Thursday, August 09, 2018

Tak Hanya Menu Lezat, Hokben Juga Tawarkan Kehangatan

Apa yang ada di pikiran teman-teman saat mendengar kata Hokben? Yup, pasti sudah kenal dong dengan Hoka-hoka Bento, resto siap saji yang menyediakan makanan Jepang. Saya kira dulu Hokben ini punya orang Jepang atau resto jepang gitu. Tapi ternyata, Hokben asli Indonesia lho, 100%! Hanya saja makan disini sensasinya seperti di Jepang karena tampilan dan menu makanannya khas negara matahari terbit tersebut.

Saya sendiri mengenal Hokben sejak SMA setelah saya diizinkan ngemall sama ibu. Hehehe. Sejak pertama mencoba menu di Hokben saya langsung suka karena ada salad mentah favorit saya. Dulu saya mengenal Hokben sebagai Hoka Hoka Bento. Lalu kenapa sekarang berubah nama? Nanti deh saya ceritakan.
Tak Hanya Menu Lezat, Hokben Juga Tawarkan Kehangatan
Kumpul Bareng Komunitas Blogger Malang bersama Hokben Soehat Malang
Sebelum itu, apakah teman-teman tahu sejarah Hokben dari tahun ke tahun? Saya juga tahunya pas menghadiri Kumpul Bareng Komunitas Blogger Malang bersama Hokben Soehat Malang. Ya, hari Sabtu (6/8) lalu saya dan teman-teman blogger berkesempatan mencicipi menu baru di Hokben Jl. Soekarno Hatta Malang. Okey, intip dulu yuk sejarah singkat Hokben.

1985 - 1990
Pada 18 April 1985, Hokben berdiri pertama kali di Jakarta dan berada di bawah lisensi PT Eka Bogainti.  Berlokasi di Kebon Kacang, Jakarta, restoran ini menyajikan masakan jepang cepat saji yang higienis dan sehat. Harga yang terjangkau membuat restoran ini berkembang menjadi resto berkonsep Japanese Fast Food.

Selanjutnya Hokben membuka gerai pertamanya di Bandung. Hingga sekarang sudah ada 25 gerai yang tersebar di berbagai lokasi di Jawa Barat. Gerai terbaru yaitu HokBen Transmart di Cirebon.

2005 - 2008
Gerai pertama di Surabaya berdiri pada tahun 2005. Hingga saat ini ada 11 store Hokben yang  tersebar diberbagai lokasi di Surabaya dan Malang.

Kemudian, guna meningkatkan kepuasan pelanggan, pada tahun 2007 Hoka Hoka Bento meluncurkan call center  500505 sebagai kontak Pesan Antar Hokben. Diikuti peluncuran  website HokBen dengan fasilitas pesan online pada tahun 2008. Hokben juga memperkenalkan paket Kidzu Bento untuk anak-anak. Pada tahun ini pula Hokben memperoleh sertifikat halal.

2010 - 2013
Pada tahun 2010 Hokben membuka beberapa gerai baru di Jawa Tengah (Yogyakarta, Semarang, Solo) dan Bali. Hokben juga meluncurkan Hokafe yang saat ini telah memiliki 150 gerai di Jawa dan Bali.

Lalu pada taun 2013 dilakukan peremajaan dan pembaharuan Logo dari Hoka Hoka Bento menjadi HokBen. Tak hanya namanya yang ganti tapi juga logonya.

Hokben Kenalkan Taro dan Hanako

Hah? Siapa tuh? Hehehe. Unyu ya namanya. Yes, Taro dan Hanako adalah sepasang karakter anak-anak bergaya manga Jepang yang ada pada logo Hokben sekaligus menjadi mascot restoran ini. Terus kenapa nama Hoka Hoka Bento berubah menjadi Hokben?

Tak Hanya Menu Lezat, Hokben Juga Tawarkan Kehangatan
sumber: wikipedia

Itu karena Hokben ingin lebih dekat dengan pelanggan/konsumen. “Selama ini kan pelanggan lebih sering menyebut “Hokben” jadi sebutan itulah yang digunakan untuk rebranding, biar lebih refresh aja,” ujar Ibu Irma Wulansari selaku Divisi Komunikasi Hokben Grup.

Selain itu Ibu Irma juga menjelaskan tentang Hokben Community Pattern. Kalau teman-teman pernah melihat pattern yang ada di gelas kemasan Hokben atau di dinding resto ini, mungkin berpikir bahwa pattern tersebut hanya hiasan semata. Padahal ada artinya lho, ini dia artinya.

Tak Hanya Menu Lezat, Hokben Juga Tawarkan Kehangatan
Parent and Kid - Hokben menyediakan makanan sehat untuk anak dan keluarga.
Welcoming hello - Setiap karyawan dan pihak Hokben akan menyambut ramah pelanggan yang datang
Friendship - Pelanggan yang datang ke Hokben bukan hanya satu keluarga tapi juga ada kumpulan teman-teman yang sedang menikmati kebersamaan.
Respect - Karyawan dan pihak Hokben menghormati setiap pelanggan yang datang.
Pride artinya Hokben melayani pelanggan dengan rasa bangga.

Wah, nggak nyangka ya jika ternyata pattern Hokben tersebut mengandung arti yang sangat dalam. Mungkin saya tidak akan tahu artinya jika tidak dijelaskan oleh Ibu Irma *sothankyou

Share to Love, Love to Share

Tak Hanya Menu Lezat, Hokben Juga Tawarkan Kehangatan


Hokben juga mengusung konsep Share to Love, Love to Share. Konsep tersebut tidak hanya tampak pada menu-menu yang tersedia, Omiyage misalnya menu yang disatukan dalam box untuk 4-6 porsi, Hokben juga berbagi kebaikan melalui kegiatan-kegiatan yang bertema pendidikan dan share with others.

Tak Hanya Menu Lezat, Hokben Juga Tawarkan Kehangatan
Hokben juga bersedia lho diajak kerjasama jika ada komunitas yang hendak mengadakan kegiatan sosial atau pendidikan

Seperti Ramadhan lalu Hokben berbuka puasa bersama dengan 3300 anak yatim dan dhuafa, bertepatan dengan berdirinya Hokben yang ke 33 tahun. Wow, ternyata Hokben seumuran dengan saya ya. #ups ketahuan deh udah usia cantik, hihihi.

Hokben Soehat Malang, Asyiknya Makan bersama Keluarga

Gimana? Sekarang sudah tahu kan ya asal usul Hokben?

Bagi teman-teman yang berada di area Malang dan sekitarnya bisa mampir ke Hokben Soehat yang ada di Jl. Soekarno Hatta atau kalau pas lagi jalan-jalan di MOG bisa juga mampir di lantai 1. Di Hokben Soehat tempatnya lumayan luas, ada 112 kursi yang bisa teman-teman manfaatkan untuk makan bersama keluarga, teman, ataupun family gathering. Oh iya, untuk meeting, arisan, birthday party, dll teman-teman juga bisa lho reservasi.

Tak Hanya Menu Lezat, Hokben Juga Tawarkan Kehangatan
Suasana di Hokben Soehat Malang
Dibuka mulai pukul 07.00 – 23.00, teman-teman yang pengin sarapan menu Hokben bisa donk langsung delivery order atau datang langsung ke storenya. Wah, kalau pas lapar menyergap saat malam hari bisa juga call to 500-505 untuk pesan antar ya. Pakai ojol (ojek online) juga oke, waktu saya ke sana ada beberapa ojol yang sedang memesan bento.

Fasilitas lainnya yang ada di Hokben Soehat adalah musholla, toilet, dan tempat parkir yang cukup luas. Mushollanya juga lumayan lho cukup untuk 10 orang jamaah. Hehm, nggak perlu khawatir dan bingung cari tempat sholat dong.
Pak Agus Prasetyo Purnomo (Store Manager Hokben Soehat Malang) dan Ibu Irma Wulansari (Divisi Komunikasi Hokben Grup) menjelaskan perihal Hokben
Oiya, Hokben juga menyediakan smooking area di luar resto. Cukup nyaman untuk nongkrong sambil menikmati menu Hokben. Jadi yang suka merasa terganggu dengan asap rokok saat makan di resto, don’t worry.

Hot Spicy Teriyaki, Menu Baru Hokben 

 
Tak Hanya Menu Lezat, Hokben Juga Tawarkan Kehangatan
Menu baru Hokben, Hot Spicy Teriyaki

Teman-teman yang sering makan di Hokben pasti tahu dong jika rasa manis mendominasi menu. Itu sih yang saya rasakan. Hehehe. Harganya juga standar lah ya, nggak bikin kanker (kantong kering) deh pokoknya, kisaran Rp.35.000an - Rp.60.000an.

Nah, kali ini ada menu baru di Hokben, Hot Spicy Teriyaki. Yeayy… Penggemar pedas pada bersorak. Wajib coba nih ya!

Menu teriyaki di Hokben ada dua, Beef Teriyaki dan Chicken Teriyaki yaitu daging sapi premium atau daging ayam tanpa tulang yang dimasak dengan potongan bawang bombay dan menggunakan saus teriyaki khas HokBen.

Tak Hanya Menu Lezat, Hokben Juga Tawarkan Kehangatan
Hot Spicy Teriyaki
Nah, Hot Spicy Teriyaki adalah menu teriyaki rasa pedas, ada Hot Spicy Beef Teriyaki dan Hot Spicy Chicken Teriyaki. Rasanya mantap dan pedasnya hwasooooy! Bikin Beef Teriyaki nya HokBen makin juara. Harga Beefnya Rp. 44ribu dan Chickennya Rp. 34ribu

Menu lainnya yang saya coba saat ke Hokben kemarin adalah Kidzu Bento 1 dan 2, Favorite Set Chicken Teriyaki, dan Chicken Katsu.

Kidzu Bento 1 dan 2

Tak Hanya Menu Lezat, Hokben Juga Tawarkan Kehangatan
Kidzu Bento berhadiah bolpoint lucu
Kebetulan saya menghadiri acara bersama anak-anak sehingga saya pesan Kidzu Bento untuk mereka. Kidzu bento 1 berisi ayam goreng berbalut tepung krispi, telur orak-arik, hiasan kacang polong dan nasi yang punel. Untuk Kidzu Bento 2 lauknya chicken egg roll. Dapat minum juga 1 kotak buahvita rasa jeruk di tiap Kidzu Bento. Kak Sa suka tapi adik Ai kurang suka minumannya. Untung bawa plain water (red: air putih, hehe).

Porsi nasinya cukup banyak untuk porsi anak-anak, Alhamdulillah Kak Sa berhasil menghabiskannya. Mungkin karena dia lapar harus sarapan jam 10 pagi, hahaha. Biasanya sarapan jam 7 pagi. Tapi adik Ai hanya mencicipi remahan tepung dari ayam krispi, scramble egg yang lembut plus nasi saja. Hiks.

Simple Set Teriyaki 1

Tak Hanya Menu Lezat, Hokben Juga Tawarkan Kehangatan
Simple Set Teriyaki 1
imple Set Teriyaki 1 berisi Nasi, Chicken Teriyaki, Egg Chicken Roll 2 pcs dan salad+mayonaise enak khas hokben. Chicken teriyaki adalah filet paha ayam yang dimasak dengan bawang bombay dan saus teriyaki khas Hokben. Ukuran fillet ayamnya besar-besar, kerasa banget bumbu teriyakinya dan manis.

Chicken egg rollnya juga enak apalagi kalau dicocolin ke saus sambal, sayangnya cumin 2pcs. Hehehe. Saladnya nih favorit banget, terdiri dari wortel dan kol yang diiris tidak terlalu halus dan tidak besar juga, cocok sekali saat makan dicampur dengan mayonaise khas Hokben. Penasaran deh sama mayonaisenya pakai merk apa ya? Hihihi, enak banget sih, bikin ketagihan.

Chicken Katsu

Tak Hanya Menu Lezat, Hokben Juga Tawarkan Kehangatan
Chicken Katsu
Selalu penasaran dengan Chicken Katsu Hokben yang rasanya lembut dan enak. Saya pernah coba bikin dan rasanya enggak banget, hahaha. Chicken Katsu adalah dada ayam tanpa tulang berlapis tepung roti dan bumbu khas HokBen. Potongan dagingnya tebal dan rasanya gurih. Balutan tepungnya juga tidak terlalu tebal, juara deh pokoknya.

Kekayaan Intelektual Hokben Grup

Teman-teman sudah tahu belum kalau Hokben telah mendaftarkan 382 merek atas nama PT. Eka Bogainti. Jadi kalau ada makanan diluar Hokben yang mengatasnamakan resto ini jangan percaya ya, harusnya sih nggak boleh ya.

Beberapa merek yang telah terdaftar adalah HOKA HOKA BENTO; OBENTO; HOKBEN; BENTO XPRESS; HHB; BENTO STATION; HOKA HOKA; TARO DAN HANAKO; EKKADO; KIDZU BENTO; TORI NO TEBA; BENTO XPRESS; HOKBEN DELIVERY 500-505; , dan lainnya. Jadi kalau ada yang pakai merek tersebut bisa dituntut tuh sama Hokben.

Hokben juga sudah memperoleh sertifikat system jaminan halal lho, jadi nggak perlu khawatir lagi soal kehalalan menunya ya. Dijamin halal semua deh.

Tak Hanya Menu Lezat, Hokben Juga Tawarkan Kehangatan
Hokben menerima sertifikat halal
For your information, Hokben juga telah meluncurkan Hocafe sejak tahu 2012 yang menyediakan aneka minuman seperti coffee, hot chocolate, smoothies, dan lainnya. Jadi bukan makanan melulu, yang pengin ngopi santai juga bisa.

Buat teman-teman yang pengin tahu menu apa saja yang ada di hokben bisa kepoin somednya:
Twitter : @hokben
Instagram : hokben_id
Facebook : hoka hoka bento
Web: www.hokben.co.id

Atau teman-teman yang di Malang bisa mampir ke Hokben Soehat di Jl.Soekarno Hatta

Sumber:
wikipedia
www.hokben.co.id
materi blogger gathering bersama Hokben

15 comments :

  1. wah, nyaman kayaknya nih tempatnya kak...
    ^_^

    ReplyDelete
  2. Wah ternyata HokBen sudah lama ada yah..

    ReplyDelete
  3. Wow, ternyata ada banyak filosofi juga ya di HokBen dan itu perkembangannya bener2 step by step, berproses hingga menjamur seperti sekarang. Btw kalau menu favoritku beef teriyaki sama salad, endeus

    ReplyDelete
  4. Mba, aku tuh oenggemar hokben, secara delivery terus karena deket banget sama rumah ku hehehe.. emang hokben enak, terutama nasinya

    ReplyDelete
  5. Paling suka dengan saladnya HokBen sensasi rasanya beda dengan salad lainnya. Sayang di tempatku jauh dari HokBen meski menempuh perjalanan kurang lebih satu jam menuju HokBen.

    ReplyDelete
  6. Saya baru tau kalo hokben itu punya orang indonesia, yampun selama ini makan kemana aja saya 😂. Pantesan makanannya pas sama lidah orang indonesia. Makasih infonya mba, bikin laper mau pesen hokben hehe

    ReplyDelete
  7. Paling sering ke Hokben saya dibanding ke resto yang lain, Mbak..karena ini resto cepat saji yang terdekat gerainya dari rumah hihihi..anak-anak juga suka. Wah, baru tahu kalau ternyata patternnya ada artinya..keren!

    ReplyDelete
  8. Hokben selalu menjadi solusi saat traveling bersama anak. Kalau tidak mendapatkan tempat makan yang pas, larinya langsung ke Hokben

    ReplyDelete
  9. Jam rawan laper liat makanan tuh bawaannya pengen delivery order. Sayang, disini gak ada hokben. Huaaaa... tanggung jawab mba!🤣🤣

    ReplyDelete
  10. Hokben ini idola banget buat anak-anakku. Apalagi yg kidzu bento hehe mantafff

    ReplyDelete
  11. Salah satu tempat makan favorit saya dan anak-anak ini, Mbak. Saya suka dengan yakiniku dan sukiyaki-nya.

    ReplyDelete
  12. Dulu wkt anak2 msh kecil sampai sma, tiap bulan kydu ke hokben...makannya variatif & ada sayurannya jg

    ReplyDelete
  13. Aih ... Aku kok baru tahu sejarah dan cerita di balik HokBen ini. Padahal anak-anak penggemar beratnya, lho. Bagus banget nih, Mbak. Ceritanya aku ceritakan ulang sama anak-anak, ah ...

    ReplyDelete
  14. Keren ya HokBen berani me rebranding namanya Karena memperhatikan pelanggan. .. memang sekarang makin familiar rasanya. Inget-inget dulu jaman tahun 2006 di Surabaya pertama ngerasain HokBen menunya seperti masakan rumahan, kyk semur daging,, enak.. kemasannya Japanese dengan salad sayurnya. Info lengkap makin melekat, terimakasih😊 salam kenal mbak..

    ReplyDelete