Tuesday, August 07, 2018

Tips Mewarnai Bersama Anak Agar Lebih Menyenangkan


Tips Mewarnai Bersama Anak Agar Lebih Menyenangkan
Tips Mewarnai Bersama Anak Lebih Menyenangkan - Mewarnai adalah salah satu kegiatan yang pasti menyenangkan untuk anak-anak. Selain mengembangkan kemampuan motoriknya, belajar mewarnai juga dapat digunakan sebagai media berkespresi. Untuk anak-anak balita, belajar mewarna digunakan untuk pengenalan warna dan berkreasi memadu padankan warna sesuka hati.


Kebetulan putri sulung saya juga suka sekali mewarna. Saat TK pernah juara III lomba mama mia, mewarna bersama mama. Ya, sulung saya, Kak Sa memang telaten sekali mewarnai gambar. Cocok dengan sifatnya yang tenang dan kalem. Saya juga memberinya kebebasan dalam mewarnai gambar dan tidak mendiktenya.

Namanya juga anak-anak, bosan saat mewarnai itu sudah pasti ya. Apalagi si kecil yang masih berumur 3 tahun, masih bisa bertahan hanya beberapa detik saja. Berbeda dengan Kak Sa yang memang betah banget mewarnai gambar walau harus bertahan selama 15-30 menit. Heuheu.
Oleh karenanya saya harus mencari cara agar belajar mewarnai lebih menyenangkan. Berikut yang saya lakukan.

1. Biarkan Anak Berkreasi

Mencoret dan memberi warna pasti sangat menyenangkan bagi anak-anak. Beri kesempatan dan kebebasan dalam berekspresi kepada anak-anak. Mendiktenya dapat membuat imajinasi anak menjadi terbatas. Bahkan anak bisa bosan karena merasa terkekang. Jadi saya lebih memilih untuk membiarkan anak-anak berkreasi dengan imajinasinya yang tak terbatas.

2. Memberikan Gambar-gambar yang Menarik

Agar anak-anak tidak bosan saya juga menyediakan gambar-gambar menarik yang mereka sukai. Biasanya saya akan mencari gambar bersama mereka. Banyak kok gambar gratis yang bisa kita unduh dan print sendiri. Seperti dip interest, freewaremini.com, familiakreativa.blogspot.com, dan masih banyak lagi.

3. Menyediakan Beberapa Alat dan Media

Media mewarnai tidak hanya kertas, pensil warna dan crayon saja. Masih ada cat air dan cat minyak, itu yang saya tahu sih. Hehehe. Saat anak-anak bosan, saya pun memberikan alat bantu mewarna selain peralatan yang sudah dimiliki. Misalnya saja bermain warna dengan pelepah pisang atau buah belimbing untuk membuat pola-pola yang unik dan menarik.

Sebenarnya di smartphone juga banyak aplikasi mewarna untuk anak-anak. Pastinya smartphone lebih menarik jika dibandingkan mewarnai gambar di kertas. Sinar gadget juga lebih memukau daripada buku mewarna. Apalagi dengan kecanggihan teknologi, anak-anak bisa menjangkau apa saja termasuk mewarnai gambar.

Hanya saja penggunaan gadged yang kurang benar bisa berakibat fatal apalagi jika kurang pengawasan dan pendampingan dari orang tua. Mau tidak mau penggunaan gadged pada anak-anak harus saya batasi dan menggantinya dengan buku

4. Mengenalkan Anak pada Teknologi Augmented Reality

Berbeda dengan aplikasi mewarnai pada smartphone, teknologi augmented reality lebih canggih dan variatif manfaatnya. Teknologi ini hanyalah sebagai perantara untuk menghidupkan karakter yang telah diwarnai oleh anak. Jadi anak-anak tidak mewarnai gambar di smartphone melainkan di kertas. Nah, aplikasi yang menggunakan augmented reality dapat membuat objek yang telah diwarnai menjadi lebih hidup dan dapat digunakan untuk bermain dan belajar.
AR (augmented reality), adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata (wikipedia).

Kebetulan sekali ada produk Colour to Life yang diproduksi oleh PT Faber-Castell International Indonesia. Produk ini dapat membuat kegiatan mewarnai makin menarik karena memadukan antara menggambar secara konvensional dengan kemajuan teknologi augmented reality yang terhubung ke dunia digital. Tak ayal anak-anak langsung jatuh cinta pada Colour to Life.

Saat pertama kali saya menerima produk ini, sebenarnya bukan anak-anak yang tertarik melainkan adik saya yang memang pandai menggambar (bagi saya sih dia ahli). Dia tertarik dan langsung mewarnai gambar yang ada pada buku Colour to Life. Mengapa? Karena dia penasaran dengan aplikasi yang dapat membuat gambarnya lebih hidup. Hehhmm…

Augmented Reality Colouring Book 

 
Tips Mewarnai Bersama Anak Agar Lebih Menyenangkan

Produk Faber Castel Colour to Life terdiri dari 15 page Augmented Reality Colouring Book dan 20 Connector Pens. Di bagian depan kardus pembungkus ada QR code yang bisa di scan untuk download aplikasi Colour to Life dari smartphone.

Dibagian belakang box kemasan produk ada List of Games yaitu Giddy Up, Pogo Boy, Dress Up Challenge, Balance your Brain dan Safe Flight. Pada bagian yang sama tertera juga cara penggunaannya. Untuk memainkan game pada aplikasi Colour to Life, teman-teman harus mewarnai gambar pada Augmented Reality Colouring Book dengan produk connector pen yang tersedia.

Tips Mewarnai Bersama Anak Agar Lebih Menyenangkan
Penampakan Belakang Box Faber Castel Augmented Reality Colouring Book

Wuih, Kak Sa antusias banget mewarnainya karena pengin segera tahu gambarnya jadi nyata. Sebenarnya ada lembaran kecil sebagai petunjuk dalam mewarna dengan connector colouring pens. Mulai dari patterning, pointillism, squiggling, shading, dan contouring. Oalaah… ternyata ada tekniknya ya agar menggambar dengan connector pen lebih cantik karena bentuk produk faber castel ini seperti spidol.

Namun, tetap saja saya membebaskan Kak Sa menggunakan teknik apapun termasuk menirukan teknik yang ada pada flyer kecil ini. Asal tidak terlalu ditekan saat menggunakannya, it’s okey asalkan tidak tembus ke belakang kertas.
Mewarnai semakin menyenangkan


Setelah selesai mewarnai satu gambar, Kak Sa bergegas melakukan scan gambar dengan aplikasi Colour to Life yang ada di smartphone bunda. Emang aplikasi ini mudah sekali digunakan, Kak Sa yang kelas dua SD aja bisa kok.

“Bun, kok nggak bisa di scan gambarnya? Eror terus!” putri sulung saya berteriak.
Saya berusaha tenang meski dalam hati panic. Oh, mungkin harus ganti gambar lainnya. Tapi tetap saja tidak bisa di scan. Kadang bisa, kadang tidak. Kenapa ya?
Tips Mewarnai Bersama Anak Agar Lebih Menyenangkan
Jika gambar tidak bisa di scan, arahkan kamera ke objek lainnya dulu. Setelah itu coba scan ulang.

Oalaah.. setelah nonton video panduan penggunaan aplikasi Colour to Life barulah saya tahu kalau ternyata kameranya harus diarahkan ke objek lain dulu, lalu kembali scan gambar pada Augmented Reality Colouring Book-nya.

Yes! Yeay, berhasiil! Saya, Kak Sa, dan si bungsu berteriak kegirangan. Padahal sebenarnya saat aplikasi tidak bisa scan tuh sudah ada keterangannya,hanya saja saya kurang telaten menerjemahkannya (alias gagal paham), hihihi. Atau teman-teman juga bisa melihatnya di video berikut.



Setelah scan berhasil, Kak Sa langsung deh memainkan game yang ada pada aplikasi Colour to Life. Okey, kenalan dulu yuk dengan lima game pada aplikasi Colour to Life!

Giddy Up 

Tips Mewarnai Bersama Anak Agar Lebih Menyenangkan
Game Giddy Up
Larikan kudamu sejauh mungkin tapi perhatikan pembatasnya. Game ini seru dan mudah, geser kanan dan kiri untuk menghindari pembatas. Giddy up bermanfaat untuk memperkuat koordinasi mata dan jari, melatih motorik halus, memperbaiki konsentrasi,dan melatih gerak reflex. Kak Sa dengan mudah bisa memainkannya.

Pogo Boy

Tips Mewarnai Bersama Anak Agar Lebih Menyenangkan
Game PogoBoy
Saatnya meloncat! Jangan sampai jatuh ke air ya. Begitulah kira-kira yang disampaikan oleh Pogo Boy. Kak Sa paling suka game ini karena gampil banget, hihihi. Manfaatnya? Sama dengan Giddy Up, memperkuat koordinasi mata dan jari, melatih motorik halus, memperbaiki konsentrasi,dan melatih gerak reflex

Dress Up Challenge

Tips Mewarnai Bersama Anak Agar Lebih Menyenangkan
Game Dress Up Chalenge
Seberapa kuat memorimu? Yup, Dress Up Challenge mengajak pemain untuk memasangkan baju pada mannequin dengan sebelumnya ditunjukkan contohnya. Waah… benar-benar game yang bermutu ini untuk mempertajam ingatan serta memperbaiki konsentrasi dan perhatian. Sayangnya Kak Sasa belum terlalu mahir memainkannya.

Balance your Brain

Tips Mewarnai Bersama Anak Agar Lebih Menyenangkan
Game Balance Your Brain
Balance your game menstimulasi otak kanan dan kiri lho. Nanti teman-teman harus mencocokkan warna dengan tulisannya. Beneran mengecoh deh, hahaha. Kak Sa sampai ketawa ngakak karena bunda keliru. Harus berpikir cepat nih.

Safe Flight

Tips Mewarnai Bersama Anak Agar Lebih Menyenangkan
Game Safe Flight
Terbang tinggi yuk! Eits, awas ada petir! Hehehe, ini agak sulit pas pertama main. Harus banyak latihan kalau mau main Safe Flight lebih lama. Kalau udah tahu caranya sih jadi lebih lancar. Manfaatnya sih sama dengan Giddy Up dan Pogo Boy ya.

Bosan ngegame? Kak Sa dan adik selfie bersama karakter pada game. Wuih, aplikasi ini kok keren banget ya? Selain mewarnai dan bermain game, pastinya anak-anak juga senang sekali bisa selfie.

Tips Mewarnai Bersama Anak Agar Lebih Menyenangkan
Bosan mewarnai? Selfie dulu bersama karakter dalam game


 

 

 

Susah Tidak Cara Download dan Memainkan Aplikasinya?

Mudah kok? Coba deh!

Aplikasi Colour to Life dapat diunduh di play store dan apstore terlebih dahulu untuk bisa memainkan gamenya Selanjutnya aplikasi tersebut dihubungkan dengan buku Colour to Life, melalui pindai, dan siap dimainkan. Yuk simak cara download dan memainkan Colour to Life.
1. Download aplikasi Colour to Life di play store seperti gambar berikut ini.

Tips Mewarnai Bersama Anak Agar Lebih Menyenangkan
Cara download aplikasi Colour to Life
 2. Warnai gambar yang ada pada Augmented Reality Colouring Book. Jadi ini buku khusus ya teman-teman, kalau kalian pakai buku lain nggak akan bisa jadi nyata gambarnya, hehehe. Oiya, framenya jangan diwarna juga ya.

3. Scan gambar yang telah selesai diwarnai dengan lengkap sehingga muncul dalam format animasi 3D-interactive.
Tips Mewarnai Bersama Anak Agar Lebih Menyenangkan

4. Selfie bersama karakter pada game yang teman-teman inginkan.
5. Mainkan lima game yang ada pada aplikasi Colour to Life.

Tips Mewarnai Bersama Anak Agar Lebih Menyenangkan
Lima game di dalam aplikasi Colour to Life


Bagaimana? Pengin ya? Cuss deh ke Gramedia atau toko buku terdekat untuk mendapatkan Augmented Reality Colouring Book. Atau teman-teman juga bisa membelinya secara online di Tokopedia. 

Oiya, ada sedikit tips dari saya saat mewarna dan having fun dengan Colour to Life yaitu hanya berikan produk faber Castel ini digunakan oleh anak-anak berumur 5 tahun ke atas. Mengapa? Agar puas mewarnai sebelum dicorat-coret. Hahaha, karena setelah dipegang oleh si bungsu yang masih 3 tahun semua gambar dicorat-coret, hehehe.

27 comments :

  1. Wah bisa banget nih buat kado keponakanku hihi, ntar cari ah di Gramed.
    Pasti seru mewarnai dan beermain bersama Faber castell.

    ReplyDelete
  2. Seru banget nih, anak-anak senang ya lihat gambarnya bisa berdiri gitu :D

    ReplyDelete
  3. Aku udah nyoba main ini ama anak. Anakku suka banget. Aku pun suka karena tokoh yang kita warnai bisa muncul 3D nih

    ReplyDelete
  4. Waaaah mau cobain ah buat Luigi. Pasti makin seneng berkreasi dengam warna dia. Mudah ya mbak ternyata caranya :)

    ReplyDelete
  5. Wah, komplit ya warnanya. Jadi pengin beliin buat anak saya mba. Apalagi ada teknologi AR nya.

    ReplyDelete
  6. Nahh ini dia.. Mewarnai nya aja udah asyik, apalagi ini dilengkapi teknologi Augmented Reality yang bikin tambah asyik

    ReplyDelete
  7. Colour to Life ada di rak mainan anak. Kalau dia ingin mewarnai, tinggal ambil aja deh di sana. Menyenangkan yaa

    ReplyDelete
  8. Colorful Life ini bikin anak anakku hobi banget mewarnai dan juga bermain di aplikasinya makin kreatif dan bonding bersama anak juga semakin erat.

    ReplyDelete
  9. Anak perempuanku pun hobi bangeet mbaaa

    ReplyDelete
  10. Seru ini..bisa selfi2 juga sama tokoh karakternya :)

    ReplyDelete
  11. Bagus nih buat kreatifitas anak, ntar nyoba nyarik ah di gramedia

    ReplyDelete
  12. Wah seru kayaknya nie bun....bisa buat referensi kado adik nie nanti😊

    ReplyDelete
  13. Terima kasih informasinya, wah pastinya seruu, sekalian emaknya belajar😊

    ReplyDelete
  14. Wooww...cocok buat hadiah ultah ponakanku mb. Thx yaa infonya...pasti seneng dia. Bakal seru dan rame rumah utinya...

    ReplyDelete
  15. Ponakan aku suka banget nulis dan gambar. Penjelasannya bikin aku kepikiran buat ngasih ponakan ini si Faber Castel. Keren mba reviewnya 👍🏻

    ReplyDelete
  16. Wuiih keren ya mak. Kayanya Faber Castle color to life ini bisa buat kado juga ya...

    ReplyDelete
  17. Waw kereeen Kak Sa.. semangat terus menggambarnya ya...

    ReplyDelete
  18. Wah, acara mewarnai kayaknya jadi lebih seru kalau pakai AR ini yah mba... Jadi lebih hidup gitu gambarnya, keren.

    ReplyDelete
  19. Keren eui...permainan anak zaman now. Beda banget waktu anak-anak saya masih kecil, paling banter permainannya hanya mobil-mobilan remot.

    ReplyDelete
  20. Wah seru yah,...saya mau ajak anak ah mewarnai,,,,mumpung libur idul adha

    ReplyDelete
  21. Wahhh, wajib dicoba, nih. Kebetulan Dika juga hobi gambar dan main game. :D

    ReplyDelete
  22. cocok nih buat bungsuku Mbak, suka mewarnai dia..bisa sekalian pakai gawainya untuk hal yang bermanfaat pula:)

    ReplyDelete
  23. Kok seru gituuuu ... zaman now mah apa2 serba lucu, seru, dan canggih

    ReplyDelete
  24. Mainan kayak gini cocok banget untuk mengasah keterampilan anak. Bisa juga buat membangun bonding dan refreshing buat emaknya, heheheh

    ReplyDelete
  25. Waah...jaman anak2 kecil blm ada nih, bisa buat cucu lah sekarang

    ReplyDelete
  26. Aktifitas menarik utk dilakukan bersama anak-anak mba. Ga nahannya rebutan ... aku mau pink... aku mau ungu... emaknya harus sabar ...

    ReplyDelete
  27. Setuju biarkan anak berkreasi dengan caranya. Ada loh ortu yang maksa anaknya ngewarnain daun dengan warna hijau. Sementara anaknya maunya coklat. Lalu aku liatnya jadi ew banget hehe. Sapa tau maksudnya warna coklat daun kering, wkwk.

    Itu keren banget gambarnya jadi hidup. Bs makin semangat anak2 niiih dlm mewarnai

    ReplyDelete