Sunday, June 17, 2018

Dulu Susah, Kini Berburu Tiket Bus Semudah Menjentikkan Jemari

Halo teman-teman, apa kabar? Masih asyik bermain gadged kah? Hehehe.

Perkembangan teknologi telah menyentuh berbagai sendi kehidupan. Fakta ini nggak bisa dipungkiri siapa pun. Mulai belanja sayuran sampai pesan tiket bus untuk pemberangkatan beberapa hari ke depan pun bisa teman-teman lakukan dengan mudah. Siapa sangka, sepuluh tahun ke belakang, mencari tiket bus itu bukanlah perkara mudah. Semua harus dilakukan secara ‘manual.’ Kalau nggak percaya, teman-teman bisa tanyakan hal tersebut pada ayah atau ibu, dan perjuangan mereka untuk pulang ke kampung halaman saat hari raya tiba.

Yang lalu biarlah berlalu. Setiap kesulitan sebelum teknologi datang bukanlah sebuah noda di waktu lampau. Justru hal itu menjadi kenangan yang tak terlupakan dan dapat membuat kita tersenyum. Berikut adalah gambaran perjuangan mendapatkan tiket bus dari masa ke masa.

Harus ke Terminal Bus


 foto:liputan6.com
Sebelum Perusahaan Otobus diperbolehkan mengangkut penumpang dari ‘garasi’ mereka, penumpang wajib datang ke terminal untuk membeli tiket bus. Nggak heran kalau aturan yang kuno ini menciptakan sebuah kompetisi disaat banyak penumpang membutuhkan angkutan tersebut, khususnya saat Lebaran tiba. Apalagi saat itu belum ada penerbangan low-fare seperti sekarang sehingga angkutan darat adalah pilihan utama.

Datang Langsung ke Pool

foto:mobilkomersial.com
Semakin hari, Perusahaan Otobus berinovasi. Selain memberikan layanan bus dengan kelas-kelas khusus, mulai Ekonomi sampai Eksekutif, para calon penumpang yang sudah punya tiket bus juga nggak perlu jauh-jauh pergi ke terminal. Mereka diperbolehkan berkumpul di pool bus dan berangkat dari sana. Tiket bus pun juga bisa dibeli di tempat tersebut, jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan.

Pemesanan via Situs PO



Akhirnya teknologi internet datang dan menguasai dunia. Semua urusan dimudahkan, termasuk dalam pembelian tiket bus. Tinggal buka situs resmi dari Perusahaan Otobus yang akan teman-teman tumpangi, kemudian lakukan reservasi.

Kelemahannya? Tentu saja ada. Teman-teman harus punya saluran internet dan komputer untuk membuka situs tersebut. Buat yang nggak punya jaringan internet di rumah, warnet jadi solusi tepat. Tapi butuh waktu untuk mencari warnet, serta tentunya tambahan biaya rental internet.

Jaman Smartphone, Serba Mudah

 Dengan semakin berkembangnya zaman, dimana semakin banyak startup yang peduli dengan permasalahan konsumen, cari tiket bus kini semudah menjentikkan jemari. Tinggal unduh aplikasi booking tiket seperti Traveloka lewat App Store atau Google Play Store, kemudian gunakan untuk berburu dan memesan tiket bus. Hanya beberapa ketukan di layar saja dan tanpa perlu meninggalkan sofa, selembar tiket bus sudah ada dalam genggaman.



Itulah perbedaan cara mendapatkan tiket bus dari masa ke masa. Beruntunglah generasi millennial jaman sekarang, yang tinggal memencet layar smartphone untuk mendapatkan tiket bus sesuai keinginannya. Tapi nggak ada salahnya sesekali pakai cara old-school. Biar ada pengalaman tak terlupakan dalam petualanganmu.

Mau coba?

2 comments :

  1. suamiku banget ni mba, sukanya ngebis :D bener skarang lebih mudah. telp kernetnya aja bisa wehehe

    ReplyDelete
  2. Malah enak ya sekarang, jadinya ga takut kena tipu calo lagi

    ReplyDelete