Monday, September 25, 2017

Tips Aman Nyetir Motor saat Ngantuk


Tips Aman Nyetir Motor saat Ngantuk - Hai guys, kebayang nggak jika saat nyetir motor tiba-tiba kamu berada di jalur yang berlawanan arah? Iya sih, biasanya emang emak-emak suka gitu, kalau nyetir tiba-tiba belok kanan atau kiri tanpa pasang lampu sein. Nah ini diluar kebiasaan guys, alias gak sengaja.

Jadi, ceritanya beberapa hari yang lalu aku pulang dari Malang dalam kondisi capek. Pas berangkat sih mata masih melek, tapi setengah jam kemudian mata mulai sepet. Aku berusaha menahannya, tiba-tiba pikiran mulai nggak fokus. Aku berusaha menahan rasa kantuk dan berniat berhenti di sebuah warung. Ada beberapa warung yang kulewati tapi nggak sesuai dengan keinginanku jadi aku jalan terus.

Tanpa kusadari sepeda motorku sudah berada di seberang jalan berlawanan arah, untung aku segera sadar dan menginjak rem. Jika tidak maka aku sudah nyebur ke sawah, Astaghfirullah... Kuhentikan laju sepeda motor sambil komat-kamit melafalkan istighfar. Kulihat truk dan kendaraan lain berlalu lalang. Subhanallah... Alhamdulillah aku masih selamat, jantungku berdegup kencang dan lututku langsung lemas. Ngantuk pun lenyap seketika.

Sampai aku menulis postingan ini, kejadian masih teringat jelas di benak dan sangat bersyukur Allah SWT masih memberiku keajaiban. Nggak kebayang seandainya ada mobil di belakangku dan aku tiba-tiba nyebrang tanpa lampu sein, huhuhuuuuu... . Entah apakah aku masih bisa melihat senyum keluargaku? Apalagi kata teman, bersamaan dengan kejadian itu ada seorang cewek yang kecelakaan ditabrak truk. Duh, sejak itu aku berjanji pada diriku sendiri untuk berhenti saja jika memang capek atau mengantuk.


Semoga cerita saya bisa mengingatkan teman-teman yang masih bersikukuh untuk menyetir padahal ngantuk. Berikut saya bagikan tips aman nyetir motor saat mengantuk.

Berpamitan

Saat kamu ngantuk dan terpaksa harus menyetir, maka jangan lupa pamit kepada orang tua terutama ibu agar mendapatkan doa selamat sampai tujuan. Tahu sendiri kan doa ibu sangat mujarab. Jika tidak ada orang tua pamitlah kepada pasangan (suami/istri) atau siapa saja yang ada saat kita akan bepergian. Ketika kita mengucapkan salam kepada orang pasti akan mendapatkan balasan salam yang berarti mendoakan balik.

Pilih Waktu yang Tepat

Jika memang tidak terpaksa lebih baik memilih waktu yang tepat untuk bepergian, seperti pagi hari. Meskipun dingin menusuk tulang, lebih baik kan daripada nyetir motor pas ngantuk. Hohoho

Baca juga: Tips Sehat dapat Pahala


Istirahat Sejenak

Terpaksa tidak ada yang menemani saat berkendara? Oke, nggak masalah tapi usahakan istirahat tiap dua jam sekali. Jika perlu tidur sejenak meskipun hanya lima menit. Aku sering melihat orang tidur di deretan kursi pom bensin atau di musholla. Lebih baik gitu ya daripada terjadi hal yang tidak diinginkan karena nyetir motor sambil ngantuk. Tapi ingat barang bawaan kamu, jaga baik-baik ya! Waspadalah... Waspadalah!!

Peregangan Otot Sejenak

Segera menepi saat pikiran mulai tidak fokus atau kosong, itu tandanya kamu butuh peregangan otot. Jika tetap melanjutkan perjalanan kamu akan mengalami hal sama denganku, nyetir sambil merem (untung aku selamat). Turun dari motor dan gerakkan tubuh, biasanya ngantuk akan berkurang. Ini bisa dilakukan jika kamu takut kebablasan saat tidur, niatnya tidur lima menit eh nggak terasa sampai lima jam, bisa aja kan ya? Nah, peregangan otot sejenak bisa jadi solusi bagi kamu yang nggak bisa merem sejenak.

Baca juga: Cara Ampuh Mengobati Ambeien secara Alami

Olahraga Mulut

Tak ada salahnya mampir swalayan atau warung untuk beli minuman yang menyegarkan, seperti ice cofee, teh, es campur atau makanan pedas. Dijamin mata langsung melek kalau makan yang terakhir itu, tapi awas jangan sampai kekenyangan ya! Bisa-bisa malah ngantuk. Nah, olahraga mulut aja alias makan, hehehe.

Istirahat Cukup

Terakhir, istirahat yang cukup. Kurang istirahat menyebabkan kelelahan dan tak dapat menahan kantuk. Sebelum mengendarai motor alangkah baiknya kamu istirahat yang cukup agar stamina tetap terjaga. So, selalu jaga kondisi badan agar tetap fit, baik sebelum maupun saat berkendara.

Itulah tips aman nyetir motor saat ngantuk. Kalau kamu, apa yang biasanya dilakukan jika ngantuk saat berkendara?

13 comments :

  1. Aku pernaaaahh ngantuk banget nyetir, akhirnya mandeg dulu beli minum :D

    ReplyDelete
  2. Ngeri ya mbaaak. Kadang keberuntungan itu cuma berjalan beberapa detik. Alhamdulillah mbak eni masih dikasih keselamatan. Lain kali mungkin kalo ngantuk berhenti trus nyamil sesuatu aja mbaaak

    ReplyDelete
  3. Masya Allah..bahaya banget ya mbak huhu..
    kalo saya nyetir sendiri sih belum pernah sampai ngantuk, tapi kalo pas dibonceng suami sering banget ngantuk..dan sama bahayanya ternyata..
    akhirnya kalo ngantuk selalu ngajak suami ngobrol atau mampir jajan dipinggir jalan dulu hehe..
    selalu hati-hati di jalan ya mbak

    ReplyDelete
  4. Ya Allah.... semoga ALLAH senantiasa lindungi kita semua ya mbaaa
    Aku juga ngantukan parah. Makasiy tipsnya mba :)
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  5. aku pagi ini kurang tidur, akibatnya mata dan tanganku agak tremor .. salah baca muluh :))

    ReplyDelete
  6. Klo aku sih lebih milih istirahat sejenak, mampir beli permen atau minumlah minimal biar ilang ngantuknya

    ReplyDelete
  7. Sering suami kyk gitu klu mudik, kalau udah ngantuk mesti tak suruh berhenti ngopi dlu

    ReplyDelete
  8. sama kak. Kdang juga sering merasa ngantuk selama berkendara

    ReplyDelete
  9. Ada kejadian serupa menimpa kerabat dan teman mbk.Jadi pembelajaran penting utk waspada n jaga kesehatan apalagi berkendara di jalan raya.next time lebih ati2 ya mbak

    ReplyDelete
  10. Ya Allah ...
    Jadi ingat pengalamanku pas jaman liputan nyetir motor dalam keadaan tidur walau sekian detik teryata bahaya banget

    ReplyDelete
  11. terimakasih atas informasinya dan jangan lupa kunjungi kami di http://aromaessen.com/umpan-patin-kilo-gebrus/

    ReplyDelete