Friday, November 02, 2018

Pepes Pindang atau Ikan Kembung, Mana yang Kamu Suka?

Pepes merupakan istilah untuk mengolah bahan makanan yang dibantu dengan daun pisang dengan bumbu yang diproses dengan cara dibungkus dan disemat. Bagi saya yang kurang pandai memasak, membuat pepes adalah hal yang tidak mudah karena agak ribet. Tapi suami saya yang lahirnya di Ambon suka sekali dengan ikan, kalau dimasakin pepes hampir selalu nambah deh makannya.

Contoh makanan yang biasanya saya masak menggunakan teknik pengolahan ini yakni pepes pindang dan pepes ikan kembung. Kedua makanan ini memiliki cita dan rasa yang berbeda. Nah, bagaimana perbedaan dari kedua makanan khas Indonesia ini? Apa yang membuat kedua makanan ini unik? Simak ulasan di bawah ini.
Pepes Pindang atau Ikan Kembung, Mana yang Kamu Suka?


Pepes Ikan Pindang

Siapa sih yang tidak mengenal ikan pindang? Ikan yang sedikit asin tapi gurih setelah digoreng ini sangat cocok untuk diolah menjadi pepes. Pepes ikan pindang sesuai dengan karakter lidah masyarakat Indonesia yang suka makanan asin. Pengolahan ikan yang ditaburi garam dan diberi bumbu spesial ini cukup mudah sehingga banyak orang yang menjadikan makanan ini sebagai menu favorit mereka, termasuk saya dan suami. Selain itu, bagaimana review mengenai resep masakan pepes ikan pindang? Berikut ini penjelasannya.

1. Cita Rasa Masakan yang Cenderung Sedikit  Asin

 
Saya sih tidak terlalu suka asin, juga jaga-jaga agar anggota keluarga tidak terlalu banyak makan asin yang katanya bisa menyebabkan darah tinggai. Oleh karena itu saat mengolah ikan pindang yang cenderung sedikit asin, saya rendam dulu di air hingga rasa asinnya berkurang. Setelah itu baru saya goreng. Dengan begitu rasa asinnya sesuai dengan lidah saya dan keluarga. Nah, untuk teman-teman yang memang suka makanan asin, cocok sekali nih memasak ikan pindang apalagi untuk di pepes.

2. Bahan Resep Pepes Ikan Pindang

Mungkin, bagi teman-teman yang sudah tahu resep pepes ikan,mengolah pepes ikan pindang tentulah menjadi suatu hal yang mudah. Tapi, kalaupun belum pernah bikin juga tidak serumit yang dibayangkan kok. Bahan dalam pembuatan pepes ikan pindang ini yakni daun kemangi, belimbing sayur, batang serai, daun pisang, daun salam, dan beberapa bumbu penyedap lain sangat mudah didapat.

3. Varian Masakan Pepes Ikan Pindang
 
Pepes ikan pindang sebenarnya divariasikan menjadi beberapa masakan. Jadi agar teman-teman tidak bosan dengan resep yang itu- itu saja, teman-teman dapat mencoba teknik masak pepes ikan pindang seperti pepes pindang spesial, pepes pindang tongkol, pepes pindang kemangi, pepes pindang ikan sarden, dan resep lainnya. Menurut survei, varian rasa yang paling banyak disukai orang masyarakat Indonesia adalah pepes ikan pindang kemangi.

Pepes Ikan Kembung

Selain pepes ikan pindang, ternyata Ikan kembung juga terkenal dengan varian masakan sebagai pepes ikan. Bagaimana review mengenai pepes ikan kembung ini?

1. Kandungan Protein yang Tinggi

Dibandingkan dengan pepes ikan pindang, pepes ikan kembung memiliki protein yang lebih tinggi. Hal ini dikarenakan kandungan protein yang terdapat pada ikan kembung memanglah sudah tinggi. Jadi, penggunaan teknik masak pepes ini ialah suatu inovasi yang tepat untuk menjaga kandungan protein tersebut.

2. Bahan Resep Pepes Ikan Kembung

Resep pepes ikan kembung juga sangat mudah dan hanya memerlukan bahan- bahan seperti serai, daun kemangi, air asam jawa, minyak goreng, daun pisang, cabai rawit, daun salam, dan bumbu- bumbu penyedap lainnya. Bumbu- bumbu tersebut sangatlah berguna untuk menambah dan mengkombinasi rasa yang akan dihasilkan dalam pepes ikan kembung ya teman-teman.

3. Varian Masakan Pepes Ikan Kembung
 
Pepes ikan kembung bisa divariasikan menjadi beberapa juga, seperti pepes ikan kembung pedas, pepes ikan kembung khas Surabaya, pepes ikan kembung kemangi, pepes ikan kembung asap, dan resep lainnya. Dari banyaknya resep tersebut, varian masakan yang paling banyak peminatnya adalah pepes ikan kembung pedas. Hal ini membuktikan resep pepes ikan kembung memanglah lebih nikmat dan lezat apabila didominasi oleh faktor pedas.

Begitulah pembahasan mengenai perbedaan resep pepes pindang dan pepes ikan kembung yang menarik. Mana yang lebih teman-teman sukai? Kedua resep di atas memiliki cita rasa dan keunggulan di masakan masing- masing. Jadi tidak ada salahnya apabila kalian memasak kedua resep di atas sebagai menu utama secara bersamaan.

Reference:
1.    https://kayaresep.blogspot.com/2016/01/cara-membuat-pepes-ikan-pindang-kemangi.html
2.    https://colouringindonesia.com/pepes-ikan-kembung-mudah-dan-nagih/
3.    https://id.wikipedia.org/wiki/Pepes

0 comments :

Post a Comment