Thursday, May 24, 2018

Buka Puasa Sehat Bikin Puasa Tahan Lama


Alhamdulillah, hingga sekarang puasa lancar. Masih teringat dulu, saya pernah lho tiap puasa selalu sariawan. Lalu tiba hari raya saya tidak bisa menyantap aneka kue lantaran batuk atau panas dalam. Saya hanya bisa menatap kecewa pada kue lebaran yang melambai-lambai di meja. Salah saya sendiri, buka puasa tidak dengan menu yang sehat. Sak karepe dhewe, hahaha.

Waktu itu saya belum sadar jika hal tersebut dampak dari tubuh yang dehidrasi. Ya, kekurangan cairan dapat menyebabkan sariawan dan panas dalam. Soalnya dulu saya jarang sekali makan buah dan sayur. Menu sahur pun asal saya makan, apa saja yang terdia di meja saya makan. Sayangnya ibu juga kurang perhatian pada nutrisi dan gizi.

Baca Juga: Ngabuburit Asyik Bersama si Kecil

Itu dulu, sekarang alhamdulillah sekarang saya pilih-pilih sekali soal makanan. Sahur dan buka puasa pun saya pilih-pilih. Saya sudah sepenuhnya sadar jika menjaga kesehatan di bulan puasa itu sangat penting. Salah satunya memperhatikan setiap asupan makanan saat sahur dan buka puasa.
Untuk buka puasa, saya lebih memilih menu sehat dan simple. Meskipun sebenarnya saya juga memasak untuk buka puasa suami dan anak-anak. Tapi saat buka puasa saya menahan diri untuk hanya makan menu sehat yang ada.

Saya belum bisa mengajak suami hanya berbuka puasa dengan menu sehat, hiks. Tapi tak apalah, saya akan terus berusaha dengan memberikan contoh terlebih dahulu. Hehehe. Kalau anak-anak, sedikit banyak telah meniru kebiasaan saya. Tapi namanya juga anak-anak pasti ikut tergoda saat ayahnya buka puasa dengan kolak, es buah, dan minuman manis lainnya.
Oke, langsung saja ya. Berikut ini menu sehat buka puasa versi saya.

1. Air Putih/Mineral 


Tidak minum seharian, pasti kita yang sedang berpuasa merasa lapar dan haus. Terkadang wajah juga pucat dan tubuh lemas karena kekurangan cairan. Hal ini biasa diatasi dengan mengonsumsi air putih saat buka puasa. Yup, buka puasa dengan air putih bisa membuat tubuh kembali segar.
Air putihnya juga harus hangat untuk mengaktifkan kembali organ pencernaan yang seharian tidak bekerja. Berbuka dengan air putih juga dapat membantu kinerja usus untuk menyerap sari-sari makanan dengan maksimal.

Teman-teman sering mengalami tumit pecah-pecah? Atau kulit tangan dan kaki bersisik saat puasa? Itu tandanya teman-teman kekurangan asupan cairan. Coba deh sahur dan buka puasanya dibanyakin minum air putihnya, insyaallah     kulit segar kembali dan tidak kusam.

2. Buah Segar


Setelah puasa seharian, tubuh memerlukan makanan yang dapat mengembalikan energy. Selain air putih, buah segar adalah pilihan terbaik menurut saya. Selain dapat melancarkan pencernaan, buah segar bisa membantu membersihkan usus dari kuman penyakit.

Baca juga: Menu Sahur Ala Food Combining

Saya lebih suka buka puasa dengan buah yang banyak mengandung air, seperti semangka, melon, dan pepaya. Selain memberikan efek menyegarkan, buah segar juga rendah kalori sehingga dapat menjaga berat badan agar lebih stabil.

Kadang buah yang memerlukan waktu agak lama saat mengunyah, atau tidak terlalu banyak mengandung air saya jadikan jus buah segar. Atau teman-teman malas mengunyah? Bisa di jus saja buahnya. Seperti apel, nanas, belimbing, lebih segar jika dijadikan jus.

3. Kurma


Bukan hanya anjuran Nabi Muhammad SAW, menyantap buah kurma untuk berbuka puasa sangat bermanfaat bagi kesehatan. Kurma mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Selain itu kurma juga mudah dicerna oleh tubuh.

Kurma adalah makanan sehat yang mengandung gula alami sehingga mudah ditranfer ke liver. Saya suka sekali berbuka dengan kurma, apalagi yang jenisnya kenyal. Kalau terlalu manis bikin eneg sih.

Nah, itu dia buka puasa sehat ala saya yang bisa bikin puasa tahan lama. Buka puasa sehat dapat menghindarkan tubuh dari sariawan, sembelit, ataupun kulit kusam. Coba yuk buka puasa sehat.





6 comments :

  1. aku juga dah jarang buka puasa dengan kolak atau es campur, palngan kalau ada yang ngasih hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau tiap hari ada yang ngasih? hahaha

      Delete
  2. Kalau saya lebih ke buah mbak, yang biasa aja kayak pisang, pepaya, atau kalau enggak semangka. Kalau untuk gorengan udah gak lagi soalnya kurang baik untuk kesehatan tubuh apalagi pas buka puasa

    ReplyDelete
  3. Kurma wajib banget untuk mengawali buka puasa, karena itu sunnah juga ya. :)

    ReplyDelete
  4. Buah segar selalu menjadi menu andalan untuk buka puasa.

    ReplyDelete