Friday, February 03, 2017

3 Kunci Bikin VLog Keren

Citizen Reporter-Harian Surya Malang
[Terbit 7 Februari 2017]

Smartphone bukan cuman bisa mencari informasi tapi juga berkarya atau bikin konten video. Kira-kira begitulah menurut Fatimah Kartini Bohang, Jurnalis Kompas Tekno, saat mengisi materi pembuatan VLog di OPPO Selfie Tour Malang 2017 digelar di Monopoli Garden House Resto & CafĂ© (Selasa, 24/1/2017). Kali ini komunitas Blogger Malang Citizen mendapatkan kesempatan untuk menghadiri acara tersebut.
Menurut Tini, ada 3 tahapan yang harus diperhatikan untuk membuat VLog yang bagus yaitu praproduksi, produksi, dan pascaproduksi.

1. Praproduksi
Pada tahapan praproduksi kita harus menentukan tujuan pembuatan VLog. Hiburan semata, memunculkan fenomena, konten edukasi, ataukah penyampaian moral tertentu, agar pembuatan video lebih fokus dan tidak melebar kemana-mana. Jika tujuan jelas, pembuatan ide cerita pun akan semakin mudah dan jelas. Kalau perlu bisa observasi, membaca buku/artikel, atau bertanya langsung kepada ahlinya.
Fatimah Kartini Bohang Saat Menjadi Pembicara 
Lalu, kita juga harus tahu untuk apa VLog dibuat, “apakah untuk travelling, kuliner, teknologi, fashion, opini, musik, komedi, atau kegiatan sehari-hari itu kita tentukan sejak sebelum pembuatan video dimulai” kata Tini. Kemudian, jurnalis yang telah memiliki beberapa vlog tersebut menambahkan bahwa kita juga perlu menentukan siapa yang akan menikmati video yang akan kita buat, apakah anak-anak, remaja, atau orang tua? Jika perlu tentukan juga umur, gender, latar belakang pendidikan, strata sosio ekonomi, latar belakang etnis, bahasa, profesi, dan ekspetasi berdasarkan demografinya.
Setelah kita menentukan seperti apa VLog yang akan kita buat dan siapa konsumen yang akan menikmatinya, maka kita bisa menyiapkan konsep budget/biaya yang diperlukan, peralatan, dan juga naskah scenario. “Lebih baik membuat flow chart yang terdiri dari susunan kegiatan dari awal hingga akhir untuk mempermudah pelaksanaan, sehingga tidak ada bagian dari VLog yang terlewat untuk direkam. Jika perlu kamu buat juga story board penyusunan videomu,” tegas Tini.
Pada tahapan ini kita juga perlu menentukan tools atau aplikasi yang digunaan untuk mengedit naskah. Banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk pembuatan konten video, seperti iMovie, Final Cut Pro, Flipagram, atau Viva Video.

Baca Juga: 5 Alasan Nonton Film Bisa Hasilkan Ide Kreatif

2. Produksi
Apa yang harus dilakukan pada tahapan produksi? Setelah menentukan tujuan hingga aplikasi yang digunakan, maka saatnya beraksi membuat VLog sesuai rencana yang telah disusun. “Ada tiga hal yang harus diperhatikan saat pembuatan konten, yaitu jadilah dirimu sendiri, fleksibel, dan jaga mutu (buat videomu bermutu),” terang Tini saat menerangkan tahapan produksi pembuatan konten video.
Banyak sekali konten VLog yang tersebar di internet. Dengan berbagai macam tema, gaya, dan karakter masing-masing. Agar VLog yang kamu buat memiliki keunikan maka jadilah dirimu sendiri. Suatu saat kamu akan menemukan karakter unikmu yang berbeda dari VLog yang lain.
Memang benar jika pembuatan VLog harus sesuai dengan rencana yang telah disusun. Namun Tini mengatakan alangkah lebih baik kita tidak terpaku pada rencana yang telah dibuat, usahakan lebih fleksibel. Fleksibilitas akan membuat konten video yang dibuat menjadi lebih natural. Selain itu harus lebih kreatif dan berani bereksplorasi, agar VLog lebih berkelas dan banyak penontonnya.
Komunitas Blogger Malang Citizen saat Menghadiri Acara

3. Pasca Produksi
Tahapan terakhir pembuatan konten VLog adalah editing. Proses edit dapat dilakukan dengan aplikasi yang telah ditentukan pada tahap awal. Untuk membuat VLog lebih hidup, sesuaikan audio yang cocok. Pada tahapan ini waktunya merapikan dan membuat sebuah tayangan vlog yang enak ditonton dan membawa manfaat bagi orang lain. Lebih keren lagi jika diberi teks/tulisan dan emoji yang sesuai dengan isi.
Setelah semua tahapan selesai dilaksanakan, share Vlogmu ke komunitas atau grup yang sesuai dengan sasaran agar VLog yang kamu buat ditonton oleh orang yang tepat. Dan jadilah terkenal. Selamat mencoba!





2 comments :

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete