Friday, April 21, 2017

Arti Kesederhanaan Kartini Masa Kini



Selamat hari Kartini para wanita di Indonesia...

"Bunda, kenapa sih Kartini? Kok diselamati, ulang tahun ya?
Pertanyaan Kak Sasa yang membuatku langsung berpikir untuk memberikan jawaban logis dan bisa dimengerti anak lima tahun. Kujawab dengan senyum, untung Kak Sasa langsung teralihkan dengan rencana sekolahnya yang akan mengadakan peringatan Hari Kartini.

Sore harinya, di teve ada iklan yang menjabarkan sejarah singkat R.A Kartini, sejak lahir hingga wafat dan meninggalkan buku Habis Gelap Terbitlah Terang. Pas lagi nonton dengan Kak Sasa, sekalian deh saja jelaskan. Alhamdulillah, dia manggut-manggut. Mengerti gak ya? Hihihi.

Hari ini, Kak Sasa memperingati hari Kartini di sekolah TK bersama guru dan teman-temannya. Sejak dapat surat pemberitahuan, saya sudah memberikan pengertian untuk tidak pergi ke salon, merias wajah, dan sewa pakaian adat. Syukurlah, Kak Sasa putri yang manis dan langsung setuju.

Bukannya saya tidak suka melihat anak yang cantik setelah dirias, bukan pula tidak mau mengeluarkan uang untuk pergi ke salon (yang ini fifty-fifty, biasalah emak-emak irit). Tapi yang pasti saya ingin mengajarkan kepada putri saya bahwa Kartini adalah sosok yang sederhana dan penurut pada orang tua. Banyak sifatnya yang patut untuk diteladani.

Baca juga: Yuk, Meneladani Sifat R.A Kartini

Saat ini, perayaan Hari Kartini lebih kepada memamerkan hasil riasan, berbondong-bondong pergi ke salon untuk memakai sanggul dan kebaya. Bukannya tidak boleh, sah-sah saja berhias untuk menampakkan bahwa wanita masa kini bisa cantik, bisa terpandang, bisa dihormati, dan itu semua karena perjuangan R.A Kartini. Namun, yang tidak boleh dilupakan adalah arti kesederhanaan yang dimiliki Kartini.

Arti Kesederhanaan Kartini Masa Kini

Kartini masa kini memiliki derajad yang sama dengan kaum pria. Kartini masa kini bisa belajar dan bekerja, sama seperti laki-laki. Hal yang telah diperjuangkan oleh R.A Kartini, yaitu emansipasi wanita. Dimana wanita bisa disejajarkan dengan kaum pria, baik dalam hal pendidikan, ekonomi, politik, dll. Tapi lebih dari itu. Kehidupan R.A Kartini yang sederhana dan bersahaja mampu membuat perbedaan yang mencolok.

sumber: google.com
Keserhanaan R.A Kartini mampu menarik simpati dari berbagai pihak atas perjuangannya. Hal inilah yang seharusnya dimiliki Kartini masa kini, dimana banyak tantangan yang lebih berat. Disaat wanita pada umumnya berperilaku bebas dalam berbagai hal, Kartini masa kini seharusnya bisa menahan diri untuk hidup sederhana dan mempertahankan adat ketimuran.

Baca juga: Berbicara Tanpa Berpikir

Sederhana tidak harus melarat dan sengsara. Kesederhanaan Kartini masa kini berarti memperbaiki kualitas hidup agar lebih baik dan sejahtera. Kesederhanaan Kartini masa kini berarti menggunakan hasil dari jerih payah secara sederhana dan tidak bermewah-mewahan.

Itulah arti kesederhanaan Kartini masa kini menurut saya, bagaimana menurutmu?

4 comments :

  1. keren artikelnya Mba Eni, singkat padat dan jelas..wah perlu belajar banyak nih dari Mba Eni

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mbak patricia. Mbak juga bagus lho artikelnya. 😍

      Delete
  2. Selain kesederhanaan, ada banyak aspek lain yang bisa tetap diperjuangkan kartini masa kini mbak, salah satunya bisa menjdi kartini masa kini yg bermanfaat utk sekitar dn menginspirasi perempuan Indonesia.

    ReplyDelete