Monday, April 30, 2018

Mengenal Lebih Dekat Rumah Sakit Hermina Tangkuban Perahu Malang


Apa yang teman-teman bayangkan saat mendengar kata Rumah Sakit Hermina? Sebagai orang awam yang jarang sekali main ke rumah sakit, saya sih mikirnya Rumah Sakit Hermina ini khusus untuk melahirkan alias Balai Kesehatan Ibu dan Anak(BKIA). Dulu saya mikirnya Rumah Sakit Hermina ini melayani ibu-ibu yang melahirkan atau konsultasi anak saja. Soalnya dulu namanya RSIA, jadi sudah pasti melayani Ibu dan Anak. Hehehe…

Itu dulu… Sebelum saya mengenal Rumah Sakit Hermina. Emang sekarang udah kenal? Uda donk *banggaπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

Minggu (30/4) Rumah Sakit Hermina mengundang beberapa Teman Hermina (sapaan dari RS. Hermina) untuk menghadiri Hospital Visit (semacam tour singkat) guna mengenalkan gedung yang baru dibangun di Rumah Sakit  Hermina. Kebetulan, saya penasaran banget dengan rumah sakit ini. Soalnya banyak yang bilang bagus lho layanannya. 

Mahal nggak? Bagi pasien dengan ekonomi menengah ke bawah sih mahal. Tapi sejak Agustus 2017, Rumah Sakit Hermina telah bekerja sama dengan BPJS. Yeayy… norak-norak bergembira donk saya, hehehe.

Mengenal Lebih Dekat Rumah Sakit Hermina Tangkuban Perahu Malang

Rumah Sakit Hermina mengkhususkan diri dalam bidang pelayanan spesialistik kebidanan penyakit kandungan dan kesehatan anak, serta ditunjang dengan unit-unit pelayanan spesialistik lain dalam menjalankan fungsinya. Rumah Sakit Hermina memberikan pelayanan kesehatan untuk wanita dan anak, pelayanan kesehatan diberikan secara optimal dan profesional bagi pasien, keluarga pasien dan dokter-dokter provider (sumber: herminahospitalgroup.com).

Berdasarkan pengertian tersebut, banyak orang laki-laki yang enggan berobat ke RS. Hermina, hehehe. Itu sih kata Bu Tanti selaku marketing RS. Hermina lho ya, bukan kata saya. Nah, akhirnya pihak rumah sakit membuat sebuah tulisan “Melayani Pasien Laki-laki” agar kaum adam nggak takut mendaftarkan dirinya untuk periksa di RS. Hermina.

Tidak hanya periksa kandungan, Rumah Sakit Hermina juga menyediakan dokter spesialis lainnya seperti penyakit dalam, jantung, mata, gigi, bedah tulang, syaraf, spesialis paru-paru, andrologi, dan masih banyak lagi. Kalau ingin tahu lebih lengkapnya bisa mengunjungi web rumah bisa cek jadwal lengkapnya perhari juga.

Saat pemeriksaan gula darah secara gratis di Hermina. Dokternya ramah dan komunikatif sehingga saya bebas bertanya tentang Diabetes Mellitus secara lebih jelas. Pun saat konsultasi gizi kepada dokter lainnya, saya mendapatkan pencerahan yang luar biasa dengan penuturan yang lembut dan sopan. 

Saat mengenalkan Rumah Sakit Hermina kemarin, Bu Tanti menyebut Poli Minggu. Wah, unik nih, jarang lho ada di rumah sakit yang buka pada hari Minggu. Mengapa? Karena rata-rata pegawai dan dokter kan libur pada hari libur. Nah, beberapa pengguna layanan kesehatan ada yang membutuhkan keleluasaan dalam hal pelayanan di luar jam kerja. Cucok kaaan jika dibuka Poli Minggu?

Pada Poli Minggu ini ada beberapa dokter spesialis yang disiapkan oleh pihak Rumah Sakit Hermina. Diantaranya, dokter spesialis gigi, spesialis bedah, spesialis penyakit dalam, serta beberapa dokter spesialis di bidang lainnya. 

Fasilitas unggulan lainnya adalah Klinik Tumbuh Kembang untuk bayi atau anak-anak yang mengalami keterlambatan perkembangan. Dilengkapi dengan alat fisioteraspi, Rumah Sakit Hermina berusaha memberikan service excellent dan fasilitas lengkap. Bahkan layanan tumbuh kembang anak terintegrasi hingga usia sekolah.

Salah satunya menyediakan fasilitas NICU (Neonatal Intensive Care Unit) yaitu ruang perawatan intensif untuk bayi yang memerlukan pengobatan dan perawatan khusus, guna mencegah dan mengobati terjadinya kegagalan organ-oragan vital.

Baca juga: Belajar Web untuk Ibu-ibu Super Sibuk

NICU berguna untuk observasi bayi baru lahir secara intensive, seperti mendapatkan terapi oksigen, mendapatkan terapi intervena, dan pemberian makanan melalui alat.

Menurut Bu Tanti, Rumah Sakit Hermina pernah merawat bayi dengan berat sekitar 600gram di NICU dan sekarang sudah sekolah dasar. Tidak semua rumah sakit memiliki NICU, oleh karenanya ada juga pasien yang berasal dari Blitar, Kediri, Lumajang, dan Pasuruan.

Tak hanya itu, Rumah Sakit Hermina juga memiliki OAE (pemeriksaan terhadap organ pendengaran). Setiap bayi yang lahir di Rumah Sakit Hermina langsung melalui pemeriksaan pendengaran. Hal itu dilakukan untuk memastikan organ tubuh bayi berfungsi secara normal. Biasanya sih yang diperiksa adalah bayi dengan kondisi prematur, tingkat bilirubi tinggi, meningitis, riwayat toxoplasmosis, rubella, cytomegavirus, dan herpes pada kehamilan serta faktor genetik. Namun begitu bayi normal juga boleh diperiksa kok.

Fasilitas Apa Saja yang ada di Rumah Sakit Hermina Tangkuban Perahu?

Jika teman-teman ingin melihat fasilitas lengkapnya silahkan berkunjung langsung ke Rumah Sakit Hermina ya. Atau teman-teman juga bisa mengunjungi webnya di herminahospitalgroup.com.

Saat hospital visit kemarin, saya dan Teman Hermina lainnya diajak mengelilingi Rumah Sakit Hermina untuk mengetahui fasilitas dan layanan yang diberikan.

Perjalanan dimulai dari lobi rumah sakit hingga ke lantai tiga. Yuk ceki-ceki foto saya.
Jika sebelumnya pendaftaran pasien ada di Lantai 2, maka sekarang pasien bisa daftar di lobi lantai satu dengan mengambil nomor antrian terlebih dahulu


Jika tidak gawat, pasien diarahkan untuk diperiksa di Poli


Jika membutuhkan penanganan medis dengan segera, peserta diarahkan ke IGD


Sekarang, Rumah Sakit Hermina juga melayani BPJS. Juga ada call center yang dapat digunakan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Oiya, Rumah Sakit Hermina juga ada di Play Store lho teman-teman. Meskipun masih terintegrasi dengan layanan pusat, it's okey laah. Bisa dicoba instal sehingga teman-teman mendapatkan kemudahan terkait Rumah Sakit Hermina
 

Setiap orang pasti berharap segala sesuatu baik-baik saja. Tapiboleh donk tetap waspda terhadap semua hal termasuk kecelakaan. Di Rumah Sakit Hermina sudah ada Disaster Kit, Bismillah... Amaan!

Nggak nyangka jika ternyata ada rumah sakit yang memikirkan persiapan keuangan sejak dini untuk biaya kehamilan. Wah, surprise banget nih. Jadi teman-teman bisa lho menabung sejak dini di Hermina untuk biaya melahirkan nantinya.

Fasilitas lainnya di Rumah Sakit Hermina


 Itulah cerita singkat tentang Rumah Sakit Hermina yang ada di Malang. Kesan mendalam saya dapatkan setelah kegiatan tersebut. Selain fasilitas yang lengkap, tenaga medisnya juga ramah-ramah. Saya suka... saya suka... *Meme Mode ON*. Saking senangnya, saya langsung merekomendasikan adik saya untuk mengatasi gigi gingsulnya di Rumah Sakit Hermina. Tunggu cerita saya tentang pengalaman adik memeriksakan gigi di rumah sakit ini ya, teman-teman.

Informasi lengkap tentang Rumah Sakit Hermina bisa cek disini ya.
sumber: lokasi.click

Rumah Sakit Hermina
web: www.herminahospitalgroup.com
Alamat: Jalan Tangkubanprahu No. 31-33, Kauman, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65119
Jam buka: 24 jam
lokasi:










30 comments :

  1. Di RS Hermina Malang buka poli Minggu to? Wah bagus itu! Berlaku di seluruh RS Hermina di Jogja juga kah? Kebetulan rumah saya berdekatan dengan RS Hermina.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya di Malang mbak, coba deh tanya yang di Jogja mbak

      Delete
  2. Ini RS dengan pelayanan terbaik yang pernah kukunjungi two thumbs up😍. Bukan cuma ramah..tapi peduli juga sama pasien

    ReplyDelete
  3. Iya dulu di jkt rs hermina khusus buat melahirkan, tp skrg adh jd rs.umum ya.tq infonya

    ReplyDelete
  4. Di Jakarta juga mba, rerata hermina udah melebarkan sayapnya bukan RSIA lagi. Yang aku suka RS ini pro ASI.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya benar mak, pro ASI susah dicari sekarang gak semua RS ya

      Delete
  5. Keren yah rumah sakitnya. Ada nggak ya di Makassar?

    ReplyDelete
  6. Waah di Malang udah ada RS Hermina yaa Mbak Eni.udah lama banget gak maen ke Kota Malang.

    ReplyDelete
  7. Wah aku juga kudet ihhh. Taunya hermina itu RS Ibu dan Anak ajah. Sekarang mah udah melebarkan sayap juga ya... kerennn

    ReplyDelete
  8. Owh sekarang rs hermina sudah lengkap ya pelayanannya.gak hanya sebagai rs bersalin saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bu sudah melengkapi pasien umum juga

      Delete
  9. Di Jakarta, Hermina terkenalnya memang sebagai RSIA ..Syukurlah kalau pelayanannya meluas jadi rumah sakit umum.
    Lengkap juga RS Hermina Tangkuban Perahu ini..:)

    ReplyDelete
  10. Baru tahu ternyata ada rs yg buka di hari minggu. Sangat bermanfaat mbak 😊😊

    ReplyDelete
  11. Wahhh, bisa hospital visit gitu ya ternyata mbak Eni? Jarang lho ada rumah sakit yang begitu.

    ReplyDelete
  12. Salut dan acung jempol buat Rs Hermina.

    ReplyDelete
  13. kok Tangkuban Perahu yah? Kirain RS Hermina Bandung hehehe. Saya belum kenalan mba sama RS Hermina. Di Batam belum ada mba :)

    ReplyDelete
  14. Sudah bisa melayani BPJS, itu keren hehe

    ReplyDelete
  15. Program keren tuh dari RS Hermina, jarang ada RS seperti itu. Semoga makin bisa melayani masyarakat.

    ReplyDelete
  16. Meskipun jarang berobat ke RS dan semoga selalu begitu, tp saya ikut senang dengan pelayanan rumah sakit sekarang. Di Jakarta juga Hermina termasuk bagus. Tp gak tau satu grup apa enggak sm yg di malang

    ReplyDelete
  17. Yang paling suka dari RS itu kelengkapan fasilitasnya ya, Teh. Jadi kalau ada yang dibutuhkan mudah dan ada di RS itu sendiri.

    ReplyDelete
  18. Kalau lihat RS jadi kangen kerja deh. Hehe. Sip fasilitas lengkap, pelayanan oke ya

    ReplyDelete
  19. Jujur bun saya itu suja banget ama rumah sakit hermina. Pelayanan dan rumah sakitnya oke banget. Tpi yang ga oke di harga aja wkwkwk. Dlu pernah suami di rawat di sana dan tanpa BPJS. Dirawatnya seminggu. Tp kerasa bgt klo ga pk bpjs hihihi dan asuransi pribady bru aja abis masanya. Akhirnya ya sudahlah wkwkwk

    ReplyDelete
  20. Kalau Hermina, saya tak ragu lagi sama pelayanannya. Juara deh
    Sejak dulu sebelum terima BPJS sampai sekarang sudah ada BPJS, pelayanannya tetap prima
    Semoga selamanya ya

    ReplyDelete
  21. Saya pernah dua kali dikecewakan oleh rumah sakit ini, maka tidak heran saat saya melihat keluarga pasien pernah marah dg staf rmh sakit ini. Next Kekewaan saya akan saya tulis. Dimana saya juga pernah membanggakan rumah sakit ini saat anak saya sakit, tapi...

    ReplyDelete
  22. Mhn infonya bun,Dokter syaraf yg bagus d hermina tangkuban perahu apa ya?

    ReplyDelete