Friday, October 20, 2017

Cetak Foto Jaman Dulu Vs Jaman Now

Hai teman-teman, adakah pembaca postingan saya ini yang pernah memegang klise atau negatif film? Itu lho, yang dulu kalau mau cetak foto dibawa ke tukang foto. Nah, jika kalian berasal dari generasi tahun 1990an, pasti pada tahu klise. Iya, benda yang berwarna hitam atau coklat tua yang bisa kita bawa ke outlet untuk cetak foto. Bahasa kerennya negative film.
sumber: http://kumpul-bacaan.blogspot.co.id
Dulu saat masih SD saya memiliki sebuah kamera manual bermerk Kodak. Tidak seperti sekarang dimana foto yang salah bisa dihapus, kalau pakai Kodak foto yang kita ambil nggak bisa dihapus. Seru deh pokoknya. Apalagi foto jaman dulu tuh kurang ekspresif karena nggak bisa melihat muka sendiri saat foto, takut salah ekspresi mending biasa aja. Hahaha.
Hasil cetak foto analog. Tidak seperti kids jaman now yang masih bayi sudah pandai berekspresi, anak jaman dulu ekspresinya datar saat difoto. Ya, takut salah kan nggak bisa diulang, hehehe
Seingat saya, harus beli film satu roll dulu isi 36 asa 200. Maksudnya isi 36, kita bisa foto hingga 36 kali dan harus mencetak semua menjadi sebuah foto yang dapat dinikmati hasilnya. Beranjak dewasa teknologi semakin maju, saat kuliah saya baru bisa merasakan foto bersama teman di dalam Photo Box di sebuah Mall. Maklum, saya berasal dari keluarga ekolem (ekonomi lemah) sehingga terlalu lambat menyadari keberadaan teknologi. Photo Box adalah barang mewah bagi saya, sekali foto harus membayar Rp. 15.000. Tapi keseruan foto bareng teman kuliah membuat uang segitu tiada berarti meskipun saya harus menahan lapar karena itu adalah uang jajan saya.
Roll Film isi 36 asa 100 (sumber: pixabay)
Barulah di tahun 2009 saya mengenal foto digital yang bisa dihapus jika kita salah action. Tidak seperti kamera analog (manual), kita bisa memilih foto mana saja yang akan kita cetak jika menggunakan kamera digital. Setelah saya simpulkan, berikut perbedaan cetak foto jaman dulu vs jaman now.
  1. Jaman dulu kita harus mencetak semua isi film, kalau isinya 36 ya harus dicetak semua. Kalau tidak salah harganya sekitar Rp. 36.000 (lupa-lupa ingat). Sedangkan jaman now , kita bisa memilih foto terbaik yang ingin kita cetak.
  2. Jaman dulu kita harus menunggu sekitar 3-4 hari untuk melihat hasil foto yang kita cetak. Jadi balik dua kali deh ke outlet fotonya. Pertama menyerahkan roll film lalu 3 hari kemudian balik lagi untuk mengambil hasilnya. Sedangkan jaman now, kita bisa menunggu petugas mencetak foto yang kita inginkan, sret sret sret, jadi deh.
  3. Jaman dulu masih ada foto yang “kebakar” alias nggak jadi. Entah terhalang jari kita yang nyangkut di kamera atau kamera goyang terkena angin, hihihi. Sedangkan jaman now nggak ada istilahnya foto “kebakar” karena kita dapat memilih foto terbaik untuk hasil yang memuaskan.

Photobook

Jaman sudah semakin canggih, begitu juga dalam dunia fotografi. Tidak hanya peralatan pengambilan gambarnya yang semakin berkembang, hasil cetak foto juga berevolusi. Semakin bervariasi. Salah satunya adalah photobook. Apaan tuh? Sini saya bisikin!

Photobook adalah album foto yang didesain dengan layout bertema tertentu seperti wedding, baby born, wisuda, dan lainnya. Biasanya dicetak menggunakan teknologi tinggi dengan kualitas lebih baik dari cetak foto biasa. Tak hanya itu, pembuatan photobook bahkan bisa dilakukan secara online tanpa kita harus keluar rumah. Enak banget!!

Salah satu jasa pembuatan photobook online adalah Idphotobook yang memiliki tagline “Cetak Foto HP jadi Majalah Berkelas”. Idphotobook dapat mencetak album berkualitas menggunakan hard board berlapis lean master Grade A dimana tiap halaman berisi Mate Paper High Quality 150 gram. Terbukti Tahan Lama dan Tahan Air, wah wah… harus coba nih!

Ada 10 keuntungan yang bisa didapatkan jika order di Idphotobook, apa saja?
  1. Diskon langsung 20% All Size. Nggak pakai syarat lagi, aseeek!
  2. Free ongkir Jawa-Bali
  3. Diskon ongkir seluruh Indonesia
  4. Tanpa antre langsung proses
  5. Self Service! Gak ada cerita slow respon
  6. Super Fast! Semua jelas, gak perlu lagi tanya-tanya
  7. Proses pembuatan lebih kilat
  8. Gak perlu nunggu CS memproses orderan
  9. Dijamin lebih cepat sampai rumah
  10. Bergaransi! Rusak, cacat produksi, hasil tidak sesuai harapan, kami cetak lagi GRATIS!

Tema Bervariasi, Kamu Pilih Mana?

Kerennya lagi, Idphotobook menyediakan banyak tema yang bisa kamu pilih untuk photobookmu. Apa aja temanya, ini dia!

Travelling

 
Untuk kamu yang ingin menceritakan serunya liburan bersama teman atau keluarga dalam photobook dengan pilihan tema menarik (sumber: Idphotobook)

Anniversary
Ingin mengabadikan setiap tahap perjalanan cinta bersama pasanganmu dalam photobook yang romantis dan penuh kenangan? Pilih tema anniversary aja! (sumber: Idphotobook)
Tema Anak - Anak
Untuk anak-anak juga ada, kamu dapat menyimpan memori lucu dan menggemaskan anak-anak dalam photobook unyu dan penuh warna (sumber: Idphotobook)
Wedding
Merayakan momen indah pernikahan dengan photobook kenangan penuh cinta, kenapa engga?(sumber: Idphotobook)
Artis

Artis juga punya photobook. Pengen? Yuk, miliki photobook keren yang sama dengan yang dimiliki oleh public figure dan artis terkenal.(sumber: Idphotobook)

Foto Kamu di Smartphone?

Jangan khawatir, Idphotobook tersedia di play store kok.Tinggal download aja dan pilih foto favoritmu untuk kemudian dibuatkan photobooknya oleh Idphotobook. Gampil banget! Lalu pilih deh ukuran dan harga yang sesuai.
  • Mini 32 (125K) Ukuran 15,7cm x 11,8cm | 32 Halaman | Isi 38 foto 
  • Medium 24 (185K) Landscape | Ukuran 21,5cm x 15,7cm | 24 Halaman | Isi 49 Foto
  • Medium 32 (250K)  Landscape | Ukuran 21,5cm x 15,7cm | 32 Halaman | Isi 61 Foto
  • Square 32 (275K) Square (Persegi) | Ukuran 20cm x 20cm | 32 Halaman | Isi 61 Foto
  •  Large 32 (350K) Ukuran 20cm x 30cm | 32 Halaman | Isi 75 Foto
  • Couple 24 (300K) Berisi Medium 24 (2 buah) | Ukuran 21,5cm x 15,7cm
    @24 Halaman x 2 = 48 halaman | Isi @49 Foto x 2 = 98 foto
Yup, tunggu apalagi? Yuk segera Cetak Foto Online Mudah Dengan Idphotobook

http://blog.idphotobook.com/kompetisi-blog-idphotobook/
Add caption


Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diadakan oleh Id Photobook 
"Cetak Foto di Id Photobook, Proses Paling Gampang Hasil Memuaskan"


Sumber:
1. Idphotobook.com 
2. blog.idphotobook.com



15 comments :

  1. Wahh kecanggihan teknologi yang bisa dinikmati. Punya album foto model majalah

    ReplyDelete
  2. Ibu saya nih sering protes kalau udah sesi foto-foto, ya karena itu..fotonya gak pernah kami cetak. Diam gitu aja di folder komputer. Beda banget sama dulu.

    ReplyDelete
  3. jaman now udah sangaat mudah yaa cetak foto. ntar mau cobain idphotobook deh.

    ReplyDelete
  4. Idphotobook itu respon cepat, pengerjaan juga cepat..hasil memuaskan...aku sudah buktikan

    ReplyDelete
  5. Kalau jaman dulu isi klise film itu berharga banget yaa jadi nggak bisa asal jepret. Kalau sekarang selfi aja bisa ratusan. Wkwkwk

    ReplyDelete
  6. Tema traveling buat IdPhotobook keren nih mbak.. ^^

    ReplyDelete
  7. Iya aku jaman anak roll film. Sekarang serba digital dan bisa dibukukan pula y

    ReplyDelete
  8. wkkka foto kebakar pun ada yang masih kucetak lho, terus beneran ada bagian yang hilangnya gitu kayak kena matahari. senangnya zaman skrg ada id. photobook ya. pgn nyetak juga ah buat kado Anniversary

    ReplyDelete
  9. Ahahahaha jadi inget cetak foto jaman dulu, pasrah aja udah mau bagus mau jelek karena gak bisa diapa2in, lha wong hasilnya baru ketahuan setelah dicetak ya
    Jadi kangen masa2 itu

    Id Photobook ini keren juga ya
    Jadinya kayak majalah gitu khan?

    ReplyDelete
  10. Jd pengen nyetak foto juga mbak. Terutama foto anak2 nih :D
    Sayang kalau sampai kenapa2 kyk kehapus gtu misalnya...

    ReplyDelete
  11. Wih... Semakin gampang, semakin cepat, dan semakin bagus ya hasil cetak foto zaman now, hihihi. Eksklusif gitu ya jadinya. Menarik banget ini :)

    ReplyDelete
  12. cetak foto sekarang makin gampang yah Mbak? aku udah nyetakin fotonya Juna di idphotobook, hehehe
    foto wisudaku ntar juga mau aku cetakin di sana :)

    ReplyDelete
  13. Kamera pertama manualku juga merk kodak hihihih.
    Asyinya zaman sekarang serba digital, mau cetak foto model apa aja bisa salah satunya ya kayak idphotobook gini

    ReplyDelete
  14. hehehe... jadi inget waktu zaman dulu klise mah berharga banget soalnya dulu mau foto aja susah,sekarang mah sudah canggih tinggal jebret-jebret aja.
    entar aku mau nyetakin foto aku juga ah di idphotobook heheheh

    ReplyDelete
  15. sekarang sudah jarang banget buat cetak foto, lebih pilih via digital aja.

    ReplyDelete