Wednesday, October 04, 2017

Battleship Island, Haru Biru Perjuangan Budak Tambang

Hai guys,

Sudah nonton film terbarunya si ganteng Joong Ki? Iya, Battleship Island yang sebenarnya udah tayang sejak Agustus tapi baru saya tonton setelah ada teman yang bilang bahwa film ini dibintangi Song Joong Ki, padahal judul film ini seliweran terus saat saya mencari judul film korea terbaru yang tayang di tahun 2017. Apalagi teman saya itu bilang “Nonton Joong Ki dulu deh, bentar lagi kan Doi melepas masa lajangnya akhir Oktober”. Whuaaaa…. Saya makin penasaran dan langsung mengunduhnya.
sumber: http://icinema3satu.site
 Melihat dari gambarnya yang seliweran di search engine saya mengira ini film kolosal tentang perang dan Joong Ki jadi komandannya gitu, eh ternyata saya salah, hehehe. Film berdurasi kurang lebih dua jam ini hanya menampilkan Doi sebagai penyelamat warga korea yang ditahan Jepang. Yeah, saya sedikit kecewa, untung ada So Ji Sub (pemain drama korea My Venus) yang aktingnya memukau. Dia cucok banget kalau disuruh action. Uuuhhh…😆

Menyuguhkan genre action dan history, jangan harap menemukan adegan romantis di film ini. Meskipun ada Hwang Jung-Min dan Kim So-Ahn (tahu kan pemeran anak kecil di Train to Buzan?) yang berperan sebagai ayah dan anak, pada akhirnya membuat film Battle Island menjadi dramatis. Namanya juga genre action pastinya banyak menampilkan ketegangan dalam setiap adegan. Bahkan saya bilang terlalu seram karena kayak perang beneran 😓, darah menyembur kemana-mana saat tubuh kena bom, belum lagi adegan baku tembak dan tendangan 🙈. Duh, mau saya akhiri kok sayang ya (soalnya nunggu si ganteng Joong Ki yang belum juga muncul hingga menit ke 35, 😀)

Dua artis kece, Song Joong-Ki dan So Ji-Sub yang membuat film Battleship Island nggak terlalu membosankan. Akting mereka sungguh membuat cewek tercengang. Mungkin kalau mereka nggak ada, sudah saya akhiri nonton filmnya sejak menit awal -- Joong Ki tetap ganteng kaan meski mukanya belepotan 😍 (sumber: ilovekstars.com)
Sebenarnya gimana sih ceritanya? Ah, kalian lihat sendiri aja deh guys, saya lagi malas bikin synopsis dan pengen mereview tuh film aja 😃😃. Ini sih ngeles aja ya, soalnya saya bingung mau cerita darimana dan apa yang harus diceritakan. Lho kok bingung? Iya guys, soalnya filmnya tuh pacenya cepet, ngos-ngosan deh saya mengikuti ceritanya. Banyak plot yang ditampilkan, gonta-ganti tanpa menunggu saya memahami isi ceritanya. Kayaknya sih sutradara sedang asyik bereksplorasi dengan berbagai plot, jujur saya kesulitan fokus pada satu cerita. Belum selesai memahami kehidupan Kang-Ok dan So-Hee (itu... si ayah dan anak) tiba-tiba mereka nyampai di Battleship Island. Terus bertemu dengan artis papan atas lainnya, ah daripada pusing saya ikuti aja sampai habis, 😂😂.

Namun, dari sekian banyak plot, saya tidak terlalu fokus pada Joong Ki (kecuali dia tetap ganteng meskipun wajahnya belepotan lumpur dan arang 😀) tapi pada acting Kang-Ok dan So-Hee yang berusaha saling menjaga untuk mempertahankan hidup demi lolos dari tempat yang dianggap neraka itu, terharu jadinya. Joong Ki muncul sebagai tentara gerakan Amerika yang menyamar menjadi pekerja, dia tetap tampil sebagai aktor yang mengesankan tapi entah mengapa saya selalu fokus pada akting So-Hee. Duh, beneran berbakat nih anak masih 11 tahun tapi bisa banget membuat adegan yang sempurna saat sedih, gembira, dan menampilkan suasana genting. Saya tahu Kim So-Ahn (pemeran So-Hee) ini di Train to Busan dan sudah membuat saya tercengang. Peran So-Hee dan ayahnya memang sangat mendukung untuk mendramatisir film ini, biar penontonnya nggak tegang terus 😍.

Film yang diadaptasi dari kisah nyata tentang penambang batu bara semasa penjajahan jepang ini juga menghadirkan sedikit adegan tidak senonoh, misalnya 400 penambang yang diperiksa secara telanjang di area terbuka. Tidak hanya itu, perempuan korea yang dijadikan wanita penghibur juga diperiksa secara detail mulai tubuh bagian atas hingga bawah. Duh, saya jadi merinding membayangkan jika hal itu benar-benar terjadi, betapa kejamnya Jepang pada masa itu. Selain itu adegan penyiksaan juga ditampilkan secara vulgar, misalnya menendang wanita ataupun memukul kepala hingga berdarah membuat saya merinding. Jelas sekali ya kalau film ini tidak cocok untuk anak-anak di bawah 17 tahun.

Tanggapan saya atas film Battelship Island adalah membosankan dan kurang greget. Entahlah, ada rasa bosan melanda sepanjang saya menontonnya. Untung saja adegan terakhir membuat mata saya nggak jadi ngantuk karena sang produser membuat konflik semakin seru dengan mennyatukan seluruh plot yang banyak muncul secara tiba-tiba di awal pemutaran film ini. Klimaks muncul saat para pekerja tambang akhirnya memutuskan untuk memberontak dan melarikan diri dari jepang, mereka memilih mati daripada dijadikan budak. Perpaduan koreografi peperangan tampak keren dipadukan dengan pengambilan gambar yang megah terlihat di penghujung film ini.

Mungkin kalau nggak ada bintang-bintang terkenal lainnya selain Song Joong Ki, Hwang Jung-Min, Kim So-Ahn, Lee Jung-Hyun, dan So Ji-Sub film ini nggak terlalu istimewa. Artis itu juga rasanya yang membuat film ini menjadi booming dan berada di box office korea, serta menembus 2 juta penonton dalam tiga hari. Bintang tiga aja deh kalau menurut saya yang pantas untuk film ini. Bagi Anda yang ngefans Song Joong Ki sih wajib nonton ya, karena dia tetap ganteng kok di film ini. Tapi kalau untuk mencari film kolosal yang meninggalkan sensasi "wah" kayaknya pilih yang lain aja deh 😎


17 comments :

  1. Belom nonton nih mbak.. Pengen nonton soalnya aja joong ki hihihi ^^

    ReplyDelete
  2. Wow 2 juta penonton dalam 3 hari!
    Pemain2 korea memang ganteng2 dan cantik2, suka liatnya :D

    ReplyDelete
  3. Kemarin gak sempat nonton pas ada di bioskop. Suami diajakin nonton tapi gak mau. Gak suka film korea katanya :D

    ReplyDelete
  4. terimakasih atas informasinya dan jangan lupa kunjungi kami di http://aromaessen.com/umpan-patin-kilo-gebrus/

    ReplyDelete
  5. Jongki oh Jongki
    Aku ga pernah nonton Bun

    Palingan nunggu curhat bibi titi teliti soal pelem niy, hahahhaa..

    ReplyDelete
  6. Wah ketinggalan ni, saya blm nonton.

    ReplyDelete
  7. Jarang banget lihat film

    Jadi pengen nonton

    ReplyDelete
  8. Aigooo... wajib nonton nih kayaknya 😍

    ReplyDelete
  9. Ternyata suka Joong Ki ya! Hehe. Mungkin itu yang bikin tetep semangat nonton Mbak hehe :D

    ReplyDelete
  10. Wah film Korea ya? Aku sih bukan pecinta Drakor. Cuma sesekali nonton juga sih. Makasih rekomendasi filmnya

    ReplyDelete
  11. Aku sempet bete joong ki munculnya lamaaaa. Tapi pas liat mobil melaju di gurun aku lgsg nebak, nah ini pasti timingnya joong ki. Wah.. rupanya iya. Baru deh legaaaa. Hahaha.. filmnya bagus ya mba. Meski ada 1-2 hal yg kurang ngenak, tapi aku cukup puas dengan film ini. Dr pada Real filmnya KSH ? Udah nonton blm mba ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blm. Hehe... Coba entar aku tonton

      Delete
  12. Aku sempet bete joong ki munculnya lamaaaa. Tapi pas liat mobil melaju di gurun aku lgsg nebak, nah ini pasti timingnya joong ki. Wah.. rupanya iya. Baru deh legaaaa. Hahaha.. filmnya bagus ya mba. Meski ada 1-2 hal yg kurang ngenak, tapi aku cukup puas dengan film ini. Dr pada Real filmnya KSH ? Udah nonton blm mba ?

    ReplyDelete
  13. Aku belum nonton dan sepertinya enggak berminat. Enggak terlalu suka juga nonton Korea sih. Males baca teks soalnya. ehehe

    ReplyDelete
  14. Menurut mbk ngebosenin tapi kok yg nonton banyak yaaa
    Ini pasti pesona Mas Jong Kiiiii hahaha, filmnya bisa laris gitu.

    ReplyDelete
  15. Wah belum nonton, seru kayaknya nih ��

    ReplyDelete