Nasi Goreng Terasi, Makanan Favorit Suami

Bundadzakiyyah.com – Ada yang bilang kalau nasi goreng adalah makanan sejuta umat karena siapa yang tak kenal nasi goreng? Hehehe. Hampir setiap orang kenal olahan nasi dengan variasi bumbu dan toping ini. Mulai dari kalangan bawah hingga atas pasti deh tahu nasi goreng.



Saya tuh mengenal nasi goreng sebagai makanan daur ulang. Iya, soalnya saya selalu bikin nasi goreng dari nasi kemarin (nasi sisa). Belum pernah tuh saya bikin nasi goreng dari nasi yang baru. Hahaha. Adakah yang sama dengan saya?

Mekipun begitu, nasi goreng adalah makanan favorit saya karena ibu jarang sekali membuatnya. Karena jarang itu kali ya jadinya enak dan enggak bosan. Biasanya ibu bikin nasi goreng kalau ada sisa nasi (nasi yang dimasak kemarin enggak habis) dan itu pun menurun ke saya. Apalagi suami saya doyan banget makan nasi goreng.

By the way, tahukah teman-teman kalau nasi goreng tidak hanya ada di Indonesia. Dulu saya kira nasi goreng adalah makanan khas Indonesia. Ternyata nasi goreng tuh ada di mana-mana, setelah nanya simbah (G) ada beberapa nasi goreng selain di Indonesia.

Bokkeumbap (Korea)
Chinese Fried Rice
Com Chien Vietnam
Hawaiian Fried Rice
Jepang Chahan
Nasi Goreng Pattaya
Thai Khao Padh (Thailand)
Sinangag Filipino
Singapore Indian Nasi Goreng


Nah, di tiap-tiap kota juga pasti ada kan nasi goreng yang katanya enak. Setelah saya tanya ke beberapa teman, jawabannya macam-macam dan berbeda-beda. Ya karena selera dan lidah orang beda-beda jadi soal rasa bisa bermacam-macam.

Nasi Goreng Enak di Malang:
Nasi goreng resek Kasin
Nasi goreng depot 77 Sawojajar
Nasi goreng Ikana-Galunggung
Nasi goreng mafia

Mungkin masih banyak lagi nasi goreng lainnya yang enak di Malang karena pengetahuan kuliner saya masih minim

Nasi Goreng Terasi Favorit Suami



Sebagai istri saya sangat bersyukur punya suami yang enggak pernah menuntut apapun, salah satunya dalam hal makanan. Meskipun saya tidak ahli memasak, suami saya baik-baik saja. Kadang malah dia masak sendiri apa yang dia sukai, misalnya nasi goreng.

Ya, makanan favorit suami saya adalah nasi goreng. Mau tiap hari dimasakin nasi goreng juga enggak masalah dan enggak bosan. Bahkan nasi goreng yang sudah dingin pun dia makan. Hahaha. Kalau saya lagi malas masak biasanya dia bikin sendiri. Suami saya paling suka bikin nasi goreng terasi, katanya kalau ada terasinya tuh lebih gurih dan sedap.


Cara Membuat Nasi Goreng Terasi


Bahan 
Nasi
1 Sosis
1 Telor
Minyak goreng untuk menumis
Daun kol putih (kubis)
Kecap

Bumbu halus
Bawang Merah
Bawang Putih
Cabe merah besar
Cabe kecil
Garam
Terasi

Cara Membuat

  1. Tumis bumbu halus hingga harum lalu sisihkan di pinggir wajan
  2. Masukkan telor dan orak-arik hingga marang
  3. Masukkan nasi dan aduk hingga rata
  4. Masukkan kubis dan aduk hingga tercampur semua bahan
  5. Jika kubis telah layu, cicip rasanya, tambah garam dan gula jika kurang
  6. Matikan kompor dan pindahkan nasi goreng ke atas piring
  7. Beri irisan timun dan sosis

Itu dia cara membuat nasi goreng terasi, makanan favorit suami saya. Kalau teman-teman suka nasi goreng enggak? Biasanya kalau ada nasi sisa diapain?

Post a Comment

3 Comments

  1. saya juga suka mendaur ulang nasi jadi nasi goreng. enak dan gak mubazir nasinya

    ReplyDelete
  2. Saya termasuk yang kalau pengen nasi goreng tapi nasi sisa nggak ada, ya niat banget pakai acara masak nasi dulu, hehe. Wah baru tahu nih resep nasi goreng terasi. Saya skrinsut dulu deh. Terimakasih sudah berbagi, mbak :)

    ReplyDelete
  3. samaaaaa, mamaku dr dulu kalo bikin nasgor selalu pake terasj mba, jd kebawa ama aku skr :D. memang jd lbh gurih sih ;). aku suka nasi goreng, tp ga terlalu banget. beda ama adekku yg no3, itu maniak sih ama nasi goreng hahahaha... kayaknya mau model apapun nasi gorengnya, dia doyan :D. mungkin krn pas hamil dia,mamaku ngidamnya nasi goreng tiap hari hahahaha

    ReplyDelete