Sabtu, Maret 18, 2017

Tips Ajak Anak Ke Dokter Gigi Tanpa Takut


Anak Anda takut pergi ke dokter gigi?

Memang, beberapa anak takut pergi ke dokter gigi. Entah apa yang mereka bayangkan tentang dokter gigi, mungkin melihat banyaknya peralatan, kursi yang besar, atau apa yang akan dilakukan pada giginya nanti? Macam-macam masalah dapat menyerang gigi anak-anak, seperti gigi berlubang, gigi sundul, gusi bengkak, maupun gigi berkerak dan menghitam. Berikut ini tips yang dapat dilakukan untuk mengajak anak ke dokter gigi tanpa takut.

1. Bermain Peran Dokter Gigi

Mengenalkan sosok dokter gigi kepada anak sangatlah penting. Jika perlu kenalkan melalui sebuah permainan yang menyenangkan sehingga tidak ada ketakutan pada anak. Jangan sampai anak merasa bahwa dokter gigi adalah orang yang kejam karena harus mencabut gigi anak-anak atau orang lain.

Bermain peran sebagai dokter adalah cara yang ampuh untuk menghilangkan ketakutannya. Anda bisa berperan sebagai dokter gigi dan anak-anak sebagai pasien. Hilangkan stigma bahwa dokter gigi itu menyeramkan. Lakukan peran bahwa dokter gigi itu menyenangkan karena bisa membersihkan gigi dengan alat yang canggih.

Baca juga: Gigi Susuku Kesundulan


2. Hindari Sugesti Negatif

Berhati-hatilah ketika anak-anak tidak mau menyikat gigi, lalu Anda bilang "nanti diperiksa ke dokter gigi lho, sakit lho, nyeri lho", secara tidak langsung Anda telah memberikan sugesti negatif tentang dokter gigi. Coba deh bilang, "besok kita periksa jumlah gigi kakak ke dokter gigi yuk! Pasti dokter gigi suka lihat senyum kakak yang manis" pasti si kecil meng-iyakan dan memberikan kesan bahwa dokter gigi itu baik dan tidak menakutkan


3. Stop Janji Manis

Alih-alih memberikan janji manis berupa permen, mainan, atau barang kesukaan anak saat ia mau pergi ke dokter gigi, coba berikan pujian misalnya dengan mengatakan "wow, kakak hebat dan berani ya!" atau "pintarnya anak Bunda, bersikap baik pada bu dokter".

Namun, tak ada salahnya sesekali memberikan hadiah sebagai kejutan untuk menyenangkan hati anak serta meningkatkan semangatnya.

Baca juga: Menikmati Kebaikan Susu Murni

4. Ajak Anak Baca Buku Tentang Gigi

Coba deh, ajak anak-anak membaca cerita tentang gigi. Bagaimana bentuknya, berapa jumlah gigi pada manusia, macam-macam gigi pada makhluk hidup. Hehm, pasti seru dan menambah rasa penasaran. Kalau sudah begitu dijamin deh anak Anda tidak akan takut dengan dokter gigi malah ingin menyapa dan segera mencabut giginya yang sudah waktunya tanggal.


5. Sabar, Nikmati Setiap Proses

Jangan putus asa untuk selalu mencoba jika Anda masih gagal menerapkan keempat tips diatas. Namanya juga anak-anak, rewel itu sudah biasa. Rasa takut juga tidak bisa dihilangkan begitu saja, anak yang satu dengan yang lain bisa jadi berbeda.

Sabar, Anda hanya perlu mengulang setiap proses dengan penuh kesabaran. Jangan berkecil hati, nikmati setiap proses dengan penuh bahagia karena anak-anak itu unik.

Nah, itu tadi tips mengajak anak ke dokter gigi tanpa takut. Jika bermanfaat silahkan dishare ya. Tinggalkan komen, pasti akan langsung saya folbabk. Terima kasih telah berkunjung.

0 komentar :

Posting Komentar