Monday, December 04, 2017

Manggis, Buah yang Jujur dan Kaya Manfaat

Biar Hitam Si Buah Manggis - Memangnya seperti apa sih buah manggis itu? Kok banyak orang yang bilang "biar hitam si buah manggis?". Tapi sebelumnya, kalian sudah tahu buah manggis? Jangan-jangan kalian belum tahu sehingga tulisan saya akan sia-sia. Baiklah, yuk saya kasih tahu sedikit tentang buah manggis.


Berbuah Setelah Puluhan Tahun

Sudah tahu belum kalau pohon mangis akan berbuah setelah 10-15 tahun? Sama, saya juga baru tahu, itu pun setelah saya menikah dengan lelaki yang di belakang rumahnya ada pohon manggis. 😃😃. Konon, bapak mertua menanam bibit manggis saat suami saya masih kecil dan berbuah sepuluh tahun kemudian. Hohoho, lama sekali? Saya juga agak shock gimana itu, apa iya? Ternyata kelima saudara perempuan suamiku mengiyakan.😎

Zaman now sih, buah manggis berumur dua tahun sudah bisa berbuah (katanya sih, baca di google) dengan teknik "three-in-one"yaitu menanam tiga benih manggis berdekatan sehingga bisa lebih banyak menyerap air dan mineral, manggis yang akarnya sangat sedikit, bisa bertumbuh lebih baik dan berbuah lebih cepat.

Rupa dan DalamTak Sama

Pernah dengar ungkapan "biar hitam si buah manggis" yang artinya meskipun berkulit hitam tapi hatinya bersih (putih=bersih). Ada benarnya juga, sebagai masyarakat Asia yang exited banget dengan warna kulit putih, tiap ada orang berkulit hitam jadi bahan olokan (apalagi si hitam nggak menarik, astaghfirullah). Oleh karenanya jangan memandang orang dari luarnya, lihatlah hatinya, bisa jadi kulit hitam tapi hati baik. Ya, nggak?

Begitu juga manggis, buah dengan nama latin Garcinia Mangostana L ini memang memiliki kulit yang merah atau hitam jika terlalu matang, akan tetapi daging buahnya putih, tekstur halus, rasanya juga lezat, kalau pun asam tetap terasa kesegarannya. Pantesan manggis dapat julukan Queen of Tropical Fruit alias ratunya buah tropis, I see...I see... 😆

Buah yang Jujur

Percaya nggak kalau manggis adalah buah yang jujur? Saya sih percaya, setelah berumur 33 tahun baru melihatnya dengan mata kepala sendiri. OMG, jadi selama ini saya kemana aja? Kok bisa, sampai nggak tahu jika isi buah manggis bisa diketahui dari juring atau cupatnya?
cara nge-cek isi manggis

Yup, melalui juring yang ada ujung bawah buah, atau dalam bahasa jawa biasa disebut cupat, buah manggis dapat ditebak jumlah isinya. Duh, saya merasa jadi orang paling katrok karena nggak tahu hal ini. Maklum lah, saya kalau makan buah langsung ambil isinya dan nggak pernah perhatikan kulitnya, hihihi. Kalau kalian belum pernah tahu dan nggak percaya, langsung deh ke pasar dan beli manggis terus hitung deh juringnya pasti sama dengan isi buahnya.

Buah yang Kaya manfaat

Selain unik, manggis adalah buah yang punya 1001 manfaat. Mulai dari daun, daging, hingga kulitnya manggis dapat dimanfaatkan. Pantas saja sekarang banyak banget  Saat ini zaman sudah canggih dan untuk memanfaatkan manggis kita tidak perlu repot karena sudah ada kapsul, serbuk, dan juga ekstrak manggis berbentuk cair. Lalu, apa saja ya manfaat manggis?
  1. Daun manggis mengandung antioksidan yang mampu membuat tubuh bugar. Meskipun kandungan antioksidannya tak sebanyak pada kulitnya, manggis dipercaya bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, menurunkan berat badan (meluruhkan lemak), mengobati gejala kanker, mengatasi darah tinggi, diare, dan penangkal radikal bebas tentunya. Konsumsi daun manggis bisa dengan cara meminum air rebusannya.
  2. Hasil penelitian ilmiah menyebutkan bahwa kulit buah Manggis mengandung anti-oksidan yang sangat tinggi, terutama xanthone, tanin, asam fenolat maupun antosianin. Kandungan tersebut membuat kulit manggis bermanfaat sebagai anti-peradangan, anti-diabetes, anti-kanker, anti-bakteri, anti-jamur, anti-plasmodial, dan mampu meningkatkan kekebalan tubuh.
  3.  Buah manggis mengandung serat dan karbohidrat, juga vitamin A, C,zat besi, kalsium, magnesium, dan potasium. Tak beda jauh dengan kulit dan daunnya, buah manggis memiliki manfaat yang hampir sama dengan kulit dan daunnya, antara lain menangkal radikal bebas, mengurangi resiko kanker, anti inflamasi, meningkatkan metabolisme dan masih banyak lagi.

sumber: www.webkesehatan.com
Sebenarnya masih banyak manfaat manggis yang belum saya sebutkan. So, yuk tanam manggis jika ada sisa tanah  dibelakang rumah. Kan lumayan beberapa tahun lagi bisa berbuah dan dipanen oleh anak cucu kita, hehehe. Tentunya, jangan lupa bahagia ya, karena sehat berasal dari tubuh dan pikiran positif yang selalu kita pelihara. Yuk, bagikan pengalamanmu tentang buah manggis di kolom komentar. Terima kasih 😍


sumber:
http://www.beritasatu.com

21 comments :

  1. Aku suka banget buah manggis, kalo dah makan bikin ketagihan, sekilo bisa abis sendiri, hahhaa..
    Dan dulu waktu kecil sering tebak2an ada berapa dalemnya, padahal mah udah tau dr ujungnya, hihii..

    Jadi pengen manggis..

    ReplyDelete
  2. Manggis..salah satu buah2 Han yg aku suka .. tapi ditempat ku sudah jarang menemukan ini...

    Hiks :(

    ReplyDelete
  3. jd inget iklan yg smpet fenomenal soal kulit buah manggis hehe.. tp emang enak si buah ini..

    ReplyDelete
  4. aku juga baru tau kalau manggis berbuah setelah 10 - 15 tahun. heheh.

    Emang banyak manfaat yaa :D

    ReplyDelete
  5. Ibuku untuk menurunkan diabetesnya juga pakek buah ini teh. Memang banyak manfaatnya

    ReplyDelete
  6. Wiiii lama y mbak nunggunya.. 10-15 tahun

    ReplyDelete
  7. Wah Bun saya juga baru tahu lho kalau buah manggis itu berbuahnya lama bangetttt. Saya juga termasuk suka banget ama buah manggis. Tapi jujur ya, saya baru tahu cara mengecek isi dalamnya melalui cupat manggis ��

    ReplyDelete
  8. Saya sudah nanam manggis 5 tahun lebih. Baru setinggi saya. Hikz! Entah kapan berubahnya

    ReplyDelete
  9. wah ada istilah buah yg jujur ya, hiii

    ReplyDelete
  10. Oooo jadi begitu cara ngeceknya. Biasanya ya langsung buka aja hehe TFS infonya. Lama eui tak makan buah manggis ini....

    ReplyDelete
  11. Jadi inget iklan satu itu, kabar gembira untuk kita semuaaa hihi

    ReplyDelete
  12. AKu baru tahu kalau isi buah manggis bisa dicek.. heheh

    bdw, meskipun lama berbuahnya... aku suka... enakkkk

    ReplyDelete
  13. waktu kecil suka banget buah manggis, banyak yang jualan di pasar, sekarang mah udah jarang yah

    ReplyDelete
  14. Banyak sekali manfaatnya ya, pantesan sudah banyak diekstrasi jadi obat herbal

    ReplyDelete
  15. wah aq baru tahu nih cara ngecekny.. thanks infonya. iya manggis emang kayak antioksidan nih, bisa buat antiaging dan suplemen lainnya

    ReplyDelete
  16. Udah lama banget nih gak makan manggis.. Di sini jarang ada manggis. Gak kayak di Jawa..

    ReplyDelete
  17. Suka juga makan ini, tapi dagingnya dikit hehe. banyakin isi ma kulitnya :D

    ReplyDelete
  18. Saya suka bangetvama manggis lo mbak, baik manggis muda maupun manggis yang sudah masak. Dua-duanya uenak tenan..

    ReplyDelete
  19. Manggis lezat meski tampilannya keras dan kadang kurang menarik.banyak khasiat juga

    ReplyDelete
  20. Aku jg katrok mbak.. baru tau klo jumlah isinya bs diliat dr juring/cupatnya.. istilah ini aq jg baru tau..

    ReplyDelete
  21. manggis, buah kesukaan saya banget ^^

    ReplyDelete