitas seksual yang tidak sesuai, bisnis yang merugikan, memiliki rasa takut kehilangan sesuatu yang menurutnya penting dan mampu melakukan apa saja karena ketakutannya.

Sendy Hadiat, Disorder Bipolar yang Tangguh

Adalah Sendy Winduvitri, pengidap bipolar sejak tahun  2012, yang sayangnya baik diri maupun keluarganya belum tahu tentang penyakit yang dideritanya. “Saat itu saya tinggal sendiri di Indonesia,  keluarga saya tinggal di Amerika,” tukas Sendy.

Wanita yang di dunia maya terkenal dengan nama Sendy Hadiat ini juga menambahkan jika kakak pertamanya telah ada di Amerika sejak tahun 2002 dan disusul oleh kakak keduanya pada tahun 2005. Hingga sekarang, mereka berkewarganegaraan Paman Sam. Lalu pada tahun 2011, orang tuanya menyusul ke Amerika.

Hingga tahun 2015, saat ayahnya, Edi Hadiat, meninggal dunia setelah berkunjung ke Bali, keluarga Sendy belum memahami bagaimana cara memperlakukan seorang pengidap bipolar. Tekanan yang dihadapinya masih sama dan belum ada perubahan. “Ditambah tekanan, cacian, makian, serta hujatan dari mantan istri suami saya beserta keluarganya, juga keluarga inti dari suami saya yang dipengaruhi oleh mantan istri suami,” Sendy menjelaskan masa lalunya.

Di tahun 2017, wanita ini akhirnya mencari sendiri arti bipolar, penyebab, cara pencegahan, dan bagaimana mengatasinya. Dibukanya kembali buku tentang bipolar yang dibelinya sejak 2013 namun belum pernah dibaca dan berusaha menemukan psikiater yang disebutkan dalam buku tersebut.
Dibantu oleh sang suami, baik saat berkonsultasi dengan sang dokter kejiwaan maupun meyakinkan keluarga untuk memahami pengidap bipolar, Sendy Hadiat merasa memiliki kekuatan untuk kembali menjadi wanita yang berarti dalam hidup suami dan anak-anaknya. Dia pun menyadari jika dirinya mengidap bipolar.

Berawal dari situlah, Sendy Hadiat belajar lebih dalam tentang bipolar, berusaha memahami dua fase yang ada pada dirinya, dan berusaha menjaga stabilitas ketenangan hati dan pikiran sebelum menjadi stressor yang akan menyulut pemikiran keliru dalam otak. “Untuk itu saya berusaha menghindari faktor-faktor penyebab stress yang dapat membuat kambuh fase depresi dan mania,” tukasnya.

Saat ini, ibu dari empat anak ini telah bisa memahami fase mania dan depresi dalam dirinya sehingga tidak mengalami panic attack yang berlebihan. Meskipun masih mengonsumsi obat saat membutuhkan, Sendy merasa lega bisa kembali merasakan menjadi seorang perempuan sekaligus istri dan ibu yang berarti untuk anak-anaknya. “Tahun ini saya merasa memiliki keluarga yang utuh di mana ada satu kesatuan,” ujar wanita yang pernah ke psikolog seminggu dua kali ini.

Di tahun ini pula Sendy dapat menerima dirinya sebagai bipolar disorder yang memang bukan pilihannya namun karunia dari Allah SWT. Banyak hal positif yang menurutnya bisa dilakukan setelah memahaminya bipolar.

Akhirnya Kumenemukan-Mu dan Menemukannya

Kisah Sendy sebagai penderita bipolar dan perjalanan hidupnya penuh rintangan, seperti pelecehan, bullying, dan siksaan batin bahkan beberapa kali mencoba bunuh diri, hingga akhirnya dia menemukan Allah di hatinya, dituliskan dalam sebuah buku berjudul Menemukan-Mu dan Menemukannya.

Sebagai bentuk kepedulian kepada perempuan lain, khususnya pengidap bipolar disorder, buku ini berpesan kepada pembaca agar tidak menyerah pada keadaan, terus berjalan, dan melangkah. Allah Maha Baik dan Maha Penolong yang tidak akan pernah meninggalkan hamba-Nya.

Ditulis hanya dalam waktu dua hari, buku setebal 160 halaman ini bercerita tentang pengalaman Sendy menjadi pengidap bipolar, mulai dari mengapa ia mengalami bipolar hingga bagaimana usaha untuk menghadapinya. Buku yang digarap saat menjadi peserta Privat Writing Coach ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi pembaca, khususnya perempuan, bahwa keluarga merupakan akar dari semua kehidupan, baik mental maupun jiwa.

Sendy menambahkan jika lemahnya kejiwaan bukanlah penghambat untuk menginspirasi orang lain. Singkirkan malu dan buka mata hati untuk menerima saudara-saudara dan sahabat perempuan yang membutuhkan pelukan. Segala kejadian dalam episode kehidupan kita pasti ada hikmahnya. Sadarlah bahwa tidak ada rencana yang dapat mengalahkan ketetapan dan ketentuan Allah SWT.

Wah, masih baca cuplikan kisahnya aja sudah bikin penasaran ya, pasti bukunya menarik nih. Oiya, untuk mengenal Sendy Hadiat lebih dekat kalian bisa bergabung di grup facebook Biling (Bipolar Care Healing) atau langsung klik aja link berikut. Bagi kalian yang ingin membeli bukunya bisa PO mulai tanggal 7 Desember 2017 ya, atau langsung aja hubungi Indscript.


Friday, November 24, 2017

Pasukan Penyebar Semangat di Joeragan Artikel

Pasukan Penyebar Semangat di Joeragan Artikel - Tidak hanya dimedan perang saja istilah pasukan digunakan, di Joeragan Artikel juga ada yang namanya pasukan. Menurut KKBI Online, pasukan adalah kawanan; kumpulan; atau sekelompok orang yang menyatu. Begitu juga arti kata pasukan yang ada di Joeragan Artikel mengacu pada arti sekawanan orang yang berada dalam sebuah grup. Ada pasukan apa saja dan mengapa mereka dibentuk?

Pasukan Joeragan Artikel

Joeragan Artikel adalah agen pelatihan online khusus perempuan. Kaum hawa yang hobi menulis dan ingin berpenghasilan melalui hobinya tersebut, bisa mengikuti pelatihan online di Joeragan Artikel. Harga yang terjangkau menjadi daya tarik tersendiri selain lulusannya akan bisa mendulang dolar dari pengalaman yang telah diperoleh saat mengikuti pelatihan. heuheu... Menarik sekali,bukan?

Pasukan-pasukan yang ada di joeragan artikel adalah inovasi baru  dimana alumni pelatihan dapat berkumpul. Pasukan blogger adalah alumni dari training blogger, pasukan resensi adalah alumni dari training resensi, dan seterusnya. Jadi, setiap alumni training online di Joeragan Artikel akan bergabung dalam sebuah grup alumni yang diberi nama pasukan.

Lalu,ada pasukan apa saja ya di Joeragan Artikel saat ini?
1. Pasukan Endorser, grup dari alumni training status cantik
2. Pasukan Editor, grup dari alumni training editor
3. Pasukan Resensi, grup dari alumni training resensi
4. Pasukan Blogger, grup dari alumni training di Joeragan Artikel yang memiliki blog.
5. Pasukan reporter, grup dari alumni training reportase/liputan

Pasukan Penyebar Semangat

Mengapa saya menyebut mereka sebagai pasukan penyebar semangat? Karena bawaannya semangat melulu kalau pas lagi ada di grup alumni. Kebetulan saya berada di beberapa alumni yang memberikan banyak manfaat kepada saya. Kiranya benar jika adayang mengatakan, "bergabunglah dengan orang-orang yang selalu semangat,maka kamu akan tertular semangatnya".

Begitulah yang saya rasakan, kayaknya dalam setiap grup tersebut nggak ada satupun pasukan yang menjadi kutu atau ehm apa ya istilahnya? Membuat gatal anggota lain dan merasa nggak betah gitu deh. Semua saling memberikan semangat dan membagikan ilmu sesuai kapabilitasnya masing-masing.Oke,yuk kita kupas sedikittentang masing-masing pasukan yang ada di Joeragan Artikel.

1. Pasukan Endorser

Sebagai alumni dari training status cantik, tentu saja saya dapat bergabung di pasukan endorser. Penanggung Jawab (PJ) di pasukan ini adalah Mbak Piet Genta, seorang novelis. Karyanya berjudul Alestanova menjadi best seller di penerbit Stiletto. Saya suka dengan Mbak Piet Genta yang nggak pelit ilmu dan ramah. Grup yang terdiri dari 60 pasukan ini (kurang lebih ya) telah belajar menulis status cantik selama 30 hari lamanya. Pasti mereka telah ahli dalam membuat status cantik ya guys, nggak diragukan lagi deh pokoknya.

Lalu mengapa grup pasukan endorser berasal dari kelas status cantik? karena tugas pasukan adalah melakukan endorse pada produk kliennya Joeragan Artikel. Dibayar? Yaiyalaah... Namanya juga job, pasti dapat fee. Berapa? Rahasia donk, kalau mau tahu ikut kelas status cantik dulu aja yuk!

Banyak klien merasa terbantu dengan adanya pasukan endorser dari Joeragan Artikel. Pastinya klien puas ya, kalau tidak puas nggak mungkin Ummi Aleyya membuat pasukan endorser. Hahaha. Saya yang sudah pernah mengendorse produk klien merasa puas juga dengan feenya. Heuheu... Meskipun recehan tapi berkah. Amiin

Mbak Winny Mufiani Lukman, mentor Training Status Cantik yang juga menjadi pengurus pasukan endorser menyarankan agar pasukan yang telah bergabung memperbanyak portofolio endorsement. Semakin banyak portofolio yang dimiliki setiap pasukan, maka semakin mudah terangkut dalam proyek endorsement yang disediakan Joeragan Artikel.

2. Pasukan Resensi

Lagi-lagi saya kecemplung juga di grup alumni Training Resensi yang dibuat oleh Ummi Aleyya, tapi saya ogah mentas setelah kecemplung. Hehehe. Abisnya semangatnya mbak Zurnila Emhar Ch alias mbak Nila sungguh luar biasa. Grup yang dibuat pada tanggal 24 Oktober 2017 lalu ini memiliki 33 anggota. Mungkin karena masih baru, pasukan resensi belum terlalu ramai tapi cukup aktif karena setiap hari Jumat akan adabedah karya resensi dari anggota.

Tak hanya itu, Mbak Nila sebagai penanggung jawab juga membagikan tips-tips seputar menulis resensi. Pengalaman wanita asal Bukittinggi ini cukup mumpuni karena beberapa kali karya resensinya sudah nangkring di media nasional. Hobinya menulis puisi, cerpen, dan resensi ternyata telah menghasilkan pundi-pundi rupiah, pantas saja jika mbak Nila menjadi penanggung jawab pasukan resensi ya.

Oiya, beberapa hari lagi pasukan resensi akan mendapatkan job dari Joeragan Artikel untuk meresensi buku karya seorang mantan bipolar. Wiiih... pasti keren nih bukunya, apalagi kabarnya buku tersebut ditulis hanya dalam waktu dua hari. Buku apa dan siapa penulisnya? Yuk,gabung di training resensi biar kamu juga bisa membacanya secara gratis.

3. Pasukan Blogger

Salah satu kendala yang sering saya hadapi saat menjadi blogger adalah writer block. Bingung mau nulis apa padahal blog udah minta diisi, hehehe. Bersyukur sekali ada grup pasukan blogger Joeragan Artikel sehingga ada solusi atas permasalahan yangsaya hadapi.

Pada akhir Oktober 2017 saya memutuskan untuk bergabung dengan pasukan blogger yang menurut saya grup yang memiliki tuntutan paling tinggi diantara grup yang lain di Joeragan Artikel. Tapi tuntutan yang positif agar pasukan blogger bisa konsisten menulis di blog. Oleh karenanya saya nekat bergabung agar blog bisa terisi secara rutin.

Pasukan Blogger memiliki anggota kurang lebih 58 orang, tapi yang aktif hanya separuh lebih sih. Entah yang lain kemana, mungkin sibuk dengan aktivitas lainnya. Ini dia ketentuan yang harus dipatuhi setiap pasukan blogger yang saya copas dari grupnya.
Berikut ketentuan Grup Pasukan Blogger @JA :
  1. Challenge setoran diadakan setiap 2 x dalam seminggu (hari Senin dan Kamis)
  2. Setiap challenge akan di buat triit baru dan member wajib untuk setoran sub link artikelnya dikolom komentar dan member yang lain wajib untuk blogwalking dan komen di blog tersebut
  3. Challenge Bacth 1 berlangsung selama 15 x 
  4. Disamping setoran sub link artikel, yang pertama kali setoran maka artikelnya akna di review, baik itu dari segi penulisan juga tata letak tample blognya di awal minggu.
  5. Peserta yang konsisten setoran akan mendapat rewarf berupa bintang, bagi setiap yang konsisten setoran per challange
  6. Dengan konsisten setoran, blogwalking dan komen sebenarnya akan sangat bermanfaat buat meningkatkan DA/PA di blog masing-masing
  7. Challenge pertama bacth 1 di mulai Senin 30 Oktober 2017
  8. Harap meninggalkan alamat blognya di kolom komentar ini
Selain menantang dan harus konsisten, yang menarik adalah pasukan akan mendapatkan bintang yang insyaallah akan mendapat reward. Seru kan? Banget!! Pasukan blogger juga akan mendapatkan job dari Joeragan Artikel seperti pasukan-pasukan di grup lainnya. Tentunya siapa yang aktif dan rajin setor postingan blog akan mendapatkan bintang, rewardnya berupa job dari Ummi Aleyya. Asyeeek

Nah, itu dia tiga pasukan yang ada di Joeragan Artikel. Oiya, ada satu lagi pasukan reporter dimana saya menjadi penanggung jawabnya, tapi saya masih belum ingin mereviewnya. Hehehe. Saya ingin menulisnya dalam postingan tersendiri karena ingin saya kupas lebih dalam. So, pantengin terus blog saya di www.bundadzakiyyah.com ya! See You di postingan berikutnya 😍
 

Thursday, November 23, 2017

Cantik Halal dan Aman dengan Zalfa Miracle Skincare

Cantik Halal dan Aman dengan Zalfa Miracle Skincare- Wanita mana yang tidak ingin cantik? Hayo ngacuung!! Pasti nggak ada yang ngacung deh. Semua wanita pasti ingin tampil cantik dan menawan, berbagai cara dilakukan oleh kaum hawa untuk terlihat lebih indah dipandang. Mulai dari operasi plastik, memakai pemutih wajah, hingga suntik silicon dan masih banyak lagi cara instan lainnya untuk terlihat seperti barbie.

Tapi, dampak yang ditimbulkan dari cara-cara instan untuk tampil cantik membuat bulu kuduk berdiri. "Kamu cantik kok!" begitu kata suami memuji saya. Hahaha. Sssttt... dia bilang gitu biar nggak diminta belikan kosmetik. Tapi tetap aja saya beli beberapa untuk merawat wajah, saya pun ingin wajah nggak kusam dan kerutan di sekitar mata datang lebih cepat. Wanita mana yang tidak ingin cantik?


Curhat dikit yes. Dulu saat masih kuliah wajah saya kusam dan tak terawat, bahkan tampak belang pada bagian pipi karena berkerudung. Bukan kerudungnya yang salah tapi karena saya nggak pernah pakai tabir surya atau SPF saat berada di luar, padahal saya wanita yang aktif dan suka sok sibuk gitu deh 😎😎. Apalagi kemana-mana selalu jalan kaki dan naik angkot (OMG, sekarang malas banget jalan soalnya sudah bisa naik motor).

Baca juga: Whitening Treatment di Karadenta Skin Clinic


Nah, saya belum mengerti (lebih tepatnya nggak mau mengerti) tentang SPF dan sebangsanya, yang saya tahu hanyalah belajar dan cari uang (untuk biaya kuliah). Setelah lulus dan waktunya menunggu lelaki yang mau meminang saya, mulai deh perhatian dengan wajah. Baru sadar kalau wajah saya belang, bagian muka coklat dan kusam karena tidak tertutup kerudung. Naluri saya sebagai wanita muncul, pengen muka lebih kinclong meskipun nggak harus berubah menjadi cantik (sadar diri πŸ˜€).

wajah polos saya saat masih kuliah (polos atau ...)
Bagi saya sih cantik itu akan terpancar ketika hati juga cantik, percuma wajah bersinar hatinya busuk. Ups... balik lagi ke masalah wajah. Setelah itu saya mulai mencuci wajah dua kali sehari, memakai kosmetik dengan kandungan SPF saat beraktivitas di luar rumah, dandan tipis-tipis lah intinya. Alhamdulillah wajah lebih segar dan nggak kusam lagi.

Semakin bertambah usia, saya pun semakin memperhatikan penampilan. Apalagi sekarang, tiap hari ada suami yang akan memandang wajah saya sejak bangun tidur hingga tidur lagi. Bukankah membuat suami senang itu ibadah, siapa tahu dengan wajah kinclong bisa menambah kebahagiaan. Uhuk πŸ˜†!!

Setelah ada sedikit perhatian pada wajah, saya agak shock jika ternyata banyak sekali produk kecantikan yang beredar di pasaran. Untung zaman udah canggih ya, apa-apa bisa tanya ke google, nah saya menemukan produk perawatan wajah yang halal dan aman, Zalfa Miracle. Kebetulan nih, menemukan produk yang keamanannya terjamin karena terdaftar di BPOM. Saya pun exited untuk membaca lebih lanjut tentang produk-produknya, pas lagi butuh informasi tentang koosmetik juga 😍.

Mengapa Zalfa Menjadi Pilihan Terbaik?
Karena Zalfa peduli untuk wujudkan sempurnanya cantik sehat bagi wanita Indonesia. Begitu saya baca di official website www.zalfa.co.id yang juga menampilkan semua produk beserta informasi lainnya yang dibutuhkan konsumen. Ada beberapa alasan yang membuat Zalfa merasa bahwa produknya adalah pilihan terbaik, berikut alasannya.

1. Terjamin Keamanannya
daftar Zalfa Miracle di BPOM (sumber: www.zalfa.co.id)
Percayalah jika segala sesuatu yang instan itu tidak baik, maka hindarilah menggunakan produk kecantikan yang dapat membuat wajah putih dalam semalam. Heuheu... Bahkan ada juga produk yang membuat kulit lebih mengkilau dalam beberapa jam saja, tapi efeknya? πŸ˜±πŸ™ˆ Ngeri. Mending cari amannya saja dengan memilih kosmetik yang terbukti aman. Nah, Zalfa Miracle ternyata aman lho sodara-sodara! Jadi nggak was-was kan ya, lebih nyaman, dan tenang. Zalfa Miracle juga sudah terdaftar di BPOM artinya bahan-bahan yang digunakan aman karena telah memenuhi standar keamanan produk kosmetik yang layak beredar di tengah-tengah masyarakat.

2. Terjamin Kehalalannya
Sertifikat Halal Zalfa Miracle (sumber: www.zalfa.co.id)

Tidak hanya aman, jika perlu kosmetik yang kita gunakan harus halal. Jadi bukan makanan saja yang harus kita konsumsi secara halal, kosmetik juga ya, Sis! Wajib! 😊😌. Bukannya fanatik, wajarlah kalau sebagai muslimah kita pilih-pilih merek yang terbukti kehalalannya, biar lebih berkah manfaatnya.

Begitu juga dengan Zalfa Miracle yang juga memedulikan aspek kehalalan produknya. Zalfa percaya jika memperhatikan kehalalan produk memberikan manfaat yang besar tidak hanya untuk pengguna produk tapi juga seluruh umat islam. Oleh karenanya Zalfa telah mengantongi Setifikat Halal MUI sebagai bukti jika produk kosmetik Zalfa Miracle adalah HALAL. Makin yakin dong menjadikan Zalfa sebagai pilihan perawatan wajah.

3. Mudah Diperoleh 
Titik Sebar Zalfa Miracle (sumber: www.zalfa.co.id)

Produk skincare lokal ini juga mudah diperoleh karena tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia. Oiya, makin penasaran nih karena di Kota Malang tempat tinggal saya ternyata juga ada Zalfa Miracle. Asyiik... Selain distributor yang ada di daerah-daerah, Zalfa juga bisa diperoleh melalui akun sosial medianya di facebook @zalfacosmetik atau official website www.zalfa.co.id. Bagi yang berada di Bogor bisa datang langsung ke Jalan Raya Dramaga Km. 07 No. 9A, Desa Ciherang, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor. Telepon: (0251) 8427-620

Produk Kecantikan Zalfa Miracle
Zalfa Miracle menghadirkan banyak series product perawatan kecantikan, antara lain:
Dari sekian banyak produk perawatan wajah dari Zalfa Miracle, hanya tiga produk yang ingin saya miliki sesuai dengan kebutuhan utama wajah saya. Memang benar jika semua produk bermanfaat untuk merawat wajah, tapiii... menyesuaikan kantong juga kan? πŸ˜πŸ˜πŸ˜‚ *emakirit. Oke, yuk intipin satu persatu produknya Zalfa yang menjadi incaran saya, Sis!

1. Zalfa Miracle Lightening Series

 
sumber: Facebook Zalfa Cosmetics

Coba deh amati wajah-wajah artis korea yang putih mulus. Sebagai penggemar drama korea saya pernah juga mupeng dengan wajah putih mereka, kapan ya muka saya semulus itu? πŸ˜…πŸ˜†πŸ˜Ž. Zalfa Miracle Lightening Series adalah produk perawatan wajah yang berfungsi mencerahkan wajah sehingga wajah putih cerah alami. Ini dia produk yang ingin saya miliki, selain bebas dari pemutih yang berbahaya, tidak mengandung mercuri, hidrokinon, retinoat, steroid, dan bahan pemutih wajah berbahaya lainnya, Zalfa Cosmetic ini dibuat dari perpaduan ekstrak bahan alami.

Baca juga: Mau Sehat Terus Dapat Pahala, Donor Darah Aja!

Zalfa Miracle Lightening Series terdiri dari krim siang (day cream), krim malam (night cream), dan sabun wajah (facial wash) yang bisa digunakan setiap hari karena terbuat dari bahan alami, jadi aman ya, Sista 😍. Pas banget dengan saya yang bekerja seharian dan harus mencuci muka setiap hari πŸ˜πŸ˜„.

Tiba-tiba saja teringat dengan wajah saya yang pernah belang beberapa tahun silam, seandainya sejak dulu saya mengenal Zalfa mungkin wajah saya sudah putih sejak dulu ya? Hahay... Sayangnya Zalfa Miracle ada pada tahun 2013 dan saat itu saya sudah menikah, hihihi. Nah, sebelum memakai make up, Sista bisa mengunakan Zalfa Miracle Day Cream di pagi hari untuk perlindungan dari sinar matahari. Untuk perawatan kulit wajah saat malam, Sista bisa menggunakan Night Cream sehingga kulit wajah tetap lembab dan cerah.


Beneran nih, high performance skin care for perfect skin

2. Zalfa Miracle Anti Aging Serum

sumber: facebook Zalfa Cosmetics

Pernah nonton film Maleficent yang diperankan oleh Angelina Jolie? Dalam film tersebut Angelina Jolie berperan sebagai wanita jahat yang wajahnya tetap cantik dan tidak menua. Saya jadi bertanya-tanya, kira-kira enak gak ya jadi wanita yang wajahnya tidak menua? Ealah... pertanyaan saya terjawab saat nonton film The Age of Adaline, ternyata selalu awet muda itu nggak enak juga, hahaha. Itu sih cuma film ya, Sis! Penasaran? Tonton aja kedua film tersebut, cakep deh 😎.

Penuaan itu pasti, setiap manusia akan mengalaminya. tapi tak ada salahnya kan jika kita melakukan berbagai upaya alami untuk menghambat penuaan? Salah satunya menggunakan cream anti aging serum dari Zalfa Miracle. Serum yang paling diminati oleh pengguna Zalfa Cosmetic, hoho.. pada pengen cantik semua rupanya ya?πŸ˜„πŸ˜„

Ternyata oh ternyata, selain berfungsi memperlambat proses penuaan dini, anti aging serum ini juga dapat mencerahkan wajah. Mengandung collagen dan ekstak kedelai, produk ini dapat membantu mengembalikan dan memelihara kekenyalan kulit wajah. Menariknya lagi, kandungan vitamin C nya dapat menyamarkan noda hitam.

Duh, makin nggak sabar ingin segera memiliki Zalfa Miracle, bentar deh nunggu gajian πŸ˜„πŸ˜„

3. Zalfa Miracle Lightening Concentrate Kakadu Plum

Produk terbaru dari Zalfa Cosmetic adalah Zalfa Miracle Lightening Concentrate Kakadu Plum yang launching pada tanggal 27 Oktober 2017 lalu. Produk yang telah mengantongi certified organik kakadu plum ini juga non paraben.Tahu sendiri kan, Sis, paraben adalah senyawa kimia yang biasa digunakan sebagai pengawet dan disinyalir dapat menyebabkan kanker, hiiii... ngeri ya 😱

Oiya, apa sih kakadu plum itu? Buah asli dari Australia yang mengandung vitamin C paling tinggi dan dipercaya sebagai superfood (bahan pangan alami yang memiliki kandungan gizi dan vitamin sangat tinggi). Wow, superfood untuk kosmetik? Selain aman, halal, pastinya alami dong ya,Sista 😍.
sumber: facebook Zalfa Cosmetics
Terbuat dari Organic Kakadu Plum Australia yang mengandung vitamin C paling tinggi, Zalfa Miracle Lightening Concentrate Kakadu Plum Intensive Serum efektif sebagai anti oksidan dan anti aging pada kulit. Selain itu intensive serum ini juga dapat memperbaiki sel kulit yang rusak dan melindunginya. Kulit wajah menjadi lebih kenyal dan garis-garis halus pada wajah bisa berkurang secara signifikan.

Agar kulit tampak lebih segar dan cerah alami di pagi hari, Sista bisa menggunakan Zalfa Miracle Lightening Concentrate Kakadu Plum Intensive Serum secara rutin sebelum tidur, dengan begitu wajah tetap terawat di waktu malam. Mengapa digunakan pada malam hari? Karena kulit beregenerasi lebih cepat saat malam hari. Cateet!! Nanti kalau saya udah beli saya review lagi deh hasilnya πŸ˜πŸ˜„. Semoga saja dapat rejeki nomplok dan bisa segera membuktikan miraclenya Zalfa. Amiin.
 
Apa saja sih kandungan pada Zalfa Miracle Lightening Concentrate Kakadu Plum, kok sepertinya oke banget nih diaplikasikan ka wajah? 
  1. Buah kakadu plum yang berfungsi sebagai anti oksidan dan anti aging yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas dan menghilangkan kerutan di wajah. 
  2. Horse chestnut yang berfungsi meredakan peregangan pada kulit wajah.
  3. Niacimanide yang berfungsi mengurangi produksi sebum pada kulit, mencerahkan kulit, dan memudarkan bekas jerawat.
  4. Castor oil yang berfungsi sebagai anti aging untuk menstimulasi pembentukan kolagen pada kulit dan menghilangkan bekas jerawat.
Nah, itu tadi sedikit review tentang tiga produk Zalfa Miracle Cosmetik yang ingin saya beli. Selain produk-produk yang oke punya, Zalfa Cosmetik juga menyertakan buku mini berisi edukasi kosmetik sebagai salah satu wujud Zalfa untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menggunakan produk kosmetik yang legal dan aman. Buku tersebut juga disediakan pada pembelian paket lain seperti paket cream anti jerawat dan paket cream anti flek. Perhatian sekali ya Zalfa, jadi makin mantap nih untuk beli dan pakai produknya.

Memang perawatan wajah dari luar juga penting untuk melindungi kulit dari serangan lingkungan seperti terik matahari, debu dan kotoran, serta oksidasi udara. Namun, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat menutrisi kulit dari dalam ya, Sis. Misalnya mengonsumsi air putih (palin water), buah, dan sayur secara cukup dan rutin.Oiya, olahraga rutin juga perlu untuk meningkatkan stamina sehingga tubuh sehat dan segar luar dalam πŸ˜πŸ˜„ Siip!!

Ingat, kecantikan tidak hanya dinilai dari wajah tapi juga hatimu. Seperti kata cherry bell, "kamu cantik, cantik, dari hatimuuuu" 😍😍 Kalau kamu pakai apa untuk mempercantik kulit? Share ya di kolom komentar!

Tuesday, November 21, 2017

Ajaib, Sariawan Sembuh dalam Dua Hari. Ini Rahasianya!

Ajaib, Sariawan Sembuh dalam Dua Hari - Beberapa hari yang lalu, ada tamu tak diundang mampir ke bibir saya. Selain tak diundang, tamu tersebut juga tak pernah saya inginkan seperti orang lain yang juga tak pernah mengharapkannya. Hehehe. Siapakah dia? Sariawan.

Ya, sariawan yang (amat sangat) jarang sekali bertengger di bibir tiba-tiba saja nongol di bagian dalam, di sela-sela gusi gitu deh (bingung mau jelasinnya). Alhamdulillah sih saya dan keluarga termasuk juga anak-anak hampir tidak pernah mengalami sariawan. Mungkin karena saya selalu konsumsi buah atau sayur setiap hari.

Bukankah salah satu penyebab sariawan adalah kekurangan Vitamin C? Meskipun tergigit saat makan, terlalu banyak makan pedas, infeksi pada gusi juga termasuk penyebabnya, namun dengan menjaga asupan Vitamin C dengan benar insyaallah sariawan malas mampir.

Lalu kenapa tiba-tiba saja ada sariawan yang mampir di bibirku? Ah, bandel nih sariawannya, nggak mempan dengan Vitamin C, hahaha (eh nggak boleh suudzon ya...). Mungkin karena seminggu ini saya lagi doyan banget makan pedas, hampir tak terkontrol πŸ˜πŸ˜‚πŸ˜Ž. Selain itu cuaca sedang nggak mendukung, kadang panas menyengat dan tiba-tiba dinginnya minta ampun.

Apakah saya khawatir? Enggak donk... Terus saya obati pakai apa? Ah, saya kalau nggak sakit parah banget (naudzubillah ya..) nggak pakai obat. Hehehe. Ajaib deh, dalam dua hari saja sariawan langsung sembuh. Saat saya raba pakai lidah udah menipis dan nggak perih. Gimana cara saya mengatasinya?

Banyak Minum Air Putih 

Kalau biasanya saya minum 1,5 liter air putih per hari, saat sariawan saya tambah lagi. Pokoknya harus lebih dari 1,5 liter, dengan begitu tubuh tidak mengalami dehidrasi. Bukankah air putih juga bisa mengeluarkan racun dari dalam tubuh? Terutama jika diminum setelah bangun tidur saat mulut masih kering.

Perbanyak Vitamin C

Meskipun setiap hari saya mengonsumsi buah, tapi belum tentu mengandung Vitamin C. Nah, saat sariawan saya genjot lagi tuh makan buah yang mengandung Vitamin C. Kebetulah juga saya punya pohon jambu merah dan jeruk nipis, hahay. Jika biasanya saya minum jeniper (jeruk nipis peras) saat bangun tidur saja, maka akan saya tambah porsinya minimal 3x sehari. Saya juga mengganti makan malam dengan jus jambu dan raw food (sayuran mentah, biasanya berupa salad). Menurut food combining perbanyak makan sayur mentah (raw food) dapat mengurangi zat asam dalam tubuh yang cenderung menimbulkan berbagai penyakit.

Puasa Senin & Kamis

Alhamdulillah hampir dua bulan saya bisa melaksanakan puasa Senin dan Kamis secara rutin. Niatnya sih, selain ingin lebih sehat juga menurunkan berat badan yang berlebih. Saya pun tidak mengira jika puasa Senin dan Kamis membuat sariawan nggak betah. Mungkin ini terjadi karena saat puasa racun-racun dalam tubuh terbuang setelah seharian alat pencernaan beristirahat.

Mengurangi Makanan Berminyak dan Berlemak

Ini nih yang paling sulit untuk dihindari, secara anak-anak suka banget tempe dan tahu goreng, jamur goreng, oseng-oseng, dan makanan lain yang mengandung minyak. Namun, karena saya puasa Senin dan Kamis jadi bisa sedikit menahan diri untuk nggak makan gorengan. Coba kalau nggak puasa, mana bisa saya nggak mencicipi tempe goreng yang aromanya merebak ke hidung saya, huhuuuuu. Bisa jadi ini salah satu penyebab sariawan saya segera kabur.

Menjaga Kebersihan Mulut

Bukan berarti saat nggak sariawan saya nggak menjaga kebersihan mulut ya, tapi saat terkena sariawan kebersihan mulut harus semakin dijaga. Kumur-kumur atau gosok gigi setelah makan dan memastikan untuk gosok gigi sebelum tidur adalah upaya yang saya lakukan untuk mengusir sariawan agar tidak betah lama-lama bertenggeh di bibir.

Itulah beberapa kebiasaan sehari-hari saya yang tanpa disadari membawa banyak manfaat. Ajaib, sariawan saya sembuh dalam dua hari dan itulah rahasianya. Kalau pembaca sekalian, apakah kalian pernah sariawan dan apa yang kalian lakukan untuk mengusirnya? Share di komen yuk!