Tuesday, March 06, 2018

Mengenal Lebih Dekat Joeragan Artikel


Mengenal Lebih Dekat Joeragan Artikel
Mengenal Lebih Dekat Joeragan Artikel - Udara masih terasa sejuk ketika saya menginjakkan kaki di Stasiun Kiaracondong Bandung. Penuh percaya diri saya turun dari kereta, meskipun dalam hati bingung cause it’s my first time.Yup, berangkat sendiri dari Malang dan menempuh perjalanan selama 15 jam, saya ingin mengenal lebih dekat Joeragan Artikel, langsung dari pendirinya, Sri Kuswayati atau yang terkenal dengan sebutan Ummi Aleyya.

Sembari menunggu Ummi Aleyya, saya duduk di kursi berjejer di depan loket pembelian tiket. Lima belas menit kemudian wanita mungil berkerudung pink menyap.
Mengenal Lebih Dekat Joeragan Artikel
Menunggu di Stasiun Kiaracondong
 “Bunda Eni, ya?”
“Teh Yeni!!” kata saya agak berteriak saking senangnya bertemu blogger Bandung yang selama ini hanya saya kenal lewat sosmed.

Setelah berpelukan, gadged saya bergetar dan menunjukkan pesan whatsapp dari Ummi yang menyatakan telah ada di stasiun sebelah selatan. Heuheu… saya dan Teh Yeni kebingungan. Beruntung ada penjaga yang berbaik hati menunjukkan kalau stasiun selatan ada di seberang.

Bertemu Juragan

Pertama kali bertemu Ummi, kami berpelukan seperti anak dan ibu yang lama tak jumpa. Hihihi… Ternyata tak hanya secara online, saat offline pun Ummi humble dan ceria. Selalu tersenyum dan nggak jaim untuk tertawa. Tahu nggak, awalnya saya pengen jaimdi depan Ummi, namanya juga baru kenal. 

Eh, ya Allah… Ummi sendiri nggak pakai jaim pada saya, cerita apa aja mulai dari keluarga, anak, suami, sampai-sampai kami makan batagor semangkok bertiga soalnya barusan sarapan. Hahaha

Kalau biasanya bertemu juragan itu kudu jaga sikap ya, ini mah udah kayak teman sebaya aja. Duh, asyik deh pokoknya. Teh Yeni juga begitu, orangnya ceria dan blak-blakan kalau cerita. Kami bertiga langsung akrab aja padahal baru pertama ketemu lho… Ternyata meskipun jarak memisahkan kehidupan kami tapi sosial media mendekatkan hati kami, eeaa…

Lahirnya Joeragan Artikel

Jika teman-teman berpikir bahwa belajar harus duduk manis di kelas dan membawa buku catatan, sepertinya sekarang sudah harus berubah. Apalagi yang belajar adalah emak-emak dengan segunung pekerjaan rumah tangga. Yakin, emak-emak bisa betah di kelas?

“Mengajak Emak Berpenghasilan dari Rumah” adalah jargon Joeragan Artikel, agen training online yang diusung oleh Ummi Aleyya. Melalui jargon tersebut, Ummi berharap Joeragan Artikel bisa membawa lebih banyak wanita bersinergi untuk berkarya dan berpenghasilan dari rumah.

Tujuan didirikan Joeragan Artikel adalah untuk meningkatkan kemampuan para ibu rumah tangga dalam menulis sehingga kedepan bisa berpenghasilan melalui kegiatan menulis.
Mengenal Lebih Dekat Joeragan Artikel
syukuran milad Joeragan Artikel di Indscript
Berlangsung di Kantor Indscript, Regol-Bandung, Jum’at (16/2) Joeragan Artikel mengadakan syukuran dua tahun berdirinya dengan mengundang beberapa anggota dan mentor. Acara ini juga dihadiri oleh Indari Mastuti, Founder Indscript Creative dan penulis buku. Ia berharap kegigihan, semangat, dan harapan Joeragan Artikel terus terpancar kepada seluruh perempuan Indonesia.

Baca juga: Gampang Bikin Artikel dan Jebol Media

Pada kesempatan tersebut Ummi bercerita tentang asal mula Joeragan Artikel lahir. Awalnya Ummi “nginthil” alias ngikut saja kemana Teh Indari (panggilan akrab Indari Mastuti). Yap, sebelum Joeragan Artikel ada, Indscript telah booming di kalangan emak-emak bahkan saya pun sudah kenal Indscript sebelum nyemplung di Joeragan Artikel.

Sebagai seorang single parent Ummi tidak pernah mengeluh, hal ini membuat Teh Iin bersimpati dan mengajak Ummi kerja sama. Kebetulan Teh Iin seorang penulis yang produktif dan Ummi siap belajar apa saja pada beliau. Kemampuan Ummi dalam bidang TI mengantarkan berpeluang untuk menghasilkan e-book yang bersumber dari tulisan Teh Indari.

Awalnya, Ummi hanya bisa menjual 12 e-book dalam seminggu. Di bulan pertama Ummi berhasil mengantongi keuntungan satu juta rupiah, hingga 5 juta perbulan.

Nah, di saat yang sama Indscript juga menerima jasa pembuatan artikel. Saya masih ingat pertama kali mengikuti training jebol media di Indscript. Pesanan yang melimpah membuat Teh Iin menyerahkan pesanan artikel kepada Ummi Aleyya dan membuat ibu dari empat anak ini membentuk sebuah grup kepenulisan bernama Joeragan Artikel.

Alumni Joeragan Artikel

Di Joeragan Artikel, emak-emak yang tergabung sebagai peserta dapat mengikuti berbagai macam pelatihan menulis di jejaring sosial facebook, seperti pelatihan menulis status cantik, menulis artikel, mengirim tulisan ke media, menulis resensi, dan lainnya. Meskipun jadwal telah ditentukan, peserta training tetap dapat mengakses materi pelatihan kapanpun dan dimanapun.

Baca juga: Pasukan Penyebar Semangat di Joeragan Artikel

Uniknya, setiap alumni pelatihan bisa bergabung dalam pasukan alumni yang dibentuk sebagai media untuk mempraktikkan ilmunya, seperti pasukan endorse yaitu alumni pelatihan status cantik yang sering mendapatkan pekerjaan untuk menulis status tentang sebuah produk di sosial media, yang biasanya disebut endorser.

Kegiatan pasukan alumni juga dikelola secara terorganisir untuk mengasah keterampilan mereka sehingga bisa berpenghasilan dan mandiri mencari pekerjaan secara online.
Jika Anda adalah emak-emak yang ingin meningkatkan skill menulis, berkomunitas dan berpenghasilan hanya dari rumah, bisa bergabung dengan Joeragan Artikel.

Sudahkah teman-teman bergabung dengan komunitas menulis dan berpenghasilan?

8 comments :

  1. Udaaah.....hehehe sayang saya ga bisa ikut milad ke 2 JA yg lalu.

    ReplyDelete
  2. aku juga senang banget bisa kenal dengan komunitas Joerangan Artikel. karena banyak ilmu yang saya dapat.

    dan sekarang saya sedang ikut training jebol media dan gampang bikin artikel

    ReplyDelete
  3. Sudaah...saya sudah bergabung di komunitas menulis dan bisa mendapatkan penghasilan. Di mana lagi kalau bukan di Joeragan Artikel.
    Alhamdulillah Ummi begitu humble dan mengajak perempuan lain supaya punya penghasilan sendiri. Barakallah untuk Ummi dan Joeragan Artikelnya...

    ReplyDelete
  4. Wah keren banget nih, emak emak bs ada kegiatan yang produktif tadi menghasilkan.

    ReplyDelete
  5. Senangnya ya bisa gabung di Joeragan Artikel, nambah teman dan ilmu dan sumber income yang menyenangkan

    ReplyDelete
  6. Saya ingat sekali, 2016 kecemplung Koeragan Artikel. Langsung suka dengan sikap Ummi yang begitu teduh mengayomi. Semoga Joeragan Artikel semakin jaya :)

    ReplyDelete
  7. aaah enaknya kalau ada support group seperti itu jadi nulisnya selalu semangat, euy. Disini belum ada mba, jadi saya jalan sendiri deh huhu

    ReplyDelete
  8. Sudah nyangkut di JA tetapi baru bersiap icip penghasilan mbak Eny... Doakan saya juga bisa seperti para senior yang bisa produktif dan berpenghasilan dari rumah! Sukses untuk mbak Eny!

    ReplyDelete