Kamis, Januari 05, 2017

Jika Mashdar Zainal Menulis (Citizen Reporter)

TIDAK semua karya yang dikirimkan ke media akan langsung dimuat, begitu juga jika dikirimkan ke penerbit tidak akan langsung diterima.
"Jika ingin tulisan dimuat, sering-seringlah mengirimkannya dengan harapan nama kita akan diingat pihak media, sehingga kesempatan dimuat akan semakin besar. Jangan putus asa, teruslah mengirim agar karya dimuat," terang Mashdar Zainal, penulis, saat berbagi proses kreatifnya menelurkan buku.
Hadir Minggu (1/1/2017) dalam bedah buku karyanya bertajuk Garnish di Pesta Malang Sejuta Buku, di Taman Krida Budaya, Jalan Sukarno-Hatta Malang.
Bedah buku pun berlangsung interaktif. Peserta mendapat kesempatan bertanya dan berdiskusi dengan penulis secara langsung. Hambatan ketika menulis, isi buku yang sedang dibedah, dan tip mendapatkan ide untuk menulis buku.
“Salah satu hambatan saat menulis, tiba-tiba ide nggak muncul. Kalau sudah begitu, biasanya saya jalan-jalan ke toko buku walau gak beli, lihat kover, sinopsis, selalu timbul semangat dan ide baru untuk menulis,” urai Mashdar berbagi solusi mengenai hambatan menulis.
Menurut Mashdar, menulis itu kegiatan kreatif, membaca ulang karya juga dapat mengatasi kebuntuan ide. Selain itu menonton film yang berhubungan dengan tulisan dapat memunculkan ide segar.
Peserta bedah buku pun sangat tertarik mendengar penuturan penulis tentang isi buku Garnish. Buku yang bercerita tentang gadis anak pejabat yang memiliki hobi melukis dan kebiasaan yang tak seharusnya dimiliki seorang gadis. Seperti, kotor, berantakan, dan tidak feminin.
Di sisi lain ada lelaki yang suka sekali berkutat di dapur, memasak dan bereksplorasi dengan bumbu-bumbu, menganggap bumbu dapur adalah sesuatu yang ajaib dan menarik. Suatu hari si gadis dan sang lelaki bertemu. Bagaimana kelanjutannya?
Sebagai motivasi bagi peserta, penulis yang beberapa kali menjuarai lomba menulis puisi dan cerpen ini menuturkan,  bahwa tulisan itu bagaikan bayi. Tak ada bayi yang terlahir jelek atau cacat, pun dengan tulisan. Ia hanya perlu dipoles agar tumbuh dengan bagus.

0 komentar :

Posting Komentar