Sunday, September 23, 2018

Pemenang Wirausaha Muda Mandiri Raih Hadiah Ratusan Juta Rupiah

Setelah membaca cerita saya tentang Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2018 di sini, pastinya penasaran doank dengan para juaranya. Digelar di Gedung Samantha Krida, Universitas Brawijaya, WMM Award ini juga dihadiri oleh Menteri BUMN Rini M Soemarno dan Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo.

Melalui program WMM 2018 ada 27 pemenang yang akan mendapatkan penghargaan WMM dan uang tunai. Para pemenang juga berkesempatan mendapatkan kemudahan dalam mengakses produk Bank Mandiri dengan nilai dan kondisi yang bervariasi sesuai kebutuhan.



Saya hadir di WMM Award 2018 bersama para blogger lain dari Malang dan Surabaya untuk meliput dan memberitahukannya kepada masyarakat yang tidak bisa hadir secara langsung. Sayang banget kan jika acara sekeren ini sampai dilewatkan begitu saja.

Mulai awal hingga akhir acara, saya sangat menikmati setiap gelaran. Adalah  Zivanna Letisha Siregar dan Altaf Vicko sebagai MC yang cantik dan ganteng secara cerdas membuat audience tidak bosan. Panitia juga telah merancang acara dengan sangat spektakuler.

Acara WMM Award diawali dengan penampilan Choir Universitas Brawijaya dan dilanjutkan dengan stand up comedy dari Dicky Diffie. Barulah setelah semua jajaran menteri dan tamu VIP memasuki ballroom MC meminta semua audience untuk berdiri dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.
Tarian Reog oleh Mahasiswa Universitas Brawijaya (sumber: ihwanharianto.com)

Gelaran acara ini juga dimeriahkan oleh tarian Reog yang dibawakan oleh mahasiswa Universitas Brawijaya (UB). Saya benar-benar takjub menikmati hiburan ini, ternyata Reog UB ini telah beberapa kali menyabet juara nasional.

Menurut Menteri BUMN Rini Sumarno pebisnis muda ini akan semakin memperkuat kewirausahaan nasional. Program WMM yang mendukung pengembangan industri sejalan dengan program Kementerian BUMN, yakni Rumah Kreatif BUMN, Balai Ekonomi Desa, danprogram lainnya yang mendorong pengembangan ekonomi di masyarakat.

Pantas saja jika kemudian Wirausaha Muda Mandiri diikuti oleh pelaku usaha dari kelompok mahasiswa dan non mahasiswa. Pemenang dari kelompok non mahasiswa akan memperoleh penghargaan WMM dan uang tunai hingga Rp200 juta untuk juara pertama dan Rp100 juta untuk juara kedua. Sementara untuk kelompok mahasiswa, pemenang I akan memperoleh Rp100 juta dan pemenang kedua sebesar Rp50 juta.

Nah, pada acara WMM Award inilah penghargaan pemenang akan diserahkan langsung. Adapun kategori yang dikompetisikan antara lain wirausaha industri, perdagangan dan jasa, boga, kreatif, sosial dan teknologi.

Namun, sebelumnya audience diajak mengikuti Talkshow Berani Muda Berani Berkarya dengan pemateri dari Bekraf yaitu Hari Santosa Sungkai dari Bekraf, Dirut Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo, Ketua Pansus RUU Kewirausahaan Nasional Andreas Eddy Susetyo, Joshi Palgunadi dari Akun.biz, dan Jeremia Allan owner Gedhang Nugget.

Dimoderatori oleh Adrian Gunadi selaku CEO Investree, talkshow berlangsung seru karena beberapa pembicaranya adalah wirausahawan yang telah sukses. Apalagi masing-masing pembicara berbagi pengalaman dan semangat wirausaha.

Setelah talkshow acara inti dimulai dengan memanggil para Finalis Nasional Wirausaha Muda Mandiri 2018 untuk ke atas panggung. Setelah itu barulah penyerahan penghargaan dimulai dengan menyebutkan para pemenang sebagai berikut.

Para Pemenang WMM 2018 (sumber:selamethariadi.com)


Kategori Mahasiswa

Bidang Usaha Industri, Perdagangan dan Jasa
Pemenang I: Arnandiza Amirul Khadifa – Balon Kado
Pemenang II: Agus Wibowo – Agro Lestari Merbabu.

Bidang Usaha Boga
Pemenang I: I Putu Agi Pratama – Umah Lokal
Pemenang II: Sentanah Limmase – Fermenation Indonesia

Bidang Usaha Kreatif
Pemenang I: Malinda Amalia – Linean
Pemenang II: Nabila – Batik Kanawa

Bidang Usaha Sosial
Pemenang I Reno Pati – Rumah UPPO (Unit Pengelolaan Pupuk Organik)  
pemenang II diberikan kepada M Zulfikri Al Qowy – Paccoo.com

Bidang Usaha Teknologi Digital
Pemenang I: Aditya Pratama Ghifary – Media BIMBINGAN BELAJAR GRATIS Berbasis Website & Aplikasi
Pemenang II: Rafliansyah Ruslan – SCOLA (Learning Management System)

Bidang Usaha Teknologi Non Digital
Pemenang I: Alwy Herfian Satriatama – Majapahitech
Pemenang II: Aprial Syahputra – HerbalFoam


Kategori Non Mahasiswa


Bidang Usaha Industri Perdagangan dan Jasa
Pemenang I: Juwita – Golden Berry
Pemenang II: Reza Rizky Hermawan - Hermawan Propertindo Utama

Bidang Usaha Boga
Pemenang I: Endro Firdaus – GreenSmoothie factory
Pemenang II: Bintang Priyambodo – Papa Buncit

Bidang Usaha Kreatif
Pemenang I: Bella Kartika Aprilia – Sepiak Belitong
Pemenang II: Ray Abdul Fatah – Ravy 26 House

Bidang Usaha Sosial
Pemenang I: Andhika Mahardika – CV Agradaya Indonesia
Pemenang II: Mohammad Andriza Syarifudin – Nusa Berdaya

Bidang Usaha Teknologi Digital
Pemenang I: Christopher Farrel Millenio Kusuma – Kecilin
Pemenang II adalah Yudhis Thiro Kabul Yunior – Detron Engineering

Bidang Usaha Teknologi Non Digital
Pemenang I: Achmad Arbi – Lightning Advanced Solution Technology
Pemenang II: Nugroho Hari Wibowo – ENCOMOTION

Selain itu ada pula pemenang kategori Best of the Best WMM 2018 dan Finalis Terfavorit yang dipilih oleh masyarakat melalui akun Facebook WMM dengan jumlah like dan share terbanyak. Dimana voting dilakukan sejak 6-13 September. 

Untuk kategori Best of The Best WMM 2018 diraih oleh Christopher Farrel Millenio Kusuma (Kecilin) sedangkan Ardana Noor Octaviandi (Bolunesia) sebagai finalis terfavorit WMM 2018.

Penyerahan plakat dan hadiah kepada pemenang diserahkan oleh Menteri BUMN Rini Soemarno secara simbolis. Setelah itu dilakukan foto bersama dan dilanjutkan dengan penampilan Via Vallen yang memeriahkan suasana.

Acara belum berakhir sampai disitu saja karena setelah istirahat, sholat, makan (ISHOMA) dilanjutkan dengan talkshow bersama para alumni WMM. Mereka adalah Florentina Jeanne Sutanto - Noonaku Signature (Alumni IPJ 2016), Martalinda Basuki - Coklat Klasik (Alumni Boga 2014), dan Sugeng Handoko - Pengembangan Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran Jogjakarta (Alumni Sosial 2012).

Tentu saja para audience yang hadir yang rata-rata mahasiswa ini sangat antusias mendengarkan sharing pengalaman dari para alumni. Menurut mereka berwirausaha itu butuh perjuangan dan kerja keras. Para alumni tersebut juga menyampaikan pentingnya identitas digital, share ke sosial media, dan juga sedekah untuk melancarkan usaha.


Sebelum acara berakhir dilakukan pengundian door prize kepada para mahasiswa yang hadir.

14 comments :

  1. Selamat buat yang menang ya...smoga ke depannya bisa ikutan heheheh

    ReplyDelete
  2. Mbak..kok aku jadi ikut bangga baca reportase ini yaaa...wirausaha mandiri, keren ini..anak-anak muda yang berpikir kreatif untuk membuka usaha dan penuh semangat mengembangkannya hingga sukses meraih cita-cita.
    Semoga semangat seperti ini menular kepada generasi muda lainnya:)

    ReplyDelete
  3. Wah, ini acaranya keren banget ya Mbak, banyak ilmu yang bisa diserap, dan terlihat sangat meriah juga.

    ReplyDelete
  4. Anak muda sekarang ini memang inovatif sekali. Tujuannya nggak cuma jadi karyawan tapi cenderung tertantang untuk membuka lapangan kerja. Mantaplah kalau semakin banyak yg kayak gini

    ReplyDelete
  5. Memang perlu pebisnis muda, supaya memperkuat kewirausahaan nasional.

    ReplyDelete
  6. Wah acaranya seru banget ya mbak. Mahasiswa keren - keren ya pada kreatif dan produktif

    ReplyDelete
  7. Keren ya mba acaranya. Bank Mandiri sukses menjadi penyelenggara. Top deh...

    ReplyDelete
  8. Aku selalu takjub dengan orang-orang yang potensi wirausahanya begitu kental. Belajarnya pasti rajin, usahanya pasti harus maksimal, berani jatuh bangun dengan segala ketidakpastian, apalagi kalau masih muda-muda banget seperti adik-adik mahasiswa. Masa muda yang dimanfaatkan dengan begitu gemilang. Salut juga dengan Bank Mandiri yang berkontribusi untuk negeri dengan program WMM-nya ini.

    ReplyDelete
  9. Wih keren ya acara WMM, semoga mereka semua bisa sukses dan memajukan Indonesia dengan start up mereka. Aamiin.

    ReplyDelete
  10. Hadiahnya menggiurkan banget. Salut deh sama para wirausaha itu terutama yang masih berstatus mahasiswa itu.

    ReplyDelete
  11. Aku selalu penasaran dengan WMM, pengin jg meliput WMM kl ada di Jogja.

    ReplyDelete
  12. Saluut,deh, dengan mereka yang muda dan bisa berprestasi. Apalagi karyanya di bidang wirausaha. Dan yang paling membanggakan adalah mereka itu para pencipta lapangan kerja, bukan pencari kerja. Kereen!

    ReplyDelete
  13. Acara yang sangat dan menarik terutama bagi pengusaha

    ReplyDelete
  14. Setiap kali liat pengumuman2 lomba gini, aku jadi ikut deg-degan loh mbak. Aneh. Hahaha. Terbawa euforianya kali, ya. Waaah, keren2 ya, masih muda udah kreatif dan berprestasi gitu. Saluut.

    ReplyDelete