Tuesday, May 30, 2017

Menu Sahur ala Food Combining



Menu Sahur ala Food Combining - “Menu sahur untuk besok apa ya?” adalah pertanyaan yang selalu terlontar saat berada di kantor dan ngumpul dengan ibu-ibu. Menentukan menu sahur bagaikan membuat esay yang harus dipikirkan matang-matang, agar keluarga yang menikmati tertarik dengan menu yang disajikan. Namun berbeda dengan saya yang menerapkan food combining dalam keseharian karena memang sederhana sekali (noted: SAYA, bukan keluarga). Saya masih belum berhasil mengajak keluarga saya untuk ber-food combining. Jadi saya juga memasak menu sahur non food combining untuk anggota keluarga.

Baca juga: Ngeblog Bikin Hidup Lebih Hidup

Sebenarnya sama saja sih menu sahur food combining dengan menu food combining pada hari biasa. Cuma beda waktu konsumsi aja, harus mengikuti jam makan puasa. Tapi juga perlu pertimbangan khusus sih agar kinerja organ cerna lebih ringan (setelah seharian istirahat). Nah, menu sahur food combining bisa dengan eksklusif buah atau sahur buah dilanjutkan dengan menu karbo.

Menu Sahur Eksklusif Buah

Gak takut lapar? Gimana kalau jadinya lemes karena nggak kenyang? Itu yang biasa dikatakan orang-orang yang gak kenal food combining. Awalnya, saya juga berpikir seperti mereka, kuat gak ya? Tapi dengan kesungguhan hati dan tekad yang bulat, ternyata menjalankan puasa dengan sahur buah saja tidaklah sesulit yang saya bayangkan. Kalau pun nanti siang lapar, namanya juga puasa pasti lapar laah… Kalau gak lapar, gak puasa donk namanya.



Tak lupa aturan dasar food combining tetap saya ikuti, seperti mengonsumsi buah eksklusif dalam keadaan perut kosong, diawali dengan minum jeniper (jeruk nipis peras)  hangat yang berfungsi sebagai penyegar liver, kemudian lanjut air putih, barulah eksekusi 3-4 jenis buah segar(kasih jeda 15 menit ya saat beralih dari jeniper - air putih - buah). Oiya, buah yang dikonsumsi harus manis, berair, dan matang secara sempurna. Jangan lupa akhir dengan minum air putih 1-2 gelas agar tidak dehidrasi.

Baca juga: 5 Usaha yang Sering Muncul saat Ramadhan


Lalu buah apa yang cocok untuk menu sahur food combining? Biasanya saya mengonsumsi buah berikut, blewah, pisang, papaya, apel, stroberi, mangga, jeruk, belimbing, melon, buah naga. Pastikan juga buahnya matang dan manis ya!

Menu Sahur Buah Lanjut Menu Karbo

Kalau yang ini menunya lebih mudah diterima oleh orang awam (tentang food combining). Jika tidak yakin bisa bertahan hingga bedug maghrib berkumandang, pelaku food combining bisa menerapkan menu sahur buah lanjut menu karbo. Jadi eksekusinya sama dengan menu sahur eksklusif buah, tapi dilanjutkan menyantap menu karbo (nasi+sayur+protein nabati), beri jeda 30 menit sebelum menyantap nasi dan kawan-kawannya.



Untuk menu karbo tidak ada aturan pasti selain aturan dasar food combining, yaitu nasi tidak boleh disantap dengan protein hewani. Alangkah baiknya bila menggunakan lalapan atau sayuran mentah. Biasanya, saya makan nasi seperempat piring dan sisanya lalapan. Dijamin deh nggak lemes dan nggak lapar hingga adzan maghrib datang. Saat bulan puasa, saya memperbanyak konsumsi sayuran mentah dalam menu sahur, selain sayuran lebih tahan lama (bikin nggak gampang lapar) sekalian  detoksifikasi tubuh.

Berikut Contoh Menu Sahur ala Food Combining yang Dapat Dicoba Selama 5 Hari.

Senin

Buah: semangka, buah naga, papaya
menu karbo: nasi, tahu tempe panggang bumbu kari+ salad

Selasa

Buah: Anggur, blewah, pisang
menu karbo: nasi merah, satai jamur, cah tahu pokcoy, salad

Rabu

Buah: salak, jeruk, buah naga
menu karbo: nasi, sambel goreng kentang ucet, urap-urap mentah


Kamis

Buah: Belimbing, apel, stroberi
Menu karbo: Gado-gado

Jum’at:

Buah: Pepaya, jeruk, blewah
Menu karbo: nasi, cah jamur brokoli, tempe goreng, lalapan, sambal



Itu hanya contoh ya, teman-teman bisa mengkombinasikan sendiri menu sahur ala food combining sesuai selera dan bahan yang ada. Yang penting jika memilih menu eksklusif buah, maka makanlah buah sebanyak mungkin yang kamu bisa. Jangan terlalu kenyang juga agar tidak sakit perut, yang sedang-sedang saja.


31 comments :

  1. Aku pernah mbak coba nerapin FC, tp baru 2 hari udah nyerah. Kudu konsisten sih. Hehehe.Kebetulan aku jg gk terlalu suka makan daging, jd seringnya nasi sama sayuran. Tp yg paling susah itu buat konsisten makan buah di pagi hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak dong ya gak suka daging,aku masih suka tergoda kalau ada daging, ihihi

      Delete
  2. Wah, kece Mbak bisa komit FC di masa puasa. Semoga puasanya lancar jaya yaaaa

    ReplyDelete
  3. Wah, nice combining...

    memang Sebaiknya menu buah dulu lalu setelah beberapa menit makanan berat agar buahnya dapat terserap dengan baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya benar mas, jangan keliru buah sebagai pencuci mulut ya,hihihi

      Delete
  4. Gado2 :D Pasti enak banget sahur pakai itu. Jadi tidak melulu mie goreng. :'D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak banget mbak, eh ketahuan deh mbak anis suka sahur sama mie goreng

      Delete
  5. Jika dikombinasikan seperti itu, tidak hanya dapat kenyang tapi juga dapat sehat, ya? :D Nutrisi tercukupi

    ReplyDelete
  6. jarang sahur, karena jarang bisa bangun...
    :(

    ReplyDelete
  7. Wah asik, makasih sharing nya, Mba. Aku tunjukkin ke Adit ah.

    ReplyDelete
  8. Ga kebayang kalo sahurnya haru eksklusif buah 😅

    ReplyDelete
  9. Replies
    1. Karena lagi puasa itu ya mbak,jadi berasa seger,hihihi

      Delete
  10. Aku masih menyusui, gak berani euy menerapkan fc. Klu pas gak puasa sih sarapan emng jarang. Palingan mkn buah aja, gak bisa sarapan nasi pagi2 soal e. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehm, mending gak puasa ya mbak karena Aira masih menyusui

      Delete
  11. menu yang menyehatkan banget ya bun.
    aku belum pernah sahur pake food combining :-D

    ReplyDelete
  12. Nah ini, ada menu yang sehat ala food combining. Puasa akan semakin menyehatkan ya, Mbak :)

    ReplyDelete
  13. menu sahur dgn buah kayaknya boleh juga tu bnda

    ReplyDelete
  14. wah keren bisa konsisten FC
    Aku mah nyerah deh, masih susah nahan godaan lontong sayur dan nasi uduk hahaha

    ReplyDelete
  15. menunya enak-enak semua untuk sahur, tapi saya kalo sahur makan seadanya, maklum anak kosan, heheh

    ReplyDelete
  16. meski ga yakin bakal kuat dengan food combining, aku suka banget makan buah dan sayur. Trus buah yang bunda sebutkan di atas hampir semua ada di kulkas, sengaja memang sedia buah-buahan supaya puasa lancar

    ReplyDelete
  17. Food combining udah pernah, tapi nggak konsisten. hahahahahaha. susah soalnya

    ReplyDelete
  18. Aku pikir sahurnya FC ya makan buah doank, ternyata bisa makan nasi juga. Malah menunya lebih komplit timbang aku ya makan sembarangan ini. Bisa dicontek menu sahurnya, aku jarang makan protein hewani juga soalnya, hehe

    ReplyDelete
  19. Aku juga pengen FC-an tapi justru pengennya pas buka puasa biar nggak terlalu nggragas pengen ini itu. Kalau pas sahur takut puasanya lemes, hihihi.

    ReplyDelete
  20. Waah aku malah belum bisa melaksanakan food combining nih mba. Makan masih ngaco. Hihihi
    Makasih tipsnya ya

    ReplyDelete
  21. Patut dicontoh ni menu sahurnya mbak....

    ReplyDelete