Tuesday, August 08, 2017

Ada Apa di Eco Green Park?


Anda bingung menentukan tempat tujuan untuk field trip sekolah? Atau untuk menghabiskan weekend bersama keluarga?

Saat ini sudah banyak tempat wisata yang menyelipkan edukasi di tiap wahana yang disajikan. Selain bersifat rekreatif, pengunjung juga lebih menukai tempat wisata yang edukatif dan menyenangkan. Jika kebetulan Anda berada di Kota Batu, silahkan mampir ke Eco Green Park. Objek wisata bertaraf internasional ini cocok sekali untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga, tepatnya anak-anak. Juga sebagai tempat tujuan field trip Anda.

Di Eco Green Park, Anda akan menjumpai berbagai macam serangga dan unggas dari mancanegara, juga berbagai wahana yang mengusung tema budaya, alam, lingkungan, dan seni yang mendidik, menarik, dan inspiratif. Ada pula patung-patung seni yang terbuat dari barang daur ulang seperti robot transformer dari onderdil mobil, gajah dari monitor computer/tv bekas, kerbau dari potongan kayu bekas, hingga robot dari hape bekas. Keren deh pokoknya!

Pada brosur yang dapat diperoleh saat berada dipintu masuk, terdapat 35 wahana gratis yang dapat dinikmati pengunjung. Wow, apa saja ya? Yuk lanjut baca postingannya!

Insectarium




Di sini saya dan keluarga kecil dapat menikmati berbagai macam jenis serangga. Mengamati detil bentuknya dan bebas memotretnya untuk oleh-oleh dokumentasi. Di Insectarium anak-anak bisa tahu jika serangga bukan hanya kecoa dan kupu-kupu, ada ribuan jenis serangga lain yang hidup di ala mini. Nah, di sini mereka akan tahu juga daur hidup serangga melalui tv yang dipasang di beberapa sudut.

Walking Bird


foto bersama walking bird

di belakang saya ada burung onta

Jika teman-teman mengira semua burung itu selalu terbang, Anda salah. Tidak semua burung suka terbang. Di wahana walking bird, ada beberapa jenis burung yang hanya dapat berjalan di darat. Jadi jika Anda termasuk orang yang sering menjawab burung sebagai hewan yang terbang, silahkan diralat ya! Hihihi. Karena ternyata ada burung yang malas terbang, buktinya di Eco Green Park disediakan area terbuka untuk walking bird dan mereka tidak kabur. Kok bisa?

Plaza Music 


sumber: fsadam.wordpress.com

 Ajaib, airpun bisa mengeluarkan musik. Dengan beberapa peralatan yang disusun sedemikian rupa di tengah kolam hingga mengeluarkan bunyi-bunyian, membentuk alunan yang indah. Itulah yang ada di plaza musik. Pengunjung dapat menikmati camilan yang dibeli di kafe sambil duduk di pinggir kolam menikmati merdunya musik dari air. Anak-anak juga bisa bermain tembak-tembakan air yang ada di tengah kolam.

Jungle Adventure

sumber: jtp.id/ecogreenpark

sumber: dok. pribadi

Selanjutnya ada jungle adventure dimana pengunjung dapat berpetualang menyelamatkan hutan dan satwa dengan mengendarai electric car yang sangat menantang. Menariknya lagi pengunjung dibawa melintasi hutan sambil menembak patung pemburu. Seolah-olah kita adalah penjaga hutan yang dibekali senjata untuk menembak pembalak liar.

Peternakan

Senangnya bisa memberi makan sapi dan kambing di area ini. Selain mengenalkan anak pada hewan ternak seperti sapi, ayam, dan kambing sekaligus belajar cara membuat makanan ternak. 
dok.pribadi
memberi makan sapi
mengamati kawanan kambing yang berbau tak sedap
mempelajari pembuatan pakan ternak

Taman Biogas

Penasaran dengan proses pembuatan biogas? Teman-teman bisa berkunjung ke Taman Biogas. Ditempat ini kita dapat mempelajari tentang proses pembuatan biogas sampai dapat dimanfaatkan. Sejenak saya heran karena ternyata kotoran manusia juga bisa dimanfaatkan. Antara jijik dan takjub,hehehe. Kalau di wahana ini anak-anak tidak terlalu tertarik, tapi ayah yang sangat antusias.

dok. pribadi


World Pheasant


sumber: jtp.id/ecogreenpark

 Rumah Hidroponik

Penasaran juga dengan tanaman hidroponik? Di Eco green Park juga ada Rumah Hidroponik sebagai tempat pembelajaran cara budidaya strawberry dan jamur tiram. Mulai dari pembibitan hingga pengolahan. Oiya, bisa beli produk oleh-oleh juga lho. Ada gantungan kunci berbentuk strawberry, buah strawberry, hingga minuman dan makanan berbahan dasar jamur tiram dan strawberry

 
.


Perkebunan

Anak-anak nggak doyan sayur? Nah, cocok sekali jika diajakberkunjung ke Eco GreenPark. Siapa tahu setelah belajar mengenai cara berkebun dan mengenal jenis-jenis sayuran mereka bakalan antusias makan sayur. Amiin. Hehehe. Kalau kedua anak saya sih suka makan sayur, tapi kemarin pas ke Eco Green Park kebetulan kami tidak sempat stay di wahana perkebunan.



Pengolahan Sampah

Wahana selanjutnya adalah belajar mengolah sampah. Di tempat ini kita akan belajar tentang jenis-jenis sampah dan cara mengolahnya. Seperti cara pembuatan kompos dengan metode TAKAKURA, yaitu metode pembuatan kompos yang ditujukan untuk mendaurulang sampah dapur

di setiap sudut ada tempat sampah, masih mau buang sampah sembarangan?

Exotic Bird of Paradise

dok. pribadi

sumber: jtp.id/ecogreenpark

Bird Show

Rela deh nunggu bird show kalau ke Eco Green Park, abisnya seru melihat pertunjukan burung-burung terlatih. Berada di Amphitheater, bird show menampilkan burung-burung pemangsa (Bird of Prey), burung paruh bengkok (Parrots), ayam (Chickens), rangkong (Hornbills), dan unggas air (Water Fowls). Catat jam mainnya ya, setiap jam 12.30-13.00 WIB dan 15.30-16.00 WIB.

Owl World (Burung Hantu)

Eh di wahana ini ada burung hantu putih mirip Hedwig lho, itu tuh burung hantu salju punya Harry Potter. Saat dia menatap, ih serem.



Rumah terbalik


Water Outbound

Merasakan keseruan bermain air di atas berbagai rintangan dan gelas tumpah.
sumber: jtp.id/ecogreenpark


3D Photo Art

Menikmati serunya berfoto dengan gambar 3D, kayak beneran deh.

 

Pasar



Eco Journey

Mengenal Kehidupan Prasejarah hingga Modern, dimana lagi kalau bukan di Eco Journey? Kita bisa menjelajahi kehidupan prasejarah hingga kehidupan modern dengan menggunakan kereta. 


Science Center

Dome 3D

Itulah wahana yang ada di Eco Green Park, agar tidak tersesat saat berkeliling menikmatinya nih saya bagikan petanya.
sumber: jtp.id/ecogreenpark
Oke, selamat berlibur bersama keluarga. Jangan lupa mampir di Museum Satwa ya, dekat kok dengan Eco Green Park.

Eco Green Park
Peta Lokasi


Jl. Raya Oro-Oro Ombo No. 9
Kota Wisata Batu
Jawa Timur
Indonesia, 65314

(+62) 341 597777

Jam Buka
09.00-17.00 WIB

Tiket Masuk:
Rp 40.000 Weekday
Rp 60.000 Weekend

17 comments :

  1. Tempatnya keren ya mbak. Seger lagi dilihatnya.

    ReplyDelete
  2. wihhh informasi wisata baru di Malang nih.
    btw di Batu Malang ada banyak eco wisatanya ya mbak..
    Sepertinya klo bisa sampai sana lagi, kudu nyobain ke Eco Park Green ini, deh.. hheee
    TFS ya mbk

    ReplyDelete
  3. Malang makin banyak nih tempat wisata edukasi yang menarik buat anak ya mba. Aku ingin juga nih mengajak anak mengenal tentang peternakan ke anak :)

    ReplyDelete
  4. mupeeeng bener berkunjung ke kota batu ini tapi sampe sekarang belum kesampaian. di depok jg ada yg macam begini namun dalam skala kecil, d'kandang namanya

    ReplyDelete
  5. Keren banget! Aku belum pernah ke Eco Park. Hmmm bagusnya bawa anak kecil ke tempat ini. Ajak ponakan lagi ah main ke Batu.

    ReplyDelete
  6. Batu, Malang, jadi wishlist family traveling saya Mba. Suasananya adem dan cocok banget buat anak-anak ya, karena edukatif juga. Mudah2an bisa ke sana secepatnya :)

    ReplyDelete
  7. Aku pernah ke eco green park dan memang seruuu abisss mbaak !

    ReplyDelete
  8. Pengen ajak anak2 k Sana mba ,, noted bngt jd tmbh list u. travelling breng kelg

    ReplyDelete
  9. Aku sudah pernah ke Eco Green. Mirip2 dengan Jatim Park 2 ya mba, bisa lihat-lihat binatang.

    ReplyDelete
  10. Ya ampuuun..andaikan dekat sini. Tiket terjangkau, tempatnya lengkap dan menyenangkan ya,mb

    ReplyDelete
  11. Hemmm kalau jelas hijau hijau gini bukan green pramuka city kan ya hahaha #ups!

    ReplyDelete
  12. Wah lengkap banget ya mbak..puas deh kalo bawa anak-anak kesana, nambah pengalaman dan pengetahuan.

    ReplyDelete
  13. Kalau lihat sapi yang warnanya hitam putih (seperti di iklan-iklan susu itu) bawaannya pengen ketawa aja nih saya.

    Pengen banget lihat langsung euy T_T

    Di sini kan sapinya warna cokelat aja adanya. Huhuhuhu

    ReplyDelete
  14. wih,,, banyak wahana yang bisa dieksplor ya mbbak. cocok nih kalau ngajak keluarga. kalau sendirian kayak kurang pas hehe

    ReplyDelete
  15. Batu masih adem gak mbak?
    Makin banyak aja destinasi wisatanya.
    Tengktyu infonya, moga kapan2 bisa ke Batu lagi :D

    ReplyDelete
  16. Keren banget yaa... Malang sekarang ini.
    Bener-bener semua tempat, makanan dan kreativitasnya selalu dikembangkan...sehingga menjadi inovasi baru yang mengundang wisatawan.

    Saluutt...

    ReplyDelete
  17. Haiiii Mbak Eniiii..wah saya baru mau publish tulisan Eco Green Park nich..kebetulan baru dari sana juga hehe..seruu banget yaa, setwngah hari rasanya masih kurang..salam kenal yaa Mbak Eni

    ReplyDelete