Friday, January 04, 2019

Mr. Mac Resto, Fast Food Kekinian di Malang


Kota Malang memang pas banget ya untuk membuka usaha kuliner. Banyaknya tempat wisata di Malang saat ini telah mengundang kehadiran wisatawan lokal maupun mancanegara. Wow banget kan ya? Tak heran jika banyak pengusaha kuliner yang memberanikan diri (bahkan bercita-cita) membuka gerainya di kota bunga ini.

Seperti Minggu (30/12) lalu saat saya diundang oleh resto yang baru saja meresmikan gerainya pada awal bulan yang sama. Adzan berkumandang saat saya akan berangkat menghadiri undangan tersebut dan saya putuskan untuk menunaikan sholat ashar lebih dahulu. Takutnya nanti kesulitan menemukan musholla atau masjid, yak an? Soalnya undangan jam 15.30 WIB.

Ternyata oh ternyata, Mbak Zie kirim pesan kalau di resto tersebut tersedia musholla. Oalaah…. Soalnya jarang banget resto yang menyediakan musholla, pasti nih resto besar deh kok ada mushollanya juga, pikir saya.

Setelah mengendarai sepeda motor selama kurang lebih 45 menit, saya sampai di sebuah resto dua lantai bernama Mr.Mac dengan tagline Nikmatnya Tak Terduga. Hehm… Baca nama dan taglinenya bikin saya makin penasaran deh. Apalagi kedatangan saya juga disambut ramah oleh pegawai yang ada di lantai satu. Mungkin dikira saya mau makan, tapi ternyata akan menghadiri pertemuan yang ada di lantai dua.

Setiba di lantai dua, ternyata teman-teman blogger sudah berkumpul dan makan siang. Hidangannya sepiring menu ayam krispi Mr.Mac. Hehm… kebetulan saya belum makan siang, setelah mengisi daftar presensi saya pun langsung menyantap jatah saya, piring berisi nasi, sepotong ayam, dan segelas es teh. Pandangan saya tak lepas dari dinding yang tidak polos tapi dicat dengan aneka gambar dan tulisan. Menandakan jika Mr. Mac adalah resto kekinian.

Mr. Mac Resto Berawal dari Stand Food Court


Berawal dari sebuah stand berukuran 1,2 x 2 meter di ex. Siswa Food Court, Pak Machrus (pemilik Mr. Mac) memulai perjalanan usaha kulinernya. Pada awalnya Pak Mac – panggilan akrabnya – tak membawa istri dan anaknya karena masih belum ada tempat tinggal permanen. Hal tersebut tidak membuat Pak Mac bersedih tapi malah bersemangat agar suatu saat bisa membawa anak dan istrinya untuk menetap di kota idamannya ini. Berselang satu setengah tahun, Pak Mac berhasil memboyong istri dan anaknya untuk tinggal di Malang sambil mengelola Mr. Mac.

Merasa usahanya ramai, Pak Mac menerima tawaran temannya untuk membuka resto (tentunya tempatnya lebih besar) di Kepanjen-Malang. Ya, pada tahun 2006 lelaki yang pernah bekerja di retoran jepang ini memberanikan diri membuka Mr. Mac Resto di Jl. Kawi 25 Kepanjen. Menurut Pak Mac, saat itu belum banyak restaurant yang menjual ayam krispi sehingga usahanya cukup tersohor. Ditambah ice cone atau sundae yang saat itu hanya dijual di kota besar saja.


Akhirnya pada tahun 2008, Pak Mac membuka cabang kedua Mr. Mac Resto di Jl. Panglima Sudirman Turen yang sampai sekarang pun masih bertahan. Melihat keberhasilan dua cabangnya, Pak Mac tidak menyia-nyiakan waktu dan segera saja membuka cabang di Kota Malang. Sebenarnya sih memiliki usaha kuliner di Malang adalah cita-cita beliau sehingga Pak Mac sangat senang saat bisa membuka cabang di Jl. Cenggerayam 30 Malang.

Ada Apa dengan Mr. Mac?


Saat mendengar namanya, saya beranggapan jika Mr. Mac ini usaha warga asing, hehehe. Ternyata sama seperti kebanyakan orang jika saya salah. Mr. Mac adalah resto milik orang Indonesia asli.

Lalu mengapa namanya Mr. Mac?

Agar mudah diingat. Ya, kata Pak Machrus nama restonya berasal dari nama depannya yaitu Mac. Nah, diberi tambahan “Mr” agar lebih keren. Tahu sendiri kan kalau zaman sekarang orang-orang lebih suka hal berbau modern. Hehehe.

Saat memperhatikan konsumen yang sedang menikmati hidangan Mr. Mac, Pak Machrus mengamati dan memperhatikanya. Ternyata beberapa pelanggan berkata “Hehm… wenak yo” (hehm, nikmat ya). Akhirnya Pak Mac menggunakannya sebagai tagline yaitu “Nikmatnya Tak Terduga”. Wow, bikin penasaran, bukan.

Endrita (kiri) dan Pak Machrus (kanan),,,,,,,,

Mr. Mac Malang memiliki dua lantai yang cukup luas dan dapat menampung sekitar 150 orang. Pas sekali untuk mengadakan acara ulang tahun, syukuran, ataupun rapat bersama karyawan. Tempatnya yang instagramable sangat menarik untuk selfie atau wefie bareng teman, keluarga, ataupun pasangan.

Fasilitas yang disediakan Mr. Mac cukup lengkap lho teman-teman. Mulai dari parkir gratis, musholla, toilet, hingga LCD proyektor bagi yang membutuhkan. Nah, tunggu apa lagi? Kalau teman-teman sedang mencari tempat untuk mengadakan meeting atau sekedar kumpul-kumpul bareng komunitas, bisa banget reservasi di Mr. Mac.

Menu apa saja yang bisa dinikmati di Mr. Mac?


Memang, awalnya Mr. Mac menjual ayam goreng krispi tapi menyesuaikan zaman dan lingkungan dong. Persaingan usaha kuliner di Malang semakin ketat sehingga Mr. Mac juga menyediakan menu lain seperti nasi goreng, gurami goreng, jamur krispi, sapo tahu, kwetiau goreng, dan menu lainnya yang menggugah selera.

Saat berkunjung ke Mr. Mac Malang saya sempat mencicipi hidangan selain ayam krispi, yaitu Sapo Tahu.

Sapo tahu adalah salah satu makanan yang konon berasal dari Tiongkok. Saya pernah baca jika sapo tahu ini cocok bagi para vegetarian karena bahan-bahannya tidak menggunakan daging atau ikan, melainkan hanya sayur dan rempah-rempah. Benar saja, saat saya mencoba memesannya di Mr.Mac Malang memang tidak ada rasa protein hewani sama sekali.

Sapo tahu di Mr. Mac Malang berisi jamur merang, sawi putih, wortel, dan beberapa sayuran lainnya yang pastinya lebih nikmat jika dimakan saat masih panas ya.

Soal harga, don’t worry karena sangat ramah di kantong. Dengan merogoh kocek 10K hingga 35K teman-teman sudah bisa makan kenyang lho, cocok banget buat anak kos. Cuss deh, mampir ke Mr.Mac Resto yang ada di Jl. Cenggerayam 30 Malang (dekat Masjid AL Hikam).




22 comments :

  1. Pas baca nama restonya, kirain juga punya bule, ternyata asli indonesia

    ReplyDelete
  2. Resto favorit pas di Panjen dulu. Eh ga nyangka bisa mengunjungi outlet ketiganya juga yg di Malang. Instagramable dan cozy banget ini mah.
    Sayang kemarin keburu malam, ga sempat nongkrong lebih lama. Anake selak ngenteni, hehe

    ReplyDelete
  3. Mr Mac baru dibuka ya mb? Waduh lihat menunya lumayan lengkap ya. Pengen Sapo Tahu...
    Eh tempatnya keren ya mba, kpn2 pas jln arah sana tak mlipir ahhh... Noted!

    ReplyDelete
  4. Aku sekali baca juga mengira kalau ini tuh resto atau waralaba asing Mba, ternyata yang punya justru warga lokal ya :D

    Konsepnya keren, harga terjangkau, cocok lah dengan Malang yang banyak mahasiswanya. Aku juga ikutan naksir si sapo tahu nih

    ReplyDelete
  5. Waw mak seneng banget bisa diundang ke acara pembukaan resto begini yah. Terus by the way harganya pun sangat terjangkau yah untuk ukuran resto seperti ini. Next kalo ada rejeki ke Malang aku tak cobain nih Mr Mac ini

    ReplyDelete
  6. Hemm...nyammi Mbak...kapan-kapan daku pergi ke Mr Mac Resto ah...

    ReplyDelete
  7. Biarpun pernah baca cerita tentang pak Mac dan perjuangannya. Saya gak bosen baca tulisan2 ini. Foto2 makanan di Mr Mac asli mirip franchise ternama ya. Sukses terus bua Mr Mac dan buat bunda Eni 😊

    ReplyDelete
  8. Jam maksi buka ini...oh tidaaak..enak-enak begini menu Mr. Mac.
    Awalnya aku kira pemiliknya bule lho , ternyata dari penggalan nama Beliau ya, Pak Machrus.
    Salut..apalagi dengan perjuangan Beliau merintis usaha ini. Inspiraif sekali.
    Kalau harga murmer dengan tempat seketje ini pasti jadi tujuan banyak orang deh. Semoga sukses Mr Mac Resto. Semoga lain waktu saya ada kesempatan menjajal menu yang sungguh menghoda di sana.

    ReplyDelete
  9. Whuaaaat? (((Sepuluh ribuuuu))) di Jakarta dapet apa ya? Hmm... yang kaya gini nih yang bikin aku sukaaak ke Malang. Enyak banget sih cuma 10-35K udah bisa bikin kuenyaaang...

    ReplyDelete
  10. Keren kasih nama restonya pakai nama pemiliknya. Jd kelihatan kekiniannya. Ramah di kantong lagi. Mudah-mudahan kl ke malang bisa mampir

    ReplyDelete
  11. Saat ini usaha kuliner memang lagi jadi primadona ya... Yang bisa bertahan lama sepertinya yang terus berinovasi.
    Contohnya MR Mac ini ya, namanya unik dan tempatnya pun dirancang dengan desain kekinian.

    ReplyDelete
  12. Wiiih makanannya menggiurkan banget di Mr Mac Resto. Tahun lalu aku ke malang enggak ke sini, apa emang belum buka ya? wkwk. Insyaallah tahun ini kesana lagi, ada nikahan sepupu. Mampir ah. Makasih sharingnya buun ~

    ReplyDelete
  13. Menunya macem² banget. Kukira baca judulnya mirip Mc D, jadi jualan burger. Taunya lebih variatif. Makasih sharingnya...

    ReplyDelete
  14. Cocok nih... kalau ada yg murner gini... secara anak saya banyak.. haha.. biar hemat cari yang harganya bersahabat. Makasih infonya ya

    ReplyDelete
  15. Enak ni bisa jadi referensi tempat makan keluarga. Menunya nggak cuman ayam krispi aja ya mba. Jd bisa pesen macem-macem hehe

    ReplyDelete
  16. Tadinya saya pikir menu nya pasti macam2 burger. Rupanya menu barat timur ada semua ya...

    ReplyDelete
  17. wah harganya bersahabat. cocok nih buat nongkrong.

    ReplyDelete
  18. Waduh... belakangan postingan tentang Malang wara wiri depan mata aku. Semoga ini pertanda baik ya,Mba. Someday aku bisa ke Malang dan kulineran juga. Aamiin

    ReplyDelete
  19. Jadi pengen...tapi jauh ya mbak. Di malang ada sapo tahu,kalau di semarang ada tahu coped mbak

    ReplyDelete
  20. Belum ada di daerah bogor ya mbak? Jadi pengen dan penasaran nyoba

    ReplyDelete
  21. Kreatif yaa ... Nama & tagline nya bikin penasaran. Udah gitu harganya termasuk murah ya ... Mantep bangeet

    ReplyDelete
  22. Korean Chicken Wings nya menggoda banget, mbak. Senangnya sekarang semakin banyak usaha kuliner ya, mbak ��

    ReplyDelete