Thursday, November 16, 2017

Murashaki Malang, Menu Makanan Jepang yang Akrab di Lidah Indonesia

Murashaki Malang, Menu Makanan Jepang yang Akrab di Lidah Indonesia - Tidak hanya teknologi canggih yang semakin berkembang, wisata kuliner juga semakin bervariasi. Kota Malang contohnya, semakin banyak jenis usaha kuliner yang memanjakan wisatawan. Salah satunya kedai masakan jepang, Murashaki. Berdiri pertama kali di Surabaya pada 1 Mei 2013, kedai yang tidak hanya menyajikan kuliner Jepang ini adalah intepretasi hobi sang pemilik. Adalah Elisa Wong, wanita arema tulen ini mencintai dunia memasak sejak dibangku sekolah menengah pertama.


Kecintaan dalam kegiatan memasak itulah yang kemudian mendorong Elisa Wong untuk membuat kuliner yang menjawab banyak kebutuhan konsumen. Dia melihat banyak masyarakat yang ingin merasakan makanan luar negeri, Jepang misalnya. Tapi sayang sekali karena tidak semua makanan jepang halal. Selain itu rata-rata mentah, tahu sendiri kan tipologi masyarakat kita yg agaknya susah makan yang mentah-mantah (kecuali lalapan, hihii).

Berharap bisa mengambil pelajaran dari filosofi negeri sakura ini, pemilik Murashaki Malang ini pun mencoba  menciptakan makanan jepang yg halal, sehat dan bebas MSG, juga tanpa pengawet dan pemutih pada bahan mie ramennya. Salah satunya pelajaran yang dapat diambil dari masyarakat jepang adalah mereka  sangat menyayangi dan menghargai makanan, bahkan sebiji nasi pun tak boleh tersisa saat makan. Selain itu orang Jepang juga  selalu menyajikan makanan semenarik mungkin bahkan untuk diri mereka sendiri  agar bahagia saat memakannya.


Saya kalau masuk restoran berlabel "Luar Negeri" selalu parno akan kehalalannya. Harusnya langsung tanya saja ya! Berhubung pemalu, akhirnya aku memastikannya jika ada orang berkerudung kusimpulkan makanannya halal, hehehe (jangan ditiru ya 😋). Nah, kalau sudah jelas kayak kedai yang awalnya bernama Sushimura ini, nggak ragu-ragu lagi donk.

Menu Makanan Jepang yang Akrab di Lidah Indonesia

Meskipun menu masakan yang disajikan di Murashaki adalah makanan khas Jepang, tapi ternyata rasanya akrab juga di lidah Indonesia. Mungkin karena sudah dimodifikasi ya rasanya. Saat berkunjung saya bersama suami dan juga teman-teman blogger Mbak Ivon dan suami, serta mbak Anisa memilih makanan yang berbeda-beda agar bisa mencicipi satu sama lain.


Makanan yang kami pesan adalah Yakiniku Maki Sushi, Aburamen Seafood, Futoramen Vegan, Okonomiyaki Seafood, dan Fukagawudon (Seafood). Yuk kita bahas satu persatu bagaimana rasanya.


Yakiniku Maki Sushi

Seperti Sushi pada umumnya yaitu nasi yang digulung dengan nori kemudian dipotong seukuran satu suapan. Perbedaan ada pada isian, Yakiniku Maki Sushi berisi potongan daging dan saat makan dicocol dengan soy sauce yang terasa asam. Menurut saya rasa cukanya pas dan rasa sushinya seperti sushi lainnya yang tidak menggunakan mirin, hehehe.

Aburamen Seafood dan Futoramen Vegan

Aburamen Seafood pesanan teman

Yeay, makan ramen lagi! Ini adalah kali kedua saya makan ramen yang agak mahal dikit (bukan ramen sepolohreboan, hihihi). Beberapa waktu yang lalu saya mencoba ramyeon di Dak Galbi Malang, ramyeon adalah ramennya korea. Senang banget pas tahu ada Kedai Murashaki dan salah satu menunya RAMEN.


Seperti yang dikatakan pemiliknya, kedai ini tak menggunakan MSG. Benar saja, saya tak merasakan MSG pada kuahnya yg kental dan nikmat. Cocok nih kalau dimakan saat dingin apalagi diiringi gemerisik hujan. Huuuuu... Syedaaaap. Kebetulan saya suka banget sayur, jadi pesan yang Futoramen Vegan. Full sayur tapi tenang... kuahnya terasa kaldu banget 😋😊 Nggak bikin eneg, pengen 'nyruput' kuahnya terus deh, bikin ketagihan.

Kansai Okonomiyaki (Beef)

Setahu saya okonomiyaki adalah makanan Jepang yang terbuat dari tepung terigu dicampur air ditambah telur, kol, seafood, atau daging lalu dipanggang atau digoreng di atas penggorengan teppan (apaan ya? teflon kali ya?). Begitu juga okonomiyaki yang ada di Kedai Murashaki, seperti martabak gitu tapi isiannya ada kol dan rasanya juga beda, endess. Selain ramen menu ini aku paling sukak.

Nah, kalian yang ingin mencoba menu masakan Jepang dengan harga kaki lima rasa resto, langsung datang aja.
Kedai Murashaki Makanan Jepang Halal
Jl. Raya Sidodadi No.124, Bululawang, Malang, Jawa Timur 65171. 
👌 Setiap hari mulai jam 11.00 - 22.00
👌 Call Center DO Malang:081559848080


21 comments :

  1. Aburamen Seafood nya bikin ngiler....

    ReplyDelete
  2. Nama tempatnya unik juga ya, Murashaki hehehe. Senangnya kalo dapat harga kaki lima tapi rasa resto. Bisa puas makannya :D

    ReplyDelete
  3. belum ada kedainya ya di Bandung? Jadi pengen icip-icip

    ReplyDelete
  4. Kalo udah ada halalnya jadi lebih tenang yaa. Makanannya enyak2 kayaknya. Pengen nyoba yakiniku nya 😋😋

    ReplyDelete
  5. Mbak makanan jepang kesukaanku. Berhubung lagi jalanin diet ketofastosis jadi sukanya pilih yang mentah2 saja makanannya 😂

    ReplyDelete
  6. Kelihatannya enak2. Selain ramen dan sushi, aku juga suka mesen Nasi Goreng Jepang/Yakimeshi hehe. Rasanya gurih dan banyak sayurannya :p

    ReplyDelete
  7. Semua enak-enak dan cocok di lidahku. Pengen ke sana lagi nih :)

    ReplyDelete
  8. kayanya enak-enak yaa... tapi kalau ngajak anak-anak aku ga tau mereka bakalan suka apa enggak. soalnya belum pernah makan masakan jepang sih...

    ReplyDelete
  9. Hmm kayaknya enak mba. Aku paling suka ya ramen hehe..kalo yg sushi bener2 mentah aku belum pernah makan. Pernahnya yg sushi mateng, nas digulung pake nori, hmm enaaak

    ReplyDelete
  10. Satu2nya makanan jepang favorit aku tuh Sushi, Mba. Takarannya yang sesuap itu lho, yang bikin happy. Bisa nakar mau brp potong agar kenyangnya pas, dan ga mubazir. Selain itu, sushi tuh menurutku adalah cara lain makan nasi yg bikin happy. Hehe.
    *kok malah bahas Sushi ya! Hihi

    ReplyDelete
  11. Masakan Jepang itu terlihat minim bumbu, tapi kok enak ya. Gak kayak kita di Indonesia yang bumbunya segala dimasukin

    Apa karena bahan2nya yang segar ya

    ReplyDelete
  12. Penasaran sama aburamen seafood. Keknya Seger gitu makan sayur dan seafood. Pas di musim hujan gini

    ReplyDelete
  13. huaa ramen dan sushi kesukaanku. apalagi kalau sushinya porsi besar =)

    ReplyDelete
  14. Ga pernah bosen ama makanan jepang :) . Salah satu favoritku, walopun pas ke jepang kmrn, malah ga doyan ama rasa masakan asli di negaranya sendiri. Lbh enak yg di indonesia :D. Mungkin krn udh dimodif sesuai lidah kita kali ya :)

    ReplyDelete
  15. Kalau makan di situ, aburamen seafoodnya bakal jadi incaranku 😊😋

    ReplyDelete
  16. Wkwkwkw aku jg seringnya makan ramen dan sushi sepolohreboan di pujasera mall mbak.
    Unik jg idenya, jd makanannya disesuikan lidah org Indonesia ya :D

    ReplyDelete
  17. Gak pernah nyicipin masakan Jepang.
    Tapi kata orang sushi enak ya...katanya gak dimasak itu ya..lewat fermentasi aja.

    ReplyDelete
  18. Aku paling suka sama takoyaki mbak. Eh tapi okonomiyaki-nya Murashaki Malang kok sepertinya enak banget ya.

    ReplyDelete
  19. Catet dulu, siapa tahu kapan-kapan ke Malang :D

    ReplyDelete
  20. Baru ada di Malang, ya mba? Pengen nyoba deh makanam khas luar negeri kaya gitu.

    ReplyDelete