Rabu, Juli 26, 2017

Ada Apa Di Bazar MTQMN 2017 Universitas Brawijaya?


Selain pelaksanaan lomba MTQ, sebagai acara utama dalam rangkaian MTQ Mahasiswa Nasional 2017, juga digelar Bazar MTQMN 2017 Universitas Brawijaya mulai Kamis, 27 Juli - Rabu, 2 Agustus 2017. Perhelatan acara pendukung ini diharapkan mampu menarik khalayak umum untuk berpartisipasi dalam kegiatan MTQMN 15 di UB-UM.

Baca juga: Musabaqah Tilawatil Qur'an Mahasiswa Nasional XV di UB-UM

1000 Porsi Makanan Gratis Selama Bazar


Selain 140 undian berhadiah selama bazar, akan ada juga 1000 Porsi Makanan Gratis. Siapa yang menyediakan porsi gratis sebanyak itu? Tentu saja panitia yang baik hati (dan tidak sombong, eh), dengan syarat yang sangat mudah dan nggak ribet. Kamu cukup membawa KTP/Identitas dan nomor hape, lalu bawa ke panitia untuk mengambil voucher. Nah, setelah itu kamu bisa memilih akan mengambil porsi makanan gratismu di stand bazar yang tersedia. Gampang sekali, bukan?

Baca juga: Ayam Suwi Baraci, Sensasi Pedas Menggugah Selera

Pada hari pertama alias pembukaan, panitia akan menyediakan 250 porsi makanan gratis. Lalu hari Jum'at, 29 Juli - 2 Agustus 2017 akan ada 125 porsi makanan gratis setiap harinya. Mupeng nggak? Mupeng nggak? Sebagai bocoran nih, ada Paket Strudle Malang, Paket tokoyaki dari Malang Snack Station, Paket Burger Aswad, Produk Gangsar.W⁩, Produk Syahar Frozen Food, Paket Product dari Keripik Coklat @rema_remah, Paket Sambel Mantap "BundaEri", Nasi bakar ala Segobong, dan Keripik n brownies tempe.

Lomba Tumpeng Mini 


Bertemakan MTQ Mahasiswa Nasional 2017, lomba tumpeng mini digelar sebagai salah satu acara pada gelaran Bazar MTQMN 2017 di Universitas Brawijaya. Dilaksanakan tanggal 27 - 28 Juli 2017, pukul 08.00 - 11.00 di Gedung FTP Universitas Brawijaya. Hanya dengan biaya kontribusi Rp.10.000/peserta para warga yang berasal dari suatu lembaga atau komunitas bisa mengikuti lomba ini.

Festival Lomba Anak Sholeh


Bazar MTQMN 2017 Universitas Brawijaya juga memberikan wadah untuk mengasah kemampuan dan kecerdasan anak yang dikemas dalam "Festival Lomba Anak Sholeh". Dalam acara yang digelar mulai 27 Juli hingga 2 Agustus 2017 ini akan ada dua lomba yaitu mewanai dan hafidz cilik. Seru banget pastinya ya.  Dilaksanakan di Gedung FTP Universitas Brawijaya dan sekitarnya, peserta yang berasal dai TK, SD, dan MI atau sederajad akan turut meramaikan.

 Baca Juga: Menikmati Nandhi Murni, Menikmati Kebaikan Susu Alami

Workshop Beauty Class WARDAH

Di Bazar MTQMN 2017 juga ada Beauty Class bersama Wardah. Selain terbuka untuk umum peserta juga dapat produk seharga Rp. 50.000 dengan membayar tiket kontribusi Rp. 70.000. Diadakan di Gedung FTP Lt. 2 Universitas Bawijaya tanggal 28 Juli - 2 Agustus 2017.

Tabligh & Tausiyah Akbar

Acara spesial nih, Tabligh Akbar "Lentera Nusantara" yang akan dilaksanakan pada 29 Juli - 2 Agustus 2017 pukul 11.40 – 14.00. Berlangsung di Masjid Raden Patah Lt 2, Universitas Brawijaya, acara ini menghadirkan para mubaligh ternama di Indonesia, yaitu:
  1.  Ustadz Subkhi Al Bughury pada tanggal 29 Juli 2017 dengan tema "Peran Pemuda Qurani untuk Bangsa"
  2. K.H. Syarief Rahmat pada tanggal 30 Juli 2017 bertema "Nilai- Nilai Al Quran dalam budaya Nusantara". 
  3. K.H. Syekh Muhammad Jaber pada tanggal 1 Agustus 2017 dengan tema "Cahaya Madani di Indonesia"
  4. Ustadz Al Habsy pada tanggal 2 Agustus 2017 betema "Penerapan Al Quran dalam Membangun Prinsip Kepribadian" 
  5. K.H. Nasaruddin Umar pada tanggal 2 Agustus 2017 dengan tema "Keindahan Faidah Penjaga Kalam Allah SWT"   
Tabligh Akbar ini gatis dan terbuka untuk umum. Alangkah indahnya jika bisa hadir bersama seluruh keluarga, karib kerabat dan rekan-rekan kamu untuk memeriahkan MTQMN 2017.

Brawijaya Bersholawat

 “Sesungguhnya Allah dan Malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” [Al-Ahzaab: 56] 

Ada juga kegiatan Bumi Brawijaya Besholawat bersama Majelis Ta'lim Wal Maulid AR Ridwan. Dilaksanakan di Lapangan Rektorat pada Sabtu, 29 Juli 2017 pukul 18.30 - selesai, kegiatan ini mengundang Habib Abdul Qodir Al Habib Segaf,  Baharun Habib Jamal Bin Thoha, Baagil Mohammad Bisri (Rektor Universitas Brawijaya), dan Akh. Muwafik Saleh (Ketua Pelaksana MTQMN 2017). 

Lailatul Qiro'ah


Universitas Brawijaya juga mengajak seluruh Kafilah MTQMN 2017, mahasiswa, dosen, guru dan masyarakat di seluruh nusantara untuk mengikuti acara Lailatul Qiro'ah bertabur bintang: 
  • Prof. Said Agil Munawwar (Qari' Internasional dan Menteri Agama Periode 2001-2004)
  • Prof. Anis Saggaff (Rektor Universitas Sriwijaya )
  • Ustadz Darwin Hasibuan (Qari' Internasional)
  • Ustadzah Mastia Lestaluhu (Qari'ah internasional) 
  • Ustadz Mu'min Ainul Mubarok (Qari' Internasional)
  • Ahmad Syihab Athahillah (Difabel Penghafal Al-Qur'an)
  • Ahmad Taqiyuddin Malik (Hafidz Quran & Peniru 40 Suara Imam Besar)  
Akan dilaksanakan pada Senin, 31 Juli 2017 pukul 19.15-22.00 di Masjid Raden Patah Universitas Brawijaya.

Seminar Islamic Parenting

"Segenggam Iman untuk Mencapai Karakter Mulia sebagai Investasi Orang Tua" adalah tema yang akan diangkat dalam seminar islamic parenting pada Minggu, 30 Juli 2017, pukul 09.00 - 15.30. Kegiatan yang termasuk dalam rangkaian Bazar MTQMN 2017 ini adakan dilaksakana di Aula Gedung FTP Lt. 2 Univesitas Bawijaya. Mengundang tokoh bepengaruh di Indonesia yaitu Dr. Seto Mulyadi, Psi, M. Psi (Psikolog, Pemerhati Anak & Ketua LPA Indonesia) dan Astri Feizaty Ivo (Ustadzah, Artis & Penulis). Kerennya lagi, siapa saja bisa menghadiri seminar ini tanpa HTM alias GRATIS dan terbuka untuk umum.

Talkshow Pemuda Qur'ani

 

Talkshow inspiratif juga dihadirkan dalam gelaran bazar MTQMN 2017 di UB. Talkshow yang mengangkat tema “Ketika Pemuda Mencintai Al-Quran” ini mengundang dengan pembicara ternama seperti Ahmad Taqiyuddin Malik (Qur'an Reciter and Imitator 40 Voices of Imam), Dr. Gamal Albinsaid (Peraih Penghargaan The HRH Prince of Wales Young Sustainability), Meyda Sefira (Aktris, Penulis dan Entrepreneur). Kegiatan yang akan dilaksanakan pada Selasa, 1 Agustus 2017 pukul 08.30 – 11.30 ini akan berlangsung di Auditorium FTP lt. 2 Universitas Brawijaya. Lagi-lagi GRATISSS dan terbuka untuk umum !!!! 

Seminar Bedah Sejarah dan Kebangsaan

Seminar yang juga Free HTM alias gratis bertema "Seminar Bedah Sejarah Bangsa" juga digelar di Gedung Widyaloka Universitas Brawijaya. Menghadirkan tokoh-tokoh ternama dan berpengaruh di Indonesia yaitu Letjen (Purn) Azwar Anas (Menko Kesra Kabinet Pembangunan VI 1993 - 1998),  KH. Ma'ruf Amin (Ketua MUI dan Rais Aam Syuriyah PBNU) dan Jendral Gatot Nurmantyo (Panglima TNI), seminar akan dilaksanakan pada Rabu, 2 Agustus 2017, pukul 09.00 - 12.00.


--------------------------------------------------------
Ikuti akun official MTQMN XV 2017 yang lain di:
📒 Facebook : MTQMN 15 2017
📺 YouTube : MTQMN 15 2017
🐦 Twitter : @mtqmn15
📷 Instagram : @mtqmn15
📱 Line : @mtqmn15
💻 Website : mtqmn15.ub.um.ac.id


"Semarak Kompetisi. Jalin Silaturahmi. Tingkatkan Jiwa Qurani"




Kamis, Juli 20, 2017

Taman Pintar Yogyakarta, Kawasan Wisata Ramah Keluarga

Taman Pintar Yogyakarta, Kawasan Wisata Ramah Keluarga - Menghabiskan waktu liburan bersama orang tua, anak, suami dan istri adalah hal yang menyenangkan. Kamu bisa merasakan indahnya tempat-tempat wisata dengan orang-orang terkasih, tanpa harus merasa bersalah karena meninggalkan mereka di kota asal.

Yogyakarta adalah salah satu kota yang bisa kamu pilih untuk berwisata bersama mereka. Selain dikenal sebagai Kota Pelajar, Yogyakarta juga mampu membuat suasana liburan kamu dan keluarga menjadi lebih menyenangkan. Berbagai kawasan wisata yang tersedia di kota ini sangat tepat untuk dinikmati oleh seluruh anggota keluarga.

Baca juga: 5 Alasan Harus Ke Malang Night Paradise

Kota ini bisa ditempuh melalui jalan darat atau udara dengan menggunakan mobil atau bus, kereta api atau pesawat terbang. Namun, jika kamu ingin meminimalisir biaya pengeluaran selama berlibur, moda transportasi darat adalah pilihan yang tepat untukmu.

Menggunakan kendaraan pribadi atau kereta api secara tidak langsung akan menekan biaya akomodasi yang perlu kamu keluarkan selama berlibur. Bedanya, jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, maka kamu harus menghabiskan banyak waktu dan biaya tak terduga bagi seluruh anggota keluarga. Sedangkan jika kamu menggunakan jasa kereta api, kamu bisa tiba lebih cepat dan memiliki rincian pengeluaran yang jelas. Mengapa demikian?

Ya, biaya tiket kereta api yang sudah ditentukan dengan jelas oleh PT KAI (Kereta Api Indonesia) akan memudahkanmu menghitung rencana pengeluaran keseluruhan selama berlibur. Kamu bahkan bisa memilih tiket kereta api yang sesuai dengan bujet.

Pembelian tiket kereta kini juga sudah bisa dilakukan dengan mudah melalui sistem online tanpa harus mendatangi loket stasiun secara langsung. Melalui kerjasama yang telah dilakukan PT KAI dengan beberapa jasa penyedia layanan online seperti Traveloka, kamu bisa melakukan pembelian dengan lebih cepat dan mudah.

Melakukan proses pemesanan tiket kereta api di Traveloka bahkan bisa dilakukan melalui situs web atau aplikasi dari jasa layanan tersebut. Dengan begitu, kamu bisa membeli tiket kereta api tujuanmu dari mana saja dan kapan saja. Untuk info lengkapnya, silakan klik link berikut: https://www.traveloka.com/kereta-api.

Setelah kamu membeli tiket dan membayarnya pada gerai-gerai yang telah ditunjuk, maka kamu bisa mempersiapkan rencana kegiatan selanjutnya, bukan?

Kawasan Wisata untuk Seluruh Anggota Keluarga

Sebenarnya hampir semua kawasan wisata di kota Yogyakarta sengaja dikemas untuk bisa dinikmati oleh seluruh anggota keluarga, baik tua maupun muda. Namun, jika kamu menginginkan kawasan wisata yang ramah lingkungan serta mampu meningkatkan minat pendidikan pada anak-anak, maka kamu bisa berkunjung ke Taman Pintar. 

Baca juga: Alun-alun Malang Bukan Sekedar Tempat Nongkrong

Kawasan wisata Taman Pintar terletak tidak berjauhan dari Benteng Vredeburg. Tepatnya berada di Jalan Panembahan Senopati No.1-3, Yogyakarta.

Kamu bisa menemukan berbagai zona pengetahuan dan bermain saat berkunjung ke tempat ini. Anak-anak dan keluarga akan disuguhi berbagai alat pendukung science yang sangat mudah untuk dipelajari oleh segala usia, seperti yang tersedia di Gedung Oval dan Gedung Kotak. 
Sumber: tamanpintar.com
Selain itu, kamu juga bisa menemukan zona yang dikhususkan untuk menampilkan berbagai alat peraga sejarah negeri ini. Dengan memasuki Gedung Memorabilia, kamu bisa melihat berbagai duplikasi peninggalan sejarah dan cerita tentang Yogyakarta dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Beralih ke zona lainnya, kamu akan melihat pemandangan yang tidak biasa di kawasan ini. Pasalnya, ada pula zona yang sengaja dibuat layaknya sebuah sekolah PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). PAUD di tempat ini terbagi atas dua area, PAUD Barat dan PAUD Timur.

Baca juga: Tips Memilih Sekolah Dasar yang Tepat

Meski bukanlah sekolah sungguhan, PAUD di Taman Pintar sengaja dirancang seperti sebuah sekolah anak pada umumnya. Bahkan di dalam gedung PAUD tersebut, tersedia pula berbagai alat peraga dan permainan edukasi, yang bisa dinikmati oleh anak-anak batita hingga balita.

Selain itu, ada pula zona yang khusus diciptakan untuk mengaplikasikan seni lukis. Zona lukis di tempat ini bisa dinikmati oleh siapa saja. Kamu bisa mengajak anggota keluarga untuk menyalurkan bakat lukis, melalui media lukis berupa gerabah. Namun, kamu perlu membayar biaya tambahan Rp13 ribu untuk bisa menikmati fasilitas di zona ini.

Nah, itulah sekilas gambaran terkait Taman Pintar Yogyakarta, Kawasan Wisata Ramah Keluarga. Kamu tidak perlu membayar mahal untuk bisa menikmati berbagai fasilitas yang ada di tempat ini. Cukup dengan membayar Rp10 ribu untuk anak dan Rp18 ribu untuk dewasa, kamu sudah bisa mengeksplorasi seluruh zona dan fasilitas di kawasan Taman Pintar. 


Senin, Juli 17, 2017

Kreasi Resep Ayam Panggang Bumbu Merah So Good

Kreasi Resep Ayam Panggang Bumbu Merah So Good - Kali ini saya ingin posting tentang makanan dan ini adalah pertama bagi saya. Sebenarnya ingin setiap kali masak difoto dan ditulis di blog. Tapi apa daya, rasa tidak pede diluar batas. Padahal setiap kali masak anak-anak selalu memuji masakan saya. Mereka selalu bilang, "Bunda, masakannya enak. Mau nambah lagi donk.". Lha tapi apa sih yang bikin saya nggak percaya diri untuk mempostingnya? Tak lain dan tak bukan adalah saya masih belum bisa menghasilkan gambar yang bagus, semacam blognya Mak Ivonie Zahra di aurabiru.com. Tiap kali liat postingan Mak Ivon tentang masakan selalu aja ngiler, hahaha.

Baca juga:  Ayam Suwir Baraci, Sensasi Pedas Menggugah Selera



Untuk postingan kali ini saya nekat aja deh, siapa tahu bikin ketagihan posting makanan. Saya awali dengan memasak makanan kesukaan si sulung, kreasi dari ayam potong. Biasanya dia suka sekali dengan ayam goreng, katanya sih karena itu makanan kesukaan upin & ipin. Halaah... Anak jaman sekarang suka banget meniru kartun idolanya yak. Tapi untungnya hanya ayam goreng, masaknya gampang. Coba kalau pizza? Hahaha... saya gak bisa masaknya (ssttt... jangan bilang bilang ya 😓😁)

Baca juga: Sensasi Keju Luar Biasa di Cheeseburry



Kali ini saya ingin membuat kreasi ayam potong tapi lain dari yang biasa si sulung makan. Dan ayam potongnya saya coba beli So Good. Pas lihat-lihat di swalayan, tak sengaja saya membaca So Good Ayam Potong. Saya pun langsung teringat si sulung yang besok sudah masuk sekolah dan saya harus masak cepat. Pasti lebih praktis nih kalau tanpa harus mencuci dan memotong ayamnya. Berasa nemu intan berlian. 😂😂. Soalnya saya terkenal lelet saat masak, meskipun bangun sebelum subuh tetap saja selesai masak jam enam lebih 😭😭. Padahal si sulung harus masuk setengah tujuh. Heuheu...

sumber: www.dapursogood.id/

Siapa sih yang nggak kenal So Good. Apalagi kalau membaca salah satu jargonnya, "So Good is Very Good" Hahaha... Berasa ngiklan... So Good hadir mewakili daging olahan dengan banyak varian, salah satunya nugget yang hampir setiap anak suka (sayapun awal tahu nugget ya So Good ini). Tapi ada varian baru dari So Good yaitu ayam potong, dan inilah hasil kreasi saya.

Ayam Panggang Bumbu Merah
Bahan:
1kg ayam potong SoGood
2 cm lengkuas
garam dan gula secukupnya
minyak untuk menumis
Bumbu Halus:
3 buah tomat merah besar
5 buah cabai merah
8 siung bawang putih
10 siung bawang merah
3 utuh kemiri
2 cm lengkuas
2 cm jahe


Cara Membuat :
  1. Masak ayam dalam air mendidih, angkat jika sudah cukup lunak (sesuai selera sih, biasanya saya panggang. Tapi si sulung lebih suka tekstur ayam yang direbus terlebih dahulu).
  2. Panaskan minyak secukupnya pada wajan, tumis bumbu halus hingga harum. 
  3. Tambahkan garam dan gula, aduk rata. Tuang sedikit air rebusan ayam dan rebus hingga mendidih (yang ini juga opsional, bisa pakai air biasa).
  4. Masukkan ayam potong satu per satu ke dalam wajan.Kecilkan api.
  5. Masak hingga bumbu meresap dan kuahnya menyusut. 
  6. Panggang ayam di atas wajan teflon. Biarkan sampai harum dan kecoklatan.
  7. Angkat dan sajikan.
Pasti pembaca bertanya-tanya, mengapa saya tidak melumuri ayam potong So Good dengan jeruk nipis? Iya, karena saat hendak memasak saya tidak mencium aroma amis pada ayam. Itu salah satu kelebihannya. Lalu kelebihan yang lain, apa?
  • Terdapat logo Halal MUI pada kemasan, jadi nggak ragu kehalalannya.
  • Praktis, tidak perlu memotong dan tinggal mengolah. Katanya sih nggak perlu dicuci, tapi udah kebiasaan dari sononya kalau masak selalu dicuci dulu, hehehe
  • Ayam tidak amis, makanya pas masak saya nggak melumuri ayam dengan air jeruk nipis dahulu. 
  • Ayam kesat dan bersih, juga tidak lengket satu sama lain.
  • Dagingnya tebal dan banyak
  • Pastinya kualitas ayam terbaik karena berasal dari peternakan modern sendiri milik Japfa.
Ternyata mudah ya memasak ayam panggang, apalagi jika pakai ayam potong So Good. Karena waktu terlalu berharga untuk setiap emak-emak yang punya krucil di rumah. Oiya, teman-teman sudah tahu dong ada lomba Kreasi Masak Ramadhan dan Idul Fitri di http://www.dapursogood.id/ buruan ikut, mumpung masih ada waktu nih dateline sampai tanggal 23 Juli 2017. Siapa tahu teman-teman sempat mengabadikan masakan saat Ramadhan atau Idul Fitri kemarin, ikutan aja lombanya. Lumayan loh dapat uang tunai.



Selasa, Juli 11, 2017

Uricran, Si Pinky Pengusir Anyang-anyangan

5 dari Sepuluh Wanita Pernah Anyang-anyangan (sumber: website uricran)
Uricran, Si Pinky Pengusir Anyang-anyangan - Pernahkah Anda merasa gelisah karena kebelet pipis atau buang air kecil saat perjalanan jauh? Saya sering dong, apalagi jika sebelum berangkat minum berlebih. Beuh… menyesal tiada tara jika tidak menemukan toilet. Misalnya naik moda umum pun saya berpikir dua kali kalau harus ke toilet, iya soalnya saya pernah terkena Infeksi Saluran Kemih (ISK) sehingga harus berhati-hati sekali.

Kebiasaan menahan pipis inilah yang dapat menyebabkan anyang-anyangan. Suatu kondisi ingin buang air kecil terus menerus tapi hanya sedikit yang keluar. Awalnya saya menganggap sepele anyang-anyangan. Saya kira itu terjadi karena saya kurang minum jadi pipisnya cuman dikit. Ternyata eh ternyata, secara anatomi saluran kemih wanita lebih gampang diserang bakteri E-Coli (penyebab anyang-anyangan).  Hal ini karena uretra perempuan lebih pendek dibandingkan laki-laki.

Baca juga:  Infeksi Kemih pada Ibu Hamil? Cegah dengan Prive Uricran

Beberapa waktu yang lalu, si sulung juga terkena gejala anyang-anyangan. Setiap lima menit sekali pergi ke kamar mandi. Pas saya tanya dia jawab buang air kecil, tapi dikit-dikit. Untungnya saya pernah mengalami jadi tahu bahwa itu anyang-anyangan. Baiknya lagi si sulung tidak menunjukkan rasa nyeri dan demam, alhamdulillah. Langsung deh saya kasih tahu si sulung untuk tidak menahan pipis dan selalu membasuh organ intim dengan benar, yaitu dari arah depan ke belakang.


sumber: website uricran
Bersyukur sekali ada teman yang memberikan informasi tentang si pinky Uricran yang bisa mengobati gejala anyang-anyangan sehingga tidak sampai parah. Uricran adalah ekstrak buah cranberry yang dapat membantu memelihara kesehatan saluran kemih. Seandainya sebelum terkena ISK saya tahu ada uricran yang bisa menyembuhkan anyang-anyangan. Hehehe. Senangnya lagi uricran ada yang berbentuk bubuk sehingga tidak perlu repot memberikannya kepada si sulung. Warnanya yang pinky bikin sulungku penasaran dengan rasanya, secara dia juga suka warna pink. Klop deh!! 😊

Baca juga: 7 Aktivitas Ngabuburit Asyik Bersama Sulungku 

Tanpa ragu saya berikan uricran kepada si sulung yang sudah berusia 5 tahun, karena terbukti aman untuk anak sejak usia 3 tahun. Apa sih keistimewaan uricran? Mengandung buah cranberry yang kaya akan bahan aktif Proanthocyanidin (PAC) yang menghambat perlekatan bakteri E.coli di saluran kemih, hal ini telah dibuktikan oleh penelitian dari Lembaga Pengawas Obat dan Makanan Perancis, AFFSA. Makin yakin dong ya…



Cranberry juga kaya akan vitamin C dan E juga serat. Udah pada tahu kan kalau vitamin C dan E kaya antioksidan yang berguna banget untuk meningkatkan kekebalan tubuh yang juga bisa menangkal radikal bebas. Tidak hanya itu, cranberry juga mengandung vitamin K, magnesium, asam folat, vitamin B-12, vitamin A, dan kalsium.

Kalau dulu sih emak saya biasanya menyembuhkan anyang-anyangan dengan minum rebusan daun kumis kucing, lha sekarang? Adanya kumis kucing beneran, susah banget nyari daunnya, hehehe. Terus kalau mau nyari cranberry juga gak bakalan susah nemu karena banyak tumbuh di Amerika dan Kanada. Walah, susah amat sih, konsumsi uricran aja deh. Selain kandungannya yang lengkap mengandung antioksidan juga bisa mengobati anyang-anyangan.

Priver Uricran Berbentuk Serbuk, Cocok untuk Anak-anak
Selain berbentuk serbuk @8gram, si pinky uricran juga tersedia dalam bentuk kapsul @370mg, asyik kan bisa pilih mau minum yang mana aja suka-suka, serbuk atau kapsul. Dapetinnya juga mudah, beli aja di apotik atau toko obat. Mencegah lebih baik daripada mengobati, jadi sedia aja uricran di kotak obat. Tidak hanya untuk wanita, laki-laki juga bisa mengonsumsi. Siapa aja yang bisa minum uricran, si pinky pengusir anyang-anyangan. Uricran benar-benar solusi alami untuk anyang-anyangan.

Sabtu, Juli 08, 2017

Memilih Sekolah Dasar yang Tepat untuk Anak, Jangan Malas Lakukan 5 Hal ini


Hai Emak... Bapak... THRnya udah habis? Atau masih tersisih untuk persiapan anak daftar sekolah dan beli perangkat-perangkatnya? Kalau saya sih alhamdulillah meskipun nggak dapat THR tapi sudah beli seragam untuk si kakak yang hendak masuk sekolah dasar. Eits... jangan mikir macam-macam ya, Mak. Bukan duit angpaunya anak-anak kok yang buat belanja, soalnya mereka udah antisipasi banget dengan menabungkan semua uangnya (pinteeer... biar nggak diakali emaknya, hahaha).

Baca juga: Tidak dapat THR, Cek Cara Saya Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Mengapa saya segera membeli seragam padahal masuk sekolah masih kurang dua minggu? Iya, soalnya kalau belinya mepet dengan tanggal masuk sekolah biasanya kehabisan ukuran yang diinginkan. Daripada kehabisan dan harus pergi ke penjahit untuk ngecilin tuh seragam, mending beli sekarang. Kalau alat tulisnya nggak perlu hunting karena saya punya toko ATK, jadi si kakak sudah milih-milih saat saya kulakan (belanja grosir untuk toko).

Nah, tahun ini adalah pengalaman pertama saya mendaftarkan si sulung ke sekolah dasar. Setiap orang tua pasti ingin dong memilihkan pendidikan terbaik untuk anak-anaknya, sehingga harus hati-hati dalam memilih sekolah. Tidak boleh grusa-grusu alias tanpa berpikir panjang, karena pendidikan dasar sangat menentukan kualitas pendidikan anak selanjutnya. Memang benar jika ini adalah pengalaman pertama saya dalam memilihkan sekolah dasar untuk anak, tapi saya juga melalui banyak pertimbangan.

Baca juga: Sudahkah Anak Kita Berliterasi Kritis?

Bagi saya memilih sekolah dasar untuk anak adalah hal penting karena saya tidak ingin salah dalam memilih sistem pengajaran dan lingkungan belajar. Apalagi sekarang banyak bermunculan sekolah dasar yang pastinya membuat para orang tua bingung tujuh keliling mau memilih yang mana. Jangan khawatir, saya punya tips memilih sekolah dasar yang tepat untuk anak.

1. Survey

Jika Anda telah memutuskan untuk menyekolahkan anak di sekolah formal, jangan malas melakukan survey secara langsung. Alih-alih hanya membaca brosur, datanglah langsung ke lokasi dan lakukan komunikasi dengan warga sekolah. Jangan khawatir jika berpasang-pasang mata ibu-ibu yang sedang menunggui anaknya tertuju kepada Anda. Demi anak, ya kan?

Perhatikan keamanan dan kebersihan lingkungan sekolah, guru, hingga sistem belajar disekolah tersebut. Jika perlu berbincang-bincang langsung dengan gurunya sehingga benar-benar tahu tanpa harus mengira-ngira. Nah, saat ini kan ada kurikulum K13 yang menurut saya berat banget jika diterapkan untuk anak sekolah dasar. Alhamdulillah masih ada sekolah dasar yang menerapkan kurikulum sebelumnya yaitu KTSP.

2. Mengukur Jarak dari Rumah ke Sekolah

Kedua, jangan malas mengukur jarak rumah ke sekolah. Tidak harus dengan meteran sih, hihihi. Bisa dikira-kira saja asalkan tidak terlalu jauh. Untuk anak sekolah dasar tidaklah bagus jika harus menempuh perjalanan jauh ke sekolah. Waktu banyak terbuang di jalan dan fisiknya lelah sebelum menerima pelajaran. Lebih baik pilih sekolah yang dekat dengan rumah, tapi perhatikan kualitas juga ya, Mom.

Baca juga: Sudahkan Kita Membaca Bersama Anak?

Karena berbagai alasan, saya dan kakak saya dulu pas sekolah dasar harus menempuh jarak yang cukup jauh yaitu satu jam perjalanan. Sehingga kami sering tidak belajar karena capek. Untungnya saat itu pelajaran belum sesulit sekarang dan untuk masuk di sekolah favorit tidak terlalu ketat. Jadi saya dan kakak masih bisa sekolah di SMP dan SMA negeri.

3. Meminta Rekomendasi Teman

Ketiga, jangan malas dan sungkan meminta rekomendasi teman yang lebih dahulu menyekolahkan anaknya. Meskipun tidak 100% akurat, pengalaman adalah guru terbaik, rekomendasi teman tidak akan menjerumuskan kita kan? Malah dapat memberikan wawasan dan gambaran secara langsung melalui narasumber terpercaya. Mungkin saja pihak sekolah memberikan informasi terbaik tentang sekolahnya, tapi teman akan memberikan rekomendasi terbaiknya.

4. Libatkan Anak 

Jangan malas juga untuk melibatkan anak dengan mengajaknya datang langsung ke sekolah dasar yang diincar. Harapannya ia akan merasakan langsung kenyaman tempat belajar dan lingkungan sekolah barunya. Dengan melibatkan anak untuk memilih secara langsung, akan membuatnya bertanggung jawab akan pilihannya. Tentu saja tidak serta merta memberikan wewenang penuh kepada anak 😆😆. Tapi juga mengawalnya memilih sekolah dasar terbaik sesuai kemampuan anak dan kita, dalam segala hal.

Baca juga: Alun-alun Malang, Aman dan Nyamankan untuk Bermain Anak-anak?

5. Mengukur Kemampuan Finansial

Sebagai orang tua tentu saja ingin anaknya sekolah di tempat yang terbaik, dengan fasilitas lengkap dan sistem belajar terbaik. Namun jangan pernah menghiraukan kemampuan finansial kita. Jer Basuki Mawa Bea, mana ada sih sekolah yang murah dengan konsep internasional. Nah loe? Pastikan kita bisa membayar sekolah anak, tidak hanya saat masuk tapi hingga lulus.

Itulah 5 tips yang sebaiknya Anda lakukan, saat memilih sekolah dasar yang tepat untuk anak. Intinya pilihkan sekolah yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anak serta visi-misi kita sebagai orang tua. Perlu diingat bahwa kemampuan dan perkembangan anak tak bisa dipaksakan. Sudah menjadi hak anak untuk mendapatkan pendidikan terbaik, dan kewajiban kita memberikannya. Semoga pendidikan yang kita berikan kepada anak dapat mengantarkannya menuju masa depan terbaik. Amiin.

Yuk, share pengalaman Anda saat memilihkan sekolah dasar yang tepat untuk anak di kolom komentar. Terima kasih kunjungannya.

Selasa, Juni 27, 2017

Tidak dapat THR, Cek Cara Saya Mendapatkan Penghasilan Tambahan


Bagi seorang pekerja, Tunjangan Hari Raya (THR) adalah sesuatu yang paling ditunggu saat Ramadhan, selain hari libur tentunya. Namun, sebagai guru di madrasah swasta yang belum bisa memberikan THR sesuai standar yang ditentukan, saya harus bisa memutar otak untuk mengurangi rasa kecewa. Selain meyakinkan diri bahwa rejeki sudah ada takarannya, saya berusaha mendapatkan penghasilan tambahan tanpa modal sebagai pengganti THR. Yuk cek cara saya berikut.

1. Menjadi Buzzer

Alhamdulillah di akhir tahun 2016 saya memutuskan untuk menjadi blogger. Meskipun tujuan awalnya saya hanya ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan melalui tulisan, tapi ternyata saya kepincut juga dengan uang. Lalu setelah bergabung dengan grup blogger dimana hampir semua anggotanya bisa mendapatkan uang melalui blog, saya pun tertarik juga menjadikan blog saya untuk mencari uang. Jadilah saya seorang buzzer yang tugasnya mereview, mengendorse sesuatu atau produk atau lembaga. Bersyukur saat Ramadhan saya mendapatkan tugas endorse produk yang fee-nya cair sebelum lebaran, serasa dapat THR 😊😉.

2. Mengikuti Lomba dan Kuis saat Ramadhan

Cara yang kedua adalah dengan mengikuti lomba dan kuis saat Ramadhan. Tapi cara yang kedua ini hasilnya tidak seberapa sih, pernah dapat pulsa juga. Meskipun begitu jika telaten ikut kuis atau lomba bisa menambah kemampuan berpikir kita lho, teman. Apalagi jika yang diikuti adalah lomba menulis di blog. Jika begitu saya tidak terlalu berharap, bersyukur bisa mengisi blog meskipun untuk lomba. Akhirnya berdoa sungguh-sungguh semoga hadiahnya dapat, amiin.

Baca juga: Ada Apa dengan Komunitas Blogger Malang Citizen?

3. Arisan

Emak-emak mana yang nggak suka diajak arisan, 1 dari 10 aja kali yang nolak. Arisan juga menjadi cara saya mendapatkan penghasilan tambahan. Kalau bisa sih ikut arisan yang pakai nomor urut, bukan dikocok. Lalu minta aja nomor urut yang cair menjelang lebaran. Jadi saat lebaran uang arisan bisa menjadi pengganti THR.

4. PJ Trainer Online

Entah rejeki atau gimana, sebelum Ramadhan saya dihubungi oleh Joeragan Artikel untuk menjadi Penanggung Jawab (PJ) training online "Gampang Jebol Media". Tugas saya memimbing peserta untuk membuat artikel dan mengirimkannya ke vivalog.co.id. Tidak terlalu sulit karena beberapa artikel saya juga sering masuk di vivalog. Alhamdulillah sebelum lebaran fee-nya sudah cair, serasa dapat THR nih.

Baca juga:  Hutang Lunas dengan Celengan

5. Menabung

Cara terakhir yang saya lakukan adalah menabung penghasilan tambahan yang berasal dari keempat cara sebelumnya sehingga terkumpul lebih banyak. Alih-alih menggunakannya saat fee cair, saya mengumpulkannya hingga menjelang lebaran untuk dapat menutupi kebutuhan lebaran yang harganya semakin melonjak. Bisa juga menabung sebelum lebaran tiba. Ada 11 bulan yang kita lalui sebelum Ramadhan tiba, nah kita bisa menabung yang hasilnya dapat kita nikmati saat hari raya datang. Tak perlu risau tidak mendapatkan THR, toh sudah dapat penggantinya 😀.

Tidak dapat THR? Semoga cara saya bisa menjadi inspirasi untuk teman-teman. Terima kasih telah membaca. Mungkin teman-teman punya cara lain selain yang saya sebutkan, yuk share di kolom komentar!

Diskon 80% Airy Rooms, Staycation Pertamaku di bulan Ramadhan


Diskon 80% Airy Rooms, Staycation Pertamaku di Bulan Ramadhan - Siapa sih yang tidak suka dapat diskon saat mau staycation? Apalagi diskonnya gede, wuiih... mau lagi dan lagi deh 😊. Nah, saat Ramadhan kemarin ada diskon 80% di aplikasi Airy Rooms, untuk booking hingga tanggal 17 Juni (diperpanjang hingga 20 Juni 2007) dan tanggal menginap hingga 23 Juni 2017 saja. Tanpa pikir panjang langsung saja saya booking untuk menginap satu malam tanggal 19-20 Juni. Dan inilah staycation pertamaku saat Ramadhan.



Saat itu saya memilih Airy Rooms Candi Trowulan di D'Fresh Guest House Malang. Kebetulan tanggal 19 Juni sore saya harus menghadiri Grand Opening Malang Night Paradise (MNP) di Hawai Waterpark dan tak jauh dari penginapan yang saya pilih.Sekalian gitu biar pulangnya gak terlalu jauh, lagipula kedua anak saya paling nggak betah melek malam-malam. Ba'da Isya selalu ngantuk, dimanapun mereka berada.

Baca juga: 5 Alasan Malang Night Paradise Berbeda 

Betewe, teman-teman sudah tahu Airy Rooms? Airy Rooms adalah hotel dengan operator virtual yang bekerjasama dengan hotel budget terbaik di seluruh Indonesia. Melalui Airy Rooms kita dapat memesan kamar hotel atau penginapan dengan harga terjangkau dan pengalaman meninap terbaik sesuai slogan Airy Rooms "Tidur nyaman, Harga Aman". Belum lagi berbagai promo dan diskon yang ada melaui aplikasi andorid. Beuh... pesan hotel atau penginapan semakin mudah.

D'Fresh Guest House Malang
Berkat diskon 80% Airy Rooms saya bisa menginap di D'Fresh Guest House meskipun hanya semalam, staycation pertamaku bersama anak dan suami. Kalau saya sih sudah beberapa kali menginap di hotel atau guest house saat pelatihan. Tapi bagi suami saya, ini adalah kali pertama dia menginap di guest house, begitu juga anak-anak. Selain diskon, saya termasuk beruntung telah memilih Airy Rooms sebagai staycation pertama. Sudah mendapatkan harga yang aman (dari 350K, cuman bayar 100K), fasilitasnya juga memuaskan. Hanya ada satu yang bikin saya kecewa yaitu tidak ada sabun dalam dompet peralatan mandi yang tersedia (harusnya sabun,sampo, sikat dan pasta gigi).
Tempat Tidur yang Empuk


Peralatan Mandi yang Didapatkan jika Menginap di Airy Rooms
Saya bersama anak dan suami chek in jam 14.00 dan disambut oleh mbak Dea, di Front Officer. Karena capek di perjalanan yang macet saya sempat duduk-duduk diruang tamu pas di depan lobi. Kakak dan adik langsung melek (setelah ketiduran diperjalanan) melihat tempat baru dan bertanya tanpa henti. "Ini penginapannya, Bun?", "Nanti tidurnya dimana?", "Pulangnya jam berapa?" maklum mereka belum pernah staycation.

Suasana Loby dan Ruang Tamu D'Fresh Guest House
Setelah mendapatkan kunci kamar dan masuk, anak-anak tampak exited. Tidak hanya anak-anak sih, dengan diskon 80% Airy Rooms atau Rp. 100.000 kami dapat menginap di kamar seharga Rp.350.000, gembira tiada tara. Abaikan jika kami terlihat udik, hehehe. Etapi nggak ada sarapan lho ya *Noted*, anak-anak langsung naik tempat tidur yang empuk dan nyaman setelah sebelumnya menyantap camilan yang sudah tersedia di kamar (dua bungkus Better dan 2 botol air mineral). Karena jam 17.00 kami sudah harus ke Malang Night Paradise, masih ada dua setengah jam kami gunakan untuk beristirahat dan anak-anak memilih untuk nonton tivi.

Fasilitas dari Airy Rooms, Camilan dan Air Mineral
Baca juga: Bukber Bareng Malang Citizen

Kakak dan Adik Menikmati Kasur yang Empuk sembari Nonton Tivi
Sebelum berangkat ke MNP kami mandi dulu, kebetulan kamar mandinya menyediakan fasilitas yang baru dilihat oleh adik, Seperti shower, WC duduk, dan wastafel (kalau ini di luar KM).

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Menonton Guardian of The Galaxi
Kamar Mandi dan Wastafel

Pengalaman pertama staycation di bulan Ramadhan, asyik dan seru karena biasanya saat sahur masak sendiri. Nah, ini harus hunting sahur di tempat yang belum pernah saya dan suami tinggali. Untungnya D'Fresh Guest House dekat dengan kampus sehingga banyak warung yang buka. Meskipun rasanya tidak seenak makan sendiri, hehehe. Tetap saja harus disyukuri.

Sebelum Check Out, kami keliling hotel dulu sambil melihat-lihat fasilitas yang ada di hotel. Ternyata tidak hanya termpat tidur tapi ada restoran dan gazebo di lantai 1, tempat parkir kendaraan, Bar dan Sky Garden di lantai 3.


Puas menikmati matahari pagi di Sky Garden, saya membereskan barang-barang untuk segera check out dari D'Fresh Guest House. Diskon 80% Airy Rooms telah memberikan pengalaman yang berkesan bagi saya, suami, dan anak-anak di Bulan Ramadhan tahun ini. Semoga bisa booking Airy Rooms lagi dan menikmati staycation yang lebih seru. Amiin.



Senin, Juni 26, 2017

7 Aktivitas Ngabuburit Asyik bersama Sulungku


Ramadhan identik dengan ngabuburit, apa sih ngabuburit? Ternyata eh ternyata ngabuburit berasal dari bahasa sunda. Berasal dari kata "burit" yang artinya sore, awalan "nge" dan suku kata "bu" berarti melakukan berkali-kali, ngabuburit berarti "menunggu sore". Ealah... saya kira artinya menunggu saat berbuka. Hihihi. Kalau teman-teman sudah tahu belum arti ngabuburit?

Alhamdulillah Ramadhan tahun ini sulungku sudah bisa ikut puasa walaupun masih setengah hari. (tips mengajarkan anak puasa sehat saya tulis disini). Seperti biasa, kalau sudah melewati waktu ashar kakak (paggilannya) selalu bertanya "kurang berapa jam adzan maghrib?" 😁😁 Maklum, namanya juga anak-anak. Nah, kalau sudah begitu saya harus mencari cara agar kakak keslimur (lupa sejenak). Berikut ini 7 aktivitas ngabuburit asyik yang biasanya dilakukan kakak.

1. Baca buku

Buku adalah salah satu pilihan kakak saat ngabuburit.Mungkin karena baru bisa baca ya jadi kakak semangat baca buku apalagi saat ngabuburit. Buku yang dibaca biasanya komik atau KKPK (itu loh Kecil Kecil Punya Karya) kadang juga baca buku iqro. Karena baru saja lancar membaca, jadi kakak keranjingan baca buku.

Baa juga: Sudahkah Kita Membaca Bersama Anak Kita?

2. Nonton kartun

Ini bukan rekomendasi buat pembaca tulisan saya, nonton kartun untuk ngabuburit. Anak kecil mana sih yang tidak suka kartun, mungkin hanya 1 dari 10 ya kan? Apalagi suami saya belum bisa move on dari kartun, jenis apapun, hihihi nular deh ke anaknya. Tapi seperti ibu lainnya yang ingin mencerdaskan kehidupan bangsa, saya membatasi tontonan untuk anak-anak. Maksimal 2 jam perhari (kalau nggak kecolongan sih... wkwkwkwk). Nah, kakak nonton kartun saat ngabuburit hanya ketika sudah bosan ngapa-ngapain, terus gak pakai lama. Biasanya satu jam doang.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Nonton Film Bisa Menelorkan Ide Kreatif

3. Jalan-jalan

Bosan di rumah, jalan-jalan aja. Tapi jalanan macet karena orang-orang pada keluar berburu takjil. Kalau sudah begitu biasanya kakak jalan-jalan ke sawah bersama ayah. Maklum, karena tinggal di desa jadi masih banyak sawah betebaran. Nah, jalan-jalan bisa menjadi alternatif ngabuburit asyik kakak dan ayah (kadang adik juga ikut). Selain menunggu adzan maghrib tiba, kakak juga bisa mendapatkan udara segar dan suasana baru.

4. Berburu takjil

Meskipun jalanan macet, pasar ramadhan ramai, kakak juga ingin lho mencoba berburu takjil saat ngabuburit. Saya tidak terlalu sering mengajaknya karena harus dusel-duselan dengan pengunjung, meskipun kata kakak itu asyik. "Berburu takjil itu asyik, Bun. Apalagi kalau bisa dapat es campur yang enak." Kata kakak. Hahahah... Karena pernah dapat es campur yang kurang maknyus.

Baca juga: 7 Menu Takjil Buka Puasa Sederhana tapi Nikmat

5. Membantu Bunda Menyiapkan Menu Berbuka

Alhamdulillah dianugerahi anak yang ringan tangan. Saat saya masak, kakak sering bilang, "Bun aku mau bantu Bunda memasak" (hati saya pun sumringah). Tak ingin menyia-nyiakan tawaran kakak, biasanya saya memintanya menyiangi sayur atau mengambilkan alat masak yang saya butuhkan. Dengan begitu kakak bisa lupa sejenak bahwa dia sedang menunggu adzan maghrib. Membantu bunda memasak bisa jadi ngabuburit asyik dan murah meriah.

6. Bermain bersama Adik

Meskipun bermain bersama adik adalah hal yang sudah biasa kakak lakukan, tapi berbeda saat Ramadhan. Bermain bersama adik bisa menjadi aktivitas ngabuburit asyik saat puasa. Berbeda dengan bermain sendiri yang mungkin membosankan. Bermain bersama adik terkadang bisa sampai lupa waktu. Tiba-tiba aja udah waktunya buka puasa saking asyiknya bermain.


7. Bermain Game

Saya tidak mengijinkan anak-anak bermain game di hape karena nggak mau mereka ketagihan. Tapi untuk Ramadhan kali ini saya pernah mengijinkan kakak main game di hape hanya beberapa kali saja, itu pun tidak boleh sampai ketahuan adik. Ngabuburit dengan bermain game sederhana di hape hanya saya ijinkan saat keadaan darurat. Namanya juga anak-anak pasti pernah bosan kan ya? Saat semua aktitivitas sudah tidak mempan lagi biasanya saya ijinkan dia bermain game. Itupun karena saya sudah tahu karakter kakak yang tidak akan merengek minta main game, tapi dia benar-benar ingin main aja.

Itulah 7 aktivitas ngabuburit asyik yang dilakukan kakak untuk menunggu waktu berbuka. Kalau teman-teman (terutama yang anaknya berpuasa) biasanya ngabuburit dengan melakukan aktivitas apa? Sharing yuk!

Sumber:
 http://student.cnnindonesia.com/inspirasi/20160610164156-322-137276/apa-sih-artinya-ngabuburit/

Jumat, Juni 23, 2017

7 Menu Takjil Buka Puasa yang Sederhana tapi Nikmat


7 Menu Takjil Buka Puasa yang Sederhana tapi Nikmat - Takjil adalah salah satu makanan paling laris saat Ramadhan. Makanan kecil sebagai pembatal puasa sebelum menyantap makanan berat ini banyak dijual di Pasar Ramadhan. Bahkan hampir tiap keluarga sedia takjil selama bulan puasa, cuma setahun sekali aja kok. Saya sih nggak akan bahas takjil yang ada di beberapa daerah ataupun takjil unik yang banyak dijual di Pasar Ramadhan. Saya ingin membahas takjil buka puasa yang sederhana tapi nikmat (meskipun nikmat itu relatif), dan inilah hasil survey kecil-kecilan saya kepada komunitas blogger Malang Citizen.

Baca juga: Bukber Bareng Komunitas Malang Citizen

1. Kolak atau Kolek

Adalah makanan asli Indonesia yang biasanya disantap sebelum makanan berat. Menu kolak memang sering menjadi pilihan sebagai takjil saat berbuka puasa. Selain manis, kolak juga bikin perut kenyang. Bahkan antara percaya nggak percaya ada teman saya yang setiap hari menu takjilnya kolak. Apa nggak bosan ya? Katanya sih semua anggota keluarganya doyan karena kolaknya bervariasi.

Memang jenis kolak ada bermacam-macam, seperti kolak pisang, kolak biji salak, kolak ketan hitam, kolak singkong, kolak durian, kolak mutiara, kolak ubi, dan masih banyak lagi. Kalau saya tidak terlalu suka, tapi suami saya doyan banget. Pak suami sering mencampur kolak dengan nasi ketan atau roti tawar. Namanya juga suka, katanya sih enak banget apalagi kalau ditambah durian. Maknyuss...

2. Kurma

 

Identik dengan rasa manis, kurma selalu diburu saat bulan Ramadhan tiba. Meskipun kurma selalu ada kapanpun dan dimanapun (oh ya?). Maksud saya nggak terlalu sulit mencari buah kurma, apalagi sekarang jaman sudah canggih dan toko online betebaran dimana-mana (ya nggak?). Usut punya usut kurma mengandung karbohidrat kompleks yang dicerna tubuh secara bertahap. Kurma juga sering dijadikan takjil saat berbuka puasa.

Baca juga: Pasar Ramadhan, Sarana Wisata Kuliner di Bulan Penuh Berkah

Untuk saat ini kurma tidak hanya dapat dimakan langsung, tapi sudah banyak yang membuat aneka makanan yang dimodifikasi dari buah kurma. Seperti mochi kurma, es kurma, jus kurma, dan masih banyak lagi. Buah kurma hampir tak pernah absen sebagai menu takjil yang sederhana namun nikmat.

3. Es Buah

Setelah menjalani puasa sehari penuh biasanya teman-teman suka makanan yang manis dan segar. Es buah bisa menjadi alternatif takjil dan penghilang dahaga yang dapat dinikmati sebelum sholat mahrib. Biasanya es buah tidak hanya berisi buah tapi juga diberi pelengkap tape, ketan hitam, dan kolang-kaling. Es buah juga banyak variasinya sekarang, ada sop buah, es teler, es jus, dan es campur yang bahan dasarnya buah.

4. Jelly atau Agar-agar

Teman-teman pasti familiar dengan rasa jelly atau agar-agar yang kenyal tapi lembut dan biasanya digunakan sebagai pencuci mulut. Diolah biasa saja, sebagai puding, dikreasikan dengan es,  jelly atau agar-agar tetap saja nikmat digunakan sebagai takjil buka puasa yang sederhana.

5. Es Cincau Blewah

Entah kenapa es cincau plus blewah yang diserut itu rasanya sederhana tapi seger banget. Cocok sekali untuk takjil. FYI, saat bukber bareng di rumah teman saya hampir selalu menemukan es cincau blewah. Apalagi ditambah syrup rasa cocopandan, kata suami saya enak banget buatan istri, hihihi. Istri mana yang nggak mau dipuji? Nah, coba deh bikin es cincau blewah buat takjil, siapa tahu dapat pujian dari suami 😂😂 Caranya cukup mudah kok, cincau hitam dipotong kotak-kotak kecil, blewah diserut, tambahin air dan gula/syrup cocopandan. Setelah gula larut tambahkan es batu. Jadi deh... Es cincau blewah takjil sederhana tapi nikmat.

6. Air Putih

"Takjilku cukup air putih saja, diminum sambil liatin wajah istri yang manis." Hahay...  Begitulah komentar beberapa teman tentang takjil buka puasa yang sederhana tapi nikmat. Air putih juga takjil favorit saya yang memang harus banyak minum air putih jika tidak ingin ambeien kumat. Hasilnya saat buka puasa saya lebih memilih segelas air putih hangat. Takjil yang lain hanya berani saya cicipi, takut BB naik juga sih, 😅😅 Bagi saya air putih tuh bisa mencegah makan berlebih dan mencegah konstipasi. Kalau perlu ditambah kurma, kadang sudah kenyang dan nggak pakai makan berat. 😀😀

Baca juga:  Menu Sahur ala Food Combining

7. Buah segar

Ini takjil paling sederhana dan sehat menurut saya. Selain mudah dicerna, buah-buahan segar mengandung banyak vitamin yang tentunya sangat ideal sebagai menu takjil yang nikmat. Tidak perlu dimasak, jadi nggak ribet. Buah segar sangat cocok mengisi perut yang kosong setelah seharian puasa, sehingga tidak muncul rasa begah. Kalau bisa sih tidak ditambah gula karena buah segar sudah mengandung gula, pilih buah yang manis jika perlu.

Itulah 7 Menu Takjil Buka Puasa yang Sederhana tapi Nikmat menurut beberapa teman dari Malang Citizen. Apapun takjil yang dikonsumsi, kalau terlalu banyak tidak baik untuk tubuh. Sebaiknya makan secukupnya. Jadi ingat kata-kata dari blog teman, godaan terbesar orang berpuasa adalah saat berbuka. Hahaha... Bener nggak? Kalau kamu, apa takjil favoritmu?

Kamis, Juni 22, 2017

Bukber Bareng Komunitas Blogger Malang Citizen


Salah satu tradisi unik yang ada tiap Ramadhan adalah bukber (buka bersama) yang selalu seru karena bisa menjadi ajang berkumpul bersama teman lama ataupun keluarga. Acara bukber yang selalu saya tunggu akhirnya datang juga. Kali ini saya bukber bareng teman-teman dari komunitas blogger Malang Citizen. Setelah lebih dari dua minggu lamanya kami merencanakan acara bukber bareng (tapi selalu gagal), akhirnya terlaksana juga di Morse Cafe, depan stasiun kota baru,Malang.

Baca juga: Pasar Ramadhan, Wisata Kuliner di Bulan Penuh Berkah



For me, it's first time bukber di cafe. Biasanya kalau gak di rumah teman ya di warung. Nah kalau tahun ini di cafe. Rasanya beda banget mulai dari harga hingga suasana, pastinya harga agak mahalan dikit daripada bukber bareng dirumah teman (grateeeesss gitu looh) atau warung yang harganya di bawah cafe. Tapi tak mengapa, setahun sekali dan juga moment kumpul bareng teman-teman MC yang jarang terjadi.

Baca juga: 5 Tips Puasa Bagi Ibu Hamil agar Tidak Tepar


Kebetulan sekali Morse Cafe tempatnya cozy dan enak buat nongkrong apalagi kumpul bareng keluarga. Saat itu banyak juga yang bukber bareng teman, anak, kekasih, dan teman-temannya. Harganya sih tidak terlalu mahal, yaa... standart cafe laah. Jadi pas lihat daftar menu gak terlalu shock 😁😁. Saya pesan makanan yang emang jarang saya makan. Ya iyalah, kalau sama aja dengan yang di rumah ya percuma makan diluar, hihihi (pendapat saya aja sih).

Baca juga: 5 Tips Ajarkan Anak Puasa Sehat Saat Ramadhan

 Sebelum buka puasa, banyak hal kami perbincangkan terutama hal yang berkaitan dengan blog (namanya juga komunitas blogger, hihihi). Ini yang saya suka, tiap ketemu ada saja hal bermanfaat yang didiskusikan. Seperti bagaimana cara menaikkan traffic blog, memaksimalkan blog dengan SEO, dan yang lain. Meskipun kami sharing secara santai dan tidak terlalu formal, tapi menyenangkan.

Alhamdulillah adzan maghrib berkumandang, pesanan yang tersedia di meja langsung dieksekusi setelah berdoa tentunya. Seperti biasa kami memesan makanan yang berbeda-beda, agar bisa saling mencicipi dan difoto 😀

Salad Buah pesanan mbak Sri
Nasi Uduk Goreng Pesanan MbakRia
Kalau Saya Pesan Mie Kuah Tom Yam dan Es Lemon Tea
Di awal tulisan tadi saya bilang kalau bukber bareng ini akhirnya terlaksana setelah lamaaaa direncanakan bahkan sejak sebelum Ramadhan, hehehe. Nah, saya punya tips nih supaya bukber bareng komunitas atau teman bisa terlaksana sesuai harapan.
  1. Ajak seluruh anggota/teman untuk ikut andil dalam merencanakan bukber, misalnya menentukan tempat, waktu, dan menu.
  2. Ambil satu keputusan final sesuai hasil musyawarah
  3. Jangan terlalu sayang pada pendapat teman yang ngeyel (bahasa indonesianya apa ya?), karena kalau nurutin teman yang ngeyel biasanya bukber tidak akan pernah terlaksana. 
  4. Namanya juga komunitas dengan banyak kepala, pasti akan terjadi perbedaan. It's oke, tinggal aja teman yang nggak setuju dengan hasil musyawarah (didoakan aja supaya dia terbuka hatinya dan nggak bikin onar, wkwkwkw... ekstrim)
  5. Segera laksanakan jika keputusan bukber sudah deal. Jika ada teman yang ijin atau nggak bisa ikut ya dimaklumin saja. Kalau hanya karena 2 atau 3 orang kita gagalkan maka bukber tak akan pernah terlaksana
  6. Alternatif terakir nih ya, seandainya semua perencanaan gagal terlaksana, maka langsung aja janjian dimana gitu untuk bukber. Bagi anggota atau teman yang tidak bisa hadir dipersilakan. Biasanya langsung pada datang dan ikutan bukber. Cuman ini alternatif aja ya, kalau bisa direncanakan dengan matang agar hasilnya memuaskan.
Itulah sekelumit cerita saya bukber bareng komunitas blogger Malang Citizen. Bagaimana? Puasa kurang dua hari lagi (sejak saya posting artikel ini), apakah teman-teman sudah bukber bareng kekasih, keluarga, atau teman lama? Kalau belum disegerakan gih 😃😃

 Semoga artikelnya bermanfaat, jangan lupa tinggalkan komentar ya 😄