Sunday, September 23, 2018

5 Kuliner Aceh yang Terlalu Lezat Untuk Dilewatkan


Aceh yang menjadi nexus kebudayaan era kolonial ini merupakan surga kuliner nusantara. Hasil percampuran budaya Melayu yang kental pun membentuk cita rasa yang khas dari kuliner di Aceh. Mungkin yang pertama kali terlintas di benak Anda ketika mendengar kuliner Aceh adalah Mie Aceh, padahal masih banyak kuliner khas Aceh yang menarik untuk dicicipi. Berikut ini beberapa menu khas Aceh yang menunggu untuk dicicipi.

1. Sate Matang
Memang sate dimasak dengan matang. Namun bukan karena itu mengapa kuliner lezat ini dinamakan Sate Matang. Sate Matang mendapatkan namanya dari daerah asalnya yaitu Matang. Bisa berupa daging kambing atau daging sapi, Sate Matang adalah makanan khas Aceh yang mudah Anda temukan di berbagai penjuru tempat. Keunikan dari sate matang sendiri adalah disediakannya kuah soto yang gurih sebagai teman makan sate.

2. Ayam Tangkap

Sumber: resepkoki.id

Ayam tangkap adalah hidangan khas Aceh yang terbuat dari potongan daging ayam goreng. Keunikan dari ayam tangkap adalah penggunaan potongan cabai hijau, daun pandan, dan tumuru. Penggunaan bahan yang tak biasa membuat ayam tangkap memiliki ciri khasnya sendiri yang wajib untuk dikunjungi.

3. Martabak Aceh

Sumber: kulinerbee.blogspot.com

Selain Mie Aceh, Martabak Aceh juga merupakan kuliner wajib selama Anda berkunjung ke Aceh. Aceh memang memiliki banyak kuliner khasnya, namun jangan sampai Anda melewatkan Martabak Aceh yang istimewa. Berebeda dengan martabak telur pada umumnya, Martabak Aceh didampingi dengan kuah sambal yang kental. Pedasnya kuah sambal ini berpadu sempurna dengan rasa gurih dari martabak telur dan irisan acar bawang merah merah.

4. Kari kambing
Sumber: www.selerasa.com
Kuahnya yang kaya akan rasa rempah membuat hidangan khas Aceh ini terasa begitu istimewa. Anda bisa menikmati daging kambingnya yang sangat lembut dan juicy berkat waktu perebusan yang tidak sebentar. Kelezatan kari kambing ini terasa lebih istimewa berkat irisan cabai merah dan perasan jeruk nipis. Jadi, rasa yang Anda nikmati akan terasa lebih utuh.

5. Eungkot keumamah
Sumber: widhiaanugrah.com

Jangan tertipu dengan namanya yang unik. Makanan khas Aceh yang terbuat dari ikan tongkol ini memiliki cita rasa yang tidak kalah dengan hidangan internasional. Bahkan, makanan ini mampu bertahan dalam waktu yang lama. Sehingga makanan ini sering dibilang menjadi favorit pada pejuang kemerdekaan dulu. Selain tidak mudah basi, eungkot keumamah memiliki cita rasa khas Aceh karena menggunakan berbagai jenis rempah dan bumbu yang khas.

Apakah Anda tertarik untuk mencoba kenikmatan kuliner khas Aceh lainnya? Maka tunggu apa lagi? Ini saatnya bagi Anda untuk berkunjung ke Aceh. Tenang saja, karena Lion Air menyediakan penerbangan termurah menuju Banda Aceh. Jadi, budget traveling Anda bisa dialokasikan seluruhnya untuk mengeksplorasi kekayaan budaya kuliner Aceh. Selamat berlibur!

23 comments :

  1. lagi pengen martabak liat Martabak Aceh jadi pengen ih..

    ReplyDelete
  2. Hidangan aceh memang kaya rempah ya. Jadi flash ke masa lalu ya kalau pejuang pejuang kita juga memang sudah mempopulerkan masakan daerahnya dari dulu kala. ya seperti
    eungkot keumamah ini ya.

    ReplyDelete
  3. Suka banget sama sate matang. Kl di dkt tempatku ada yang jual, pake bumbu kacang, tapi kacangnya ga ditumbuk halus :)

    ReplyDelete
  4. Aku pengen coba banget sate matangnya deh, kebayang makan sate ditambah kuah sotonya, pasti nikmat bangeeet. Selama ini aku suka makan mie Aceh juga yang kaya rempah, huhu jadi lapeeeer

    ReplyDelete
  5. Mau ah cobain menu Ayam Tangkap. Aku belum pernah coba soalnya. Nikmat ya makanan Aceh, ada bumbu rahasianya kayaknya deh. Rempah2nya terasa buanget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah jdi penasaran sama masakan aceh mbak

      Delete
  6. Dari semua cuma martabak aceh yang oernah ku coba.. di Jakarya ada gk y mba.. seringny mie aceh gitu ya.. jd kepingin k Aceh mau coba kulinernya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha..cuma martabak aceh yang banyak dimana-mana ya

      Delete
  7. Wah nambah lagi nih wawasan kuliner nusantara dari Aceh.. Sebelumnya kurang tau soal kuliner Aceh.. Pingin nyobain ayam tangkap.. Harum pasti ya pakai daun pandan.. Martabak Aceh juga tampak enak karena pakai kuah kental pedas..

    ReplyDelete
  8. Duh siang-siang bikin ngiler yaaa... Aku suka banget kuliner Aceh, terutama Mie Aceh, Ayam Tangkap dan Es Timun :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha... liat makanan pasti ngiler ya apalagi siang-siang

      Delete
  9. Selama ini tahunya kuliner Aceh ya cuma mie Aceh, ternyata banyak kulinernya yang tampaknya enak-enak ya. Udah gitu kayaknya rasanya spicy menggiurkan gitu.

    ReplyDelete
  10. ngiler banget ngeliatnya juga, jadi pengen nyobain deh

    ReplyDelete
  11. Yummy, tertarik banget buat mencoba semua kuliner itu mbak. Apalagi saya demen banget makan sate. Mau dong kapan2 diajak kesana ��

    ReplyDelete
  12. Wah jadi ngiler neh bacanya, nggak nyangka ternyata kuliner Aceh banyak yang menggoda. Selama ini tahunya Mie Aceh aja he3

    ReplyDelete
  13. Kalau ke Aceh aku pasti carinya mie kepiting

    ReplyDelete
  14. Martabak aceh...tampilannya mirip telur dadar ya mba. Aku paling tergoda sama ayam tangkapnya kayaknya...pedes..

    ReplyDelete
  15. Ngiler banget nih,...satupun blum pernah nyoba

    ReplyDelete