Friday, March 09, 2018

Naik Kereta Api Bisa Sebabkan Infeksi Saluran Kemih, Benarkah?


Infeksi saluran kemih (ISK) sering menjadi momok tersendiri bagi wanita. Bagaimana tidak? 5 dari sepuluh wanita pernah mengidap infeksi saluran kemih sehingga makhluk hawa ini rentan sekali terjangkit.

Ditandai dengan anyang-anyangan yang terasa nyeri pada kelamin, kebanyakan penyebab Infeksi Saluran Kemih adalah terjangkit bakteri Escherichia coli atau E. coli yang umumnya hidup di dalam saluran cerna.

Parahnya lagi, tidak hanya ibu hamil yang bisa terjangkit Infeksi Saluran Kemih lantaran saat mengandung biasanya ibu-ibu sering buang air kecil. Tapi juga perempuan aktif dan anak-anak yang kurang menjaga kebersihan alat kelamin.

Sebenarnya kebersihan kelamin bukanlah satu-satunya penyebab Infeksi Saluran Kemih, berikut ini beberapa penyebab ISK pada wanita.

  • Kebiasaan cebok yang kurang bersih
  • Infeksi bakteri dari keputihan yang menginfeksi kelamin hingga masuk ke saluran kemih
  • Kelainan pada saluran kemih yang dibawa sejak lahir
  • Menopause
  • Terlalu sering berhubungan sehingga mendorong bakteri yang ada disekitar liang kencing masuk ke dalam saluran kencing
  • Dan masih banyak lagi penyebab yang tidak mungkin saya sebutkan satu per satu.
sumber: uricran.co.id

Infeksi Saluran Kemih ditandai dengan anyang-anyangan dengan cirri-ciri sebagai berikut:
  • Sakit saat buang air kecil
  • Hasrat ingin buang air kecil lebih sering
  • Buang air kecil tapi tidak tuntas
  • Sakit perut bagian bawah
  • Air seni lebih keruh
  • Tubuh terasa mudah lelah

Nah, jika tidak ada ciri-ciri seperti yang telah saya sebutkan berarti hanya anyang-anyangan biasa atau mungkin masih terlalu dini. Bersyukur jika anyang-anyangan terdeteksi sedini mungkin sehingga peyakit Saluran Infeksi kemih dapat dihindari.

Lalu, Benarkah Naik Kereta Api bisa Terkena Infeksi Salurah Kemih?

Beberapa waktu lalu saya harus menempuh perjalanan selama 15 jam ke Bandung. Kereta api menjadi moda transportasi favorit karena tidak membuat saya mabuk. Saat berangkat ke Bandung saya naik kereta api ekonomi sedangkan saat balik ke Malang saya naik eksekutif.

Bukan karena saya ingin mencoba dua-duanya, bukaan! Lebih karena saya tidak kebagian tiket ekonomi untuk kembali ke Malang. Haish…

Tapi dengan begitu saya jadi tahu bedanya naik kereta api eksekutif. Bukan apa-apa sih, saat bepergian saya lebih memilih kereta ekonomi karena perbedaan harganya bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya. Sebenarnya kereta ekonomi pun cukup nyaman kok, apalagi jika pergi bersama keluarga.

Nah, perbedaan yang paling ngaruh buat saya hanya kamar mandi. Pada kereta api ekonomi kamar mandinya selalu beraroma menusuk hidung, beda dengan kereta ekonomi yang sering dibersihkan sehingga nggak sampai bau banget.

Jadilah saya menahan diri untuk nggak minum terlalu banyak sehingga jarang ke toilet. Hasilnya, setelah turun dari kereta api dan ke toilet, air seni saya berwarna keruh hampir cokelat. Huft, saya takut setengah mati.

Untung pernah nulis tentang Infeksi Saluran Kencing yang ditandai dengan anyang-anyangan dan sakit pada kemaluan. Sedangkan saya tidak mengalami dua tanda tersebut, Alhamdulillah…
Jadi, awas terkena Infeksi Saluran Kemih saat naik kereta api ya teman-teman.

Untung sedia Uricran

Sebagai antisipasi agar terhindari dari Infeksi Saluran Kemih, saat naik kereta api saya tidak menahan diri untuk buang air kecil. Memang lebih baik sih pilih kereta api eksecutife sehingga nggak ada masalah dengan toiletnya. Tapi jika kereta api ekonomi pun sama nyamannya, why not?

selalu sedia Uricran dimanapun berada

So, melakukan ritual sebelum menggunakan kamar mandi adalah salah satu usaha terbaik jika tidak ingin terkena anyang-anyangan yang berimbas pada Infeksi Saluran Kelamin. Misalnya saja menyiram toilet hingga bersih hingga bau berkurang, tak lupa memakai masker agar keluh kesah tak berkepanjangan karena hidung tak mau berkompromi.


Tak hanya itu, saya juga selalu membawa si pinky pengusir anyang-anyangan yaitu Uricran. Yup, sudah sekitar satu tahun yang lalu saya mengenal Uricran, ekstrak buah cranberry yang dapat membantu memelihara kesehatan saluran kemih.

Pengalaman saya terkena Infeksi Saluran Kemih saat hamil bisa teman-teman baca di sini ya.

Saat ke Bandung kemarin saya nggak lupa bawa Uricran untuk antisipasi. Soalnya pada hari normal saya tuh sering beser alias buang air kecil berkali-kali. Nah, kalau berAC dan malas ke toilet takutnya kena anyang-anyangan. Jadinya saya bawa si pinky Uricran.

Kenalan Lebih Jauh dengan Uricran

Apa sih kandungan dalam Uricran kok kayaknya ampuh banget mengusir anyang-anyangan?
Kan sudah saya bilang, Uricran mengandung cranberry. Selain itu, Uricran juga terbukti aman untuk anak sejak usia 3 tahun. Istimewa sekali ya si mungil pinky ini. Melalui penelitian yang dilakukan oleh penelitian dari Lembaga Pengawas Obat dan Makanan Perancis, AFFSA, uricran mengandung buah cranberry yang kaya akan bahan aktif Proanthocyanidin (PAC) dan dapat menghambat perlekatan bakteri E.coli di saluran kemih.

Baca juga : Uricran, Si Pinky Pengusir Anyang-anyangan

Cranberry juga kaya akan vitamin C dan E juga serat. Udah pada tahu kan kalau vitamin C dan E kaya antioksidan yang berguna banget untuk meningkatkan kekebalan tubuh yang juga bisa menangkal radikal bebas. Tidak hanya itu, cranberry juga mengandung vitamin K, magnesium, asam folat, vitamin B-12, vitamin A, dan kalsium.

kenalan lebih dekat dengan uricran

Tapi kalau mau nyari buah cranberry di Indonesia mah sulit, atuh. Cranberry ini tanaman jenis berry yang tumbuh liar dan berwarna merah tua. Buah ini banyak ditemukan di Amerika dan Canada yang dipercaya sebagai sumber vitamin dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah sariawan, serta antioksidan.

Ekstrak cranberry juga mengandung proantocyanidin yang berfungsi untuk mencegah dan menangkap bakteri yang menempel pada saluran kemih.

Kadungan vitamin C yang cukup tinggi pada buah cranberry juga bermanfaat untuk kesehatan jantung dan mencegah kanker. Wiih… banyak juga ya ternyata khasiatnya!

Lalu, dimana bisa mendapatkan Uricran?

Nah, kagak usah jauh-jauh nyari buah cranberry saat anyang-anyangan dan coba untuk mengonsumsi Prive Uricran yang diproduksi oleh Combiphar. Banyak dijual di apotek atau toko obat dan tersedia dalam dua kemasan yaitu kapsul dan powder sachet.

Untuk kapsul, setiap satu box berisi 30 kapsul dengan dosis 1-2 kapsul perhari, sedangkan untuk powdersachet terdiri dari 15 sachet dengan dosis 1-2 sachet per hari. Kisaran harga uricran antara
Rp 94 000 – 121 per nox.

Tips Aman Terhindar dari Infeksi Saluran Kemih saat di Kereta Api

Mencegah lebih baik mengobati, daripada terkena Infeksi Saluran Kemih lebih baik berusaha menjaganya. Cara aman agar terhindari dari ISK saat naik kereta api adalah sebagai berikut.

  1. Minum air mineral secukupnya
  2. Memakai baju hangat jika perjalanan cukup jauh sehingga tidak kedinginan. Saat dingin biasanya tubuh cenderung sering buang air kecil.
  3. Membersihkan toilet agar nyaman saat buang air kecil dan tidak terkena kuman.
  4. Membawa selalu prive uricran untukmencegah terjadinya anyang-anyangan yang dapat menimbulkan Infeksi Saluran Kemih
Nah, itu dia tips terhindar dari Infeksi Saluran Kemih saat di kereta api. Jadi jika teman-teman merasakan gejala anyang-anyangan segera atasi dengan uricran. Tapi bila gejala yang dirasakan semakin parah maka segera hubungi doter terdekat.

Apakah teman-teman juga memiliki pengalaman anyang-anyangan saat naik kereta api?

6 comments :

  1. mmmm... sakit dan kencing yg tak tuntas memang bikin tdk nyaman untung ada uricran. :)

    ikut kompetisi menulis ya mbak... soalnya ada blog tetangga sebelah yg nulis uricran juga. :)

    ReplyDelete
  2. Saya jarang naik kereta api, Mbak. Malah parahnya naik bus. Kalo naik bus selama 8 jam pas liburan mau pulkam gtu nggak minum sama sekali karena takut pipis. Bus yang ada kamar mandinya kan nggak semuanya, sekali pun itu patas. T.T

    Pernah ngerasain anyang2 juga nggak nyaman banget ya Allah rasanya.

    ReplyDelete
  3. Kalo saya lebih prefer milih kereta api timbang transportasi lain seperti bus karena lebih terjamin kamar mandinya. Jadi gk perlu nahan pipis

    ReplyDelete
  4. Kalau saya tipe orang yg bisa nahan nafas hingga bermenit-menit, Mbak. Jadi nafasnya lewat mulut. Alhamdulillah. Jadi gak cuma di toilet KA, di toilet asing (bukan di rumah sendiri) manapun saya gak akan nyium baunya. Hihihi.

    Btw saya juga sering anyang-anyangan saat hamil, gak enak banget emang.

    ReplyDelete
  5. Pernah ngalamin mba. Naik kereta Jogja-Nganjuk, kebelet pipis tapi nahan-nahan jadi kumat ISK ku. Makasih infonya ya, stok uricran segeraaa

    ReplyDelete
  6. Kok ya aku pas naik kereta ekonomi gak nemu kejadian toilet jorok dan bau ya mbak? hehe
    Tapi msh mending naik kereta ada toiletnya, yg repot kalau naik bus, duh gmn caranya nyuruh sopir berhenti sat kebelet pipis :))

    ReplyDelete