Lumos: Kafe Harry Potter Pertama di Kota Malang


Beberapa waktu lalu saya dibuat penasaran oleh postingan teman di Instagram yang sedang berada kafe harry potter. Sebagai Potterhead alias penggemar Harry Potter–tapi nggak sampai fanatik sih, saya pun penasaran dan langsung deh kepoin instagramnya.

Kafe harry potter tersebut bernama Lumos yang berada di Jl. Gajayana No.572E, Dinoyo-Malang. Dibuka sejak Desember 2018, kafe yang juga barbershop ini menjadi pengobat rindu para Potterhead di Malang. Termasuk saya yang langsung mampir saat ada waktu, hehehe.

Sebelumnya saya follow Instagram Lumos Café and Barbershop untuk melihat-lihat menu makanan yang disediakan. Surprise, saya senyum-senyum sendiri saat tahu nama-nama menunya yang unik, seperti dementor kiss, roti bakar dobby, ayam geprek avada kedavra, Dumbledore BBQ sausage, Sirius blackpapper sausage, dan masih banyak lagi.


Kata Eko Listiawan–owner Lumos Café, nama menu yang unik-unik tersebut diambil dari cerita Harry Potter. Pastinya yang belum pernah baca buku dan nonton filmnya Harry Potter nggak tahu dan merasa biasa aja. Tapi bagi Potterhead sih lucu dan unik, nggak kebayang nama orang jadi menu makanan, hehehe. Dari menu-menu yang telah saya sebutkan sebelumnya, nih saya kasih tahu kenapa unik ya!

Dementor adalah penjaga Penjara Azkaban yang bertampang tanpa mata, berkerudung, dan hanya terlihat tangannya yang hijau menyeramkan.

Dobby adalah peri rumah yang unik
Avada kedavra adalah kutukan pembunuh
Dumbledore adalah kepala sekolah di Hogwarts
Sirius adalah bapak baptisnya Harry Potter (temannya ortu Harry Potter)

Gimana? Unik kan? 


Masih menurut sang owner, ada beberapa alasan mengapa kafe harry potter dipilih sebagai usahanya.

Pertama karena sejak SD dia sudah suka membaca novel Harry Potter. Kedua, ingin berbeda dari usaha kuliner lainnya. Setelah tahu kalau kafe bertema harry potter belum ada di Jawa Timur, Eko semakin antusias untuk memakai konsep tersebut dalam usahanya.

Terus, kenapa namanya Lumos?



Lumos adalah salah satu mantra di novel Harry Potter yang berfungsi untuk mengeluarkan cahaya pada ujung tongkat penggunanya. Eh, ternyata Eko Lityawan suka banget dengan mantra tersebut. Hehm… pastinya dia juga ingin agar usahanya selalu bersinar bagai cahaya, ya? Amiin.

Nah, agar bisa tetap bertahan ditengah maraknya usaha kuliner di Kota Malang, kafe yang memiliki tagline “cukur oke nongkrong oke” ini mendatangkan pelanggan dengan membuat promo yang berbeda-beda setiap bulan. Apa saja? Kepoin instagramnya deh @lumosmalang

Suasana Nyaman dengan Dekorasi Vintage


Meskipun tidak terlalu luas, kafe Harry Potter ini cukup nyaman dan menghadirkan dekorasi vintage yang pas buat nongkrong. Selain makan dan mengantri untuk cukur rambut, pengunjung juga bisa foto-foto dengan property ala property Harry Potter seperti platform 9/4 yang dilengkapi troli, burung hantu putih, dan beberapa kostum penyihir Hogwarts.


Menurut saya, dekorasi kafe harry potter di Lumos ini cukup bagus ya. Ada symbol empat asrama Hogwarts di tembok yang keren untuk foto dan bisa mempercantik feed Instagram. Gryffindor, Hufflepuff, Ravenclaw, dan Slyterin, mana yang teman-teman suka?

Menu Enak dan Murah, Tapi Nggak Murahan


Nah, saya penasaran banget dong dengan menu-menu makanan yang disediakan di Lumos. Seperti yang telah saya sebutkan tadi, saya telah mencoba beberapa menu yang menurut saya pas di lidah. Saking enaknya saya sampai nekat tanya ke owner, siapa yang masak?

Menurut lelaki yang pernah kuliah di Universitas Brawijaya ini, cheff yang memasak di Lumos pernah menjadi cheff di Chinese Resto. Oalah, pantesan rasanya enak, beneran deh rasanya enak banget (bukan ngendorse ya, wkwkwk). Oiya, ada menu yang dijual di kedai Diagon Alley (di desa sihir) yaitu butterbeer.
Eko Listiawan (Owner Harry Potter) dan kasir
Butterbeer di dalam cerita Harry Potter adalah campuran dari krim kental, rempah-rempah, dan saus butterscotch. Nah, di Lumos butterbeernya tanpa alcohol ya jadi tetep bisa dinikmati. Sayang sekali saya belum mencobanya, jadi belum tahu deh rasanya. Entar balik lagi ah nyobain butterbeer dan weasley chicken.

Saat saya ke Lumos kemarin pas bulan Februari dan dapat promo pay 2 get 3. Asik banget kan? Tiap bulan nih di Lumos ada promo yang bisa dinikmati seperti cukur rambut cuma 20K free cuci, head massage, dan kopi. Atau yang berani cukur rambut sampai gundul bisa free 1 paket nasi+ayam krispi+es teh.


Hayuuk… cukur habis rambutmu dan makan gratis di Lumos. Hahaha

Terus, pas ke kafe harry potter pertama di Malang ini, saya nyoba makanan apa saja donk? Meskipun hanya berdua dengan adik, kami pesan tiga makanan tapi bayarnya duo sajo, aseeek. Kami pun memutuskan pesan Teriyaki Centaurus Beef, Ayam Crispi, dan Dumbledore BBQ Chicken.

Teriyaki Centaurus Beef


Menu yang saya pesan adalah teriyaki centaurus beef, yaitu olahan beef dengan saus teriyaki special dari Lumos. Saya memesan makanan ini karena katanya menu paling laris. Wuih, beneran deh laris lha wong rasanya enak bingits.


Dagingnya empuk dan nikmat saat dimakan dengan tekstur kres jagung dan paprika. Memang menu ini bumbun yang gak pedas, jadi paprikanya harus dimakan agar ada rasa pedasnya meskipun sedikit. Sebagai penggemar makanan pedas, saya celingukan nyari sambal. Wkwkwk

Oiya, kata adik saya rasanya mirip banget sama krengsengan daging yang biasa dimasak ibu di rumah. Eh iya benar, jadi kangen masakan ibu deh, hehehe.

Harganya cukup murah lho, 20K satu porsi, dagingnya banyak pula.

Dumbledore BBQ Chicken


Sebenarnya menu Dumbledore BBQ ada dua macam yaitu chicken dan sausage, dan saya memilih yang chicken. Dumblodore BBQ Chicken adalah katsu ayam yang disiram dengan saus BBQ ala Lumos. Cukup merogoh kocek 18K kalian sudah bisa makan siang dengan menu nikmat ini. Daging ayamnya memiliki tekstur yang empuk dan rasa BBQnya pas banget.

Ayam Crispy

Kalau menu yang satu ini sih sudah banyak ya dimana-mana. Tidak ada yang istimewa sih dari menu ini. Harganya 12K cocok buat kalian yang lagi bokek, hehehe. Atau mungkin kalian penggemar ayam crispy? Cocok banget kalau makan di Lumos Kafe Harry Potter Pertama di Malang.

Kalau kalian lagi nyari tempat yang beda, instagramable, dan beda dari lainnya bisa lho cobia Lumos Café and Barbershop pertama di Kota Malang yang berkonsep Harry Potter.


Lumos Barbershop and Cafe

  • Jl. Gajayana No.572E, Dinoyo-Malang
  • Buka Jam 11.00 - 23.00 (Kafe/kecuali jumat buka jam 13.00) dan 13.00 - 23.00 (cukur)  
  • Harga 5K - 30K
  • Fasilitas: kamar mandi, tempat sholat, wastafel, tempat parkir, free wifi
  • IG: @lumosmalang 

Post a Comment

37 Comments

  1. Harusnya avada kedavra tuh makanan pedas level dewa yg menimbulkan sensasi mau mati saking pedesnya kali ya? ��

    ReplyDelete
  2. Wah, gitu ya. Beberapa kali lewat depan Lumia cafe tapi nggak ngerti konsepnya. Baru tahu sekarang.. jadi pengen coba

    ReplyDelete
  3. Total banget ya yg punya cafe bikin kayak gtu...kerrn..

    ReplyDelete
  4. Wow keren juga tempatnya Bunda. Kapan2 ke Malang mampir ah.

    TRAVELLING YUK!

    ReplyDelete
  5. Pengen ke kafe Harry Potter nih mb jadinya. Pinisirin pngen pepotoan dgn properti HP. Anak2ku juga ngajak tggal tggu waktu yg tepat. Mksh ya info ttg menu n hrganya yg low price...hihi syukaaa...

    ReplyDelete
  6. Tempat nongki2 baru ya Mbak
    Asyiiik banget kayaknya

    ReplyDelete
  7. Keren tempatnya. Bisnis di bidang kuliner emang kudu kreatif dalam mengamati peluang pasar ya mbak

    ReplyDelete
  8. Suamiku namanya Harry tapi gak pake Potter, hihi. (Aslinya 'Hari', sih)
    Sering sebel kalo pas mau cukur rambut ehh ngantri panjang atau tutup. Kapan2 tak ajakin ke Lumos, ah. Syukur2 kalau mau gundul, hihi.

    Nice info, nih. Keren. Kreatif tenan owner-nya. Harus begitu ya kalau mau bersaing di bidang kuliner. Boleh banget kalau kapan2 ngundang narablog Malang untuk mereview :D

    ReplyDelete
  9. Enak buat nongkrong..harganya juga rah di kantong.. Jadi ingat belum nulis nih tempat hehe

    ReplyDelete
  10. Cukur oke nongkrong oke...keren!
    Bisa -bisa kalau ke sini ketawa sendiri aku baca menunya. Pengin coba Demwntor Kiss kwkwk.
    Oh ya platform nya 9 3/4 keknya mbak seingatku hihi
    Ketje idenya Lumos Cafe

    ReplyDelete
  11. duh lagi lagi ini di malang, kenapose sih ini makanan enak semua di malang huhu, aku kan pengen juga nyobain wkwkw, duh akutuh enggak kuat kalo diginiin, heu. nanti kalo ke malang pokoknya kudu kesini *enggak mau tau wkwkwkwk ~

    ReplyDelete
  12. Noted ini. Klo kapan2 ke malang bisa mampir
    Bikin kategorinya lucu, muggle's menu. Kira2 pumpkin juice ada ga ya??? 😆😆😆

    ReplyDelete
  13. Aihhh ... Seru banget. Aku suka sama cerita Harry Potter meskipun nggak fans berat. Tapi nama-nama di menu, familiar dong pastinya. Ada sapu terbangnya juga nggak buat pepotoan? Pasti keren banget ituuu ... Hahaha ...

    Yang aku bingung, kenapa teman-teman blogger Malang yang mengulas kuliner bisa dapat yang harganya cakep-cakep? Apa memang harga segitu sudah lazim di sana? Di Bogor harganya lumayan mahal soale, hihihi ...

    ReplyDelete
  14. Noted mbak kalo ke malang aku masukin list cafe yang wajib didatangi nih. Pengen nyobain dumbledore chicken weheh

    ReplyDelete
  15. Konsepnya unik banget. Wah, para penggemar Harry Potter nih harus mencoba semua menu yang ada di tempat ini...

    ReplyDelete
  16. Asyik nih kayaknya kafenya. Kapan-kapan pas main ke rumah saudara pengen cobain aah. Sekalian pak suami cukur rambut.

    ReplyDelete
  17. Keren menggunakan satu mantra di novel Harry Potter yang berfungsi untuk mengeluarkan cahaya pada ujung tongkat penggunanya. Agar usahanya selalu bersinar bagai cahaya.

    ReplyDelete
  18. Tempatnya antik banget. Itu terayaki beefnya juisi banget, terasa aromanya sampai rumah sayA..
    Dan harganya itu lho,bersahabt banget dengan kantung si emak.
    Btw,pelayannya jangan jangan pakai sapu terbang ya,mbak :-)

    ReplyDelete
  19. Ada buku-bukunya dipajang juga ga? Sekalian baca sambil ngeresto...

    ReplyDelete
  20. Nambah lagi nih list tempat di Malang. Menunya unik - unik namanya, pokoknya kalau ke malang mesti ke sini deh.

    ReplyDelete
  21. Yeayyyy template baru. Aku suka yang ini daripada yang kemarin ��. Oh ya ngomongin soal lumos ini ternyata baru buka ya Bun dan harganya juga murah. Apa itu karena lagi promosi atau strusnya akan murah ya Bun? Suami aku penggemar harry potter juga bhkan punya koleksi buku harry potternya lengkappppp wkwkkw. Sking sukanya

    ReplyDelete
  22. Wah kafe milenial menjangkau pangsa marketing anak muda ke atas keren juga

    ReplyDelete
  23. Itu teriyaki beefnya juicy banget penampakannya... Tidak mahal pula. Tempatnya pun menarik sekaliii. Eh, jangan-jangan pelayannya pakai sapu terbang ya,mbak

    ReplyDelete
  24. Sukaan saya banget chicken BBQ, cuma kok di Malang ya? Saya masukkin list dulu untuk tempat berkunjung di Malang. Matur nuwin infonya mbak

    ReplyDelete
  25. Ah, jadi ngiler kan mbak, penasaran dengan namanya yang unik-unik. Kalau mau pesen kudu dieja baik-baik agar nggak kesrimpet lidahnya. Hihihi ... Habis baca promo bisa makan gratis setelah cukur plontos jadi bayangin anakku akan kucukur plontos biar dapat makan gratis. Hahaha ... emak sadis!

    ReplyDelete
  26. woww tempatnya keren dan nama2 menunya juga lucu, memang sama dengan cerita di Harry Potter. Next time kalau berkunjung ke kota Malang mau mampir ahhh :)

    ReplyDelete
  27. konsepnya boleh juga ;). aku sebagai penggemar harry potter harus banget sih ksana kalo nanti ke malang ;). yg bikin penasaran jelas butterbeer hahahahaha.. selalu pgn tahu gmn kira2 rasanya tiap kali baca harpot :)

    ReplyDelete
  28. unik dan sangat menarik untuk di kunjungi hhmm... lumayan nambah destinasi untuk liburan kalau pas lagi ada di malang hehe jangan lupa mampir ke blog sederhana saya mba https://portalgadgetid.blogspot.com/

    ReplyDelete
  29. wow enaknya..ga ada peta untuk rute ke kafenya Mbak? Hehehehe, lupa, udah lama gak ke daerah Dinoyo.
    Bisa go food gak?

    ReplyDelete
  30. Pilih menu sambil membayangkan novel Harry Potter. Keren juga idenya.

    ReplyDelete