Monday, June 26, 2017

7 Aktivitas Ngabuburit Asyik bersama Sulungku


Ramadhan identik dengan ngabuburit, apa sih ngabuburit? Ternyata eh ternyata ngabuburit berasal dari bahasa sunda. Berasal dari kata "burit" yang artinya sore, awalan "nge" dan suku kata "bu" berarti melakukan berkali-kali, ngabuburit berarti "menunggu sore". Ealah... saya kira artinya menunggu saat berbuka. Hihihi. Kalau teman-teman sudah tahu belum arti ngabuburit?

Alhamdulillah Ramadhan tahun ini sulungku sudah bisa ikut puasa walaupun masih setengah hari. (tips mengajarkan anak puasa sehat saya tulis disini). Seperti biasa, kalau sudah melewati waktu ashar kakak (paggilannya) selalu bertanya "kurang berapa jam adzan maghrib?" 😁😁 Maklum, namanya juga anak-anak. Nah, kalau sudah begitu saya harus mencari cara agar kakak keslimur (lupa sejenak). Berikut ini 7 aktivitas ngabuburit asyik yang biasanya dilakukan kakak.

1. Baca buku

Buku adalah salah satu pilihan kakak saat ngabuburit.Mungkin karena baru bisa baca ya jadi kakak semangat baca buku apalagi saat ngabuburit. Buku yang dibaca biasanya komik atau KKPK (itu loh Kecil Kecil Punya Karya) kadang juga baca buku iqro. Karena baru saja lancar membaca, jadi kakak keranjingan baca buku.

Baa juga: Sudahkah Kita Membaca Bersama Anak Kita?

2. Nonton kartun

Ini bukan rekomendasi buat pembaca tulisan saya, nonton kartun untuk ngabuburit. Anak kecil mana sih yang tidak suka kartun, mungkin hanya 1 dari 10 ya kan? Apalagi suami saya belum bisa move on dari kartun, jenis apapun, hihihi nular deh ke anaknya. Tapi seperti ibu lainnya yang ingin mencerdaskan kehidupan bangsa, saya membatasi tontonan untuk anak-anak. Maksimal 2 jam perhari (kalau nggak kecolongan sih... wkwkwkwk). Nah, kakak nonton kartun saat ngabuburit hanya ketika sudah bosan ngapa-ngapain, terus gak pakai lama. Biasanya satu jam doang.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Nonton Film Bisa Menelorkan Ide Kreatif

3. Jalan-jalan

Bosan di rumah, jalan-jalan aja. Tapi jalanan macet karena orang-orang pada keluar berburu takjil. Kalau sudah begitu biasanya kakak jalan-jalan ke sawah bersama ayah. Maklum, karena tinggal di desa jadi masih banyak sawah betebaran. Nah, jalan-jalan bisa menjadi alternatif ngabuburit asyik kakak dan ayah (kadang adik juga ikut). Selain menunggu adzan maghrib tiba, kakak juga bisa mendapatkan udara segar dan suasana baru.

4. Berburu takjil

Meskipun jalanan macet, pasar ramadhan ramai, kakak juga ingin lho mencoba berburu takjil saat ngabuburit. Saya tidak terlalu sering mengajaknya karena harus dusel-duselan dengan pengunjung, meskipun kata kakak itu asyik. "Berburu takjil itu asyik, Bun. Apalagi kalau bisa dapat es campur yang enak." Kata kakak. Hahahah... Karena pernah dapat es campur yang kurang maknyus.

Baca juga: 7 Menu Takjil Buka Puasa Sederhana tapi Nikmat

5. Membantu Bunda Menyiapkan Menu Berbuka

Alhamdulillah dianugerahi anak yang ringan tangan. Saat saya masak, kakak sering bilang, "Bun aku mau bantu Bunda memasak" (hati saya pun sumringah). Tak ingin menyia-nyiakan tawaran kakak, biasanya saya memintanya menyiangi sayur atau mengambilkan alat masak yang saya butuhkan. Dengan begitu kakak bisa lupa sejenak bahwa dia sedang menunggu adzan maghrib. Membantu bunda memasak bisa jadi ngabuburit asyik dan murah meriah.

6. Bermain bersama Adik

Meskipun bermain bersama adik adalah hal yang sudah biasa kakak lakukan, tapi berbeda saat Ramadhan. Bermain bersama adik bisa menjadi aktivitas ngabuburit asyik saat puasa. Berbeda dengan bermain sendiri yang mungkin membosankan. Bermain bersama adik terkadang bisa sampai lupa waktu. Tiba-tiba aja udah waktunya buka puasa saking asyiknya bermain.


7. Bermain Game

Saya tidak mengijinkan anak-anak bermain game di hape karena nggak mau mereka ketagihan. Tapi untuk Ramadhan kali ini saya pernah mengijinkan kakak main game di hape hanya beberapa kali saja, itu pun tidak boleh sampai ketahuan adik. Ngabuburit dengan bermain game sederhana di hape hanya saya ijinkan saat keadaan darurat. Namanya juga anak-anak pasti pernah bosan kan ya? Saat semua aktitivitas sudah tidak mempan lagi biasanya saya ijinkan dia bermain game. Itupun karena saya sudah tahu karakter kakak yang tidak akan merengek minta main game, tapi dia benar-benar ingin main aja.

Itulah 7 aktivitas ngabuburit asyik yang dilakukan kakak untuk menunggu waktu berbuka. Kalau teman-teman (terutama yang anaknya berpuasa) biasanya ngabuburit dengan melakukan aktivitas apa? Sharing yuk!

Sumber:
 http://student.cnnindonesia.com/inspirasi/20160610164156-322-137276/apa-sih-artinya-ngabuburit/

0 comments :

Post a Comment