Wednesday, October 03, 2018

Inilah 6 Tempat Wisata di Bali Selain Pantai yang Bisa Jadi Referensi Liburanmu

bundadzakiyyah - Pulau Bali atau juga dikenal dengan sebutan Pulau Dewata menjadi lokasi wisata favorit dari berbagai masyarakat baik di Indonesia maupun dunia. Bali yang terletak di garis pantai memiliki banyak lokasi wisata bahari dengan kekayaan bawah laut yang menakjubkan. Secara garis besarnya, Bali memang lebih dikenal karena keindahan alam laut dan pantai sehingga penyuka pasir putih nan indah dan ombak serta pemandangan bawah laut akan menjadikan pulau ini sebagai surga.

Akan tetapi, ternyata selain wisata pantai, Bali juga masih memiliki banyak tempat wisata lainnya. Apa saja tempat wisata di Bali selain pantai yang juga patut untuk teman-teman kunjungi? Berikut ini listnya yang tak boleh kita lewatkan:

1. Monkey Forest

sumber: pixabay
Monkey forest mulai dikenal masyarakat dunia semenjak adanya shooting film yang diperankan Julia Robert dengan judul Eat, Pray and Love di lokasi tersebut. Terletak di wilayah Ubud yang memiliki keindahan alami dan masih asri, monkey forest ini akan membuat kita sejenak melupakan gemerlapnya kota dan kegiatan sehari-hari. Di sana akan ada banyak kera putih yang hidup secara bebas namun berdampingan dengan para wisatawan. Jangan lupa sempatkan diri untuk mengambil gambar dengan para kera namun tetap lakukan dengan aman.

2. Bedugul

sumber: pixabay

Di Tabanan Bali terdapat Pura Bedugul yang menjadi salah satu iconnya pulau Dewata. Terletak di dataran tinggi sehingga lokasi ini memiliki hawa yang sejuk. Pura yang unik dan indah dipadukan dengan pemandangan danau nan eksotik akan membuat lokasi ini sayang untuk dilewatkan.

3. Desa Munduk

sumber: Pixabay
Desa munduk merupakan sebuah desa tradisional di Bali yang memiliki keindahan alam menakjubkan. Jika ingin menikmati sunset yang indah, maka di desa inilah kita bisa melihatnya secara lebih jelas.

4. Secret Garden Sambangan

sumber: jejakpiknik.com

Seperti namanya, taman indah ini awalnya belum banyak diketahui oleh para wisatawan. Terletak di wilayah Sambangan Buleleng Bali, di sana kita akan menemukan keindahan tempat wisata di Bali selain pantai. Memiliki pemandangan taman dan aneka tanaman yang asri, kita akan leluasa menemukan spot foto yang menarik. Selain pemandangan alam, di secret garden ini ada sebuah air terjun kecil yang bisa kita gunakan untuk area bermain air ataupun berenang. Datanglah saat cuaca cerah agar mendapati air terjun yang jernih dan sejuk.

5. Air terjun Wana Ayu

sumber: jalanwisata.id

Satu lagi air terjun yang wajib kita lihat di pulau Dewata Bali yaitu air terjun Wana Ayu. Tampungan air terjunnya hanya sedalam pinggang orang dewasa sehingga dapat kita gunakan untuk berendam dan bermain air.

6. Gianyar

Ingin menikmati pemandangan khas pedesaan yang sarat akan sawah menghijau di Bali? Teman-teman bisa mengunjungi desa Gianyar yang menerapkan sistem perairan tradisional.

Selain spot tempat wisata di Bali selain pantai tersebut, masih banyak lagi lokasi lainnya yang sayang untuk kita lewatkan. Jika ingin membeli souvenir, ada banyak pasar tradisional di Bali yang menyediakan berbagai souvenir khas Bali seperti pernak-pernik kayu, kain, makanan khas, hingga kerajinan bambu.

Jangan lupa juga untuk mengunjungi pertunjukan tari yang sering diadakan di suatu lokasi wisata tertentu atau ketika tiba hari besar keagamaan. Jika kita beruntung, di hari-hari besar, akan ada arakan upacara di pura yang bisa kita lihat dan abadikan menggunakan kamera video.

Telusuri lagi lokasi wisata di Bali yang kaya akan kebudayaan daerah untuk mendapatkan lokasi wisata unik lainnya. Atau bisa juga membaca travel blog sebagai bahan informasi berlibur Anda.

Masih belum bisa move on dari Bali nih, kapan ya bisa liburan ke pulau eksotis itu? Tiba-tiba saja saya agak menyesal karena pernah menolak ajakan suami untuk berbulan madu ke Bali saat baru nikah. Sekarang udah punya dua krucil jadi banyak yang harus dipersiapkan kalau mau ke Pulau Bali. Teman-teman punya wisata favorit di Bali kah? Sharing di kolom komentar yuk!



13 comments :

  1. Aku pernah ke Danau Bratan Bedugul tuh beberapa tahun yang lalu. Itu kan foto di uang kertas 50 ribuan ya? Bagus pemandangannya. Ke Monkey Forest aku juga pernah. Monyetnya sampai naik ke pundakku dan jadi bauuu deh kudu mandi kembang tujuh rupa hahaha :D Seruuu lah Bali mah ga bosen!

    ReplyDelete
  2. aku blm pernah ke sambangan.. wah next trip

    ReplyDelete
  3. Wah, aku nomor 3,4,dan 5 belom pernah tuh...
    Mainnya ke pantai melulu huhuhu
    Musti dicatat nih , biar kalau ke Bali lagi bisa disamperi:)

    ReplyDelete
  4. Bali emang ga ada matinya, dulu hampir setiap minggu ke bali karena tugas & hampir semua wisata bali pernah aku kunjungi. Bali itu Keren & kereen.

    ReplyDelete
  5. Wah ternyata banyak yg belum aku tau ya ttg Bali, cuma danau beratan bedugul aja yang pernah. Moga next trip bs jelajahin yang lebih banyak lagi desa munduk dan wana ayu :)

    ReplyDelete
  6. secret garden sambangan saya baru tauuuu, mau ah akhir tahun apa ya balik ke bali lagi main-main hehe. Makasih ya mba infonyaaa.

    ReplyDelete
  7. Bali, gak pernah ada kata bosen untuk balik lagi, balik lagi. Mau pantai, budaya dan alamnya selalu menggoda. Tapi saya paling takut ke monkey forest, pernah dikejar, Nyetnya mo ambil plastik tentenganku😁 kenangan tidak terlupakan

    ReplyDelete
  8. Pengen ke Secret Garden Sambangan...viewnya bagus sekali ya...
    Sepertinya saya gak mau kalau ke Monkey Forest. Takut sama monyetnya, pernah digigi soalnya, hiks ...

    ReplyDelete
  9. Wah ternyata masih banyak wisata di Bali yang belum saya explore.

    ReplyDelete
  10. Pernah ke monkey forest takut sich sebenernya😆mau coba ke secret garden ah kalo ke Bali. Makasih ya Mba infonya

    ReplyDelete
  11. Wooo aku belum pernah ke semua tempat ini hahaha. Dulu pas ke Bali cuma nguber pantai sama ke GWK dan Uluwatu. Next ke sana mau cobain ke tempar-tempat ini ah. Thanks infonya mbaa

    ReplyDelete
  12. Pemandangan non-pantai juga ga kalah cantik ya mbak. Aku jatuh hati sama Secret Garden Sambangan-nya. Bener2 menghipnotis ya.

    ReplyDelete