Jumat, Juni 23, 2017

7 Menu Takjil Buka Puasa yang Sederhana tapi Nikmat


7 Menu Takjil Buka Puasa yang Sederhana tapi Nikmat - Takjil adalah salah satu makanan paling laris saat Ramadhan. Makanan kecil sebagai pembatal puasa sebelum menyantap makanan berat ini banyak dijual di Pasar Ramadhan. Bahkan hampir tiap keluarga sedia takjil selama bulan puasa, cuma setahun sekali aja kok. Saya sih nggak akan bahas takjil yang ada di beberapa daerah ataupun takjil unik yang banyak dijual di Pasar Ramadhan. Saya ingin membahas takjil buka puasa yang sederhana tapi nikmat (meskipun nikmat itu relatif), dan inilah hasil survey kecil-kecilan saya kepada komunitas blogger Malang Citizen.

Baca juga: Bukber Bareng Komunitas Malang Citizen

1. Kolak atau Kolek

Adalah makanan asli Indonesia yang biasanya disantap sebelum makanan berat. Menu kolak memang sering menjadi pilihan sebagai takjil saat berbuka puasa. Selain manis, kolak juga bikin perut kenyang. Bahkan antara percaya nggak percaya ada teman saya yang setiap hari menu takjilnya kolak. Apa nggak bosan ya? Katanya sih semua anggota keluarganya doyan karena kolaknya bervariasi.

Memang jenis kolak ada bermacam-macam, seperti kolak pisang, kolak biji salak, kolak ketan hitam, kolak singkong, kolak durian, kolak mutiara, kolak ubi, dan masih banyak lagi. Kalau saya tidak terlalu suka, tapi suami saya doyan banget. Pak suami sering mencampur kolak dengan nasi ketan atau roti tawar. Namanya juga suka, katanya sih enak banget apalagi kalau ditambah durian. Maknyuss...

2. Kurma

 

Identik dengan rasa manis, kurma selalu diburu saat bulan Ramadhan tiba. Meskipun kurma selalu ada kapanpun dan dimanapun (oh ya?). Maksud saya nggak terlalu sulit mencari buah kurma, apalagi sekarang jaman sudah canggih dan toko online betebaran dimana-mana (ya nggak?). Usut punya usut kurma mengandung karbohidrat kompleks yang dicerna tubuh secara bertahap. Kurma juga sering dijadikan takjil saat berbuka puasa.

Baca juga: Pasar Ramadhan, Sarana Wisata Kuliner di Bulan Penuh Berkah

Untuk saat ini kurma tidak hanya dapat dimakan langsung, tapi sudah banyak yang membuat aneka makanan yang dimodifikasi dari buah kurma. Seperti mochi kurma, es kurma, jus kurma, dan masih banyak lagi. Buah kurma hampir tak pernah absen sebagai menu takjil yang sederhana namun nikmat.

3. Es Buah

Setelah menjalani puasa sehari penuh biasanya teman-teman suka makanan yang manis dan segar. Es buah bisa menjadi alternatif takjil dan penghilang dahaga yang dapat dinikmati sebelum sholat mahrib. Biasanya es buah tidak hanya berisi buah tapi juga diberi pelengkap tape, ketan hitam, dan kolang-kaling. Es buah juga banyak variasinya sekarang, ada sop buah, es teler, es jus, dan es campur yang bahan dasarnya buah.

4. Jelly atau Agar-agar

Teman-teman pasti familiar dengan rasa jelly atau agar-agar yang kenyal tapi lembut dan biasanya digunakan sebagai pencuci mulut. Diolah biasa saja, sebagai puding, dikreasikan dengan es,  jelly atau agar-agar tetap saja nikmat digunakan sebagai takjil buka puasa yang sederhana.

5. Es Cincau Blewah

Entah kenapa es cincau plus blewah yang diserut itu rasanya sederhana tapi seger banget. Cocok sekali untuk takjil. FYI, saat bukber bareng di rumah teman saya hampir selalu menemukan es cincau blewah. Apalagi ditambah syrup rasa cocopandan, kata suami saya enak banget buatan istri, hihihi. Istri mana yang nggak mau dipuji? Nah, coba deh bikin es cincau blewah buat takjil, siapa tahu dapat pujian dari suami 😂😂 Caranya cukup mudah kok, cincau hitam dipotong kotak-kotak kecil, blewah diserut, tambahin air dan gula/syrup cocopandan. Setelah gula larut tambahkan es batu. Jadi deh... Es cincau blewah takjil sederhana tapi nikmat.

6. Air Putih

"Takjilku cukup air putih saja, diminum sambil liatin wajah istri yang manis." Hahay...  Begitulah komentar beberapa teman tentang takjil buka puasa yang sederhana tapi nikmat. Air putih juga takjil favorit saya yang memang harus banyak minum air putih jika tidak ingin ambeien kumat. Hasilnya saat buka puasa saya lebih memilih segelas air putih hangat. Takjil yang lain hanya berani saya cicipi, takut BB naik juga sih, 😅😅 Bagi saya air putih tuh bisa mencegah makan berlebih dan mencegah konstipasi. Kalau perlu ditambah kurma, kadang sudah kenyang dan nggak pakai makan berat. 😀😀

Baca juga:  Menu Sahur ala Food Combining

7. Buah segar

Ini takjil paling sederhana dan sehat menurut saya. Selain mudah dicerna, buah-buahan segar mengandung banyak vitamin yang tentunya sangat ideal sebagai menu takjil yang nikmat. Tidak perlu dimasak, jadi nggak ribet. Buah segar sangat cocok mengisi perut yang kosong setelah seharian puasa, sehingga tidak muncul rasa begah. Kalau bisa sih tidak ditambah gula karena buah segar sudah mengandung gula, pilih buah yang manis jika perlu.

Itulah 7 Menu Takjil Buka Puasa yang Sederhana tapi Nikmat menurut beberapa teman dari Malang Citizen. Apapun takjil yang dikonsumsi, kalau terlalu banyak tidak baik untuk tubuh. Sebaiknya makan secukupnya. Jadi ingat kata-kata dari blog teman, godaan terbesar orang berpuasa adalah saat berbuka. Hahaha... Bener nggak? Kalau kamu, apa takjil favoritmu?

0 komentar :

Posting Komentar