Tuesday, August 15, 2017

Eco Green Park, Misi Penyelamatan Bumi dalam Kemasan Edukatif


Eco Green Park: Misi Penyelamatan Bumi yang Dikemas Unik - Apa yang ada di pikiranmu saat mendengar kata “ECO GREEN PARK”? Jika kamu berpikir tentang taman bermain yang ramah lingkungan, benar sekali. Dilihat dari kata-katanya saja kita sudah bisa menebak, “eco” yang berarti ecology (ramah lingkungan) dan “green park” yang berarti taman.

Beberapa waktu yang lalu, sulung saya ingin berlibur ke Eco Green Park yang ada di Kota Batu. Sebenarnya selain Eco Green Park, di Kota Batu juga ada taman wisata lain yang juga menarik dan wajib dikunjungi seperti Museum Satwa & Secret Zoo, Museum Tubuh Bagong, Jatim Park I, Predator Fun Park, Taman Kelinci, Museum Angkut, Batu Night Spektakular (BNS), dan masih banyak lagi. Alhamdulillah semua sudah pernah kami kunjungi.

Eco Green Park berdekatan dengan Museum Satwa & Secret Zoo, di Jatim Park II. Keduanya nggak jauh beda sih, sama-sama taman wisata yang menawarkan hiburan sekaligus edukasi bagi pengunjung. Tapi masing-masing memiliki ciri khas yang membuat berbeda. Dibandingkan taman wisata yang lain, Eco Green Park lebih banyak mengajak pengunjung untuk belajar sambil bermain. Mengenalkan pengunjung pada pola hidup ramah lingkungan.

Baca juga: Traveling Aman Emak Nyaman

By the way, terdapat 35 wahana yang bisa kamu coba secara gratis jika berkunjung. Bagaimana? Semakin penasaran dengan Eco Green Park? Baca postingan saya Ada Apa di Eco Green Park dulu, yuk!

Tagline Hijaukan Bumi Bersama Eco Green Park, menjadikan wisata di Kota Batu ini menjadi wisata ekologi pertama di Jawa Timur. Eco Green Park adalah tempat wisata bernuansa lingkungan dan ekosistem yang dikemas secara edukatif dan atraktif. Tidak hanya penampilannya saja yang keren dan cantik, tempat wisata yang buka setiap hari ini juga bertaraf internasional. Wahana yang tersedia memadukan konsep wisata alam, kebudayaan, lingkungan, dan seni yang inspiratif, menarik, dan mendidik. Wuih.. cocok banget dong ya kalau mengajak seluruh keluarga. Bisa belajar rame-rame. Ya, nggak?

Lokasi dan Harga Tiket Terjangkau

Berlokasi di Jatim Park II, Jl. Oro-Oro Ombo No.9A, Temas, Kota Batu, Eco Green Park dapat ditempuh selama kurang lebih 1 jam perjalanan dari Kota Malang. Nah, setelah tiba di lokasi langsung saja menuju tempat informasi atau loket untuk membeli tiket. HTM saat weekday hanya Rp.40 ribu dan untuk weekend Rp. 60 ribu. Mau tiket terusan juga boleh, dengan harga yang lebih ekonomis kamu bisa sekaligus mengunjungi Jatim Park 2. Cara lain mendapatkan HTM lebih hemat adalah mengunakan debit BTN dan mendapat diskon 25%. Asyiik... Lumayan laah… Dengan harga tiket masuk segitu bisa menikmati 35 wahana gratis sampai puas selama kurang lebih 5-6 jam perjalanan.

Fun and Study

Begitulah tepatnya tulisan yang ada pada logo tepat dibawah tulisan Eco Green Park, “Fun and Study”. Sesuai dengan brandingnya tersebut, Eco Green Park menyuguhkan berbagai wahana yang dapat membuat pengunjung belajar secara menyenangkan, melalui permainan tentunya. Bahkan sejak masuk gerbang, teman-teman akan menikmati pembelajaran tentang menyayangi binatang dengan memberinya makan. Lalu miniatur kerusakan alam yang disebabkan oleh hutan gundul. Dilanjutkan dengan patung-patung yang terbuat dari barang daur ulang.


By the way, yang saya suka saat berkunjung ke Eco Green Park adalah anak-anak bisa bermain sambil belajar hingga puas. Meskipun tampak letih, setiap masuk ke wahana baru anak-anak tampak antusias. Emangnya bisa belajar apa saja di Eco Green Park?

Mengenalkan kepada anak-anak bahwa dengan menjaga bumi artinya kita akan menjaga kehidupan. Jadi saat masuk ke Eco Green Park pengunjung disambut dengan pemandangan tentang Alam ramah/marah. Ramah kepada alam berarti kita menjaganya dengan memberi makan hewan sekitar, memelihara hutan, dan memelihara tanaman langka. Sedangkan alam marah dengan terjadinya banjir dan tanah longsor akibat keserakahan kita karena menebang hutan sembarangan. 

Baca juga: Taman Pintar, Kawasan Wisata Ramah Keluarga 

Belajar tentang fenomena alam. Experience is the best teacher. Tapi apa iya anak-anak akan kita ajak melihat banjir, badai topan, ataupun tsunami secara langsung? Yakin? Wkwkwkk… Nah, di Eco Green Park kita bisa menunjukkan fenomena alam kepada anak-anak melalui simulasi. Seperti gempa bumi (kita akan masuk sebuah ruangan yang sedang terjadi gempa 5 SR, nggak cuman badan yang bergoyang, tapi juga perangkat yang ada. Untung lemnya kuat, kalau enggak jatoh semua, hihihi), badai topan (angin kencang aja sih…sama suaranya yang keras mirip angin beneran), udara dingin yang ekstrim (nggak sampai beku kok), tsunami, dan masih banyak lagi.



Mengenal burung dan unggas lebih dekat. Seperti memberi makan burung pelikan, angsa, ikan koi. Kamu juga dapat melihat lebih dekat burung dan unggas bahkan memegangnya. Tidak hanya hewan lokal tapi juga internasional.

Belajar secara menyenangkan cara pengolahan sampah dan limbah. Ada taman biogas dan juga tempat belajar mengolah sampah. Kamu akan dapat menjumpai tempat sampah di setiap sudut taman, sehingga bisa mengajak anak-anak untuk membuang sampah pada tempatnya. Proses pembuatan biogas juga ditata sedemikian agar kita dapat menjelaskannya kepada anak-anak. Begitupun dengan proses pengolahan sampah yang didahului dengan pemilahan sampah.


Keberadaan tanaman adalah salah satu komponen agar keseimbangan alam tetap terjaga. Nah, di Eco Green Park kamu juga bisa mempelajari kegiatan bercocok tanam secara hidroponik. Mulai dari sistem, pembibitan, penanaman, hingga perawatan. Bisa dicoba dirumah kalau tertarik. Selain melindungi tanah, hidroponik juga menghemat lahan.

Pernah bayangin nggak milyaran tahun yang lalu bumi seperti apa dan bagaimana bisa menjadi seperti sekarang? Bagaimana masa depan planet kita ini? Melalui wahana Eco Journey kamu akan diajak mencari tahu - bahkan menyodorkan gambaran skenario terburuk. Bayangkan jika kerusakan itu sungguh-sungguh terjadi!


Bagaimana? Edukatif sekali, bukan? Sebenarnya masih banyak lagi wahana yang mendidik yang akan saya bahas kapan-kapan ya. #kalaupasmood

Fasilitas Lengkap

HTM boleh murah meriah, tapi bukan berarti minim fasilitas ya guys. Eco Green Park menyediakan fasilitas lengkap demi kenyamanan pengunjung. Beberapa kali berkunjung saya belum sekalipun kecewa dengan fasilitasnya.

Peta Lokasi


Bagi saya fasilitas peta lokasi, baik yang berbentuk papan besar (apa ya namanya?) ataupun brosur, sangat penting dimiliki atau dibawa saat berkeliling di tempat wisata. Mengapa? Agar kita bisa mencoba semua wahana yang tersedia dan nggak rugi. Tersesat sih enggak karena ada tulisan "rute selanjutnya" di beberapa tempat.

Toilet


Fasilitas selanjutnya yang juga penting adalah toilet. Apalagi emak-emak yang harus mengeluarkan seluruh tenaganya untuk berkeliling di tempat wisata sambil mengurus anak. Pastinya butuh banyak minum juga agar bisa tetap berkonsentrasi, alhasil sering ke toilet dong. Bersyukur sekali di Eco Green Park toilet tersedia setiap setengah jam perjalanan. Selain itu juga bersih dan terawat. Eiya, di setiap toilet ada himbauan mencegah dehidrasi lho, perhatian banget ya si Eco.

Food Court


Traveling tidak lengkap tanpa kuliner, betul apa betul? Wkwwk... Sembari beristirahat paling asyik menikmati makanan ataupun jajanan khas Jawa Timur, dimana lagi kalau nggak di food court. Lumayan lengkap juga, ada bakso, nasi goreng, ayam bakar, siomay, dan masih banyak lagi. Dengan sistem pembayaran berupa top up, Anda bisa bebas memilih makanan kesukaan dan membawanya ke tempat makan yang telah disediakan. Jangan khawatir, food courtnya luas lho guys.

Baca juga: Malang Night Paradise, Wisata Malam yang Memukau

Mushola


Setelah puas menikmati wahana lalu singgah di foodcourt, ada baiknya menyempatkan diri ke musholla (bagi yang muslim) untuk menunaikan sholat dhuhur. Jadi kalau sudah ada di depan musholla dijamin sudah masuk waktu sholat dhuhur, hehehe. Setelah itu baru deh lanjut ke wahana berikutnya. Selain badan segar terkena guyuran air wudhu, fisik juga beristirahat sejenak.

Ruang Ibu dan Anak


Agak surprise juga pas lihat ada ruang ibu dan anak setelah melewati food court. Ternyata si Eco perhatiannya banget ya (setelah wejangan di toilet) menyediakan juga ruang khusus ibu dan anak. Ruangan yang dilengkapi sofa, wastafel, dan meja untuk mengganti popok ini dapat digunakan untuk ibu menyusui ataupun menggantikan popok si kecil.

E-Bike

Lelah saat mengelilingi taman di Eco Green Park? Gunakan E-Bike. Tersedia untuk segala usia, E-Bike bisa disewa dengan rate Rp.100ribu/3 jam. Meskipun saya dan keluarga lebih suka jalan kaki, selain hemat lebih sehat, hihihi.

Baca Juga: Zam Zam Hotel Convention Batu, Homey and Friendly

Nikmati Eco Green Park Tanpa Kecewa

Saat pertama kali datang, saya dan keluarga kecil sempat kecewa karena nggak tahu kalau ternyata wahana yang dapat dinikmati banyak banget. Tapi setelah kedua kali dan seterusnya, alhamdulillah bisa menikmati tanpa adarasa kecewa. Ini dia tipsnya agar Anda tidak kecewa saat datang ke Eco Green Park.
  1. Datang lebih pagi untuk memudahkan mencari tempat parkir, informasi, dan mengelilingi lokasi wisata lebih lama (kalau bisa coba semua wahana ya!).
  2. Bila ada keinginan membeli tiket terusan, parkir kendaraan pribadi di halaman parkir Eco Green Park bukan di halaman parkir Batu Secret Zoo (biar nggak kejauhan, lumayan menghemat tenaga).
  3. Berhubung perjalanan lumayan panjang, kenakan alas kaki yang nyaman. Bawa juga topi atau payung mengingat cuaca dapat berubah dari panas ke hujan secara tiba-tiba. 
  4. Jika Anda mengajak serta nenek/kakek mending sewa e-bike mengingat cukup luasnya wahana Eco Green Park. Boleh juga bawa kereta dorong untuk bayi.
  5. Siapkan handphone yang full baterai karena saya tidak menemukan tempat untuk charge HP atau bawa power bank (jangan sampai menyesal karena tidak bisa mengabadikan momen).
  6. Karena dilarang membawa makanan berat, lebih baik sarapan dulu sebelum berangkat.   
  7. Hati-hati dengan barang bawaanmu, selalu waspada dimanapun kamu berada.

Berpetualang adalah cara terbaik untuk belajar. Kesempatan belajar sambil berpetualang bisa didapatkan di Eco Green Park. 

☺Happy Traveling☺


❤ For Your Information❤

❤ Jl. Raya Oro-Oro Ombo No. 9 -- Kota Wisata Batu -- Jawa Timur -- Indonesia, 65314
❤ (+62) 341 597-777
❤ https://jtp.id/ecogreenpark
❤ Buka setiap hari pukul 09.00-17.00 WIB
❤ Penginapan/Hotel yang dekat dengan lokasi:
     ✌ Kusuma Agrowisata Hotel (1,4 km dari Eco Green Park)
     ✌ Pohon Inn (0,2 km dari Eco Green Park)
     ✌ Klub Bunga (0,7 km dari Eco Green Park)
     ✌ Pondok Jatim Park Hotel and Cafe (0,7 km dari Eco Green Park)
     ✌ Eren Homestay (1,2 km dari Eco Green Park)
    ✌ Zam-zam Hotel and Convention (1,2 km dari Eco GreenPark)






"Tulisan ini diikutsertakan dalam event #WisataNusantara Komunitas Emakpintar"

6 comments :

  1. Saya ke Eco Green Park 3 tahun lalu Mbak.. Dan puas sekali. Dengan HTM yang murah(dibanding wahana sejenis di Jakarta), fasilitasnya super lengkap. Rencana pengen ke wahana lain di sekitarnya, karena ternyata sehari dua hari nggak cukup waktunya. ��

    ReplyDelete
  2. Lengkap ternyata y mba,,. Bisa ajak anak2 sekalian nambah edukasi ini nuhun infny mau ah suatu saat

    ReplyDelete
  3. Saya dari dulu pengen banget ke Malang mak, salah satunya ke eco green park ini. Liat tulisan mak Enny jadi makin ngiler.. 😁

    ReplyDelete
  4. Wah bagus nih liburan bawa anak kemari. Orangtua juga bisa nambah ilmunya deh ya hahaha

    ReplyDelete
  5. duh jadi ingat belum nulis review tempat ini. Tempatnya memang sangat edukatif meski pegel yaa keliling seluas itu

    ReplyDelete
  6. Bagus sekali.
    Saat nya kita yang mulai untuk menjaga bumi. Heheh

    ReplyDelete