Thursday, January 11, 2018

Happy Birthday Malang Citizen, Mau Jadi Apa Sekarang?

Satu tahun sudah Malang Citizen lahir, satu tahun itu pula saya bergabung dengan komunitas blogger di Malang ini. Ibarat bayi yang baru lahir, usia satu tahun adalah bayi yang masih merangkak atau sedang belajar berjalan. Tapi MC adalah bayi ajaib yang sudah bisa berjalan dengan cepat, layaknya The Flash yang bisa melesat secepat kilat, hehehe.

Perkembangan Malang Citizen bisa dibilang sangat cepat, kayak kelebihan nutrisi sehingga bisa bertumbuh lebih daripada seharusnya. Saya sebagai anggota yang baru setahun, bangga bisa bergabung di Malang Citizen. Banyak sekali yang saya dapatkan setelah bergabung dengan komunitas ini.

Kok Bisa Gabung di Malang Citizen?


Saat baru pertama ngeblog, saya nggak kenal dengan Malang Citizen, bahkan saya nggak tahu jika blogger itu ada komunitasnya. Saya sih awalnya ngeblog cuma buat sharing pengalaman atau informasi yang ada dibenak.

Kak SeHariadi sedang memotong tumpeng (foto: Richo)
Awalnya saya berteman dengan mbak Ivon di Instagram dan Facebook karena sama-sama anggota grup facebook Ibu-Ibu Doyan Nulis. Saya sering baca update statusnya mbak Ivon tentang kuliner di IIDN hingga saya tertarik untuk memesan kue darinya. Sejak itulah saya sering stalking efbi mbak Ivon dan penasaran dengan aktivitasnya sebagai blogger. Biasanya mbak Ivon juga update keseruannya saat bareng Malang Citizen (dulu namanya Blogger Ngalam, apa ya? Saya lupa, hehe).

Lalu, karena saya sering update tentang liputan yang terbit di Harian Surya, mbak Ivon menyarankan agar saya gabung di Malang Citizen. Kebetulan pas saya gabung, Malang Citizen baru aja diresmikan. Akhirnya, yeaaayy... saya pun gabung di komunitas keren ini setelah memenuhi beberapa persyaratan, salah satunya menulis di website Malang Citizen.

Ini tulisan saya waktu itu: Ada Apa dengan Komunitas Blogger Malang Citizen?

Apa Untungnya?


Banyak, jujur banyak sekali keuntungan yang didapat setelah bergabung dengan Malang Citizen. Satu hal yang paling saya suka adalah motivasi, yup, saya selalu termotivasi untuk menjadi lebih baik karena Malang Citizen. Bagaimana tidak, setiap anggota di Malang Citizen memiliki kompetensi berbeda-beda dan itu membuat saya semangat.

Keseruan di acara Tumpengan Satu Tahun Malang Citizen
Saat acara ultah MC, Minggu, 7 Januari 2018 kemarin, ada beberapa anggota baru yang juga hadir. Salut deh dengan semangat mereka ngeblog dan bergabung dengan Malang Citizen. Motivasi mereka untuk bergabung di komunitas ini adalah ingin lebih semangat nulis dan juga bisa belajar dari beberapa blogger di MC.

Kalau buat saya pribadi, selain memotivasi saya untuk rajin ngeblog, keuntungan yang telah saya dapatkan semenjak bergabung dengan komunitas kece ini adalah sebagai berikut.

1. Mendapatkan Teman Baru

Hal yang sulit bagi saya karena saya termasuk introvert adalah memiliki teman baru. Tapi alhamdulillah melalui komunitas Malang Citizen saya bisa mendapatkannya. Apalagi teman yang memiliki passion sama yaitu ngeblog. Kalian pasti bisa membayangkan betapa menyenangkannya berbincang tentang hal-hal yang sama-sama disukai.

Tak hanya itu, teman-teman yang saya dapatkan juga lintas umur, lintas profesi, dan juga lintas kota. Hahaha, meskipun sama-sama berada di Malang tapi ada beberapa anggota yang asalnya dari luar Kota/Kabupaten Malang, bahkan luar pulau. Seperti Madura, 😂.
Dok: Richo


2. Rezeki Melimpah

Bukan hanya "banyak anak banyak rezeki" tapi "banyak teman banyak rezeki" juga benar adanya lho. Buktinya setelah bergabung di Malang Citizen, alhamdulillah rezeki mengalir tiada henti. Rezeki darimana? Yang pasti bukan hasil dari ngepet, 😎, ya dari ngeblog laaah. Beberapa kali saya bisa kuliner gratis atau masuk ke tempat rekreasi gratis berkat Malang Citizen. Kok bisa? Penasaran? Penasaran? Gabung aja yuk di Malang Citizen.

3. Mendapatkan Profesi Baru

Sebelum menjadi full time blogger seperti sekarang, saya adalah pegawai tata usaha. Kuputuskan untuk resign dari kantor karena beberapa alasan seperti yang telah saya ceritakan pada postingan sebelumnya.

Mungkin kalian mau membacanya: Untuk Wanita yang Ingin Berhenti Bekerja

Bukan hanya full time blogger yang saya geluti saat ini, karena kegiatan meliput yang saya pelajari dari teman-teman di Malang Citizen, saya juga mendapatkan profesi baru yakni menjadi mentor dalam Training Reportase. Ah, mungkin saya masih berada di kantor tata usaha sekolah jika saya belum jadi blogger dan bergabung dengan Malang Citizen, hehehe.

4. Meningkatkan Kemampuan Menulis dan Blogging

Asal tau aja ya, semua anggota di Malang Citizen nggak ada yang pelit ilmu. Pengetahuan apapun yang dimiliki selalu dibagikan kepada anggota, disitulah saya merasa beruntung. Awal ngeblog tulisan saya masih ecek-ecek, seiring bertambahnya waktu, sekarang tulisan saya sudah lumayan (kelamaan nunggu dipuji, kwkwkwkw). Terbukti dari pengunjung blog saya yang awalnya hanya 500an per bulan, sekarang PVnya sudah sekitar 2500 per bulan.

Ehm... apalagi ya? Sebenarnya masih banyak manfaat yang saya dapatkan tapi saya rangkum menjadi empat itu saja ya.

Acara Seru, Tumpengan Satu Tahun Malang Citizen

Peringatan ulang tahun MC yang pertama ini seru banget dan ini adalah acara pertama yang saya hadiri (dimana anggotanya banyak yang datang). Soalnya pada acara-acara sebelumnya yang saya hadiri hanya beberapa anggota saja yang hadir. Maklum laah... harus bagi waktu dengan kegiatan yang lain.

Nyesel banget seandainya saya gak bisa hadir, saya bela-belain datang meskipun bawa AIRA(si kecil yang saya yakin akan minta ini itu saat acara). Benar saja, dia minta ke KM sampai tiga kali karena gak mau BAB di kloset (biasanya WC duduk sih), #maaf gak penting banget dibahas.

Meskipun saya gak dapat doorprize, tapi saya puas bisa ber haha hihi dengan teman-teman. Apalagi saat beberapa anggota harus maju ke depan menceritakan pengalamannya, paling kocak tuh mbak Nikmah yang sudah ketawa padahal belum cerita,hahaha. Dia penulis buku homor, makanya suka ketawa, wkwkwk.

Then, ada tumpeng yang kami makan bersama setelah dipotong ujungnya oleh Pak Ketua, Kak SeHariadi. Tumpeng, sebagai rasa syukur kami atas berdirinya MC selama setahun ini. Meskipun tumpeng satu tempeh (apa ya bahasa Indonesianya?) harus dimakan 30 anggota, ya... lumayan lah (lumayan kurang) 😁😁 Untung aku dapat dua porsi, punya AIRA aku yang abisin, #gagaldiet)

Happy Birthday MC, Mau Jadi Apa Sekarang?


Tidak hanya manusia yang ingin selalu memperbaiki diri dan menjadi yang lebih baik, komunitas blogger Malang Citizen juga ingin berubah menjadi lebih baik di ulang tahunnya yang pertama ini. Malang Citizen ingin mengarah ke media (bukan hanya komunitas blogger semata).

Ehm, gimana ya? Jelasnya nih Malang Citizen akan dibuat semakin bernilai ekonomis dengan membuat core bisnis bernama MC-Media yang bergerak dibidang sosial media marketing dari management content, kayak BP Network gitu.

Para pengisi acara (Dok. Richo)

Kok bisa PD gitu ya Malang Citizen? Padahal kan MC (panggilan akrabny) hanya komunitas lokal. Eit, jangan salah, meskipun MC adalah komunitas blogger lokal, sudah banyak lho lembaga/pihak yang menghubungi MC untuk dijadikan media partner.

Terbukti beberapa kali Malang Citizen diundang ke acara launching produk ternama seperti Taman Wisata Jatim Park 3, launching produk Queen Apple milik Farah Queen dan beberapa acara besar lainnya di Kota Malang.

Hal inilah yang membuat pihak Malang Citizen berniat membuka diri atau mengepakkan sayapnya ke ranah media marketing. Ditambah anggota-anggota MC yang keren dan mumpuni dibidangnya masing-masing, kami yakin MC akan bisa semakin terkenal sebagai MC-Media. Amiin.

Dok. Richo

Acara ditutup dengan foto bersama, setelah sebelumnya Kak SeHariadi menyerahkan jabatannya kepada ketua komunitas baru, Kak Endrita (pemilik blog endrita.id) sebagai ketua komunitas Malang Citizen periode 2018-2019. Semoga Kak Endrita semakin semangat ya membangun MC dan MC-Media. Amiin.

Selamat Ulang Tahun Malang Citizen. Semoga semakin bertumbuh dan berkembang menuju cita-cita yang diinginkan. Amiin

Kalau kamu? Sudah bergabung di komunitas blogger di kotamu kah?


6 comments :

  1. Waahh asik banget komunitasnya! Sayang di daerahku kayaknya nggak ada komunitas serupa :(

    ReplyDelete
  2. Wah senengnya bisa gabung dengan komunitas yang misi visinya sejalan sama kita..rasanya passion kita jadi makin benar arahnya ya Mbak..
    Selamat ulang tahu MC..Semoga makin banyak menebar manfaat baik untuk anggota maupun masyarakat. Aamiin

    ReplyDelete
  3. Wah mau ngikutin jejak BP Network ya, semoga makin sukses ya.
    Terima kasih telah mengingatku mbak dan bergabung dengan MC :)

    ReplyDelete
  4. Sudah gabung tp blm kopdaran Mak. Msh keder bawa 2 anak. Tp saya akui, kopdar itu banyak bgt manfaatnya. Pokoknya beda sama twmenan di dumay aja.

    ReplyDelete
  5. Senang ya, ada komunitas keren kayak gini.. eniwe, happy anniversary MC!

    ReplyDelete
  6. Selamat ulang taun mc :) asyik ya ada komunitas yg bisa bikin nambah motivasi

    ReplyDelete