Museum Satwa, Rekomendasi Tempat Liburan yang Bikin Cerdas


Liburan memang telah usai, tapi Kak Sasa masih juga menagih janji saya untuk berlibur ke Museum Satwa di Jatim Park 2. Ya, Kak Sasa sih nggak salah karena memang saya sudah berjanji jika ada rezeki lebih akan mengajaknya ke Museum Satwa. Kebetulan saat libur sekolah saya masih harus merawat mama yang sakit sehingga liburan pun tertunda.

It’s okey, berlibur ke Museum Satwa akhirnya saya jadwalkan setelah kakak masuk sekolah yang kebetulan mama dirawat kembali oleh kakak di Surabaya. Beberapa hari sebelum berangkat ke Museum Satwa, kakak dan adik nih ribut banget menanyakan ini dan itu. Rupanya mereka sangat senang karena memang hampir setahun kami tidak mengunjungi tempat wisata.

Kenapa harus ke Museum Satwa? Bukan Eco Green Park atau Predator Fun Park aja. Itu sih tujuan wisata berikutnya ya, hehehe. Semoga ada rezeki lebih sehingga bisa mengunjungi kedua tempat wisata itu lagi.

Denger-denger nih, beli tiket masuk ke tempat wisata lebih murah lewat traveloka. Saya pun mencobanya dan benar saja, lebih murah. Yeay… *emakirit


Setelah booking tiket lewat aplikasi traveloka, di Jatim Park 2 saya melihat ada booth traveloka yang tak jauh dari loket pembelian tiket Jatim Park 2. Saking senangnya saya lupa mengambil gambar saat penukaran e-tiket dengan tiket masuk yang asli. Jadi Cuma saya ambil gambar boothnya ada deh, hehehe.

Museum Satwa Bikin Cerdas

Setelah menukarkan e-tiket yang saya beli di traveloka, kami pun memasuki museum satwa. Eh sebelumnya Kak Sasa minta foto di depan museum. Baru deh masuk dan tiketnya (berupa gelang anti air) dipasangkan oleh penjaganya.

Langsung deh kakak adik yang hampir setahun nggak berlibur ini berlarian dan tampak terkesima melihat pemandangan yang luar biasa. “Wah ada burung, ada hewan, ada sangkar besaaar!” Teriak si Adek yang bikin saya gemes.

“Bun, foto dong disini!” kata kakak sambil duduk di bangku yang dikelilingi replica burung. Wah, senangnya bukan main deh. Liburan yang tertunda nih ya ceritanya, hahahah.



Jadi, setelah melewati pintu masuk Museum Satwa pengunjung akan disuguhi sangkar raksasa yang berisi aneka burung unik. Namanya juga museum ya jadi semua hewan yang ada di tempat ini adalah replica dan juga hewan yang diawetkan. Hewan apa aja ada deh kayaknya. Hehehe… Oiya, Museum Satwa di Jatim Park 2 ini adalah museum satwa terbesar di Indonesia lho.

Kenapa sih saya bilang kalau Museum Satwa adalah rekomendasi tempat liburan yang bikin cerdas? Ya karena tidak hanya hiburan yang akan teman-teman dapatkan tapi juga edukasi untuk anak-anak dan orang dewasa. Secara otomatis pengunjung akan belajar tentang satwa-satwa yang telah diawetkan maupun yang berbentuk replika.

Meskipun nggak ada tour guidenya, semua hewan yang dipamerkan ada keterangannya kok. Selain itu kalian bisa menikmati hal-hal berikut di Museum Satwa.

Lukisan3D 

Lukisan 3D di Museum Satwa
Ada beberapa lukisan 3D (tiga dimensi) yang unik dan menarik di Museum Satwa. Cocok nih buat teman-teman yang ingin mempercantik sosmednya dengan konten yang menarik. 

Insectarium

Insectarium di Museum Satwa
Ingin tahu jenis-jenis serangga dari seluruh penjuru dunia? Masuk ada deh ke insectarium di Museum Satwa. Di sini saya melihat koleksi serangga yang beraneka macam, saya jadi tahu jika serangga itu banyak macamnya. Anak-anak terkagum-kagum lho melihat serangga secara langsung gini, nggak Cuma di buku. Mulai dari kupu-kupu, serangga hutan, laba-laba, dan masih banyak lagi.

Diorama Hewan

 

Diorama adalah miniature tiga dimensi untuk menggambarkan suatu pemandangan. Nah, di Museum Satwa ada juga diorama hewan-hewan dari berbagai negara. Sebagian besar diorama hewan berada di dalam etalase kaca yang besar. Ya, coba kalau nggak ada etalasenya pasti nggak akan bertahan lama karena rusak oleh tangan-tangan jahil pengunjung ya, hehehe.

Fosil Hewan Purba 

Kalau biasanya anak-anak hanya bisa melihat fosil hewan purba melalui ensiklopedia, di Museum Satwa mereka bisa melihat secara langsung dan berfoto bersamanya. Ada kerangka Tyranoshaurus Rex yang berukuran besar juga lho. Pencahayaannya keren banget, membuat kerangka tersebut seolah jadi pusat perhatian.

Mayapada Show

Dulu, saat si sulung masih berusia lima tahun belum ada nih pertunjukan musical. Sekarang, di Museum Satwa ada pertunjukan musical berjudul Mayapada Show. Menceritakan pentingnya menjaga alam termasuk hutan sebagai paru-paru dunia. Nah, show berbentuk drama musical dengan kostum yang menarik ini diadakan setiap hari pada pukul 11.00, 13.00, dan 15.00.

Fasilitas Cukup Lengkap

Untuk menngelilingi Museum Satwa di Jatim Park 2 ini teman-teman hanya perlu menyediakan waktu kurang lebih 3,5 jam (sudah termasuk foto-foto dan menonton Mayapada Show). Tapi ini dalam kondisi weekday ya, suasana tidak terlalu ramai. Kalau weekend biasanya ramai sekali dan untuk foto harus bergantian.

Karena rutenya tidak terlalu jauh maka tidak disediakan e-bike (kayak di Secreet Zoo), tapi jangan khawatir karena ada beberapa bangku yang bisa diduduku saat capek. Saking menariknya, dijamin nggak bakalan kerasa deh kalau Lelah. Hahaha.

Terus… terus… ada fasilitas apa aja sih yang bisa digunakan pengunjung?

Toilet

Fasilitas pertama yang sangat penting (khususnya buat saya, hahaha) adalah toilet. Gratis sih, tapi kalau kalian mau nyumbang buat kebersihan juga disediakan kotak amal kok. Sekali lagi karena rutenya nggak terlalu jauh, toilet hanya ada di dekat musholla aja. Ya, kira-kira setelah satu jam perjalanan laah (jalan santai sambil foto-foto ya).

Saran saya, sebelum masuk Museum Satwa pastikan kalian tidak sedang kebelet ya (BAK ataupun BAB) sehingga bisa menikmati pemandangan dengan baik tanpa rasa khawatir (akan ngompol, hehehe *sorry).

Warung Desa


Lapar saat jalan-jalan di Museum Satwa? Tenang, ada Warung Desa yang bisa kamu hampiri untuk membeli makanan atau camilan sekedar mengganjal perut lapar. Aneka minuman untuk menuntaskan dahaga juga ada.

Musholla 

Sehappy apapun, luangkan waktu untuk beribadah yes (khususnya yang muslim nih). Nah, ada musholla untuk sholat di dalam Museum Satwa. Letaknya udah saya jelaskan ya, dekat toilet. Oiya, saran aja nih buat kalian yang beli tiket terusan ke Secreet Zoo juga, dan masuknya jam 10.00 WIB, lebih baik sholat dhuhur dulu aja agar bisa menikmati wahana di Secret Zoo dengan lebih tenang.

Harga Tiket

Berdasarkan informasi yang saya baca dari web jtp.id berikut harga tiket masuk ke Museum Satwa yang berhasil saya rangkum. (update: 13 Januari 2019).

Jenis Tiket
Weekend
Weekday
Regular Jatim park 2
(Museum Satwa+Secret Zoo)
Rp. 120.000
Diskon 30% dari harga weekend
Terusan
(Jatim Park 2 + Eco Green park)
Rp. 150.000
Diskon 30% dari harga weekend
Paket Sakti (2 hari)/Supersakti (3hari)
Jatim Park 1, Jatim Park 2, Eco Green park, Predator Fun Park, Museum Tubuh, Museum Angkut, BNS

Sakti (Rp. 375.000)
Supersakti (Rp. 450.000)
-

Nah, kalau saya kemarin ke Jatim Park 2 beli tiket di Traveloka dan dapat potongan. Yeayy.. #emakirit

Kalian juga bisa coba lho!

Lokasi Museum Satwa

Nah, itu dia wahana, fasilitas, dan tiket yang ada di Museum Satwa. Lalu, dimanakah letaknya? Tepat sekali jika teman-teman menjawab ada di Jatim park 2, hahaha. Kalau alamatnya ada di Jl. Oro-oro Ombo No.9 Kota Wisata Batu – Jawa Timur – Indonesia.

Untuk menuju ke tempat ini kalian bisa menggunakan kendaraan pribadi, ojol (ojek online), ataupun naik kendaraan umum seperti angkot dan bus. Oiya, jika naik bus atau travel kalian bisa klik di sini ya untuk cek harga tiketnya.


Belajar tidak melulu harus duduk di dalam kelas, mengunjungi Museum Satwa juga salah satu bentuk belajar secara langsung. Jadi, Museum Satwa ini cocok sekali dikunjungi oleh anak-anak mulai TK hingga mahasiswa, laki-laki maupun perempuan, bahkan kakek-nenek pun cocok lho berkunjung ke Museum Satwa.

Gimana? Tertarik untuk mengunjungi Museum Satwa? Atau teman-teman punya rekomendasi tempat wisata yang bikin cerdas lainnya? Yuk, sharing di kolom kometar.

Post a Comment

24 Comments

  1. MasyaAllah mantep banget liburannya bund, pengen juga pergi ke sini

    ReplyDelete
  2. Pengen ke siniii. Masih jadi wacana nih ke Jatim park padahal mupeng udah lama. Traveloka mah nomor satu yaa kalau soal liburan

    ReplyDelete
  3. Selalu TAKJUB bin kagum kalo lihat destinasi di Jatim Park. SEMUANYAAAAA aku demen.
    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  4. Nah tempat libur begini nih penting bagi anak. Anak saya termasuk senang sekali kao dibawa ke tempat kayak museum. Bisa lihat langsung isi museum menambah wawasan banget.

    ReplyDelete
  5. Seru yah kak, aku pernah ksni nemenin ponakan yg msh SD hehe

    ReplyDelete
  6. wah tempat yg bagus nih utk ajak si kecil liburan

    ReplyDelete
  7. Pernah ke tempat ini, tempatnya asik banget buat anak2, tapi sayang dulu saya tidak mengajak serta anak lanang.

    ReplyDelete
  8. Aku sudah ke Eco Green Park Mbak..Tspi, belum ke Museum Satwa ini.
    Menarik sekali ya Mbak..dan untuk tiket termasuh murah dibandingkan Jakarta, kalau theme park begini sudah 200 ribuan minimal tiketnya.
    Oh ya, itu lukisan 3D nya keren, berasa beneran ajaaa:)

    ReplyDelete
  9. Wah recommended banget. Bener2 jadi list destinasi aku nih ke malang. Mudah2an beneran jadi nih taun ini ke Malang. Batu dan jatim park udah jadi wisata yang wajib dikunjungi. Boleh dong mbak ntar recommen hotel murah disana plus sekalian kopdar hehe

    ReplyDelete
  10. Aku salah satu orangtua yang mewajibkan berkunjung ke museum saat kami ada di kota-kota baru. Memang sih, sarana belajar dan bermain yang efektif banget. Meskipun orangtua (ini aku siiih) biasanya lelah banget karena anak-anak banyaaak bertanya ini itu tentang yang mereka lihat. Tapi bagus dong, ya, menambah bekal pengetahuan. Duh, Malang. Kapan ya bisa kesana bersama keluarga?

    ReplyDelete
  11. Yang lukisan 3D kaya sungguhan ya maaak, kereen. Btw bedanya lumayan juga harga tiket weekend sama weekdays.

    ReplyDelete
  12. luas banget ini mah. lebaran tahun lalu abis pulkam main ke malang, kebetulan ada saudara disana. Masyaallah, luasnya. Seneng sih meski badan rontok pegel-pegel wkwk. Tapi belum puas karena hujan, tahun ini agustus ada nikahan saudara di malang, kesana lagi apa ya, biar puas hehe ~

    ReplyDelete
  13. Wah aku bookmark dulu deh mba, pengen banget ke Malang someday. Jadi bisa dijadiin referensi mau ke mana aja hehe.. thks ya

    ReplyDelete
  14. Mau mba...aku tertarik ajak anak2 ke Museum Satwa. Sayang masih berat di ongkos. Btw, aku juga setuju jadi emak harus cerdas a.k.a irit

    ReplyDelete
  15. Cocok buat anak berlibur sambil belajar, dan ... berswafoto.

    ReplyDelete
  16. Seru ya bun, ngajak anak anak liburan sambil memberi edukasi seperti ini. Kalo di jakarta ini lebih mirip ragunan kali ya bun

    ReplyDelete
  17. aku pernah mengunjungi jatim park. Lokasinya luas. dan isinya juga oke. cocok untuk rekreasi dan edukasi.

    ReplyDelete
  18. Saya belum jadi2 ke sono, Mbak. Maunya pas weekday aja. Kalo weekend, fiuhh. Batu tau sendiri lah sekarang. Kendalanya sih misua susah cutinya, hiks. Sabar dulu. Tapi infonya ttg traveloka boleh juga. Bisa tambah irit lagi dong, ya. Weekday + traveloka = emak irit, hehe

    ReplyDelete
  19. Aduh, makin kepengen deh ke Jatim Park 2. Tempat wisata di Malang ini makin bagus saja.

    ReplyDelete
  20. Akhirnya ke JP 2 juga ya mba. Klu anak2 dulu bareng TK mb rombongan rame2. Secara wajib ikut. Masing2 JP punya khas masing2, smg disegerakan ke wisata lainnya...Aamiin...

    ReplyDelete
  21. Terakhir ke sana tahun 2014 kalo nggak salah, belum ada 3D studionya.
    Jadi pingin ke sana lagi euy.

    ReplyDelete
  22. Duh saya kudet banget baru tahu kalau bisa beli tiket masuk tempat wisata via traveloka 😂 btw, museum satwa sekarang makin banyak isinya ya. Saya terakhr kesana tahun 2012 apa 2013 gitu. Tiket masuknya waktu itu masih murah 😆

    ReplyDelete
  23. seru nih kalo ajak anak ke sini

    ReplyDelete