Jumat, Juni 02, 2017

Jangan Menjadi Pembeli yang Tertipu saat Belanja Online

Apa sih yang tidak bisa kamu lihat di internet? Hampir semua informasi bisa kita peroleh dengan sangat mudah. Mau lihat yang buruk sampai yang baik-baik semua ada di internet. Mencari panduan untuk apa aja pasti ada, kadang ngeri juga ya bayanginnya. Tapi tergantung orangnya juga sih, internet juga bisa kok memudahkanmu melakukan beberapa kegiatan. Belanja online misalnya, jadi gak perlu berdesak-desakan seperti di emol atau pasar. Etapi jika kamu belum pernah belanja online, hati-hati karena tidak sedikit orang yang tertipu saat belanja online. Jangan menjadi pembeli yang tertipu saat belanja online, intip yuk tipsnya.


1. Hanya Belanja pada Platform Penyedia Belanja Online yang Terpercaya

Pastikan kamu hanya belanja online melalui platform penyedia belanja online terpercaya. Jangan pernah ragu untuk melakukan penelitian kecil tentang situs belanja online, jika perlu setiap kali akan bertransaksi baca dulu ulasan dari konsumen. Pastikan toko online tersebut bereputasi baik, konsumen adalah sumber terpercaya untuk mengetahui penjual terpercaya. Salah satu toko online terpercaya yang dapat kamu kunjungi adalah Zalora yang menyediakan berbagai macam kebutuhan, koleksi fashion dan hijabnya juga bermacam-macam. Eh jadi gagal fokus deh, abisnya kalau Ramadhan gini banyak yang nyari baju baru sih. LOL.


3. Pilih yang Lengkap

Carilah situs belanja online yang memiliki kategori lengkap. Jika melalui satu situs kamu bisa belanja macam-macam barang, why not? Misalnya situs tersebut menyediakan alat olahraga, kecantikan, fashion, otomotif, dan juga peralatan rumah tangga. Pokoknya apa aja ada. Malah kamu bisa lebih hemat kuota internet karena tidak perlu membuka situs lain.

Baca juga:Ngeblog Bikin Hidup Lebih Hidup

4. Menawarkan Banyak Kemudahan

Konsumen mana yang tidak ingin kemudahan saat berbelanja? Pastikan situs belanja online yang kamu pilih menawarkan banyak kelebihan. Misalnya dengan melakukan Cash on Delivered (COD) yang akan memudahkan kamu saat butuh barang tapi kamunya sedang berada di jalan karena macet, di kampus, atau di kantor. COD juga pas buat kamu yang khawatir dengan pembayaran online melalui kartu debit atau kredit. Jangan lupa juga untuk memilih situs belanja online dengan website friendly interface user (sehingga belanja lebih mudah dan tidak membingungkan), lebih bagus lagi jika mudah diakses dari manapun, baik PC, telepon genggam ataupun tablet.

Baca juga: Menu Sahur ala Food Combining

5. Lindungi Informasi Personalmu

Saat harus melakukan transaksi saat belanja online, bisa jadi kamu akan diminta mengisi biodata personal. Nah, hati-hati untuk mengisikannya. Pastikan hanya mengisi biodata jika kamu benar-benar yakin dengan situs belanja online tersebut, untuk meminimalisir cyber crime. Banyak lho penggunaan identitas orang lain untuk melakukan kejahatan, ih serem kaan?

5. Memilih Situs Belanja Online yang Memakai Rekening Bersama

Meskipun harus ada biaya tambahan, penggunaan rekening bersama saat belanja online sangatlah penting. Rekening bersama adalah sistem pembayaran pada jual beli online yang memanfaatkan pihak ketiga (yaitu situs belanja online tersebut). Jadi di situs tersebut berbagai macam barang dagangan digelar oleh bermacam-macam orang pula. Nah, pembayaran tidak langsung kepada penjual melainkan ke penyedia rekening bersama. Selain lebih aman, jika tidak puas barang bisa dikembalikan, kamu bisa mendapatkan penjual yang lebih terpercaya.
 
Baca juga: Ada Apa dengan Komunitas Blogger Malang Citizen

6. Cek Update Produk Terakhir

Cek juga kapan terakhir kali situs belanja online mengupdate barang dagangannya. Temukan koleksi fashion dan barang terbaik lain di situs belanja online yang memang memajang produk terbaru. Jika tidak, berarti situs tersebut gak laku dong ya? Buktinya, barangnya itu-itu terus nggak update, LOL.

7. Pikirkan Baik-baik

Setelah kamu mencoba enam tips belanja online yang aman dan hemat saat lebaran, yang terakhir jangan terburu-buru. Pikirkan baik-baik, tidak hanya seribu kali tapi juga sejuta kali sebelum kamu menentukan akan belanja di sebuah situs belanja online. Saran saya sih jangan pernah malas jalan ke toko dan melihat secara langsung barang yang akan kamu beli. Tapi jika ingin (banget) belanja online lebih baik kamu pilih situs yang sudah kamu kenal, (lebih baik lagi) jika itu temanmu. Siapa tahu dapat potongan harga yang lebih. Hemat, bukan?

Kalau kamu? Pernah kah menjadi pembeli yang tertipu saat belanja online? Share yuuk!!

18 komentar :

  1. Aku juga suka belanja online mbak. Memang harus milih2 penyedia yang terpercaya sih. Yg jg menyediakan garansi dan komplain jika barang tidak sesuai dgn pesanan. Kadang malah harga di toko online lbh murah daripada di toko biasa. Hehe

    BalasHapus
  2. Akupun kalau belanja online gak berani sembarang. Setidaknya situs belanja online sudah terkenal dan testimoni penggunannya real dn bagus.

    BalasHapus
  3. Aku sempat ketipu waktu belanja online dulu mbak. Nggak bikin kapok sih..
    Tapi setelah itu jadi lebih hati-hati belanja online. Selain ke 7 tips tadi, sebelum memutuskan beli aku selalu lihat review / testimonial dari pembelinya. Kalau bagus, yakin deh belanja disitu hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener, mesti waspada dan belanja Online yang memang sudah terpercaya seperti zalora.

      Makasih tipsnya bunda,mari belanja buat lebaran nyok!

      Hapus
  4. Sejauh ini alhamdulillah belum dan jangan sampai ah...

    BalasHapus
  5. jaman sekarang masih banyak lo bun OL2 yg nipu
    apalagi dengan iming2 diskon yg selangit
    jadi tetep harus waspada ya

    BalasHapus
  6. Setuju, jangan sembarangan belanja online sih. Aku aja terkadang masih suka takut, penipuan lah, takut barang yang di kirim gak sesuai dan sebagainya. Makannya aku suka cek marketplas yang cukup ternama dan itu juga harus cek juga yang jual sudah berapa lama.

    Untuk saat ini belum sempat beli lagi sih, karena belum ada yang mau dibeli. Tips ini bisa membantu temanku yang tadi bilangnya masih ragu mau belanja online teh :)

    Nice post :)

    BalasHapus
  7. Iya Mbak, saya juga kalau mau belanja online, tetap harus ekstra hati-hati. Harus liat ulasan dari pembeli yang lain, biar yakin.

    BalasHapus
  8. Belanja online emang kudu hati-hati agar ga sampai tertipu, Alhamdulillah aku wes beberapa kali belanja online selama ini aman-aman saja. makasih sharingnya ya Mbak.

    BalasHapus
  9. heeeemmmm...., asik nih kayaknya belanja online disini.

    BalasHapus
  10. Belanja online itu memang memudahkan banget deh. Keputusan ada di ujung jari. Tapi ya memang harus hati-hati juga milih sellernya

    Saya pernah kecewa saat belanja online, barangnya gak sesuai gambar tapi ya jadi pelajaran aja deh, seller lain banyak yang lebih terpercaya :)

    BalasHapus
  11. Kalau belanja online lebih milih di teman sendiri atau kalau barangnya mahal di e-commerce yg ada jaminan perlindungan buat pembeli :D
    Btw thx tipsnya :)

    BalasHapus
  12. gara2 dapet voucher aku jadi ketagihan beli via online. takut sih ketipu tapi lebih takut lagi kalo kepikiran barang itu gr2 g jd beli wkkwkwkw

    BalasHapus
  13. kalau udh blnja online hars lbih berhati2

    BalasHapus
  14. yang namanya transaksi lewat dunia maya, bagaimanapun harus tetap waspada.. saya sendiri lebih suka di bukalapak..

    BalasHapus
  15. Sistim rekber ini malah bikin aku aman BUn.

    BalasHapus
  16. Iya bunda saya masih trauma belanja online. Soalnya kualitas barang yg datang dg permintaan bedaaa

    BalasHapus
  17. Alhamdulillah. Selama ini belanja online selalu aman. Udah refleks ngikutin tips di atas

    BalasHapus