Selasa, Mei 09, 2017

Sifat Miska si Beruang, yang Bisa Diteladani


Anda masih ingat serial anak Masha and The Bear yang saat ini masih ditayangkan di tivi?  Berkisah tentang gadis kecil Masha yang tersesat di hutan dan bertemua dengan beruang. Masha yang booming di Indonesia sekitar tahun 2015 ini begitu disukai dan dihafal oleh anak-anak. karakter Masha yang ceria, lucu, dan selalu membuat kegaduhan sangat diminati berbagai kalangan. Sifat Miska si Beruang, dalam serial Masha and The Bear juga unik dan surpise.

Masak Bunda kalah dengan bear? Begitu ucap Sasa saat nonton Masha and The Bear dan mulai membandingkan saya dengan beruang (badan boleh sama gede, Nak, tapi hati kami tidak sama. Eeaa... Baper deh... LOL). Itu dulu saat si sulung belum sekolah dan belum mengerti jika film hanyalah sebuah hiburan. Sekarang Sasa adalah kakak cantik yang udah hampir paham semuanya, termasuk tontonan. Nah, jika sekarang Sasa udah pensiun dari Masha and The Bear, ganti adiknya yang ketagihan. Tiap saya buka laptop, yang diminta Masha and The Bear, OMG, sampai hafal adegannya. *curol dikit

Setelah beberapa tahun nonton Masha and The Bear, lama amat sampe tahunan? Ya iyalaah... (sejak Sasa umur 2Y dan adiknya sekarang udah 2Y *FYI sekarang Sasa 5Y --- selamat menghitung, LOL).

Saya menyadari beberapa hal, yang ingin saya tulis tapi baru kesampaian, jika beruang (anggap aja namanya Miska) dalam Masha and The Bear punya sifat baik yang layak dicontoh bapak-bapak (karena Miska ini jantan). Sampai-sampai saya mikir, seandainya semua ayah dianugerahi keahlian kayak Miska, mungkin emak-emak gak ada yang stress lantaran pekerjaan domestik bisa berkurang, hehehe. Yang pasti anak-anak lebih cerdas karena gak butuh video game (pan Miska pintar menghibur, dia ex-nya pemain sirkus).

Setelah saya tonton ratusan kali, bahkan mungkin ribuan kali, ini dia sifat dan keahlian Miska di beruang dalam serial Masha and The Bear (versi saya)

Sabar 

Sifat Miska si Beruang, dalam Serial Masha and The Bear.
Sabarnya Miska, bermain dengan Masha

Mana ada sih beruang yang sabar, coba cari di kebun binatang, gak bakalan nemu. Kalau lapar atau diganggu pasti marah, bisa-bisa kamu dimakan kalau ganggu beruang. Tapi ada satu beruang yang sabarnya minta ampun, yaitu Miska, karakter beruang yang ada di serial anak-anak Masha and The Bear. Pernah kah Miska marah, saat Masha berbuat ulah yang bisa bikin jengkel seluruh penghuni hutan? Hahaha, kayaknya gak pernah deh, soalnya setiap kali dia ingin marah, ada Masya yang imut dan bikin Miska gak tega. Huhuhu... Seandainya semua ayah kayak gitu, bisa sesabar itu menghadapi anak yang hiperaktif kayak Masya. Meskipun ada sih suami yang sabar, tapi kan gak sedikit pula yang menyiksa anaknya karena jengkel, naudzubillah deh.

Pandai Menghibur

Sifat Miska si Beruang, dalam Serial Masha and The Bear.
Miska Menghibur Masha dan Pinguin kecil

Di era digital seperti saat ini, orang tua harus bisa mengalahkan gadged jika ingin dekat dengan anak. Kalau sampai anak lebih suka gadged daripada ayah-bunda, selamat ya! Itu berarti Anda sebagai orang tua telah dikalahkan gadged dalam hal menghibur anak. 😁

Coba lihat Miska, dia pandai sekali menghibur Masha. Pantesan Masha betah berlama-lama bersama beruang, itu karena berung cakap bermain sirkus, bisa mengibur masha jika bersedih, dan multi talenta. Hahaha... Bahkan Miska bisa memancing, memasak, bermain musik, olahraga, dan masih banyak lagi.

Memang itu hanya ada di tivi, tapi tak ada salahnya jika para ayah mencoba menghibur anaknya tiap kali bersedih, mengajak anaknya bermain, dan membuatkan mainan kesukaannya. Terlepas dari keahlian yang dimiliki, jika berusaha pasti bisa kok! Jika ayah dan bunda kayak Miska, gak akan ada anak yang kecanduan gadged. Pilih mana, anak lebih dekat ayah-bunda atau gadged?

Guru yang Baik

Sifat Miska si Beruang, dalam Serial Masha and The Bear.
Miska sedang Mengajari masya membaca

Bukan berarti Ayah-Bunda harus menjadi guru dan menjadi pengajar, tapi jadilah pendidik yang baik bagi anak-anak. Saya pernah membaca bahwasanya madrasah pertama anak berawal dari rumah, jadi bisa disimpulkan jika anak sudah bersekolah dan sikapnya kurang sedap, orang pasti berpikir "bagaimana sih orang tua mendidiknya", bukankah begitu?

Miska dalam serial Masha and The Bear adalah guru yang baik bagi Masha. Dia mengajarkan Masha belajar membaca dan berhitung. Tahu sendiri kan betapa hiperaktifnya Masha, murid satu doang ramainya kayak 100 siswa. Hahaha. Tapi berkat kesabarannya, Miska berhasil membuat Masha ketagihan membaca sampai pagi. Memang dibutuhkan kesabaran untuk mejadi guru yang baik dan berhasil membuat anak sukses.

Cerdik dan Banyak Akal

 
Sifat Miska si Beruang, dalam Serial Masha and The Bear.
Miska yang Cersi Membuatkan Masha Sepeda untuk Latihan Sirkus

Miska si beruang memang cerdik dan punya banyak akal. Dia bisa memanfaatkan kenakalan Miska menjadi hal yang positif, misalnya saat Masha selalu berebut barang dengan panda kecil, Miska tidak tinggal diam dan menjadikannya sesuatu yang bermanfaat. Masha dan panda diberi sapu, berebut, lantai jadi bersih.  Mereka berdua juga diberi sekaleng cat, dan berlomba mengecat pagar, itu karena Masha da Panda tidak pernh mu mengalah.

Nah, jadilah orang tua yang cerdik dan banyak akal. Saat anak berperilaku negatif dan tidak sesuai harapan, keep calm down, cari cara agar sikap negatifnya bisa menghasilkan hal yang bagus. Misalnya anak minta mainan pesawat, lalu menangis, segera cari cara untuk menghentikan tangis anak jika perlu ajak anak pergi menjauh. Saya yakin masih banyak hal cerdik lainnya yang bisa diterapkan, selama ayah-bunda berusaha, pasti bisa. You can if you think you can! Masak kalah sama beruang?

Nah, itulah sifat Miska si beruang dalam serial Masha and The Bear yang bisa dijadikan contoh untuk menhadapi kenakalan anak.


9 komentar :

  1. Tapi sedih klo dengeri histori terciptanya kartun ini

    BalasHapus
  2. hi hi hi aku juga suka sama beruangggg.....
    😱

    BalasHapus
  3. Ini adalah beruang tersabar yang pernah aku kenal :D

    BalasHapus
  4. aku KZL liat kelakuan Masha. Bayangin punya anak kayak gitu heuuu kok ya sabar banget itu beruang.

    BalasHapus
  5. Iya banget Bun, aku suka tayangan Marsha ini karena banyak hal yang bisa dipelajari oleh anak anak juga orang dewasa. Mendidik dan membimbing.

    BalasHapus
  6. Aku sukaaaaaaaa marsha and the bear... Hiburan banget yaaa kl sifat baik itu..

    BalasHapus
  7. Aku suka banget lihat beruang karena sabaaaaaaar banget

    BalasHapus
  8. Ini tontonannya anak saya banget.. Suka sama Miska. :)

    BalasHapus
  9. Hihihu. Lucu emang beruang itu ya. Bikin gemes juga

    BalasHapus