Wednesday, November 08, 2017

Gampang Bikin Artikel dan Jebol Media, Training Online Joeragan Artikel yang Paling Berkesan


Perkembangan teknologi menuntut kita untuk selalu belajar agar tak ketinggalan, betul nggak? Tak terkecuali Ibu Rumah Tangga yang punya segunung pekerjaan domestik, juga harus belajar agar bisa menjadi emak-emak kekinian. Masak iya anaknya gaul tapi emaknya nggak up to date. Kalau bisa sih jangan sampai ya, Mak! Nggak hanya bapak-bapak yang bisa keluar rumah untuk belajar ini dan itu, istri juga harus berwawasan luas demi mendidik anak bangsa agar menjadi setengah dewa (seperti tujuan pendidikan nasional), hehehe.

Baca juga: Meraup dolar bersama @Joeragan Artikel

Nah, jaman sekarang belajar banyak caranya, nggak harus duduk manis di kelas. Coba bayangkan jika emak-emak datang ke kelas untuk belajar, yakin bisa duduk manis? Saya sih enggak, pasti ada saja yang dipikirkan. Cucian yang belum diangkatlah, anak yang belum dikasih makan, atau kompor yang lupa dimatiin, dan masih banyak lagi. Padahal belajar itu penting, permasalahan kehidupan semakin kompleks dan gak bisa disamakan dengan yang doloe-doloe. Butuh penyelesaikan yang lebih kompleks dan konkrit juga.

Maka dari itu Joeragan Artikel menjembatani emak-emak untuk mengikuti training secara online, agensi artikel yang dimotori Ummi Aleyya ini ingin mengajak para wanita utamanya Ibu Rumah Tangga untuk berpenghasilan melalui kegiatan menulis. Oleh karenanya training-trainingnya seputar menulis, seperti penulisan artikel, jebol media, resensi buku, training editor, penulisan cerpen, dan training liputan.

Training di Joeragan Artikel bisa bikin ketagihan lho. Gimana enggak, kalau setiap lulus training akan bisa bergabung di grup alumni. Misalnya  grup inbox artikel khusus untuk alumni kelas gampang bikin artikel dan jebol media, grup pasukan endorser terbuka untuk semua alumni  Joeragan Artikel, diutamakan alumni kelas statuscantik. Grup pasukan blogger untuk alumni Joeragan Artikel yang sudah punya blog dan ingin mengasah keterampilan menulis di blog, dan masih banyak lagi.

Training yang Paling Berkesan

Saya sendiri pernah ikut training apa saja? Belum semua, masih beberapa saja seperti menulis resensi buku, gampang bikin artikel, copywriting, dan status cantik. Lalu, training apa yang paling berkesan di hati? Gampang Bikin Artikel dooonk. Kenapa? Karena melalui training gampang bikin artikel saya bisa punya blog, jadi blogger, dapat penghasilan lewat blog, dan training kece inilah yang menghantarkan saya hingga seperti sekarang, yup, saya sudah naik kelas, Mak. Jadi mentooooor. Alhamdulillah…
Training Gampang Jebol Media di Grup Facebook

Training online pertama saya di Joeragan Artikel adalah Gel-13, pada Januari 2017 yang dimentori langsung oleh sang Juragan yaitu Sri Kuswayati atau dikenal dengan Ummi Aleyya. Berangotakan 33 peserta, training ini membahas tentang Gampang Bikin Artikel,  Cara Beroleh Penghasilan melalui Blog, Cara Beroleh Penghasilan melalui Google Adsense, dan mendapatkan bonus materi Berpenghasilan melalui Accesstrade.

Baca juga: Tidak Dapat THR, Cek  Cara Saya Mendapatkan Penghasilan Tambahan


Alhamdulillah, training tersebut membuat saya semangat menulis artikel dan posting di blog. Selain itu saya juga rajin mengirimkan tulisan saya ke vivalog dan berkali-kali tembus, lumayan bisa mendongkrak page view blog. Lalu, tanggal 10 April 2017 saya mendapat undangan dari Ummi Aleyya untuk sharing materi jebol vivalog dan menjadi Penanggung Jawab (PJ) dalam Training Gampang Jebol Media. Duh, antara nerveous (karena belum pernah diundang sharing online) dan senang (bisa dapat fee yang lumayan). Inilah pendapatan pertama saya dari Joeragan Artikel. Yeayyy…😍

Baca juga:  Cara Ampuh Jebol Vivalog

Saya pun semakin percaya diri mengirimkan artikel liputan ke tribunnews.com untuk portofolio. Saat mengirimkan artikel ke media, sedikitpun tak terpikirkan oleh saya berapa fee yang didapat, saya hanya ingin berbagi informasi kepada pembaca. Alhamdulillah dengan memantapkan tujuan seperti itu, saya bisa konsisten mengirimkan liputan ke Harian Surya atau tribunnews.com. Prinsip saya, kirim dan lupakan, jika tidak dimuat saya tidak terlalu kecewa, pun ketika dimuat saya bahagia bisa berbagi kepada pembaca.

Asiiiik… Dilamar Lagi, Jadi Pijey Lagi, Belajar Gratis Lagi

Saya mengira hanya sekali itu saja kesempatan saya bisa sharing pengalaman cara “jebolin” vivalog, ternyata tidak. Alhamdulillah pada Training Gampang Jebol Media Batch 2, tepatnya tanggal 2 Mei 2017, Ummi mengundang saya untuk sharing lagi dengan materi yang berbeda yaitu Tips Sukses Jadi Citizen Reporter di Harian Surya, mungkin karena liputan saya beberapa kali terbit di media massa tersebut.
Grup Alumni @Joeragan Artikel

Senangnya bukan main, bisa berbagi dengan teman-teman di dunia maya tentang pengalaman yang saya punya. Lagi-lagi Ummi Aleyya menjadikan saya PJ dalam training tersebut. Tugasnya tidak sulit tapi juga nggak bisa disepelakan. Emangnya apa sih tugasnya? Tidak banyak, hanya  membimbing peserta untuk membuat artikel dan mengoreksinya, lalu  mendampingi peserta mengirimkan artikelnya ke vivalog. Just it!

Senang banget rasanya ketika tahu ada peserta dalam pendampingan saya yang artikelnya dimuat vivalog berkali-kali,  bagaikan dapat durian runtuh, hihih. Enak gilak! Indahnya berbagi saya rasakan saat menjadi PJ training di Joeragan Artikel, bisa berbagi ilmu yang aplikatif. Tak hanya itu, saya juga bisa mengikuti materi training secara gratis. Enak thoo?

Lho, bukannya udah paham dengan materi Jebol Media? Eh, bukan itu, kebetulan ada bonus materi yang diberikan kepada peserta yaitu kirim tulisan ke Takaitu.com, media online berbayar, bisa dapat uang jika artikel kita terbit. 😍😎

Gara-gara Jebol Media, Saya Naik Kelas

Masih di Training Jebol Media, tanggal 23 Oktober 2017 lalu saya kembali diundang oleh Ummi Aleyya untuk sharing materi yang sama dengan sebelumnya, yaitu Tips Sukses Kirim Liputan ke Tribunnews. Subhanallah, Ummi baik sekali ya? Banget… Beliau selalu memperjuangkan alumni Joeragan Artikel untuk bisa berkarya dan berpenghasilan. Nggak nyesel deh bisa bergabung di Joeragan Artikel.


Berbeda dengan training sebelumnya, kali ini saya mendampingi peserta untuk mengirimkan liputan ke Harian Surya atau Tribunnews dan Takaitu. Saya dan mbak Betty Kristyanto (penulis buku Smart Mom Happy Mom) menjadi PJ yang mendampingi peserta. FYI, mbak Betty ini penulis keren, tidak hanya punya buku, tulisannya juga menghiasi media online. Pas sekali jika harus mendampingi peserta jebolin media. Hehehe.


Senangnya lagi, saya naik kelas. Yeay... Alhamdulillah... 
Jika biasanya saya hanya sharing dan jadi PJ training, bulan November 2017 ini Ummi Aleyya memberi kesempatan kepada saya untuk jadi mentor. Selain berbagi ilmu kepada peserta saya juga mengoreksi tulisan yang akan dikirimkan ke media, fiuh... tantangan nih. Bismillah... Ganbatte! Hwaiting!! 
Training Liputan dimana saya akan jadi mentor

Suka Duka Menjadi Pijey Training Gampang Bikin Artikel dan Jebol Media

Sudah jelas kan ya tugas PJ itu seperti apa? Selain mendampingi peserta training untuk mengerjakan tugas yang diberikan, PJ juga harus bisa memotivasi peserta agar tidak kehabisan ide. Nah, beberapa kali menjadi PJ training, berikut suka duka yang saya rasakan.

Sukanya…

  1. Senang bisa berbagi ilmu 
  2. Melipatgandakan ilmu yang telah saya miliki. Bagaimanapun, saat kita mau membagikan ilmu yang kita miliki kepada orang lain, secara tidak langsung ilmu tersebut akan semakin tertanam di hati dan pikiran.
  3. Menambah teman dan saudara.
  4. Menambah semangat menulis agar lebih baik.
  5. Dapat trasnferan meski recehan, ihiiir… kalau dikumpulin bisa banyak lho 😋

Dukanya …

  1. Kesulitan memotivasi peserta yang ternyata punya kesibukan lain
  2. Ada peserta yang ikut training lantaran penasaran dengan ilmunya tapi saat ada tugas nggak dikerjakan
  3. Ada peserta yang ikut training lebih dari satu sehingga keteteran
  4. Ada peserta yang kurang sabar dan tidak pernah muncul saat pendampingan
Sebenarnya sayang sekali jika ikut training tapi nggak serius. Ya sayang duitnya, ya sayang pendampingan yang disia-siakan. PJ dibayar untuk mendampingi lho, Mak. Sayang kalau dianggurin, 😂😂. Tapi saya juga pernah sih kayak gitu, ikut training tapi nggak maksimal, tugas keteteran karena mengikuti beberapa training sekaligus. Lha mau gimana lagi? Penasaran dengan ilmunya sih, bagus semua, 😁😁😎. Nah, berikut tips dari saya jika ingin sukses mengikuti training:
  1. Tetapkan niat dan tujuan yang jelas
  2. Utamakan mengikuti training yang sesuai passion
  3. Kerjakan tugas secara maksimal agar training yang diikuti tidak sia-sia belaka
  4. Jika penasaran dengan materi mending googling saja laah… Daripada keluar duit tapi nggak belajar dengan maksimal
  5. Terbukalah kepada PJ atau pendamping, jangan malu atau sungkan. PJ juga manusia yang tidak akan tahu kesulitan peserta jika tidak diberitahu. Hehehe
  6. Manfaatkan waktu pendampingan dengan baik untuk konsultasi dengan PJ.
Sekian review saya tentang artikel Gampang Bikin Artikel dan Jebol Media yang menurut saya paling berkesan diantara training-training yang lain. Kalau kalian, pernah ikut training online? Share yuk di kolom komentar, terima kasih.



28 comments :

  1. Alhamdulillah tambah sukses dan terus nagih belajar ya mbaaak

    ReplyDelete
  2. kalau semua dijalanin dengan serius,pasti hasilnya maksimal

    ReplyDelete
  3. Hebat euy JA berhasil mencetak banyak penulis tangguh dan keren

    ReplyDelete
  4. Naik kelas jadi mentor. WOW luar biasa. Semangat menebar ilmu ya.

    ReplyDelete
  5. Kece Mbak Eni, mantablah kau Mbak.

    ReplyDelete
  6. Kerenn mba. Aku belum pernah ikut training JA nih. Semoga suatu saat bisa ikutan. Aku kadang juga gitu, kalap ikutan training akhirnya keteteran hahaha

    ReplyDelete
  7. Mbak eni pencapaianmu luar biasa keren

    ReplyDelete
  8. Tetep niat yang utama ya. Sama ngusir rasa malas, nah ini berat banget hehehe

    omnduut.com

    ReplyDelete
  9. Joeragan artikel sudah menelurkan perempuan perempuan hebat

    ReplyDelete
  10. Wow kerren, mba Eni udah naik kelas :) semoga makin sukses ya, mba...

    ReplyDelete
  11. Ahhh.. sungkem dulu sama mastahnya. Mba Eni keren.. JA juga keren.. hasilnya keren bingiiiiiit

    ReplyDelete
  12. Wah keren sekali... sukses terus

    ReplyDelete
  13. Kereen. Gampang Bikin Artikel dan Jebol Media memang kece. Buat saya, dua training itu ibarat pintu gerbang menuju sukses hehe.

    ReplyDelete
  14. Mak Eni mah luar biasa dan penyabar! Pantas menjadi mentor terus. Sukses ya mak!

    ReplyDelete
  15. wow jadi mupeng pingin juga diajari

    ReplyDelete
  16. @Joeragan Artikel, murah, praktis dan bermanfaat..

    ReplyDelete
  17. Mak, aku belum ngumpul PR bukan karena kurang motivasi, yak. Percayalah, ini lagi mikir berat mau nulis tentang apa hehehe

    ReplyDelete
  18. Sukses terus mbak... Alumni JA keren

    ReplyDelete
  19. Keren euy sepak terjang mentor kita, nih.

    ReplyDelete
  20. asik banget ya bisa melakukan yang menyenangkan, apalagi naik kelas. semoga bermanfaat ilmunya

    ReplyDelete
  21. Alhamdulillah, semoga JA selalu berjaya

    ReplyDelete
  22. Alhamdulillah Saya ikut training menulis artikel dan Saya semakin semangat menulis karena dorongan teman-teman. Mak Enni keren, Saya banyak belajar. Sukses terus ya.

    ReplyDelete
  23. Hai Bu Mentor... Saya hepi banget baca tulisan 'provokatif'kayak gini. Berasa panaaas... Selamat yaa... Semoga saya ketularan. Aamiin... 😁😄

    ReplyDelete
  24. Training online bikin kesempatan belajar jadi lebih mudah. Hasil dan Prestasi yang didapat juga ga kalah dengan yang offline. Aku jadi tertarik untuk ikut training denganmu mbak 😊

    ReplyDelete
  25. Keren mbak, dari yg awalnya peserta eh bisa jadi trainer. Sukses yaaa :D berkah ilmunya :D

    ReplyDelete
  26. Wah keren Bunda. Semakin berkarya dan semakin produktif. Sukses ya Bunda ��

    ReplyDelete