Wednesday, November 29, 2017

Rumah Idaman Saya, Ada TV di Ruang Tamu

Halo guys, setelah beberapa hari ini saya menulis tentang review produk kali ini saya ingin membahas tentang rumah idaman. FYI, saat ini saya masih tinggal di Pondok Mertua Indah sehingga rumah idaman masih menjadi impian hingga sekarang. Mungkin Allah SWT masih belum mengizinkan dan saya pun selalu berdoa agar segera bisa mandiri dengan memilikinya.

Rumah idaman yang ingin saya miliki tidak terlalu mewah apalagi berada di perumahan elit. Ya, bukan karena saya pesimis tapi melihat juga kondisi keuangan meskipun nothing is imposible tapi realistis juga perlu kan? Penghasilan saya sebagai juru ketik plus blogger tak seberapa, pun jika digabungkan dengan suami saya yang seorang petani jamur tiram. Tapi alhamdulillah kami bisa menabung hingga suatu hari nanti bisa memiliki rumah idaman. Amiin.

Pernah juga sih saya mupeng tinggal di perumahan, meski yang sederhana atau type SSS, sangat sederhana sekali. Tapi suami nggak pernah berminat untuk tinggal di perumahan, dia ingin tinggal di lingkungan biasa saja, kalau bisa menetap di desa. Alasannya sederhana, hidup di desa kebutuhan pokok tidak terlalu mahal, sayur tinggal tanam sendiri, memelihara unggas, dan udara segar melimpah ruah karena masih banyak pepohonan.

Lalu rumah idaman seperti apa yang saya inginkan?

Saya ingin rumah yang sederhana dan tidak terlalu besar sehingga mudah membersihkannya. Rumah yang saya tinggali saat ini terlalu besar sehingga capek kalau harus membersihkannya, itu pun hanya tersedia tiga kamar tidur. Entah bagaimana mertua saya membangun rumah yang ruang tamu dan ruang keluarganya lebih besar daripada kamar tidur. Maksud saya, kenapa tidak dibuat banyak kamar padahal beliau memiliki enam anak?

Berawal dari situ, saya bercita-cita membangun rumah idaman yang memiliki beberapa ruang sebagai berikut.

1. Kamar Tidur Utama dan 3 Kamar Tidur Anak

Kamar tidur utama dalam rumah idaman saya nanti hanya satu saja dan berada di ruang paling depan dan tiga kamar tidur tambahan. Mengapa tiga? Karena saya ingin punya tiga anak, sekarang masih dua, hehehe. Kamar tidur utama akan saya desain dengan ukuran 4x4 m2 sedangkan kamar tidur lain dengan ukuran 3x4 m2. Saya rasa ukuran segitu cukup lah ya dengan isi kamar tempat tidur, lemari pakaian, dan meja kecil. Saya juga ingin warna putih atau merah muda yang lembut, tempat tidurnya juga tidak perlu yang banyak ornamen 😃.

2. Ruang Tamu

sumber: http://www.iderumahbaru.com
Seperti ruang tamu pada umumnya yang berada di depan, saya ingin ruang tamu minimalis dengan ukuran 3x4 m2. Tapi saya ingin menempatkan rak TV ruang tamu dan sofa satu set. Mengapa saya ingin menempatkan rak TV di ruang tamu? Karena TV jarang diputar dan jika ada tetangga yang main ke rumah untuk nonton bersama anak-anak bisa diruang tamu saja. 😁

3. Ruang Keluarga/Ruang Makan

Nah, karena rumah idaman saya tipe sederhana, ruang keluarga dan ruang makan akan saya satukan. Saya nggak ingin menempatkan rak TV di ruang keluarga karena saya ingin quality time saat berada di ruangan ini. Di ruangan berukuran 3x3 M2 ini akan didesain tanpa meja dan kursi namun saya gelar karpet saja. Makan lesehan lebih disukai suami dan anak-anak, selain itu saya juga ingin meletakkan lemari buku milik anak-anak di ruang keluarga. Lalu, bagaimana kalau anak-anak ingin nonton tv? Alhamdulillah nonton TV bukanlah sebuah kebutuhan bagi mereka, menonton pun pada jam-jam tertentu, jika ada tamu? Ya nggak perlu nonton. Gitu aja kok repot!? 😂

4. Dapur

Berhubung rumah idaman saya tidak terlalu besar, dapur yang saya inginkan minimalis tapi rapi dan hanya tersedia alat masak berupa kompor dua tungku, kulkas, peralatan makan, tempat cuci piring,  satu meja dan dua kursi makan saja. Cukup berukuran 2x2 M2. dapur minimalis saya letakkan berdekatan dengan ruang keluarga dan bersebelahan dengan kamar mandi.

5. Kamar Mandi

Seperti ruangan yang lain, kamar mandi juga tidak butuh yang besar tapi saya ingin kamar mandi ada dua karena nggak ingin mengantre terlalu lama saat perut mulas. Cukup dengan bak penampung air dan satu jamban saja yang penting bisa digunakan BAB dan BAK. Oiya, tempat mencuci pakaian saya letakkan di luar ruang saja di bagian belakang bersama mesin cuci.

6. Tempat Sholat

Meski remeh, tempat sholat sangat dibutuhkan dalam keluarga muslim. Memang benar jika lebih baik ke musholla, tapi saat di rumah sedang repot atau ada acara yang mengundang anggota keluarga lain, arisan keluarga misalnya, pasti butuh yang namanya tempat sholat. Sekali lagi, karena rumah idaman saya sederhana maka tempat sholat akan saya desain cukup untuk satu imam dan 3 makmum saja. 😉

7. Garasi

Meskipun belum punya keinginan untuk beli mobil, saya ingin ada space khusus yang cukup untuk memarkir mobil. Garasi perlu untuk menyimpan motor dan sepeda milik anak-anak. Nggak perlu besar, yang penting cukup untuk satu mobil saja sehingga dua atau tiga sepeda motor bisa masuk.

Itulah rumah idaman yang ingin saya miliki suatu saat nanti. Mungkin teman-teman punya masukan untuk saya membangun rumah idaman yang lebih nyaman, boleh dong taruh di komentar, terima kasih.

3 comments :

  1. ruang nonton na minimalis tapi aku suka banget, cocok lah untuk aku berdua dengan suami :)

    ReplyDelete
  2. Kok makmumnya cm 3 mbak? Katanya pgn anaknya 3, tmbh ibunya jd 4 donk? Hihi.. btw kpn2 pengen mampir liat usaha jamur suamimu mbak.. klo boleh..

    ReplyDelete
  3. Saya juga pengin rumah idaman yang di maksud mba suatu saat nanti haha

    ReplyDelete