Thursday, August 24, 2017

No Excuse! Halau Pikiran Negatif dan Raih Suksesmu!


No Excuse! Halau Pikiran Negatif dengan Raih Suksesmu! -Excuse atau alasan dapat menjadi salah satu penyebab kegagalan. Orang gagal mencari alasan untuk berhenti, sedangkan orang sukses berhenti mencari-cari alasan. Begitulah yang disampaikan buku “No Excuse!” kepada pembacanya. Jika ingin sukses berhentilah mencari alasan, sebab Allah telah memberikan potensi yang luar biasa jika Anda mau menggalinya.


Judul Buku : No Excuse
Penulis : Isa Alamsyah
Penerbit : AsmaNadia Publishing House
Cetakan : Keenam, Agustus 2013
Tebal Buku : xii + 320 halaman
ISBN : 978 979 19154 2 7

Saat pertama kali membaca cover buku ini, saya langsung tertarik. Kenapa? Karena saya termasuk orang yang suka mencari-cari alasan untuk menyelesaikan suatu perkerjaan. Buku yang sangat cocok sekali untuk orang yang kurang percaya diri dan butuh motivasi. Buku yang akan memblok semua pikiran negative,penghalang pencapai ujian.

Baca juga: Sudahkan Kita Membaca Bersama Anak Kita?

Buku ini terbagi menjadi sepuluh bagian yang disebut Excuse Pertama, Excuse Kedua, dan seterusnya hingga Excuse Sepuluh. Pada setiap bagian, penulis mengajak pembaca untuk belajar dari orang-orang sukses dibidangnya yang awalnya tidak yakin akan bakat diri, rasa rendah diri atas potensi, dan berbagai alasan yang menghalangi kesuksesan.

 "Pernahkan Anda menolak suatu peluang, membuang kesempatan, melepas karir, mengabaikan tawaran, dan menghindari tantangan dengan Excuse atau Alasan?"

Seperti pada Excuse Pertama yang berkisah tentang Oprah Winfrey, Indie Barens, Asma Nadia dan Ebit G. Ade yang ternyata pernah merasa tidak mampu dan rendah diri. Lalu menyadari bahwa diri mereka berpotensi, melejitkan bakatnya, dan sukses. Banyak kan orang seperti itu, mrasa rendah diri dan tidakmenduga potensinya jauh lebih besar dari yang dikira.Tidak percaya bahwa sebenarnya mereka bisa mencapai kesuksesan.

Baca juga: Resensi Buku Jago Jualan

“Beethoven adalah composer terbesar di dunia musik klasik dan karena sebab yang tidak jelas di usia dua puluh tahunan pendengarannya berangsur-angsur menghilang. Lalu, bagaimana mungkin orang tuli berkarya di bidang musik? Untuk mendengarkan piano, terkadang kalau perlu Beethoven menempelkan telinga ke piano. Dalam keadaan tuli ia justru menghasilkan berbagai karya agung, yang pencapaiannya jauh di atas karya ketika pendengarannya masih “ (hal.90)

Begitulah penulis ingin membangkitkan semangat pembaca agar tidak takut mencoba, tidak takut gagal, dan berpikiran positif untuk mengembangkan bakat. Pada setiap akhir bagian excuse, penulis memberikan catatan-catatan berkaitan dengan pengalaman orang-orang sukses (yang telah diceritakan) untuk dapat direnungkan oleh  pembaca.

Membaca buku ini serasa membangun motivasi dalam diri sedikit demi sedikit. Bagaimana tidak? Ternyata orang-orang sukses di dunia juga memiliki banyak kekurangan seperti yang orang lain miliki. Tapi mereka yang sukses tidak patah semangat, terus berusaha dan berhenti mencari alasan. Kisah-kisah orang sukses yang diceritakan dalam buku setebal 266 halaman ini selalu diawali dari keberanian mereka memulai pengalaman.



Selain itu, di akhir bukunya, penulis yang juga jurnalis ini merangkumkan bagian-bagian excuse atau alasan yang dapat memblok kesuksesan dalam diri, antara lain:

Excuse 1: Saya tidak bisa!
Excuse 2: Kamu tidak bisa! (perkataan negatif orang terdekat)
Excuse 3: Saya tidak berminat!
Excuse 4: Saya tidak cocok!
Excuse 5: Saya sudah berusaha!
Excuse 6: Saya tidak punya modal!
Excuse 7: Saya dari keluarga miskin!
Excuse 8: Fasilitas tidakmemadai!
Excuse 9: Saya bukan sarjana!
Excuse 10: Saya tidak berpengalaman!

Saya menyukai buku yang dapat membuka pikiran pembaca untuk melakukan perubahan menuju pintu kesuksesan dan membangkitkan semangat ini, selain bahasanya yang mudah dimengerti juga tidak menggurui. Tak hanya menceritakan kisah tapi juga menuliskan hikmah dari setiap cuplikan orang sukses. Penulis juga menyelipkan beberapa kuis untuk selingan, tapi tidak jauh-jauh dari materi yang dipaparkan dalam buku.Agar buku lebih kaya makna, penulis juga menyelipkan kata mutiara atau kata bijak.

Namun sayang sekali karena ilustrasi yang ada pada buku ini terlalu sederhana dan sebagian besar berisi tulisan. Gambar atau foto orang-orang sukses yang diceritakan pun hanya ilustrasi singkat. Tapi nggak bikin ngantuk kok, karena penulis pandai mendeskripsikan setiap kisah.


Tidak alasan untuk tidak sukses, karena setiap orang pada buku No Excuse sebagian juga sama dengan kita. Hanya saja mereka memilih untuk memilih untuk sukses dengan cara berhenti mencari-cari alasan. So, buku ini cocok sekali untuk Anda yang ingin membangkitkan semangat dari dalam diri. Setelah membaca buku ini kita akan sadar bahwa saat kita gagal atau hidup biasa biasa saja maka bukan hanya karena alasan, tapi lebih pada pilihan kita.

“There is no excuse for not trying.” – Barack Obama, Presiden Amerika

9 comments :

  1. Isa Alamsyah ini ternyata buku-bukunya bagus-bagus ya. Aku baru tahu buku yang 101 Dosa Penulis, belum baca sih, baru tahu reviewnya aja, baru masuk ke list belanja buku bulan depan. Dan sekarang jadi tahu No Excuse juga menarik. Sepertinya mau masukin ke list sekalian deh.

    ReplyDelete
  2. Saya juga suka cari2 alesan, hiks. Ayo bangkit, no excuse!

    ReplyDelete
  3. Wah kayaknya buku ini bisa dijadikan koleksi buku motivasi saya selanjutnya, selain buku2 parenting, saya juga buku motivasi untuk penyegaran diri lagi. Mksh bnda utk reviewnya 😃

    ReplyDelete
  4. Aku belum pernah membaca buku Isa Alamsyah. Baru tahu juga kalau buku bukunya masuk genre motivasi ya mba

    ReplyDelete
  5. Riview yang baik dan lengkap bunda... Nanti riview buku terbaru saya yah :)

    ReplyDelete
  6. Buku motivasi, suamiku paling den nih baca yg kayak gini. Entah kenapa kalo aku malah mumet sendiri bacanya. :D

    ReplyDelete
  7. Ini penulisnya suaminya Asma Nadia ya mbak?

    "Pernahkan Anda menolak suatu peluang, membuang kesempatan, melepas karir, mengabaikan tawaran, dan menghindari tantangan dengan Excuse atau Alasan?" ---> pernah pas ditawari JR tapi gk sebanding ama waktu dan tenaga huhuhu :P

    Kyke udah dengar bukunya lama, jd penasaran pengen baca jg TFS

    ReplyDelete
  8. makasih reviewnya, buat motivasi banyak orang ya

    ReplyDelete
  9. Aku dari jaman kuliah suka baca buku-buku motivasi, buku Isa Alamsyah belum pernah baca..boleh juga nih dibeli setelah baca review nya

    ReplyDelete