Minggu, Januari 22, 2017

Ada Apa Dengan Komunitas Blogger Malang Citizen?

 Launching Malang Citizen

Belum lama ini saya bergabung dengan komunitas blogger di Malang Raya, Malang Citizen. Komunitas yang berfungsi sebagai media informasi dan komunikasi bagi para blogger yang pernah tinggal, sedang tinggal, maupun yang punya kenangan tentang Kota Malang Raya ini diketua oleh mbak Anisa (blogger asal Kepanjen). Komunitas Malang Citizen launching pada tanggal 18 Desember 2016 lalu. Wah, masih berumur sebulan ya. Tapi jangan salah, bagaikan bayi ajaib, komunitas Malang Citizen telah beberapa kali menerima orderan untuk mereview tempat wisata, lauching produk, makanan, atau kafe di Malang Raya. Hebat bukan?

Bisa bergabung dengan komunitas hebat seperti MalangCitizen, memiliki banyak keuntungan. Berikut lima keuntungan yang bisa saya dapatkan.

1. Menambah Teman dan Saudara
Percaya nggak? Bergabung di komunitas blogger Malang Citizen, ternyata dapat menambah daftar teman dan saudara, khususnya dalam jaringan blogger. Saya yang cenderung tinggal di Wajak, Kabupaten Malang, tidak memiliki teman dari berbagai daerah di Malang Raya. Alhamdulillah setelah bergabung di komunitas ini, saya kenal dengan blogger dari Pakis, Tumpang, Kepanjen, Sawojajar, Sukun, dll. Menarik bukan? Meskipun pada saat menulis artikel ini saya belum pernah kopdar, namun saya sudah merasakan manfaatnya. Melalui Grup WA yang dimiliki oleh komunitas blogger ini kami bisa berkomunikasi tanpa batas jarak dan waktu.

Ada sedikit penyesalan, kenapa baru sekarang saya bisa bergabung dengan komunitas blogger. Padahal sudah lama saya suka menulis dan punya blog. Karena tidak ikut komunitas saya jarang mengisi blog karena kurangnya manfaat yang saya rasakan. Tapi daripada tidak sama sekali lebih baik terlambat, bukan? Tapi sekarang? Pengennya nulis terus (kalau lagi nggak males, hihi).

Baca juga: Meraup Dollar Bersama @JoeraganArtikel

3. Menambah Ilmu dan Pengetahuan
Ngobrol sana sini dengan anggota blogger di Malang Citizen, tak dapat dipungkiri menambah ilmu pengetahuan yang banyak sekali. Meskipun sudah lama saya punya blog, bukan berarti saya tidak kudet. Ya kamu benar! Saya kurang update tentang informasi per-bloger-an. Ternyata banyak istilah yang belum saya ketahui. Seperti, link dofoll, Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA), Domain, TDL, BW (Blog Walking), dan masih banyak lagi. Selain itu melalui komunitas ini saya juga mendapatkan ilmu seputar dunia blogging yang semakin hari akan berkembang.

2. Meningkatkan Pengunjung Blog
Tanpa disadari, bergabung dengan komunitas blogger MalangCitizen dapat meningkatkan pengunjung blog kita. Bagaimana tidak? Kita bisa promosi  blog melalui grup WA saat ngobrol, ataupun share link blog kita di grup facebook yang dimiliki MalangCitizen. Dengan begitu akan banyak yang berkunjung ke blog kita, naik deh trafficnya. Manfaat ini harus kita gunakan dengan maksimal, sayang sekali kan kalau ikutan grup tapi blog nggak diurus dengan baik.

Banyaknya aktivitas yang dilakukan oleh komunitas menuntut anggotanya menulis review pasca kegiatan. Bahkan hukumnya wajib dan merupakan suatu aturan yang harus dipatuhi anggota Malang Citizen. Dengan bagitu blog kita nggak ada alasan nganggur karena nggak ada bahan untuk ditulis.

Wah, kayaknya bloger pemula, kudu gabung di komunitas Malang Citizen deh! Biar makin joss blognya. Saya aja baru tahu kalau blogger itu harus sering BW alias blog walking. Hadeehh …. Pantesan blog saya sepi, ternyata saya kurang BW atau mengunjungi blog lain. Buat kamu yang baru punya blog, jangan lupa ikut komunitas blogger, trus sering-sering BW ya biar meningkat tuh pengunjung blog kamu.



4. Meningkatkan Motivasi
Hal yang langsung kerasa saat bergabung di komunitas MalangCitizen adalah motivasi saya meningkat dalam hal blogging. Motivasi menulis saya juga ikutan naik lho, karena dunia blogging dan menulis bagaikan saudara kembar. Kalau nggak mau nulis, mana bisa jadi blogger? Betul nggak?

Membaca blog para anggota dan saling berbagi tips dapat meningkatkan motivasi untuk menjadi lebih baik saat menulis dan mengisi blog. Karena ada kalanya kita bosan dan jenuh saat blogging, blog kita terasa datar dan nggak ada yang komentar, huuh … serasa pengen mengakhiri hidup, eh, mengakhiri blog aja. *curcoldikit

Setelah gabung dengan Malang Citizen, bosan dan jenuh hilang, yang ada tiap hari termotivasi untuk mengisi blog dengan tulisan yang lebih berkualitas. Pengen? Gabung yuk di komunitas Malang Citizen.

Baca juga: 5 Alasan Nonton Film Hadirkan Ide Kreatif

5. Traveling dan Acara Gratis
Dari semua manfaat yang saya suka adalah bisa jalan-jalan gratis dan mengikuti acara (launching, promo produk, dll) secara gratis. Kalaupun bayar, bisa lebih murah atau semakin terjangkau dengan kantong emak-emak (biasa, saya tipe emak-emak hemat). Mana ada sih yang gak suka diajak jalan-jalan gratis? Terutama emak-emak adventure yang suka berpetualang. Hehehe
Keceriaan Komunitas Blogger Malanc Citizen saat Traveling ke Coban Rondo
(foto by: Ihwan Harianto)
Meskipun (saat menulis artikel ini) saya belum pernah sekalipun ikut travelingnya, heuheu. Tapi saya bisa melihat dan merasakan, saat teman-teman Malang Citizen berbagi photo dan pengalaman ketika jalan-jalan, seru dan bikin mupeng (muka pengen?). 

8 komentar :

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus