Thursday, February 09, 2017

Hutang Lunas dengan Celengan


Materi kedua yang dibahas pada acara Kopdar Emak Pintar Malang (5/2/2017) adalah cara melunasi hutang dengan celengan. Anda punya celengan? Bentuknya ayam atau babi? Hehehe… Terlepas dari apapun bentuk celengan yang pasti benda tersebut ternyata dapat melunasi hutang lho!  Kebayang nggak celengan yang bisa dibeli dipasar dengan harga ribuan bisa melunasi hutang Anda.


Nggak percaya? Teteh Indari Mastuti, pendiri Ibu Ibu Doyan Nulis (IIDN) sudah membuktikannya. Melalui celengan, Teh Iin, sapaan akrabnya, bisa melunasi hutang hingga jutaan rupiah. Kok bisa? Iya dong, dengan konsistensi dan ketekunan, kita juga pasti bisa.


Sebenarnya sudah sering ya nyelengin. Tapi nggak pernah kebayang dengan celengan bisa melunasi hutang. Selama ini nyelengin ya nabung, kalau suatu saat ingin beli sesuatu yang sangat dibutuhkan, tinggal pecahin celengan, gitu aja sih. Tapi untuk lunasin utang?


Jika tujuan nyelengin untuk melunasi hutang, berarti harus benar-benar disiplin dan konsisten. Memang tidak mudah melakukannya dengan alasan tidak cukup untuk kehidupan sehari-hari. Tapi dengan hidup hemat dan tidak boros, ternyata bisa kok menyisihkan sebagian pendapatan untuk ditabung. Harus kuat juga menahan godaan untuk tidak beli ini dan itu yang tidak terlalu penting.

Suasana Belajar saat Kopdar di Ayam Pakuan Malang


The power of celengan, begitu Teh Iin menyebutnya. Kekuatan celengan yang luar biasa dapat kita rasakan dengan menentukan beberapa target, tanpa target yang jelas celengan sekedar celengan, tabungan belaka dan tak ada efeknya.

Pertama, tentukan tujuan. Untuk apa Anda menabung? Melunasi hutang, beli rumah, dana sekolah anak, atau persiapan hari tua? Dengan target yang jelas Anda akan semakin terarah dan fokus. Tanpa tujuan yang jelas akan semakin sulit meraih goal.


Kedua, tentukan jumlah. Setelah tujuan jelas, tentukan nominalnya. Jika perlu tuliskan pada celengan Anda nominal yang ingin dicapai. Misalnya untuk melunasi hutang 10juta dan 500juta untuk membeli rumah. Tulis secara nyata jumlah yang ditargetkan dan jangan dibuka sebelum target tercapai. Anda bisa memulai dari jumlah nominal yang kecil.


Ketiga, tentukan target waktu. Pernahkah Anda merasa saat menabung celengan terasa lama penuh? Jika iya, itu karena Anda tidak menentukan target waktu dengan jelas. Tentukan batas waktu menabung untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.


Langkah selanjutnya adalah menentukan nominal yang harus Anda tabungkan setiap hari. Misalnya Anda ingin melunasi hutang 10 juta dalam 1 tahun. Maka perhari Anda harus menyisihkan uang kurang lebih 28.000 untuk dimasukkan celengan. Begitu terus sampai target tercapai. Jika Anda memiliki lebih dari satu tujuan, maka siapkan juga celengan sesuai jumlah target agar tidak tercampur.


Nah, bisa dicoba ya caranya hutang lunas dengan celengan. Langsung deh dipraktekkan, kan udah teruji secara jitu.


Rampung deh materi hasil belajar di kopdar emak pintar malang. Semoga bermanfaat, ya…

9 comments :

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  3. Celenganku isinya receh mbak, hihi. tempat naruk uang koin, sampek berat banget, soalnya kertasnya cuma 15 persen paling, haha. Tapi idenya bagus mbak, perlu perencanaan, lama2 juga terkumpul ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener, kalau gak ada target jadinya gak tahu buat apa kan? hehehe

      Delete
  4. Banyakan khilafnya kalo saya hihihi... Banyak pinginnya, tapi emang mesti keukeuh ya... Nantilah dicoba lagi hihihi

    ReplyDelete
  5. memang hrs dicelengi biar terkumpul .. klau tdk bisa gabis terpakai semua uangnya

    ReplyDelete
  6. Kudu telaten memang kalo mau ditarget berapa. Nah itu yg lagi kuterapkan

    ReplyDelete
  7. Iya juga ya Bun, terima kasih tipsnya. Dulu waktu kecil juga suka nabung di celengan nenas. Tapi nggak ada target, hanya saja setelah buka tabungan pasti belinya mainan hehehehe

    ReplyDelete