Wednesday, September 19, 2018

Partisi Ruangan dan 7 Benda Ini Bermanfaat untuk Mempercantik Ruang Tamu

bundadzakiyyah.com - Ruang tamu sebaiknya di desain menarik dan nyaman sehingga siapapun yang duduk di sana akan merasa betah dan leluasa saat mengobrol. Baik itu untuk urusan bisnis maupun obrolan-obrolan ringan. Tapi, desain ruang tamu sebaiknya tidak hanya dipilih berdasarkan karakter tuan rumah saja, melainkan juga harus didesain agar bisa memberikan perasaan yang rileks dan tenang.

Biasanya sih saya tidak terlalu perhatian dengan ruang tamu, soalnya tinggal juga masih numpang sama mertua. Ehehe... Pengen macam-macam juga belum berani, tapi tidak ada salahnya kan kalau sebelum punya rumah sendiri saya berimajinasi. Nanti kalau sudah punya ruang tamu sendiri saya dengan mudah mempercantiknya, ya nggak?

Rumah-rumah modern yang semakin banyak mengadopsi konsep loft di mana ruang keluarga menyatu dengan ruang tamu. Atau, ruang tamu yang menyatu dengan ruang makan. Konsep ini banyak diadopsi sebagai solusi untuk mengatasi rumah yang sempit karena lahan-lahan yang semakin sempit terutama di perkotaan. Cita-cita saya sih konsep loft ya, kebetulan suami juga setuju.

Untuk memisahkan dua ruangan, misal antara ruang tamu dengan ruang keluarga, biasanya digunakanlah partisi. Partisi ruangan sendiri hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran. Ada yang berupa ukiran kayu, potongan bambu, gorden, warna lantai, bentuk langit-langit, dan masih banyak yang lainnya.

Tak hanya digunakan untuk memisahkan dua ruangan, partisi juga sering dimanfaatkan untuk mempercantik ruangan. Selain partisi ruangan, berikut adalah 7 alternatif items lainnya yang bisa difungsikan untuk mempercantik ruangan terutama ruang tamu.

Lemari Hias


Partisi ruangan yang pertama adalah lemari hias yang bisa teman-teman pilih untuk mempercantik ruang tamu. Sesuai dengan namanya, fungsi lemari ini adalah untuk memajang benda-benda koleksi yang teman-teman miliki, barang antik misalnya. Bisa juga dimanfaatkan untuk meletakkan peralatan rumah tangga seperti porselen ataumemajang action figure atau miniatur yang jadi favoritmu. 

Memilih lemari hias juga sebaiknya tidak sembarangan. Teman-teman bisa memilih lemari dengan warna yang menarik, bentuknya elegan, dan kualitasnya bagus sehingga tahan lama.Memilih lemari hias yang bagus dan tepat dapat mempercantik rumah juga meskipun sebenarnya tujuannya hanya sebagai partisi, bukan?

Akuarium

Ada banyak jenis ikan hias yang bisa kita temukan dengan mudah di toko-toko penjual akuarium. Ikan-ikan tersebut, menurut para ahli kesehatan bisa membantu kita merasa lebih rileks atau tenang sehingga cocok diletakkan di ruang kerja atau ruang tamu.

Memandang ikan meliuk-liuk dengan gemulai diantara hiasan-hiasan aquarium bisa memberikan perasaan menenangkan yang sangat bermanfaat untuk mengatasi stres, menurunkan tekanan darah, mencegah alzheimer, membantu menenangkan anak yang hiperaktif atau mengalami ADHD, menstabilkan detak jantung, hingga bisa dimanfaatkan sebagai sumber inspirasi.

Jenis ikan seperti apa yang cocok untuk dipajang di ruang tamu? Teman-teman bisa memilih ikan yang sesuai dengan konsep yang dipilih. Jika aquascape, teman-teman bisa memilih jenis ikan yang lebih kecil  dengan warna dan bentuk yang unik. Namun jika teman-teman ingin lebih terlihat mewah dengan akuarium yang memiliki ukuran yang besar, maka teman-teman bisa memilih ikan Arwana atau ikan berukuran besar lain sebagai penghuni akuariu.

Rak buku


Bagi teman-teman yang punya banyak koleksi buku-buku dan kebetulan suka membaca (seperti saya), selain bisa diletakkan di perpustakaan pribadi, buku-buku tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk menghias ruang tamu agar terlihat makin menarik dan menggambarkan siapa diri kita sebenarnya.

Buku juga bisa menghibur anak-anak yang orang tuanya lagi ngobrol, hehehe. Biasanya kan kalau bertemu teman lama suka lupa waktu (dan lupa anak), ye kan? Kenapa tidak menjadikan buku sebagai pengalih perhatian anak. Selipkan juga beberapa mainan yang viewable ya.

Lampu gantung


Menerangi ruang tamu dengan memanfaatkan lampu biasa tentu akan memberikan kesan yang juga biasa. Jika ruang tamu di dekorasi dengan penampilan yang berbeda untuk menciptakan kesan yang unik seperti kesan klasik, menempatkan lampu gantung yang indah dan sesuai dengan karakter ruang tamu akan membuatnya tampak lebih cantik.

Foto atau lukisan



Teman-teman juga bisa memilih antara foto atau meletakkan lukisan di dinding ruang tamu. Atau mungkin teman-teman juga bisa mengkombinasikan antara kedua karya seni tersebut untuk membuat ruang tamu lebih berwarna dan tidak membosankan. Ada banyak ide foto yang bisa teman-teman pilih seperti, foto yang bisa bercerita hingga foto yang penuh kenangan.

Wallpaper


Modern ini, Semakin banyak kita temukan ruang tamu yang dihiasi dengan wallpaper. Selain digunakan untuk mempercantik dinding, wallpaper juga bisa dimanfaatkan untuk membuat ruangan sempit terlihat lebih luas.

Ruang tamu biasanya menjadia tempat berkumpul bagi seluruh keluarga, coba gunakan warna dan motif yang dapat dinikmati semuanya. Lebih seru lagi jika memilih wallpaper atau cat dinding bersama-sama.

Guci


Guci-guci yang indah adalah alternatif lain yang bisa teman-teman manfaatkan untuk mempercantik ruang tamu. Apalagi jika teman-teman ingin menampilkan kesan mewah pada ruang tamu karena guci bisa membangkitkan kesan elegan, unik, dan mewah. Guci juga menghilangkan kesan polos pada ruang tamu lho.

Itulah dia cara mempercantik ruang tamu dengan partisi ruangan dan benda bermanfaat. Kalau teman-teman biasanya memakai benda apa untuk partisi ruangan? Share yuk!



21 comments :

  1. saya pakai rak Mbak...
    Bagus juga kalau akuarium atau guci gitu ya..:)

    ReplyDelete
  2. Aku mau semua kecuali guci. Trauma dulu pernah pecah soalnya. Maklum punya anak kecil. Makasi bunda share nya

    ReplyDelete
  3. Setuju niih. Tapi untuk buku sekarang aku ga taruh di ruang tamu lagi mbaaak. Krn susah banget utk rapinya. Anakku masih tukang rusuh, hobinya ngeberantakin muluk. Drpd malu2in majang rak buku yg berantakan, aku pindahin ke ruang keluarga ajah.

    ReplyDelete
  4. Naksir wall pappernya mbaa, hihihi. Saya setuju nih untuk idenya mba, tapi kalau masih ada anak kecil, guci-guci dipinggirin dulu, bahaya hehehe

    ReplyDelete
  5. Keren, terima kasih tips nya Mba.

    ReplyDelete
  6. Salam kenal dari Bunda YR, ya. Tp liat nya sepertinya kita sudah berteman. Salut, idenya bnyk utk menciptakan partisiu yg bisa mempercantik ruangan

    ReplyDelete
  7. Masih tinggal sama orangtua. Susah mau pasang ini itu, dekor ini itu, tapi aku sudah membayangkan dinding yang pakai wallpaper, meminimalkan sekat permanent biar nggak sempit, pakai partisi dari kayu, memajang rak buku. Whoaaa semoga bisa menjadi nyata.

    ReplyDelete
  8. Aquariuuum, udah lama gak punya ini. Kangen lagi punya ikan hias gegera baca ini hihi. Makasih mba.

    ReplyDelete
  9. Cakep banget ide dekorasi ruangannya. Tapi sekarang harus sabar dulu karena Najib masih suka ngadul-adul barang, hahaha. Nunggu krucil agak gedean deh

    ReplyDelete
  10. Aku suka nih tipsnya, rak buku di ruang tamu. Kebetulan banget lagi menata rumah yang baru aku tempati, makasih ya mba

    ReplyDelete
  11. Aku lebih suka pake bufet atau meja kecil mba. Biar fungsional bisa dipake naruh barang lain hehe

    ReplyDelete
  12. Sukak sukak sukak artikel ini.. Makasi infonya bunda, saya suka meneta ruang tamu, udah punya akuarium dn foto syantik, yang lain-lain masih nabung😀

    ReplyDelete
  13. Aku pengen ngehias ruang tamu pakai guci. Tapi karena ada bocah 2 taun, yasaalam gak jadi pengen hihi

    ReplyDelete
  14. Wah, mantap sekali tipsnya nih. Kalau saya sukanya aksesoris yang juga bermanfaat, bisa digunakan. Jadi gak sekedar pajangan belaka. Tapi ini lagi gak dihias2 nih, malah dinding rumah penuh coretan anak. Hahaha

    ReplyDelete
  15. Untuk mempercantik ruangan saya percayakan pada hiasan dinding, seperti lukisan misalnya :)

    ReplyDelete
  16. Sangat menginspirasi sekali isi blognya :)

    ReplyDelete
  17. Wah, yang rumahnya masih baru, atau yang abis pindah rumah wajub baca nih biar ruangannya gak polos dan membosankan :)

    ReplyDelete
  18. Kayaknya untuk ruangan yang polos, aku biasanya memberi walpeper di bagian dindingnya, simpel dan terlihat elegan gitu :)

    ReplyDelete
  19. Karena aku suka sekali membaca, jadi aku lebih memilih rak buku untuk mempercantik ruangan di rumah :)

    ReplyDelete
  20. Wah, sangat bermanfaat sekali ya isi blognya. Terimakash ya, semoga bermanfaat juga untuk yang lainnya :)

    ReplyDelete
  21. terimakasih untuk informasinya,,www.rahma-store.com

    ReplyDelete