Rabu, Mei 24, 2017

5 Usaha Dadakan yang Sering Muncul Saat Ramadhan


Ramadhan tinggal menghitung hari. Semua umat muslim suka cita menyambut datangnya bulan penuh ampunan ini. Bukan cuma sebagai ajang mempererat silaturahmi, meningkatkan ibadah, dan juga bulan berbagi dengan sesama, tapi juga bulan yang dapat dimanfaatkan untuk mendulang rupiah.
Bagaimana tidak, beberapa usaha dadakan muncul meramaikan bulan suci Ramadhan. Berikut 5 usaha dadakan yang sering muncul saat Ramadhan (versi saya).

1. Petasan

5 usaha dadakan saat Ramadhan
Petasan yang selalu ada saat Ramadhan


Petasan sering terdengar saat Ramadhan tiba, bahkan beberapa hari sebelum bulan suci ini hadir. Bagaikan telah menjadi tradisi tahunan, suara petasan yang meriah dapat disaksikan dimana-mana mulai dari pelosok desa hingga kota-kota besar. Meskipun sebagian orang menganggap kebiasaan menyalakan petasan hanyalah sebagai sikap gembira atau syukur, tapi sebagian yang lain merasa terganggu dan menganggap petasan adalah sarana menghamburkan uang.
Petasan adalah usaha dadakan yang muncul saat Ramadhan, bahkan beberapa hari sebelum bulan suci ini hadir sudah banyak pedagang yang memajang petasan di depan kios, seolah acuh dengan peraturan yang melarang jual beli petasan saat Ramadhan di karenakan selalu saja ada korban akibat benda tersebut.

2. Katering

5 usaha dadakan saat Ramadhan
Usaha Katering Cocok untuk Usaha saat Ramadhan


Ramadhan identik dengan menyiapkan menu berbuka dan sahur. Kalau tinggal di rumah sih enak bisa masak sendiri, menu apa aja bisa dimasak. Nah untuk anak kos atau yang jauh dari orang tua atau pasangan pastinya bingung dong mau sahur dimana? Peluang nih menjadikan catering sebagai usaha dadakan yang muncul saat Ramadhan. Biasanya saat buka puasa warung-warung ramai banget. Anak kos yang rajin ngerjakan tugas pasti malas tuh berdesak-desakan, buang-buang waktu katanya. Atau pas waktunya sahur, malas keluarcari makanan, mending katering aja!

Baca juga: Jurus Jitu Jika Balita Mogok Makan

3. Pasar Ramadhan

5 usaha dadakan saat Ramadhan
Add caption

Jangan takut kalah dengan takjil gratis yang dibagikan dijalan atau dimasjid ya. Masih banyak kok yang nyari orang jual takjil atau menu berbuka saat Ramadhan. Saya contohnya, selain mampir ke masjid untuk nyicipin takjil (hihihi…ketahuan deh), saya juga suka berburu takjil di pasar Ramadhan yang menjadi salah satu usaha dadakan saat Ramadhan tiba. Beuuuh, jenis makanan apa aja ada, tumpah ruah deh pokoknya. Meskipun kadang pasar Ramadhan hanya ramai semingg uatau dua minggu saja, tapi lumayan dijadikan usaha sampingan.

Baca Juga:  Gadged Aman untuk Anak

4. Kios Buah

5 usaha dadakan saat Ramadhan
Kios buah dadakan yang sering muncul saat Ramadhan


Buah memang pas digunakan sebagai menu berbuka, baik dimakan langsung atau dibuat campuran es buah, es campur, es jus, dan lainnya. Saat Ramadhan kamu akan menjumpai kios buah sebagai usaha dadakan yang mucul saat Ramadhan. Meskipun biasanya kios tersebut akan terus jualan hingga batas yang tak ditentukan, tapi Ramadhan ada moment yang pas untuk memulai usaha ini.

5. Pakaian

5 usaha dadakan saat Ramadhan
Add caption

Usaha pakaian juga kerap muncul saat bulan suci Ramadhan menyapa. Meskipun peningkatan jumlah pembeli di toko pakaian biasanya berlangsung menjelang Idul Fitri. Entah apa yang menyebabkan masyarakat Indonesia antusias sekali memperbarui pakaiannya saat Ramadhan berakhir. Iya, saya tahu tidak semua orang seperti itu. Tapi kebanyakan kan gitu, beli baju baru saat Ramadhan meski lagu “Baju Baru” selalu berkumandang setiap tahun, gak ada efeknya. Mereka juga tahu harga pakaian setelah lebaran lebih murah. Tapi mall dan toko pakaian selalu berjubel saat malam takbir. Hehehe

Kira-kira usaha apa lagi yang mendadak muncul saat Ramadhan tiba? Share yuk di kolom komentar!

20 komentar :

  1. Hihihi petasaaaann, aku paling sedih, huhuhuhu..

    BalasHapus
  2. makin getol jualan jilbab kalau saya jelang ramadhan hihi

    BalasHapus
  3. aku pernah jualan takjil...alhamdulillah laris maniss hehehe...sekarang mau jualan lagi kok rasanya ribet ya...ribet sama anak-anak hhehehe

    BalasHapus
  4. Tak tambahin mbak, jualan kue kering :D

    BalasHapus
  5. Berkah ramadan...peluang nambah rejeki. Tapi aku takut petasan :(

    BalasHapus
  6. kalo ditempat saya pasti banyak yang jadi pengepul koran bekas, soalnya pas tarawih & solat idul fitri banyak koran bekas sisa alas duduk bertebaran hehehe

    BalasHapus
  7. emang kalo udah jualan es atau kue di bln puasa laris bgt

    BalasHapus
  8. iya, banyak yg buka usaha dadakan di bulan suci ini
    kindly visit my blog --> bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
  9. Pasar Ramadan yang biasanya aku tunggu2. Kalau pasar pakaian nggak terlalu. Enakan beli makanan dari pada baju baru hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak ya mbak gak perlu masak kalau tiap hari ke pasar rhamadhan

      Hapus
  10. Teman-teman di fesbuk sudah pada mulai open order macam-macam. Mulai dari cokelat, kue basah, kacang-kacang, kue kering sampe baju lebaran 😄

    BalasHapus
  11. Haha iya betul mbak..
    Bulan puasa emang bulan penuh berkah
    Kayanya mau jualan apa saja insya Allah laris yah kalo pas bulan ramadhan :)

    BalasHapus
  12. Alhamdulillah Ramadhan membawa banyak berkah untuk semuanya, bahkan yang tidak melaksanakan puasa sekalipun. TRus Mbak Eny mau buka usaha apa neh?

    BalasHapus
  13. Kalau petasan, aku kadang sedih nya kalau lihat yang jual padahal masih kecil juga. Takut aja. Banyak kan kejadian anak-anak main petasan kurang hati-hati lalu luka. Aku juga sering ngelarisin sih, tapi beli nya kembang api. Nggak pernah beli petasan. Takut. Hihihi.

    BalasHapus
  14. Pasar ramadhan paling rame nih..aq juga kalau malas masak pasti ksna

    BalasHapus
  15. Jadi inget pernah jualan takjil di depan kamphs pas kuliah. Kadang seharian laku. Kadang laku sedikit teus dibagikan ke temen2 sendiri. Seru sih. Hehehe

    BalasHapus
  16. Aih iya petasan ini yang bikin kadang menganggu karena bunyinya yang pletak pletok ngagetin :(

    BalasHapus
  17. Satu lagi Mba, jasa tukar duit. Biasanya menjelang lebaran. Huehe

    BalasHapus