Wednesday, September 19, 2018

Solusi Wajah Berminyak Dan Kering

Sabun Cair Wajah Pria- Hai-hai… Kali ini saya ingin sedikit membahas masalah pria ya. Biar nggak curhatan emak-emak melulu. Hehehe. Setiap pria mempunyai masalah kulit wajah seperti kulit berminyak dan kering. Seperti suami saya yang nggak pernah mengeluh tapi juga nggak bisa bohong karena dia nggak pakai topeng, hehehe.

Masalah ini membuat suami saya merasa kurang percaya diri dan ingin segera membebaskan wajahnya dari minyak yang berlebihan dan mengatasi kulit wajah yang kering. Untuk mengatasi hal ini – seperti kebanyakan para pria, suami saya memilih menggunakan sabun cuci muka sebagai solusi untuk wajah yang kering dan berminyak. Selain untuk mengatasi masalah kulit berminyak dan kulit kering, sabun cuci muka juga berfungsi untuk menghilangkan komedo dan bekas jerawat.



Sabun cuci muka bahkan bisa digunakan untuk mencerahkan kulit wajah agar tidak terlihat kusam. Untuk itu, tak ada salahnya jika para pria memilih untuk menggunakan sabun cuci muka untuk mengatasi masalah kulit wajah mereka.

Ada beberapa hal yang bikin saya gemes pada suami, yaitu dia masih sering abai terhadap kebersihan. Padahal nih dalam mencuci wajah kita harus memperhatikan cara mencuci muka yang benar yaitu dengan cara berikut.

Cuci Tangan Terlebih Dahulu

Mencuci tangan terlebih dahulu sebelum mencuci muka dapat menghindarkan kotoran yang akan ikut menempel ke muka. Karena tangan kita adalah organ tubuh yang paling sering bersentuhan dengan benda. Lha jika teman-teman nggak mencuci tangan sebelum mencuci muka maka wajah akan menjadi sarang kuman.

Gunakan Air Hangat untuk Cuci Muka

Setelah saya baca dari berbagai sumber, sebenarnya tidak benar jika air hangat dapat membuka pori-pori. Namun, membersihkan muka dengan air hangat dapat lebih cepat mengangkat kotoran dan minyak berlebih. Adapun air hangatnya tidak boleh terlalu panas karena malah akan memecah pembuluh darah, yang tepat adalah mencuci wajah dengan air hangat kuku.

Memilih Sabun yang Sesuai dengan Jenis Kulit Wajah

Sabun muka ada beberapa jenis, oleh karenanya harus disesuaikan dengan jenis kulit pengguna. Salah memilih sabun muka dapat membuat muka semakin berminyak atau lebih kering. Kalau tidak tahu pasti jenis kulit wajah sih mending pergi ke klinik kesehatan dan berkonsultasi dengan dokter kulit.

Tidak Terlalu Sering Mencuci Muka.

Benarkah mencuci wajah terlalu sering dapat merusak kulit wajah? Benar sekali, apalagi jika kulitnya kering dan berminyak. Banyak sekali cowok-cowok yang sering mencuci wajahnya kalau kotor, atau bahkan tidak mencucinya sama sekali (seperti suami saya, hehehe).

***

Balik ke sabun cuci muka yee...

Sabun cuci muka juga berfungsi untuk membantu kita mengatasi masalah wajah. Ada beberapa jenis sabun cuci muka yang perlu teman-teman ketahui, antara lain cleansing bar, facial foam, facial scrub, krim perbersih, dan toner. Berhubung suami saya malas banget milih-milih produk, tugas saya donk memilihkan yang terbaik untuknya. Sabun cuci muka itu ada dua jenis, untuk  jenis kulit sensitif dan untuk jenis kulit kombinasi.

Mengapa harus memilih sesuai jenis kulit? Karena setiap jenis kulit wajah memerlukan nutrisi yang berbeda. Misalnya, jenis kulit berminyak dan kulit kering mempunyai perbedaan dalam kebutuhan nutrisi. Kesalahan dalam menggunakan sabun cuci muka yang tidak sesuai dengan jenis kulit akan berakibat fatal seperti peradangan kulit.

Hal ini justru tidak diinginkan oleh semua pria karena para pria menginginkan wajah yang cerah bebas dari masalah kulit berminyak, berjerawat, maupun kulit kering. Para pria harus mampu menjaga kesehatan kulit wajah dengan mempelajari masalah wajah yang dialami dan segera untuk mengatasinya.

Untuk itu saya merekomendasikan kepada suami saya untuk menggunakan sabun cuci muka yang cocok untuk wajahnya. Seperti sabun cuci muka Nivea Men yang jenis-jenisnya bisa dilihat di situs https://www.niveamen.co.id/panduan-perawatan-kulit/tubuh/Local/id/grooming-Indonesia/cara-mengatasi-keringat-berlebih-apa-pilihanmu. Kebetulan sekali wajah suami saya kering dan berminyak. Kalau teman-teman juga memiliki kulit wajah yang jenisnya sama kayak suami saya, bisa coba nivea men tuh.

Nah itu dia sedikit curhatan tentang suami yang malas sekali cuci muka. Semoga beberapa tips yang menyertainya bisa bermanfaat untuk teman-teman.

Terima kasih. Saya tunggu sharingnya di komentar ya, pembersih wajah apa yang biasa teman-teman gunakan?

14 comments :

  1. kebetulan wajahku sekarang berminyak lebih dan berjerawat, pakai ini deh, siapa tau cocok

    ReplyDelete
  2. Suamiku dulunya pakek ini juga Mbak. Lha sekarang kok malah sabun mandi, beuh, gagal paham aku.

    ReplyDelete
  3. Kulit muka suami juga kering berminyak, wah boleh di coba neh biar muka pak suami ikut cerah juga hihi

    ReplyDelete
  4. Kering berminyak berarti kombinasi ya mb Eni? Biasanya di daerah T yang berminyak. Makasih tips cara mencuci wajah buat suami. Umumnya memang bapak2 gak mau ribet ya mb hehe...

    ReplyDelete
  5. mukaku berjerawat. bener banget nih tipsnya. Boleh dicoba nanti hihi. Makasih ya bun.

    ReplyDelete
  6. Wah Bunda perhatian sekali sampai tahu cara membersihkan muka untuk suami. Kalau suami saya tipe wajahnya berminyak jadi aja gampang jerawatan

    ReplyDelete
  7. Sy coba saran ke suami tuk pakai sabun nivea man

    ReplyDelete
  8. Suami saya tipe wajah berminyak, tapi ya gitu suka males pake sabun khusus wajah

    ReplyDelete
  9. Baru tau nih ttg penggunaan air hngat saat cuci muka.. nice sharing mba n thank's

    ReplyDelete
  10. Air hangat waktu cuci muka bagus manfaatnya. Noted, Mbak...nanti kubisikin ke suami :)

    ReplyDelete
  11. Jujur aku jarang merhatiin paksu pake produk apa hahaha. Biasanya kalau nggak Bio** ya pakek ini. Tapi entahlah sekarang pakek apa. #istripayah wkwkwk

    ReplyDelete
  12. Suamiku pake sabun biasa mbak, katanya malas pake macam macam

    ReplyDelete
  13. Dulu juga sya muka berminyak Alhamdulilah udah nemu produk cocok

    ReplyDelete
  14. Aku tak punya suami. Mesti dicobakan ke siapa ya Nivea men-nya? 😅


    Tapi setuju banget bahwa menjaga kebersihan kulit termasuk kulit wajah itu penting banget. Kulit wajah bersih, sehat, enak dilihat, Mbak Eni makin cinta deeeh hihihi ...

    ReplyDelete