Selain Bukit Nirwana, Ada Apa Saja di Pujon Kidul?


Saat berkunjung ke Kota Malang, sudahkah teman-teman mampir ke Kota Batu? Biasanya wisatawan dari luar Kota Malang juga menjadikan Kota Batu sebagai destinasi wisatanya karena banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi di tempat ini. Salah satunya Wisata Kafe Sawah dan Bukit Nirwana di Pujon Kidul.

sumber: IG Cafesawah_Pujonkidul


Minggu (7/7) lalu Malang Citizen mendapat undangan untuk menghadiri acara bertajuk “Come in Pujon Kidul” yang diselenggarakan oleh Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Acara yang mengundang beberapa blogger, vlogger, influencer, dan selebgram ini bertujuan untuk mengangkat destinasi wisata yang ada di Pujon Kidul.

Saya sudah beberapa kali ke Pujon Kidul tapi hanya ke Kafe Sawah. Saya enggak tahu kalau ternyata ada banyak sekali destinasi wisata yang bisa dikunjungi di tempat wisata ini mulai dari eduwisata hingga wisata alam. Nah loe, jangan-jangan teman-teman juga belum tahu nih.

1. Kampung Budaya



Destinasi wisata yang pertama kami kunjungi adalah kampung budaya. Di sini kami bisa menikmati wisata batik, permainan tradisional, dan pembuatan topeng. Ternyata seru sekali bisa melihat secara langsung pembuatan batik khas Pujon Kidul dibuat oleh warga setempat dari kelompok PKK. Di kampung budaya kami juga sempat mencoba permainan tradisional seperti egrang dan sepeda kayu.

2. Wisata Petik Jambu


Dari kampung budaya, kami beralih ke wisata petik jambu yang lokasinya tidak jauh. Di tempat ini kami bisa menikmati jambu merah sepuasnya secara gratis. Kalau mau dibawa pulang, boleh? Boleh banget tapi hanya satu kilo saja. Oiya, oleh karena jalan yang dilalui cukup terjal maka mobil harus bergantian naik turun. Atau mending jalan kaki aja ya biar lebih sehat. Hehehe

3. Bukit Nirwana


Dari wisata petik jambu, kami diajak naik lagi ke Bukit Nirwana yang masih terbilang baru. Disambut es dawet yang sangat segar, tuntas sudah dahaga setelah naik ke atas bukit. Di Bukit Nirwana kami bisa menikmati pemandangan alam yang eksotis dan tentu saja instagramable. Bagi teman-teman yang suka selfie dan wefie bisa banget memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan.

4. Wisata Perah Susu


Ini dia eduwisata yang cocok untuk anak-anak yaitu wisata perah susu sapi. Hampir seluruh warga Pujon Kidul memiliki sapi dan memerah susu setiap hari dan dikirim ke berbagai tempat. Selain melihat cara memerah susu dan pengolahannya di KUD. Jika beruntung dan datang saat pemerahan susu sapi, teman-teman bisa langsung mencicipi susu sapi segar dan hangat (tanpa dimasak). Wuih, original dong ya.

Oiya, kami juga bisa melihat proses pembuatan biogas yang hasilnya disalurkan ke rumah-rumah warga. Biogas ini terbuat dari kotoran sapi yang kemudian diolah oleh warga. Lumayan ya enggak usah beli gas LPG.

5. Kafe Sawah


Tujuan terakhir yang kami adalah Kafe Sawah, destinasi paling terkenal di Desa Wisata Pujon Kidul. Berada di area persawahan Kafe Sawah bernuansa romantis sampai-sampai disebut taman cinta. Mungkin karena ada duataman keci berbentuk hati ya.

Berada di Kafe Sawah bikin betah deh karena fasilitasnya lengkap. Selain spot-spot yang instagramable ada juga kafe yang menjual makanan dengan harga terjangkau. Bahkan pengelola sudah menyediakan toilet, musholla, dan bale-bale yang bisa digunakan untuk nongkrong. Ya, semi outdoor dan indoor gitu deh.

Bagaimana? Teman-teman ingin berkunjung ke Pujon Kidul yang juga viral di Youtube Presiden Jokowi ini? Yuk ah segera berlibur ke Kota Wisata Batu, nikmati bukit nirwana dan destinasi wisata menarik lainnya. Di kota apel ini juga sudah banyak penginapan kok jadi jangan takut terlantar karena jauh dari rumah atau saudara, hehehe.

Pesan tempat menginapnya bisa booking hotel online di Traveloka donk. No ribet dan sangat praktis!
Gimana kalau pas lagi belum ada dana buat traveling karena baru aja daftarin anak sekolah? Waduh senasib sama saya donk, hehehe. Tenang, kan di Traveloka ada fitur “Paylater” yaitu layanan kredit online tanpa kartu kredit yang didukung fintech.

By the way, Traveloka Paylater ini mendapatkan izin dari OJK dan didukung oleh Danamas (PT Pasar Dana Pinjaman) sebagai mitra resmi yang terdaftar. Melalui fitur ini, teman-teman bisa mendapatkan pinjaman dana untuk membeli tiket pesawat dan liburan tanpa perlu cemas dalam urusan budget.

Pembayarannya juga mudah kok bisa lewat CIMB Cliks, BCA Klikpay, dan mandiri debit. Atau yang paling gampang lewat alfamart dan indomaret, ATM, maupun transfer bank.

Oiya, bukan hanya booking hotel online aja sih, produk lainnya seperti train ticket, attraction & activity, bus & shuttle ticket, car rental, eats, cinema, airport transport, budget rooms, last-minute hotels, dan airport train bisa pakai fitur ini.

Traveling jadi makin mudah ya, enggak ada lagi alasan emak-emak uring-uringan karena kurang traveling. LOL

Post a Comment

22 Comments

  1. Aku kemarin sempat ke pujon kidul ini dan memang seru banget!! semua area aku cobain dan emang harus seharian disini hahahhaa, udah gitu buat belanja juga surgaaa apalagi buah2annya seger banget, kayak jambu batu yg aku beli murah banget, mengkel & seger banget! Doh jadi pengen lagi kesana :D

    ReplyDelete
  2. Mbaaaa, aku mau dolan ke Pujooon!
    Selama ini, paling aku cuman ke areal kota dan alun2 doang.
    Eh, masjid Tiban itu deket Pujon kan ya?
    Kayaknya udah 5 thn lalu deh, aku ke sana
    https://bukanbocahbiasa(dot)com/

    ReplyDelete
  3. Paylater Traveloka aku di approve sejak tahun lalu, gak sangka lho. Alhamdulillah berguna banget buat pesan tiket pesawat, kereta atau hotel saat traveling

    ReplyDelete
  4. Ku percaya di Malang emang banyak wisata yg wajib di kunjungin mbak
    Apalah aku cuman pernah mampir ke Jatim Park 1, Selecta, Coban Rondo, itu dah mbak
    Di Pujon Kidul banyak pisan ya wahana wisatanya, huhuuu, jadi kalau mau liburan ga usah jauh2 ke Malang aja pasti puas mengelilingi wisata di Pujon Kidul ya mbak hehee

    ReplyDelete
  5. Penasaran sama kafe sawah.. ke Malang baru 1x mba. Aku mau balik lagi rasanya bawa anak2 ksitu :)

    ReplyDelete
  6. Malang tempat wisatanya banyaak dan bagus2 yaaa. Dulu pas piknik sehari doaang, berasa kuraang bgt, kudu diulang.

    ReplyDelete
  7. Wah, banyak juga ya tempat wisata di Pujon Kidul. Selain Bukit Nirwana kalau saya sih tertarik wisata petik jambu. Buah kesukaanku soalnya.

    ReplyDelete
  8. Tempat wisata Malang itu enggak ada habisnya. Ada aja deh. Dan sekarang kalau liburan ke Malang enggak bingung mau nginep di mana karena ada Traveloka untuk booking hotel.

    ReplyDelete
  9. Wah, asyik ya, di satu tempat ada berbagai macam destinasi wisata... Pengen deh bisa coba main ke sana...

    ReplyDelete
  10. Aku belum pernah nih ke Pujon Kidul, rencananya pengen deh ke sana dan pernah nyoba layanan traveloka paylater ckup membantu budget liburan hehehe

    ReplyDelete
  11. Wah aku belum pernah nih mba ke Pujon Kidul.. sepeetinya pemandamgannya indah sekali yaa.. jadi kepengen main kesana

    ReplyDelete
  12. Wah, unik-unik nih tempat wisatanya. Sebuah kemewahan bagi orang kota untuk bisa main ke tempat begini. 😍

    ReplyDelete
  13. Malang ini makin seru yaa...kalau di explore.
    Keindahan alamnya dan kulinernya, bener-bener sayang sekali kalau terlewat.
    Main ke Malaang~
    Dan booking hotel pakai Traveloka.

    ReplyDelete
  14. Belum pernah ke Pujon Kidul. Khususnya ke Desa Wisata. Seru banget kayaknya. Banyak penginapan juga ya. Tinggal pilih di traveloka.

    ReplyDelete
  15. Aku ke Malang tapi belum pernah mampir ke Pujon Kidul, nampaknya seru juga ya mbak. Bolehlah nanti kalau pas kesana lagi dimampirin, kudu dicatat dulu nih.

    ReplyDelete
  16. Alhamdulillah sudah pernah ke Kota Batu. Walau tidak lama, hanya di sekitaran Tugu Apel dan masjid saja. Semoga ke depan bisa ke sana lagi mengunjungi tempat lainnya.

    ReplyDelete
  17. Wah mau donk petik jambu dan perah susu :D
    Btw ini kan deket bumi perkemahan ya mbak kalau gak salah?
    Aku dulu kyknya pernah ke area Pujon dan dapat susu dr sana seger banget. Luar biasa skrng ada daerah wisata jg :D

    ReplyDelete
  18. Wisata di sekitar Pujon emang banyak pilihan...karena potensi alamnya yang lumayan besar... Banyak desa penghasil durian juga disana

    ReplyDelete
  19. Aku pengen deh ke Bukit Nirwana, banyak teman yang cerita disana indah banget ya mba.

    ReplyDelete
  20. Paling suka wisata tu kalo ada yanh dinpetik petik. Kayak petik jambu. Hehe. Kalo di Bandung petik starwberry.

    ReplyDelete
  21. Aku malah kelimanya belum pernah mampir :'(

    ReplyDelete
  22. Wah aku ke Malang belum puas, belum komplit mainnya. Pengen kesana lagi, dan kalo bisa mampir juga ke tempat ini

    ReplyDelete