Wednesday, January 24, 2018

Eduwisata Ramah Anak di Kota Batu


Saat hendak menentukan tujuan tempat wisata, hal pertama apa yang menjadi bahan pertimbangan Anda? Kalau saya selalu mempertimbangkan muatan edukasi yang ada ditempat wisata tersebut. Kebetulan anak-anak masih berumur 3 dan 6 tahun, jadi cocok sekali jika diajak belajar sambil bermain. 

Konsep eduwisata selalu jadi pilihan saat ingin berlibur bersama anak-anak. Selain memberikan layanan wisata pada umumnya, tempat wisata seperti ini juga memasukkan unsur pendidikan yang sesuai dengan tema yang diambil.

Di Kota Batu, ada beberapa eduwisata yang bisa kalian kunjungi saat weekend atau holiday tiba. Selain banyak unsur pendidikannya, eduwisata berikut ini juga ramah anak lho.

Jatim Park 1 


Terletak di lereng Gunung Panderman, Kota Batu, Jatim Park 1 adalah salah satu eduwisata yang terkenal di Jawa Timur. Cukup banyak wahana pendidikan di Jatim Park 1 yang dapat dinikmati bersama anak-anak, seperti Volcano, Galeri Nusantara, Science Center (Kimia, Fisika, & Biologi) Outdoor Science Center, Amazing Human Body, anjungan Jatim & Irian Jaya, diorama binatang langka, miniatur candi-candi, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Tiga Tempat Wisata yang Bikin Saya Mupeng

For Your Information, anak-anak saya paling betah ada digaleri belajar dan science. Lha wong saya dan suami yang udah gede aja senang bermain-main peralatan fisika, apalagi anak-anak. Serasa kembali ke masa lalu saat masih berada di bangku SMP. Dulu, belajar IPA tak terlalu menyenangkan seperti sekarang. Bersyukurlah kalian wahai generasi millennia.😃

Selain wahana bermain dan belajar, fasilitas yang disediakan pun cukup lengkap, tempat makan, toilet, musholla, dan tempat peristirahatan. Ada juga kolam renang yang pastinya membuat anak-anak gembira sepuasnya. Sebelum pulang, jangan lupa mencoba permainan ekstrim yang juga dapat Anda nikmati secara gratis. Tapi hanya untuk orang dewasa ya, kalau anak-anak sih wahana permainan yang lebih aman.

Museum Tubuh


Berada satu area dengan Jatim park 1, The Adventure of Museum Tubuh Bagong adalah eduwisata berikutnya yang wajib dikunjungi bersama anak-anak. Jika Anda ingin menelusuri ‘pabrik manusia’, datang saja ke Museum Tubuh Bagong. Disini pengunjung bisa mengetahui segala aktivitas yang bekerja di dalam tubuh manusia.

Baca juga: Wisata Hemat ala Emak Ngirit

Namanya saja museum, jadi Anda akan disuguhi sederet zona tubuh yang penuh dengan pengetahuan seputarnya. Mulai zona gigi dan mulut, zona hidung, zona mata, zona telinga, blood veseel zone, zona hati, zona ginjal, dan lainnya. Menariknya lagi, museum ini juga dilengkapi dengan koleksi kadaver manusia yang diawetkan. Namun sayang, pengunjung tidak boleh mengambil gambar untuk kenang-kenangan.

Tentu saja anak-anak sangat suka berkunjung ke Museum Tubuh, apalagi rasa ingin tahu anak-anak  sangat besar. Di tempat ini mereka dapat mengobati rasa penasaran tentang organ tubuhnya melalui replika-replika yang ada ditiap zona. Informasi tentang ‘pabrik tubuh’ akan disampaikan oleh guide yang berada di tiap zona atau melalui multimedia yang telah disediakan.

Jatim Park 2


Tidak terlalu jauh dari Jatim Park 1, ada Jatim Park 2 yang terdiri dari Museum Satwa dan Secret Zoo. Mengapa destinasi wisata ini cocok untuk anak-anak? Di Museum Satwa, Anda dapat mengenalkan berbagai macam binatang dari seluruh dunia. Apakah aman? Tentu saja, karena hewan yang dipamerkan dalam bentuk diorama yang lengkap dengan habitatnya. Ada juga hewan yang telah diawetkan.

Sedangkan di Secret Zoo, Anda dapat menyaksikan berbagai hewan langka secara dekat. Melalui pembatas yang dibuat untuk hewan-hewan tertentu, Anda dapat mengenalkan berbagai satwa kepada anak-anak secara langsung.

Baca Juga: Lima Tempat Wisata Theme Park di Malang

Dibedakan menjadi beberapa zona, membuat pengunjung dapat menikmati tingkah laku hewan dengan nyaman. Mulai dari zona primitive, reptile garden, zona aquarium, zona savannah, pasar Afrika, fantasy land dan adventure land. Serta terakhir adalah zona tiger land.

Semua satwa yang dipamerkan tampak nyata, sangat manarik dan inilah kesempatan mengenalkan aneka satwa kepada anak-anak tanpa takut diterkam atau digigit. Pada zona tertentu ada pembatas dinding dan kaca tebal, zona hewan buas misalnya, sehingga sama sekali tidak membahayakan pengunjung.

Eco Green Park

 

Edusiwata berikutnya yang tak jauh dari Jatim Park 2 adalah Eco Green Park. Dengan misi utamanya sebagai wahana edukasi bertaraf internasional, Eco Green Park sangat menjaga kebersihan dan kerapian. Tempat wisata yang ramah anak ini berfokus pada ekosistem dunia burung dan reptil.

Baca juga: Ada Apa di Eco Green Park?

Eco Green Park adalah tempat wisata bernuansa lingkungan dan ekosistem yang dikemas secara edukatif dan atraktif. Tidak hanya penampilannya saja yang keren dan cantik, tempat wisata yang buka setiap hari ini juga bertaraf internasional. Wahana yang tersedia memadukan konsep wisata alam, kebudayaan, lingkungan, dan seni yang inspiratif, menarik, dan mendidik. Wuih.. cocok banget dong ya kalau mengajak seluruh keluarga.

Ada 35 wahana gratis yang dapat dinikmati saat berkunjung ke Eco Green Park, mulai dari insectarium, walking bird, plaza music, jungle adventure, peternakan, taman biogas, dan masih banyak lagi.

Predator Fun Park



Taman wisata yang menyuguhkan hewan predator, berupa buaya dan ikan buas yang dikemas secara unik dan tak kalah menarik dibandingkan wahana wisata lainnya di Kota Batu adalah Predator Fun Park. Di wisata ini, Anda dapat mengenalkan kepada anak-anak berbagai macam bentuk buaya yang sudah diawetkan dan berupa patung.

Bacajuga: Liburan Seru di Predator Fun Park

Suasana mirip museum dengan berbagai pengetahuan tentang buaya. Beberapa buaya di penangkaran dan ikan buas di kolam bisa diberi makan. Anda juga bisa foto bersama ikan yang didapat saat memancing, untuk kemudian dilepaskan kembali.

Tak hanya itu, ada juga area untuk bersenang-senang seperti playground, rumah sesat, area trampoline, family fun house, waterpark, rumah disko, berburu salamander, dan rumah hantu yang juga dapat menambah keceriaan anak-anak. Having Fun deh pokoknya!

Jatim Park 3

 

Yuhuu… Ada tempat wisata baru di Kota Batu, Jatim Park 3. Wah, kayaknya Jatim Park Group nggak puas hanya dengan Jatim Park 1 dan 2 saja sehingga dibangun Jatim Park 3. Menawarkan aneka ragam Dinosaurus atau wahana Dino Park, Jatim Park 3 telah dibuka pada akhir tahun 2017. Anda dapat mengenalkan perkembangan Dinosaurus kepada anak melalui wahana galeri 5 zaman melalui kereta yang dapat memuat 50 orang.

Ada juga galeri musik dunia yang berisi aneka alat musik mulai zaman kuno hingga modern, wahana The Legend Star yang berisi patung-patung lilin artis yang mirip aslinya. Belum lagi wahana invinity atau rumah kaca raksasa, gedung teater yang dapat memuat 2000 penonton, fun tech, dan berbagai wahanan mainan anak yang dapat dinikmati. 

Wisata Nyaman Bersama Anak-anak

Nah, itulah eduwisata yang cocok untuk anak-anak. Namun ada yang menganggap jika traveling bersama anak itu repot sekali. Agar rencana wisata bersama anak yang telah Anda susun jauh-jauh hari nggak sampai gagal, simak dulu tips berikut ini.
  1. Pastikan anak-anak dalam kondisi fit atau sedang tidak sakit. Hal ini bisa Anda persiapkan jauh hari, jadi saat Anda telah merencanakan traveling beberapa hari ke depan, usahakan anak-anak terjaga kondisinya. Memang sakit itu datangnya dari Allah, namun tak ada salahnya berusaha menjaga si kecil sehingga jika hari-H tiba rencana traveling berjalan lancar.
  2. Perhitungkan dengan matang kekuatan anak saat berada di tempat rekreasi. Misalnya, menyewa E-Bike jika dirasa anak sangat membutuhkannya. Jangan sampai anak pingsan kecapekan di tengah jalan karena harus melewati rute yang terlalu jauh (bagi anak-anak), hehehe.
  3. Siapkan peralatan tempur untuk mendokumentasikan setiap peristiwa ketika berada di tempat rekreasi. Membawa alat foto sendiri (meskipun hanya smartphone) dapat menghemat dan lebih efektif dibandingkan menggunakan jasa foto di tempat wisata. Because every moment is precious, jangan sampai kehilangan momen berharga.
  4. Nikmatilah kegiatan wisata Anda bersama anak-anak. Hindari perasaan terlalu baper saat ada kejadian ‘tak terduga’yang terjadi. Misalnya saja smartphone jatuh saat traveling (naudzubillah), maka jangan lantas hati Anda baper seharian sehingga tidak menikmati aktivitas berlibur.
  5. Mengingat rute tempat wisata yang agak panjang dan lama (udah kayak ngeklan ajah), gunakan pakaian yang nyaman dan alas kaki yang bukan high heels. Bawa juga topi untuk melindungi diri dari sinar matahari yang menyengat. Jangan lupa juga untuk sedia payung sebelum hujan.
Itulah beberapa eduwisata yang dapat Anda kunjungi saat ke Kota Batu dan juga tips agar traveling bersama anak lebih nyaman. Kalau Anda masih punya referensi tujuan eduwisata di kota Anda,boleh donk ditulis di kolom komentar.

Terima kasih. Semoga bermanfaat. Happy Traveling 😍



16 comments :

  1. dua yang disebut terakhir saya belum pernah, Mbak. hehe... Sip, tipsnya. Si kecil saya masih 17 bulan jadi emang kudu ekstra persiapan kalo pergi agak jauh

    ReplyDelete
  2. Yes, jadi tahu nih wisata di kota batu. Temen kostku malah besok awal bulan mau kesini, Teh. Liburan kantornya. Nanti tak tanya sekalian gimana serunya. Wah, jadi pengen wisata ke kota batu.. Apalagi kalau cuacanya cerah ya, Teh..

    ReplyDelete
  3. Dua yang terakhir belum berkunjung, kami belum pernah Mbak.
    Selalu senang ke Batu, karena eduwisatanya banyaaaak. Jadi jauh-jauh liburan nggak terasa sambil belajar. DAn yang terpenting anak-anak senang. :)

    ReplyDelete
  4. Belum pernah ke Jatim Park 3 sama Predator Fun Park. Sebenarnya suami sudah ngajak, tapi tiba di Batu sudah siang. Belum lagi nanti balik lagi ke Malang, pasti capek.

    ReplyDelete
  5. Ada berapa ya, tempat wisata di Malang. Bikin mupeng semua.

    ReplyDelete
  6. Kok aku banyak yang belum pernah, ya? Jadi pingin ada yang ngajakin ha ha ha

    ReplyDelete
  7. Belum pernah ke Malang, tempat eduwisata selalu menyenangkan buat anak anak. Swmoga bisa berkunjung ke sana

    ReplyDelete
  8. Sekarang banyak sekali pilihan eduwisatanya. Jadi harus dijadwalin bener kalau pengen main ke sana. Biar tuntas sekalian

    ReplyDelete
  9. Tempat wisata yang bagus... anak-anak bisa bermain sambil belajar ya...sangat mengedukasi.

    ReplyDelete
  10. Pokoknya kalo ke Malang, aku kontak mak Eni. Jadi tour guide yaaak merangkap fotografer ��

    ReplyDelete
  11. 2 th yg lalu setiap 3 bln sekali aku psti ke malang selama 7-10 hari. Nengok si bungsu yg kuliah di sana & cukup banyak obyek wisata yg udah aku kunjungi di malang, tp belum pernah ke jatim park 1 & 2.
    Kapan2 kesana aaah...

    ReplyDelete
  12. Batu Kota idamanku Mbak Eniiiii, duh enak banget pu

    ReplyDelete
  13. waahhh makasih infonya mba. kalau ada rejeki dan waktu jadi tau tempat wisata yang mengedukasi di kota Malang

    ReplyDelete
  14. Awal bulan ini ke Eco Park pas ada kegiatan di TK Aisyah, hihi. Seru sih tp remek badannya, haha

    ReplyDelete
  15. Jatim Park 3, lokasinya ikut Malang atau Batu ya mbak?
    Btw sukaa sama semua tempat wisata di Malang. Satu tempat wahananya banyak dan ramah di kantong. Hehehe

    ReplyDelete
  16. penting banget ya mba klo sepatu harus flat aku, jalan2 sama anak2 hihi apalagi rutenya macam ini. Jatim park luas banget kan yaa

    ReplyDelete