Wednesday, January 03, 2018

[Resensi] Terpaksa Menikah: Saat Cinta Tak Bisa Dipaksa

Judul : Terpaksa Menikah
Penulis : Siti Fatonah
Penerbit : AE Publishing
Cetakan : Pertama, 2017
Tebal : 299 halaman
ISBN` : 978-602-5468-00-1

Apa jadinya jika menikah karena terpaksa? Siapapun orangnya pasti tidak akan mau, bukan? Begitu juga Dipta yang menikah dengan Deeva hanya karena terpaksa. Artis yang sedang naik daun itu harus menikahi Deeva, cucu dari pemilik manajemen keartisan, lantaran tak ingin reputasinya hancur.

Dalam prolog novel Terpaksa Menikah karya Siti Fatonah, seorang wanita duduk berseberangan dengan lelaki di sebuah meja restoran VIP. Wanita itu meminta sang lelaki untuk menikahinya, jika tidak maka foto mereka berdua yang sedang menghabiskan malam bersama akan tersebar di media dan menghancurkan karir lelaki yang ternyata seorang artis. Caci dan maki keluar dari mulut lelaki sambil emosi tapi tak digubris oleh wanita tersebut. Dengan tenang wanita itu meninggalkan ruangan diikuti tatapan tajam si lelaki.

(Saat membaca prolognya saya penasaran dengan cerita selanjutnya yang membuat saya ingin segera merampungkan novel ini. Lanjut ya...)

Wanita itu bernama Deeva, gadis keturunan konglomerat yang ingin menikahi Dipta, aktor yang sedang naik daun. Berkat bantuan kakak tirinya, Darma, Deeva berhasil menjebak Dipta sehingga lelaki yang membencinya itu bersedia meninggalkan Nadia, kekasihnya. Deeva mengancam akan menyebarkan foto mesranya dengan Dipta ke media sehingga karir artis denan banyak idola itu akan hancur dan menghilangkan kepercayaan orang-orang disekelilingnya (halaman 38).

(Pada bagian ini saya menganggap Deeva cewek yang jahat, memisahkan lelaki dari kekasihnya dengan segala cara. Duh... sempat sebel juga nih. Lanjut ya...)

Dipta akhirnya mampu meyakinkan Nadia bahwa ia masih mencintai kekasihnya itu dan akan meninggalkan Deeva setelah masalahnya terselesaikan. Dipta meyakinkan Nadia untuk tetap disisinya dan menjadi miliknya. Lelaki itu berjanji tak akan mencampakkan Nadia meskipun telah menikah dengan Deeva, gadis yang pernah ia cintai bertahun-tahun silam.

Deeva senang dong bisa mendapatkan Dipta, lelaki yang pernah mengisi hatinya. Tapi tidak dengan lelaki itu yang merasa kebahagiaan bersama kekasihnya telah terenggut. Membuat Dipta semakin membenci Deeva dan melontarkan cacian demi cacian setiap hari padanya. Bahkan Dipta tak segan mencium Nadia di depan Deeva hanya supaya ia cemburu (halaman 66). Huft...

Sebenarnya Deeva tidak ingin memaksa hati Dipta untuk menjadi miliknya, dia hanya ingin merasa nyaman dan butuh penopang hidup kala kenyataan pahit menghampirinya kelak. Beberapa kali Deeva hendak mengakhiri hidup tapi selalu gagal, apalagi setelah menikah ternyata suami sangat tidak menginginkannya. Demikian juga dengan keluarga yang ia harapkan, selalu mengacuhkan dan mencampakkannya.

Tokoh lainnya adalah Agas, lelaki yang pernah dicintai Deeva dan baru pulang dari tugas belajar di luar negeri. Kehadiran Agas membuat hubungan Deeva dan Dipta semakin panas, antara cemburu dan cinta membuat kedua pasangan yang terpaksa menikah itu saling berprasangka. Dipta mengira istri yang akhirnya menumbuhkan benih cinta dihatinya itu selingkuh, lelaki itu cemburu hingga gelap mata dan merusak kehormatan Deeva.

Setelah kedatangan Agas, cerita menjadi seru pemirsa... Tapi saya kok teringat beberapa drama korea yang ceritanya mirip-mirip ini, kalau nggak salah judulnya Doktor. Hehehe. Gak sama persis sih, cuma mirip aja.Udahan ya cerita Deeva, Dipta,dan Agas, biar gak spoiler.

Begitulah Siti Fatonah mengisahkan Deeva dan Dipta, cinta yang awalnya terpaksa menjadi bernih dan berakar di hati. Keikhlasan Deeva telah meluluhkan keangkuhan hati Dipta hingga membuat lelaki itu bertekuk lutut dan mengalami penyesalan. Membaca novel karya penulis asal Subang, Jawa Barat ini membuat pembaca terlarut didalamnya. Cinta tak bisa dipaksakan dan ketulusan cinta dapat meleburkan legamnya hati serta kebencian yang mendalam. Banyak makna yang dapat diambil dari buku setebal 299 ini. Tentang cinta, keluarga, persahabatan, dan persaudaraan.

Sedikit mengecewakan, novel yang telah dibaca di wattpad sebanyak 1,6 juta kali ini berakhir seperti kisah cinta dalam drama-drama korea yang klise dan berakhir bahagia. Novel ini juga tidak cocok dibaca oleh remaja karena banyaknya adegan percintaan yang seharusnya hanya boleh dinikmati oleh orang dewasa. Namun pas sekali jika dibaca oleh pasangan yang sudah menikah sehingga bisa lebih bersyukur bahwa jodoh telah menjadi ketetapanNya.

Melalui bahasa yang mengalir dan mudah dipahami penulis mampu mengaduk emosi pembaca. Sayangnya, terlalu banyak tokoh yang dihadirkan dalam novel ini sehingga membuat karakter setiap tokoh kurang kuat. Tapi penulis berhasil membuat twist ending yang menarik sehingga pembaca lupa dan larut dalam tiap adegan yang menggetarkan hati.

14 comments :

  1. Semakin penasaran nih akan bukunya..
    Btw, untuk dibaca sama anak sekolah sepertinya kurang cocok kalau banyak pembahasan percintaannya ya, Teh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa pesan di AE Publishing kalau penasaran mas... Iy, cocokna untuk orang dewasa

      Delete
  2. oh dr wattpad ya, jd pgn baca bukunya...

    ReplyDelete
  3. Saya setuju dengan pendapatnya, Mbak. Ada hikmah yang bisa diambil dari novel ini :D Jodoh itu ada ditangan-Nya ^^

    ReplyDelete
  4. awalnya saya pikir judulnya berasal dari pengalaman pribadi, ngk taunya ulasan tentang sebuah novel. Hadechhh....

    sepertinya seru cerita novelnya,,,

    ReplyDelete
  5. Aku larut baca ulasanmu mbak. Aku suka baper kalau baca novel-novel seperti ini hehe.

    ReplyDelete
  6. Wooww.. pembaca wattpad nya seabrek. Jadi pingin ikut baca..

    ReplyDelete
  7. Wah penasaraaaaan
    Terkadang kita perlu lho baca model drama2 gini buat merefresh cinta sama pasangan hehehe

    ReplyDelete
  8. Yg di wattpad itu novelnya juga full halaman gtu?
    Blm pernah baca wattpad #kudet haha :P

    ReplyDelete
  9. seru kayaknya, jadi penasaran bnr ya ternyata dari benci bisa jadi cinta lagi

    ReplyDelete
  10. Wah, kalo saya kok suka ya dengan happy ending :) Tapi gak nolak juga sih kalo ada novel dengan akhir yang sedih. Penasaran juga nih. Biasanya kalo sumbernya dari wattpad dan udah dicetak begini, di wattpadnya udah gak utuh lagi. bener gak, Mbak?

    ReplyDelete
  11. Apa banyak penulis yang terpengaruh dakor, Mbak? Saya suka drakor tapi gak tahu apa akan ikut kepengaruh juga, hehe. Cinta yang maksa ternyata bisa berbuah ketulusan dari pasangannya. Wah, saya malah tak terpikir akan itu, hehe.

    ReplyDelete
  12. Aku suka cerita yang seru seperti ini, jadi pengen baca sampai habis :)

    ReplyDelete