Tuesday, November 21, 2017

Ajaib, Sariawan Sembuh dalam Dua Hari. Ini Rahasianya!

Ajaib, Sariawan Sembuh dalam Dua Hari - Beberapa hari yang lalu, ada tamu tak diundang mampir ke bibir saya. Selain tak diundang, tamu tersebut juga tak pernah saya inginkan seperti orang lain yang juga tak pernah mengharapkannya. Hehehe. Siapakah dia? Sariawan.

Ya, sariawan yang (amat sangat) jarang sekali bertengger di bibir tiba-tiba saja nongol di bagian dalam, di sela-sela gusi gitu deh (bingung mau jelasinnya). Alhamdulillah sih saya dan keluarga termasuk juga anak-anak hampir tidak pernah mengalami sariawan. Mungkin karena saya selalu konsumsi buah atau sayur setiap hari.

Bukankah salah satu penyebab sariawan adalah kekurangan Vitamin C? Meskipun tergigit saat makan, terlalu banyak makan pedas, infeksi pada gusi juga termasuk penyebabnya, namun dengan menjaga asupan Vitamin C dengan benar insyaallah sariawan malas mampir.

Lalu kenapa tiba-tiba saja ada sariawan yang mampir di bibirku? Ah, bandel nih sariawannya, nggak mempan dengan Vitamin C, hahaha (eh nggak boleh suudzon ya...). Mungkin karena seminggu ini saya lagi doyan banget makan pedas, hampir tak terkontrol 😁😂😎. Selain itu cuaca sedang nggak mendukung, kadang panas menyengat dan tiba-tiba dinginnya minta ampun.

Apakah saya khawatir? Enggak donk... Terus saya obati pakai apa? Ah, saya kalau nggak sakit parah banget (naudzubillah ya..) nggak pakai obat. Hehehe. Ajaib deh, dalam dua hari saja sariawan langsung sembuh. Saat saya raba pakai lidah udah menipis dan nggak perih. Gimana cara saya mengatasinya?

Banyak Minum Air Putih 

Kalau biasanya saya minum 1,5 liter air putih per hari, saat sariawan saya tambah lagi. Pokoknya harus lebih dari 1,5 liter, dengan begitu tubuh tidak mengalami dehidrasi. Bukankah air putih juga bisa mengeluarkan racun dari dalam tubuh? Terutama jika diminum setelah bangun tidur saat mulut masih kering.

Perbanyak Vitamin C

Meskipun setiap hari saya mengonsumsi buah, tapi belum tentu mengandung Vitamin C. Nah, saat sariawan saya genjot lagi tuh makan buah yang mengandung Vitamin C. Kebetulah juga saya punya pohon jambu merah dan jeruk nipis, hahay. Jika biasanya saya minum jeniper (jeruk nipis peras) saat bangun tidur saja, maka akan saya tambah porsinya minimal 3x sehari. Saya juga mengganti makan malam dengan jus jambu dan raw food (sayuran mentah, biasanya berupa salad). Menurut food combining perbanyak makan sayur mentah (raw food) dapat mengurangi zat asam dalam tubuh yang cenderung menimbulkan berbagai penyakit.

Puasa Senin & Kamis

Alhamdulillah hampir dua bulan saya bisa melaksanakan puasa Senin dan Kamis secara rutin. Niatnya sih, selain ingin lebih sehat juga menurunkan berat badan yang berlebih. Saya pun tidak mengira jika puasa Senin dan Kamis membuat sariawan nggak betah. Mungkin ini terjadi karena saat puasa racun-racun dalam tubuh terbuang setelah seharian alat pencernaan beristirahat.

Mengurangi Makanan Berminyak dan Berlemak

Ini nih yang paling sulit untuk dihindari, secara anak-anak suka banget tempe dan tahu goreng, jamur goreng, oseng-oseng, dan makanan lain yang mengandung minyak. Namun, karena saya puasa Senin dan Kamis jadi bisa sedikit menahan diri untuk nggak makan gorengan. Coba kalau nggak puasa, mana bisa saya nggak mencicipi tempe goreng yang aromanya merebak ke hidung saya, huhuuuuu. Bisa jadi ini salah satu penyebab sariawan saya segera kabur.

Menjaga Kebersihan Mulut

Bukan berarti saat nggak sariawan saya nggak menjaga kebersihan mulut ya, tapi saat terkena sariawan kebersihan mulut harus semakin dijaga. Kumur-kumur atau gosok gigi setelah makan dan memastikan untuk gosok gigi sebelum tidur adalah upaya yang saya lakukan untuk mengusir sariawan agar tidak betah lama-lama bertenggeh di bibir.

Itulah beberapa kebiasaan sehari-hari saya yang tanpa disadari membawa banyak manfaat. Ajaib, sariawan saya sembuh dalam dua hari dan itulah rahasianya. Kalau pembaca sekalian, apakah kalian pernah sariawan dan apa yang kalian lakukan untuk mengusirnya? Share di komen yuk!

14 comments :

  1. Wah ini cara alamai dan pastinya lebih aman, ya Bun. Bener banget bun. Kalau kita kurang makan buah dan sayur jadi gampang sariawan. Kayak pak suami, suka males disuruh makan sayur. Akhirnya sering terkena sariawan T_T

    ReplyDelete
  2. sariawanku baru bisa sembuh kalau dapat vitamin C... vitamin cium.. .*eh

    ReplyDelete
  3. Aku sering sariawan mbak. Biasanya sih cuma memperbanyak minun air putih aja sih aku.

    ReplyDelete
  4. Jd makanannya banyakin sayur bening dan lauknya yg dikukus juga ya Mbak, selain air putih dan perbanyak vit. C. Anak anakku jg sedang kugempur sayur. bening, biar bibirnya enggak kering, klo kering gampang banget jd sariawan

    ReplyDelete
  5. bisa dicoba nih tipsnya. lagi sariawan nih.

    ReplyDelete
  6. iya ya mbak, semenjak rajin puasa malah nggak pernah sariawan.

    ReplyDelete
  7. Wah, mesti puasa senin - kamis lagi, nih, biar terhindar sariawan.

    ReplyDelete
  8. Wah makasih tipsnya ya, Mbak. Cara alami yang mesti dilakukan ini sih. Baik untuk kesehatan, ga cuma sariawan aja.
    Aku alhamdulillah termasuk yang nyaris ga pernah sariawan.

    ReplyDelete
  9. Sariawan? Saya minum air putih ama makan buah naga mbak..cepat dan alami.

    ReplyDelete
  10. Ada sariawan yang menyerang karena kondisi stres dan saat itu kurang asupan. Kemarin dua anakku kena sariawan banyaaaak banget,sebelumnya belum pernah.kukasih asupan lebih banyak lagi meski mereka mamnya susah,alhamdullilah akhirnya sembuh

    ReplyDelete
  11. aku juga sering sariawan, biasanya krn kesodok sikat gigi.
    biasanya aku biarin aja terus makan makanan pedes biar gak kaku.

    ReplyDelete
  12. aku kalau sariawan biasanya krn kecapekan, banyakin istirahat sih, kalau ada makan buah2an kyk mangga, jeruk :D

    ReplyDelete
  13. Kebetulan sekali baca ini saat aku sedang sariawan. Upaya2 yang mbak sebutkan, sudah aku lakukan. Paling ngefek kalo banyak minum. Aku biasanya kalo sedang sariawan, mengganti minuman air putih dengan larutan penyegar pengobat sariawan. 2 hari sembuh biasanya. Sama oles2 madu ke sariawannya.

    ReplyDelete
  14. Sariawan itu gak enak
    Mau makan apa2 jadi susah
    Ngomong aja sakit hiks
    Memang ya konsumsi makanan sehat itu penting banget agar terhindar dati sariawan

    ReplyDelete