Sunday, September 02, 2018

Pantai Gunung Payung, Private Beach Cantik di Tengah Tebing dan Pura

Halo teman-teman, kapan nih terakhir travelling? Saya juga sudah lama nih nggak travelling. Terakhir pas liburan kemarin traveling malam di Malang. Maklum anak-anak masih sekolah sehingga belum bisa kemana-mana kalau nggak liburan. Sebenarnya ada satu destinasi wisata yang sampai sekarang belum kesampaian untuk dikunjungi. Baliiiiii....

Membahas keindahan Bali mungkin bakal memakan waktu lama. Wajar saja mengingat reputasinya sebagai salah satu objek pariwisata internasional belum menunjukkan penurunan. Bahkan baru-baru ini, ada dua pasangan selebritis kelas dunia yang sedang menikmati liburan di Pulau Dewata, yakni John Legend-Chrissy Teigen dan David Beckham-Victoria Beckham. Selain itu, banyaknya jumlah destinasi wisata di Bali sesungguhnya memudahkan wisatawan baru maupun lama yang tertarik menghabiskan waktu di sana.

Belum sempat menyambangi lokasi-lokasi ternama yang padat nan riuh, tapi saya udah mupeng juga menjelajahi kawasan-kawasan tersembunyi. Salah satunya adalah Pantai Gunung Payung, pantai rahasia yang bakal disukai turis yang membutuhkan privasi menyeluruh.

sumber gambar: www.jejakpiknik.com

Private Beach dengan Panorama Memukau

Bukan tanpa alasan Pantai Gunung Payung disebut sebagai private beach. Seperti lokasi liburan tersembunyi lainnya, akses menuju pantai tersebut tidak semudah tempat populer. Pengelolaannya pun belum ditangani secara serius oleh pemerintah setempat. Di sisi lain, lingkungan yang belum terjamah membuat Pantai Gunung Payung kerap disambangi wisatawan yang menyukai pantai-pantai yang masih menawarkan kesan alami.

Memangnya apa saja keelokan yang ditawarkan Pantai Gunung Payung untuk pengunjung? Pastinya hamparan pasir putih dan bentangan air laut biru jernih yang sudah semakin jarang ditemui di pantai-pantai lain. Belum lagi bebatuan karang yang menciptakan pecahan ombak dramatis. Ketenangan dan segarnya udara di Pantai Gunung Payung akan serta-merta melepas penat beserta kelelahan yang pengunjung rasakan setelah berjalan cukup jauh untuk menjangkaunya.

Maka tak heran bila panorama mengesankan yang ditawarkan Pantai Gunung Payung akan memberi sentuhan optimal dalam foto-foto yang diambil. Berbagai kegiatan dapat dilakukan di sana—piknik, jalan-jalan di sekitar bibir pantai, hingga berenang menyusuri laut. Akan tetapi, yang juga harus ingat adalah selalu menjaga keasrian Pantai Gunung Payung supaya lingkungannya tidak cepat rusak atau kotor gara-gara sampah. Apalagi pantai tersebut menjadi habitat sejumlah monyet yang disakralkan masyarakat setempat.

Objek Wisata di Tengah Kawasan yang Disucikan

Bali dikenal pula sebagai salah satu provinsi religius mengingat sebagian besar penduduknya pemeluk taat agama Hindu. Wisatawan bahkan akan merasakannya langsung begitu menginjakkan kaki di Pantai Gunung Payung. Destinasi wisata yang berlokasi di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung ini mencatut nama dari pura suci bernama Pura Dhang Kahyanga Gunung Payung. Wisatawan dapat menjumpai lokasi suci tadi sembari menjelajahi pantai.

Akses dan Biaya Menuju Pantai Gunung Payung

Perjalanan menuju Pantai Gunung Payung dapat dimulai dari Seminyak atau Kuta. Setidaknya dibutuhkan waktu tempuh 45 menit untuk sampai dengan stamina terjaga. Oiya, kita bisa lho menyewa mobil sejak dari bandara di website ini, lalu menuju Pura Dhang Kahyanga Gunung Payung. Dari sana, perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki mengingat aksesnya belum bisa dilewati kendaraan. Siapkan juga biaya sebesar Rp 5.000 untuk tiket masuk.

Selepas memarkirkan kendaraan, petualangan akan dimulai dari jalan utama berupa garukan pasir. Sepanjang perjalanan, kita juga akan disuguhi pemandangan serba biru dan menyejukkan dari atas tebing. Bebatuan alami yang dijadikan fondasi tangga yang mengantarkan wisatawan mungkin akan agak melelahkan dan memakan waktu tempuh maksimal sekitar 20 menit. Inilah yang menjadi alasan kesehatan fisik maupun mental harus kuat kalau ingin mendatangi Pantai Gunung Payung.
Supaya perjalanan semakin seru dan tidak melelahkan, ajak keluarga dan teman-teman untuk menikmati keindahan pantai tersembunyi ini!


Doain ya supaya saya bisa mengajak keluarga ke Bali dan mengunjungi Pantai Gunung Payung, hehehe. Kalau teman-teman sudah pernah ke Bali? Destinasi wisata apa yang paling kalian suka jika pergi ke Bali? Sharing di kolom komentar yuk.



16 comments :

  1. Nama pantainya baru denger tapi ini asli keren sih. Sebagai orang yang suka menghabiskan sore dipantai kalau ada waktu..he. Ini rekomen, kalau deket tak otw lah..he

    Tiket masuknya juga masih terjangkau ini, Teh.
    Aamiin, semgoa bisa ajak keluarga untuk jalan-jalan ke Bali. Gak cuma Bali tapi ke tanah suci, keliling Indo biar bisa dibagikan lewat tulisan perjalanannya ya, Teh.

    ReplyDelete
  2. Wah Bunda postingannya jadi bikin aku pengen jalan2. Tapi lagi kere hihihi. Pengen juga ke sana. Smga berkesempatan ya

    ReplyDelete
  3. Sedih saya Mbak, belum pernah ke Bali. Hiks

    ReplyDelete
  4. Asik. Bs jadi pilihan traveling yang akan datang

    ReplyDelete
  5. Saya belum berkunjung ke Pantai Gunung Payung ini Mbak...Memang di Desa Kutuh ini, jajaran pantainya luar biasa. Bisa-bisa harus seharian kalau ke sini untuk bisa menikmati..:)
    Semoga pa ke Bali lain kali bisa mampir nanti

    ReplyDelete
  6. Woow...Bali menyimpan pantai indah yang belum diekspos. Belum pernah ke Bali. Jadi pengen juga nih ke pantai payung

    ReplyDelete
  7. Private beach cucok banget buat honeymoon yang sudah 8 tahun tertunda. Etdah 8 tahun Mak. Catetin dl nama pantainya.

    ReplyDelete
  8. Wah kemaren pas ke bali ak ga sempet kesini karna gempa.. lain kali kesini ah sama sekalian ingin k pura luhur yg lg terkenal itu

    ReplyDelete
  9. Kangen udah lama gak ke Bali, semoga akhir tahun dimudahkan kesana hehe. Mau ah ke pantai payung kayanya asyik dan suasananya mendukung. Hihi. Makasih infonya mba

    ReplyDelete
  10. Baru denger lho Mbak nama Pantai Gunung Payung ini. Semoga suatu saat berkesempatan bisa ke sini

    ReplyDelete
  11. Waaahh.. saya juga belum pernah kesini. Kalo ke Bali, seringnya nemenin temen belanja aja (padahal saya juga ikut belanja) hehehe..

    ReplyDelete
  12. Saya juga paling suka menikmati keindahan pantai. Apalagi mengamati terumbu karang di bawah lautnya..

    ReplyDelete
  13. Duh, mau bilang belum pernah ke Bali tapi malu. Ehhh, malah bilang hahaha ...

    ReplyDelete
  14. Aku paling suka ke Nusa Dua mba. Tapi kalo ada kesempatan ke sana lagi, pengen eksplor tempat lain yg kids friendly.

    ReplyDelete
  15. Noted. Hehe thx mba Eni kirain mb udah duluan ke Pantai Gunung Payung...ntar barengan yaa...😊

    ReplyDelete
  16. Amiin... semoga bisa keturutan ke Bali ajak keluarga, jangan lupa mampir yaaa, mbak. Eh, aku yg tinggal di Bali aja belum pernah ke pantai gunung payung hihihi

    ReplyDelete