Memanfaatkan Blog Untuk Menghasilkan Uang, Begini Caranya Menurut Ahli!

bundadzakiyyah.com – Sudah berapa lama saya menjadi narablog? Apa yang telah saya dapatkan selama menjadi narablog? Pertanyaan yang tampaknya mudah tapi sulit untuk dijawab oleh saya yang sudah mulai menulis di blog sejak Desember 2017.

Jika ditanya perolehan apa saja yang saya dapatkan melalui ngeblog, jujur saya agak bingung menjawabnya. Sebagai penulis tentu saja saya memperoleh kepuasan batin karena bisa berbagi ilmu dan informasi melalui blog. Tapi sebagai ibu rumah tangga yang sedang mencari penghasilan tambahan, saya merasa belum memperoleh apa-apa. Ehm, memang benar jika melalui blog saya bisa menghasilkan uang tapi tanpa jejak, hiks.


memanfaatkan-blog-untuk-menghasilkan

Untuk itulah saya sangat antusias saat Indonesian Sosial Blogpreneur (ISB) akan bertandang ke Malang untuk menggelar workshop bertajuk Create Opportunities From Blogging. Yeay... saya merasa, kok klik banget dengan apa yang sedang saya rasakan. Apalagi salah satu materinya memanfaatkan blog untuk menghasilkan uang.

Bertempat di Gerai Indosat Ooredoo Malang, keempat pemateri yang hadir adalah admin ISB yaitu Ani Berta, Dama Vara, Riri Restiani, dan Liswanti Pertiwi. Acara yang diadakan pada Minggu, 5 Mei 2019 ini dihadiri oleh blogger dari Malang dan Surabaya. Bagusnya lagi, acara gratis ini dihadiri oleh peserta terbatas sehingga kegiatan berlangsung secara lebih santai, ceria, dan menyenangkan.

memanfaatkan-blog-untuk-menghasilkan

#1: Blogger dan Enterpreneur

Materi pertama disampaikan oleh Riri Restiani, seorang wirausaha muda dan Beauty Blogger. Riri sharing tentang cara memulai usaha dan ternyata gadis pemiliki akun medsos @princes_Rhie ini memiliki usaha craft dari kain flanel, hoho… pas banget nih, kebetulan saya juga tertarik pada kerajinan flanel. Langsung deh kepoin instagramnya Riri @princessrhieshop yang isinya produk flannel.

Menurut cewek yang hobi ngeblog sejak SMA ini, untuk berwirausaha pilihlah usaha yang tepat dengan cara survei kebutuhan pasar. Seperti Riri saat memilih kerajinan flannel juga gitu, survei kebutuhan pasar yaitu mahasiswa (kebetulan Riri masih kuliah). Nah, Riri pun memutuskan untuk membuat graduation bouquets yang dijual di sekitar kampus.


memanfaatkan-blog-untuk-menghasilkan
Riri Sharing Tips Meningkatkan Kreativitas Wirausaha (Doc. Rievanie Rahmadanie)

Jadi inget sama usaha toko alat tulis yang saya buka dua tahun yang lalu. Meskipun belum paham bisnis secara tidak langsung saya juga melakukan survei. Saya mengamati kalau di sekitar rumah saya banyak anak usia sekolah, dekat dengan sekolah, dan belum ada toko alat tulis. Cocok sekali kalau saya jualan alat tulis.

Oiya, sesuaikan juga dengan passion atau sesuatu yang diminati. Menjalankan usaha sesuai passion tidak akan membuat bosan dan tidak sekedar ikutan tren. Seperti yang dialami Riri, hobinya membuat kerajinan flanel kemudian mengantarkannya menjadi entrepreneur dengan berbagai perencanaan dan strategi yang matang.

Strategi Riri cukup efektif menurut saya, yaitu dengan mendatangi tempat-tempat strategis dimana bisa memasarkan produknya. Misalnya toko-toko di lingkungan kampus. Lalu, Riri juga mengajak teman-temannya untuk konsinyasi. Melalui sistem konsinyasi Riri berhasil memperluas pasar dan menghemat biaya produksi.

Bagaimana Cara Meningkatkan Penjualannya?

Inti dari sebuah bisnis adalah meningkatkan penjualan untuk mendapatkan keuntungan. Nah, untuk mempertahankan bisnisnya Riri memiliki tips jitu untuk meningkatkan penjualan.


memanfaatkan-blog-untuk-menghasilkan

Agar enterpreneur bisa selalu kreatif, Riri punya tips untuk meningkatkan kreatifitas dalam wirausaha lho, ini dia:

  • Memiliki motivasi tinggi
  • Selalu berani mencoba hal baru
  • Belajar dari pengalaman keberhasilan dan kegagalan orang lain
  • Bergaul dengan orang-orang dengan motivasi positif
  • Menjual hobi dan keahlian diri
  • Aktif menjalankan peluang usaha
  • Menerima setiap kritikan dan masukan
  • Aktif bersilaturahmi secara online dan offline
  • Berani ambil resiko dan siap gagal
  • Konsisten, ulet, tekun
Apakah teman-teman sudah menjalankan tips-tips tersebut dalam berwirausaha?

Memanfaatkan Blog untuk Review Produk dan Pemasaran

Sebagai narablog, Riri juga memanfaatkan blog untuk menghasilkan uang. Pengelola princessrhie.com dan ririrestiani.com ini memanfaatkan blog dan media sosialnya untuk mereview produk dan memasarkannya. Seperti kita tahu jika saat ini pemasaran produk melalui blog adalah strategi yang cukup jitu terutama yang berbasis online.

Salut deh dengan Riri yang konsisten dan semangatnya luar biasa. Bahkan, hasil ngeblog yang dikelola dengan baik oleh Riri ini bisa menghasilkan barang-barang mewah, seperti laptop, sepeda motor, kamera, dan rumah (yang terakhir wow banget).

#2: Desain Blog Untuk menarik Pengunjung

Setelah tahu caranya memanfaatkan blog untuk menghasilkan uang, tentu saja langkah selanjutnya adalah mempercantik tampilan blog untuk menarik pengunjung. Nah, materi ini akan disampaikan oleh Dama Vara, IT Support dan Designer Grafis.

Dama Vara ini keren banget lho karena pernah mendapatkan beasiswa dan diundang ke Amerika dalam rangka workshop dan seminar IT & Desain. Menurutnya, workshop tentang Persona yang diadakan oleh Mozila adalah yang paling berkesan

memanfaatkan-blog-untuk-menghasilkan
Dama Vara saat sharing materi Layout Blog (Dok. IG Komunitas ISB)

Langsung aja ke materi desain layout blog ya ...

Menurut Dama, agar pembaca dan klien tertarik, kalau bisa blogger bisa desain juga ya. Blog yang didesain dengan cantik dan menarik dapat mempermudah pembaca memahami isi tulisan dan memperpendek durasi proses pemahaman.

Memang benar jika content is the king, tapi desain juga penting sebagai pendukung. Agar pembaca tidak bosan, narablog perlu memperhatikan desain yang menarik untuk blognya dan juga jenis huruf yang digunakan. Kalau bisa sih gunakan huruf yang dekoratif namun tingkat keterbacaannya tinggi.

Teman-teman narablog pasti tahu donk kalau jenis-jenis huruf tuh beragam. Menurut Dama, secara tipografi huruf non dekoratif memiliki tingkat keterbacaan tinggi sehingga pas untuk digunakan di blog.

Desain Simple dan Mudah dengan Canva

Untuk desain – layout, Dama menyarankan aplikasi Canva (sudah terinstal di ponsel saya tapi kurang maksimal pengginaannya). Selain mudah digunakan, Canva juga bisa digunakan melalui web.

Templatenya pun beragam, mulai dari kiriman Instagram, tajuk twitter, sampul facebook, dan masih banyak lagi. Gratis, tapi udah bagus banget menurut saya. Ada sih versi berbayarnya dan tentunya lebih bagus lagi desainnya, hehehe.

memanfaatkan-blog-untuk-menghasilkan
Pelajaran baru yang saya dapatkan dari workhop ini, edit gambar dengan Canva 

Untuk membuat desain gambar di blog dengan Canva, Dama menyarankan memilih tajuk twitter atau kiriman twitter (englishnya apa ya? Di Canva saya Indonesian soalnya, hahaha). Hasilnya juga pas kalau mau upload di facebook. Nah, ilmu baru nih buat saya.

Pada kesempatan ini saya dapat banyak ilmu baru, salah satunya edit gambar di Canva. Jujur deh, saya enggak tahu kalau ada fasilitas filter untuk mengedit gambar, wkwkwk. Saya cuma pakai aplikasi ini tanpa filter-filter gitu, ya ampuuun tiba-tiba merasa bodoh banget deh.

Beruntung banget bisa ikut workshop ini dan bertemu Dama yang enggak pelit ilmu 😍

Supaya mendesainnya tidak asal pilih model, Dama menyarankan untuk menetukan dulu palet warna untuk blog kita (setahu saya sih palet ini sebuah lempengan untuk tempat cat warna, hihihi). Jadi, pembaca enggak bingung menilai blog kita, semacam ada identitasnya gitu loh. Kayak blognya Mami Gesi di www.gracemelia.com itu lho teman-teman, warnanya pink.

Kalau blog saya paletnya apa ya? Templatenya sih pink tapi dalemnya warna-warni, belum jelas identitasnya. *cateeet perlu perbaikan

Oiya, untuk membuat postingan menarik di Instagram juga bisa menggunakan aplikasi UNUM yang menata feed sesuai moodboard. Apa itu moodboard? Bisa diintip di pinterest ya, banyak banget contoh dan templatenya. Saya belum terlalu mahir dan harus belajar lagi untuk aplikasi ini. Hasil penggunaan UNUM bisa coba dilihat pada projectnya Dama Vara tentang perhiasan berikut ini.

memanfaatkan-blog-untuk-menghasilkan
doc. IG Zifa & Co

Itu dia teman-teman, cara memanfaatkan blog untuk menghasilkan uang dari dua admin ISB yang keren-keren dan menginspirasi. Lalu, gimana ya caranya agar hasil ngeblog kita bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat seperti Riri dan Dama? Terutama buat saya nih yang penghasilan dari blog selalu habis entah buat apa, hiks.

Teman-teman bisa membacanya di postingan saya Cara Menjadi Freelancer Sukses di Era Digital. Materi ini juga hasil dari workshop ISB, saya jadikan dua postingan karena sayang banget kalau materi sebanyak ini enggak ditulis. Soalnya saya juga pelupa, siapa tahu suatu saat butuh, ya kan?

Terima kasih telah membaca artikel ini hingga akhir, mungkin teman-teman punya tips memanfaatkan blog untuk menghasilkan uang. Yuk, sharing di kolom komentar!



Post a Comment

17 Comments

  1. Mungkin yang dimaksud mbak Eni itu Twitter Header dan Twitter Post.

    Jadi pada dasarnya blogger itu entepreneur ya, that's why penting banget punya mental entepreneur seperti memahami target market, atau target reader kali ya kalau blogger.

    ReplyDelete
  2. Saya juga pake canva, udah bikin palet warna tapi masih suka kepincut warna lain. Jadi gimana dong ya? Hahaha. Pe er banget emang, tapi lumayan juga kalo blog bisa jadi salah satu sumber income.

    ReplyDelete
  3. Blog bisa dimanfaatkan untuk berbagai gal positif ya termasuk untuk melakukan bisnis online. Senang rasanaya kalau mendapatkan ilmu ya dari para ahlinya jadi kita bisa iut maju juga ke depannya. Wah dapat ilmu dari 2 admin ISB ya :)

    ReplyDelete
  4. Wah bermanfaat banget ini. Kudu baca pelan2 buat sekalian praktek. Aku pake canva juga tapi template warnanya masih gak karuan. Makasih sudah sharing.

    ReplyDelete
  5. Keren banget, ISB mampir ke Malang jadinya blogger Malang dan Surabaya bisa makin dekat dengan para adminnya dan dapat sharing ilmu yang bermanfaat. Saya yang jauh pun kebagian juga, melalui blog ini. Makasih ya Mbak Eni. 💚

    ReplyDelete
  6. ISB emang top markotop!
    Semoga tips2 yg udah di-share oleh Teh Ani dkk bisa kita praktikkan ya mba
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  7. Wah keren ya workshopnya ISB. Di jaman serba digital ini penggunaan blog memang harusnya bisa dimaksimalkan untuk berbagai macam hal positif ya maaaak

    ReplyDelete
  8. Yap alhamdulillah banget ya mba jika blog bisa menghasilkan. Apalagi rumah, wow banget. Hehehe. Makasih nih mba reminder mba tapi memang konten bagiku is the king juga ya mba :)

    ReplyDelete
  9. Saya pakai canva juga, tapi masih settingan default aja. Jadi tertarik nih buat utak atik canva lagi, ternyata banyak fiturnya yang belum saya ketahui

    ReplyDelete
  10. Aku pernah memaksimalkan blog untuk penghasilan. Tapi sekarang udah let it flows aja. Ga begitu maksain diri untuk ngejar materi dari blog

    ReplyDelete
  11. Makasih mba tips2 nya...pengen meningkatkan menghasilan dr blog ini merasa blm maksimal

    ReplyDelete
  12. Workshop nya isi daging semua mba, sarat ilmu. Aku yang baca tulisan mba Eni ikutan belajar juga nih, baru tahu soal UNUM. Makasiu sharingnya

    ReplyDelete
  13. Manfaat sekali pertemuannya ya Mbak. Makasih sharingnya. Saya juga belum pernah pake canva nie. Belum mudeng juga. Hehe.

    ReplyDelete
  14. Keren mba liputan nya, saya jadi dapat banyak insight soal canva, usaha dll. Kalau tips saya sih menghasilkan uang dari blog ga konsisten, dan perluas networking

    ReplyDelete
  15. Ini ilmu-ilmu yang mantap jadi blogger yaa...
    Makin yakin dan percaya diri saat menyebut diri, Aku Seorang Blogger.
    Semoga yang lain mengikuti...

    ReplyDelete
  16. Thankyou sharing nya mbak. saya juga termasuk mengatur preview postingan feed instagram. Selama ini pakai PREVIEW untuk menyamakan mood dan tone nya

    ReplyDelete