Thursday, June 22, 2017

Bukber Bareng Komunitas Blogger Malang Citizen


Salah satu tradisi unik yang ada tiap Ramadhan adalah bukber (buka bersama) yang selalu seru karena bisa menjadi ajang berkumpul bersama teman lama ataupun keluarga. Acara bukber yang selalu saya tunggu akhirnya datang juga. Kali ini saya bukber bareng teman-teman dari komunitas blogger Malang Citizen. Setelah lebih dari dua minggu lamanya kami merencanakan acara bukber bareng (tapi selalu gagal), akhirnya terlaksana juga di Morse Cafe, depan stasiun kota baru,Malang.

Baca juga: Pasar Ramadhan, Wisata Kuliner di Bulan Penuh Berkah



For me, it's first time bukber di cafe. Biasanya kalau gak di rumah teman ya di warung. Nah kalau tahun ini di cafe. Rasanya beda banget mulai dari harga hingga suasana, pastinya harga agak mahalan dikit daripada bukber bareng dirumah teman (grateeeesss gitu looh) atau warung yang harganya di bawah cafe. Tapi tak mengapa, setahun sekali dan juga moment kumpul bareng teman-teman MC yang jarang terjadi.

Baca juga: 5 Tips Puasa Bagi Ibu Hamil agar Tidak Tepar


Kebetulan sekali Morse Cafe tempatnya cozy dan enak buat nongkrong apalagi kumpul bareng keluarga. Saat itu banyak juga yang bukber bareng teman, anak, kekasih, dan teman-temannya. Harganya sih tidak terlalu mahal, yaa... standart cafe laah. Jadi pas lihat daftar menu gak terlalu shock 😁😁. Saya pesan makanan yang emang jarang saya makan. Ya iyalah, kalau sama aja dengan yang di rumah ya percuma makan diluar, hihihi (pendapat saya aja sih).

Baca juga: 5 Tips Ajarkan Anak Puasa Sehat Saat Ramadhan

 Sebelum buka puasa, banyak hal kami perbincangkan terutama hal yang berkaitan dengan blog (namanya juga komunitas blogger, hihihi). Ini yang saya suka, tiap ketemu ada saja hal bermanfaat yang didiskusikan. Seperti bagaimana cara menaikkan traffic blog, memaksimalkan blog dengan SEO, dan yang lain. Meskipun kami sharing secara santai dan tidak terlalu formal, tapi menyenangkan.

Alhamdulillah adzan maghrib berkumandang, pesanan yang tersedia di meja langsung dieksekusi setelah berdoa tentunya. Seperti biasa kami memesan makanan yang berbeda-beda, agar bisa saling mencicipi dan difoto 😀

Salad Buah pesanan mbak Sri
Nasi Uduk Goreng Pesanan MbakRia
Kalau Saya Pesan Mie Kuah Tom Yam dan Es Lemon Tea
Di awal tulisan tadi saya bilang kalau bukber bareng ini akhirnya terlaksana setelah lamaaaa direncanakan bahkan sejak sebelum Ramadhan, hehehe. Nah, saya punya tips nih supaya bukber bareng komunitas atau teman bisa terlaksana sesuai harapan.
  1. Ajak seluruh anggota/teman untuk ikut andil dalam merencanakan bukber, misalnya menentukan tempat, waktu, dan menu.
  2. Ambil satu keputusan final sesuai hasil musyawarah
  3. Jangan terlalu sayang pada pendapat teman yang ngeyel (bahasa indonesianya apa ya?), karena kalau nurutin teman yang ngeyel biasanya bukber tidak akan pernah terlaksana. 
  4. Namanya juga komunitas dengan banyak kepala, pasti akan terjadi perbedaan. It's oke, tinggal aja teman yang nggak setuju dengan hasil musyawarah (didoakan aja supaya dia terbuka hatinya dan nggak bikin onar, wkwkwkw... ekstrim)
  5. Segera laksanakan jika keputusan bukber sudah deal. Jika ada teman yang ijin atau nggak bisa ikut ya dimaklumin saja. Kalau hanya karena 2 atau 3 orang kita gagalkan maka bukber tak akan pernah terlaksana
  6. Alternatif terakir nih ya, seandainya semua perencanaan gagal terlaksana, maka langsung aja janjian dimana gitu untuk bukber. Bagi anggota atau teman yang tidak bisa hadir dipersilakan. Biasanya langsung pada datang dan ikutan bukber. Cuman ini alternatif aja ya, kalau bisa direncanakan dengan matang agar hasilnya memuaskan.
Itulah sekelumit cerita saya bukber bareng komunitas blogger Malang Citizen. Bagaimana? Puasa kurang dua hari lagi (sejak saya posting artikel ini), apakah teman-teman sudah bukber bareng kekasih, keluarga, atau teman lama? Kalau belum disegerakan gih 😃😃

 Semoga artikelnya bermanfaat, jangan lupa tinggalkan komentar ya 😄


12 comments :

  1. Waaahhh...., Mba eni rajin banget nulis yaaa.... :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mas,mumpung semangat,hehehe

      Delete
  2. pengen ikutaaannn. seru wehh seruuuu

    ReplyDelete
  3. Wah, bukber blogger di daerah intim, hangat, dan seru yaaa.

    ReplyDelete
  4. wah bener banget mbak,,kalo nurutin maunya maunya suka gak jadi-jadi ya, harus dipaksa dan diketok palu spy bukbernya tetep jalan :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk... jangan pake palu mbak, nanti gak jadi bukber masuk RS, hahaha

      Delete
  5. Alhamdulillah bisa bukber di Ramadhan 2017 ini.. indahnya kebersamaan bersama MC..

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga tahun depan bisaikutan semua. amiin

      Delete
  6. Asik nih kalau tetap kompak ya mba :)
    Nanti pas lebaran ada kumpul juga ya mba

    ReplyDelete
  7. Wkwkwk..mba Eni loh..tipsnya seyem 😂😂

    ReplyDelete