Senin, Juli 17, 2017

Kreasi Resep Ayam Panggang Bumbu Merah So Good

Kreasi Resep Ayam Panggang Bumbu Merah So Good - Kali ini saya ingin posting tentang makanan dan ini adalah pertama bagi saya. Sebenarnya ingin setiap kali masak difoto dan ditulis di blog. Tapi apa daya, rasa tidak pede diluar batas. Padahal setiap kali masak anak-anak selalu memuji masakan saya. Mereka selalu bilang, "Bunda, masakannya enak. Mau nambah lagi donk.". Lha tapi apa sih yang bikin saya nggak percaya diri untuk mempostingnya? Tak lain dan tak bukan adalah saya masih belum bisa menghasilkan gambar yang bagus, semacam blognya Mak Ivonie Zahra di aurabiru.com. Tiap kali liat postingan Mak Ivon tentang masakan selalu aja ngiler, hahaha.

Baca juga:  Ayam Suwir Baraci, Sensasi Pedas Menggugah Selera



Untuk postingan kali ini saya nekat aja deh, siapa tahu bikin ketagihan posting makanan. Saya awali dengan memasak makanan kesukaan si sulung, kreasi dari ayam potong. Biasanya dia suka sekali dengan ayam goreng, katanya sih karena itu makanan kesukaan upin & ipin. Halaah... Anak jaman sekarang suka banget meniru kartun idolanya yak. Tapi untungnya hanya ayam goreng, masaknya gampang. Coba kalau pizza? Hahaha... saya gak bisa masaknya (ssttt... jangan bilang bilang ya 😓😁)

Baca juga: Sensasi Keju Luar Biasa di Cheeseburry



Kali ini saya ingin membuat kreasi ayam potong tapi lain dari yang biasa si sulung makan. Dan ayam potongnya saya coba beli So Good. Pas lihat-lihat di swalayan, tak sengaja saya membaca So Good Ayam Potong. Saya pun langsung teringat si sulung yang besok sudah masuk sekolah dan saya harus masak cepat. Pasti lebih praktis nih kalau tanpa harus mencuci dan memotong ayamnya. Berasa nemu intan berlian. 😂😂. Soalnya saya terkenal lelet saat masak, meskipun bangun sebelum subuh tetap saja selesai masak jam enam lebih 😭😭. Padahal si sulung harus masuk setengah tujuh. Heuheu...

sumber: www.dapursogood.id/

Siapa sih yang nggak kenal So Good. Apalagi kalau membaca salah satu jargonnya, "So Good is Very Good" Hahaha... Berasa ngiklan... So Good hadir mewakili daging olahan dengan banyak varian, salah satunya nugget yang hampir setiap anak suka (sayapun awal tahu nugget ya So Good ini). Tapi ada varian baru dari So Good yaitu ayam potong, dan inilah hasil kreasi saya.

Ayam Panggang Bumbu Merah
Bahan:
1kg ayam potong SoGood
2 cm lengkuas
garam dan gula secukupnya
minyak untuk menumis
Bumbu Halus:
3 buah tomat merah besar
5 buah cabai merah
8 siung bawang putih
10 siung bawang merah
3 utuh kemiri
2 cm lengkuas
2 cm jahe


Cara Membuat :
  1. Masak ayam dalam air mendidih, angkat jika sudah cukup lunak (sesuai selera sih, biasanya saya panggang. Tapi si sulung lebih suka tekstur ayam yang direbus terlebih dahulu).
  2. Panaskan minyak secukupnya pada wajan, tumis bumbu halus hingga harum. 
  3. Tambahkan garam dan gula, aduk rata. Tuang sedikit air rebusan ayam dan rebus hingga mendidih (yang ini juga opsional, bisa pakai air biasa).
  4. Masukkan ayam potong satu per satu ke dalam wajan.Kecilkan api.
  5. Masak hingga bumbu meresap dan kuahnya menyusut. 
  6. Panggang ayam di atas wajan teflon. Biarkan sampai harum dan kecoklatan.
  7. Angkat dan sajikan.
Pasti pembaca bertanya-tanya, mengapa saya tidak melumuri ayam potong So Good dengan jeruk nipis? Iya, karena saat hendak memasak saya tidak mencium aroma amis pada ayam. Itu salah satu kelebihannya. Lalu kelebihan yang lain, apa?
  • Terdapat logo Halal MUI pada kemasan, jadi nggak ragu kehalalannya.
  • Praktis, tidak perlu memotong dan tinggal mengolah. Katanya sih nggak perlu dicuci, tapi udah kebiasaan dari sononya kalau masak selalu dicuci dulu, hehehe
  • Ayam tidak amis, makanya pas masak saya nggak melumuri ayam dengan air jeruk nipis dahulu. 
  • Ayam kesat dan bersih, juga tidak lengket satu sama lain.
  • Dagingnya tebal dan banyak
  • Pastinya kualitas ayam terbaik karena berasal dari peternakan modern sendiri milik Japfa.
Ternyata mudah ya memasak ayam panggang, apalagi jika pakai ayam potong So Good. Karena waktu terlalu berharga untuk setiap emak-emak yang punya krucil di rumah. Oiya, teman-teman sudah tahu dong ada lomba Kreasi Masak Ramadhan dan Idul Fitri di http://www.dapursogood.id/ buruan ikut, mumpung masih ada waktu nih dateline sampai tanggal 23 Juli 2017. Siapa tahu teman-teman sempat mengabadikan masakan saat Ramadhan atau Idul Fitri kemarin, ikutan aja lombanya. Lumayan loh dapat uang tunai.



17 komentar :

  1. Cocok nih buat yang males banget masak ayam kayak aku. Soalnya aku males buat bersihin ayam. Pingin yang bisa langsung digoreng. Praktis dan cepet. Ternyata ada juga produk ayam potong yang langsung bersih kayak gini.

    BalasHapus
  2. ahh lapeeer, menggoda atulah..
    masih ada sisa ga bun ayam panggangnya hihih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf teh, udah ludes. Mantap sih kata anak2...wkwkwk Pede

      Hapus
  3. Mbk, makasih banyak loh resepnya,
    Pngen nyobak,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk mbak, segera beli ayam so good.. hehe

      Hapus
  4. Wah, ada lombanya yang enggak jago masak jadi pengen nih ikut

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkw... toss dulu mbak naqii

      Hapus
  5. wah maaksih nih perlu dicoba , kebetulan nih lagi bingung masak apa

    BalasHapus
  6. Enak banget bumbu merah.
    Kalau di Kalimantan dimakannya sama nasi kuning :D

    BalasHapus
  7. hemmm, enaknya Bun.
    Aku belum pernah masak ayam panggang sendiri hehehe
    makasih bocoran resepnya lho bun

    BalasHapus
  8. hmm.. ayam panggangnya nampak menggiurkan..

    BalasHapus
  9. aku juga lebih suka ayam direbus dulu sebelum panggang. Kalau langsung dipanggang itu kesannya masih basah dan lembek

    BalasHapus
  10. yuhuu ngilerr liatnya dan keliatannya enak perlu dicoba... emang ayam so good ini udah enak ya mba jadi mau dikreasikan bagaimana pun jadi enak..

    BalasHapus
  11. Noted resepnya buat variasi masak per-ayam-an :D TFS bunda..

    BalasHapus
  12. Beneran jadi lapar nih lihat kreasi makanan ini, mba :)

    BalasHapus