Friday, January 26, 2018

6 Barang Traveler yang Wajib Dibawa Saat Musim Hujan

Photo: travelfashiongirl.com

Barang bawaan memang sangat penting apalagi saat traveling. Namun jangan sampai barang bawaan menjadi hambatan ketika kamu melakukan perjalanan entah itu bersama keluarga ataupun pasangan, bisa-bisa nggak jadi traveling karena sibuk dengan barang.

Apalagi jika kamu akan traveling saat musim hujan, pastinya sulit dan repot jika membawa barang bawaan melebihi kapasitas. Meskipun kamu memiliki tiket pesawat Garuda dengan fasilitas bagasi yang lebih besar, kamu tetap harus membawa barang bawaan tersebut dengan menggunakan angkutan darat. Malah itu yang berat, ya kan?

Untuk mengurangi bebanmu saat  melakukan perjalanan pada musim hujan, ada baiknya memilih barang-barang yang penting saja. Apa saja barang-barang tersebut? Berikut adalah ulasannya.


1. Payung

Meskipun pada awalnya payung didesain untuk melawan cuaca panas atau menahan sinar matahari yang sangat terik. Namun justru kini payung dikenal sebagai alat untuk menahan hujan, 'sedia payung sebelum hujan' begitu kata-kata yang sering kita dengar.

Bentuk payung bervariasi, mulai dari payung paling kecil, payung besar, hingga payung yang bisa dilipat. Jika kamu traveling pada saat musim hujan, lebih baik membawa payung lipat yang muat di kantong dan tidak terlalu memakan kapasitas yang terbatas.Selain itu gak perlu ribet karena harus menenteng payung besar kemana-mana. *sambilbayanginCaplin

Baca juga: Wisata Hemat ala Emak Ngirit

Zaman now, payung sudah modern karena berbahan tipis namun tetap kuat. Tapi hati-hati ya kawan, karena barang ini paling cepat hilang. Kalau nggak tertinggal di sebuah tempat, biasanya tertukar dengan milik orang lain. Jadi, pastikan memilih payung yang unik dengan warna yang anti mainstream sehingga tidak mungkin tertukar dengan payung milik orang lain.


2. Jas Hujan

Jas hujan adalah alternatif untuk kamu, makhluk adam yang kurang suka atau malu untuk membawa payung. Meskipun sedikit merepotkan, jas hujan tetap saja dibutuhkan untuk mengantisipasi jika hujan turun saat traveling.

But, don't worry, beragam jas hujan mulai dari yang berukuran seperti kantong baju sampai dengan jas hujan yang digunakan oleh para nelayan yang memiliki ketebalan dan kekuatan yang lebih baik dibandingkan jas hujan lainnya.

Untuk traveling, lebih baik memilih jas hujan lipat yang tidak makan tempat sehingga bisa dimasukkan ke dalam tas kecil sekalipun.


3. Dry Bag

Dry bag biasanya digunakan oleh para penyelam atau traveller yang gemar snorkeling. Fungsi dry bag adalah untuk menyimpan barang-barang agar tetap kering meski pun dibawa ke dalam laut atau kolam. Harga dry bag pun sangat bervariasi, mulai dari Rp100.000 hingga Rp500.000.

Buat traveler seperti kamu, yang masih suka traveling pada saat musim hujan terutama mengunjungi tempat-tempat air terjun. Kamu bakal membutuhkan tas seperti ini. Jadi, dompet, handphone, maupun barang-barang berharga kamu akan aman bila disimpan di dalam dry bag.


4. Sandal Gunung

Sandal gunung akan lebih mudah kering saat digunakan. Lagipula, sandal gunung sudah cukup untuk traveling, hiking ke air terjun, atau sekadar jalan-jalan di pantai. Jika menggunakan alas kaki yang tidak mudah kering, dikhawatirkan akan berjamur dan malah membuat kaki menjadi bau tidak sedap. Apalagi jika kulitmu sensitif, saat lembab kaki mudah lecet lho.

Baca juga: Temukan Nuansa Romantis di Sudut-sudut Kota Pahlawan

Banyak kok merek sandal gunung yang dijual dengan harga sangat terjangkau, mulai dari Rp100.000 sampai dengan Rp500.000 di toko peralatan gunung. Meskipun juga tersedia beberapa sepatu gunung namun yang paling cocok buat musim hujan adalah sandal gunung. Mudah kering dan tidak licin meskipun dalam kondisi jalan basah.

Sandal gunung sangat fleksibel. Jika kedinginan dan cuaca dalam kondisi yang bersahabat, kamu hanya tinggal menggunakan kaus kaki. Namun, dalam medan jalan yang berbatu memang kurang cocok, yang penting tetap waspada dan bisa berhati-hati selama melakukan perjalanan.


5. Kantung Plastik

Jangan sepelekan kantung plastik pada saat musim hujan. Setidaknya, sediakan beberapa kantung plastik untuk ukuran sedang dan ukuran besar. Kantung plastik ukuran sedang bisa digunakan untuk menyimpan barang berharga agar tidak terkena air hujan saat tas basah terkena air.

Meskipun kadang tas kamu sudah menggunakan cover yang anti air, tidak ada salahnya tetap melindungi beberapa barang berharga kamu dalam tas. Apalagi beberapa dokumen penting seperti paspor atau visa saat kamu sedang traveling keluar negeri.

Baca juga: Taman Pintar Yogjakarta, Kawasan Wisata Ramah Keluarga

Kantung plastik ukuran besar akan sangat berguna untuk memisahkan pakaian kotor atau pakaian basah agar tetap bisa dibawa dalam satu tas. Sangat merepotkan jika kamu membawa kantong plastik yang terpisah. Kantung plastik tidak perlu terlalu tebal, yang penting cukup untuk memisahkan pakaian yang sudah digunakan dengan pakaian yang masih baru dan belum digunakan.


6. Cover Bag

Meskipun beberapa ransel sudah anti air, namun terkadang lapisan lilinnya akan terkikis sedikit demi sedikit karena air dan cuaca panas. Cover bag hanya sekadar untuk mengantisipasi saja agar tidak ada kebocoran pada tas.

Gunakan cover bag hanya dalam kondisi cuaca hujan atau lembab. Hindari menggunakan cover bag dalam kondisi panas terik karena akan memengaruhi kualitas lapisan lilin cover bag. Juga, jangan pernah mencuci cover bag dengan menggunakan air, cukup disikat menggunakan sikat halus untuk menghilangkan noda.

Jika sudah packing barang-barang di atas, kamu hanya tinggal berangkat ke tujuan kamu. Apalagi jika sudah mengantongi tiket pesawat garuda ke luar negeri. Jangan lupa pula gunakan aplikasi booking hotel untuk mengetahui informasi tentang hotel terdekat dengan tempat wisata yang kamu kunjungi, sehingga kapanpun kamu bisa reservasi hotel dengan cepat.

5 comments :

  1. Kalau dekat aku biasa pake payung, tapi kalau udah bawa motor enaknya bawa jas hujan. Biar mudah dan nggak ribet..he

    ReplyDelete
  2. aku lebih suka pake jas hujan yg 1x pake saat travelling biar praktis n gak ribet bawa2nya

    ReplyDelete
  3. Lebih pilih bawa jas ujan yang model plastik itu saya Mbak..praktis dan bisa masuk tas:)

    ReplyDelete
  4. Di antara semua musim, aku paling benci traveling saat musim hujan :p. Krn memang rempong hrs bawa payung dan ngalamin basah2nya itu :p. Tp mau ga mau, kalo memang di kota ato negara yg dituju sedang hujan, memang lbh bgs udh ada persiapan sih drpd beli lagi di sana ya mba. PernH waktu traveling ke jerman, berharap udh winter, tp ternyata masih musim gugur, yang mana hujan lg sering2nya juga. Trpaksa deh beli payung. Mehong masalahnya hahahah..

    Pernah juga payung udh dipersiapin, eh, kecopetan di mrt manila. Ga nyangka aja payung yg disimpen di kantong backpack, diincer coper juga :p. Beli lagi mau ga mau :D

    ReplyDelete
  5. Iya benar sadal gunung, tidak licin itu yang saya suka

    ReplyDelete